Festival Soya Generasi Maju Mendukung si Kecil yang Tidak Cocok Susu Sapi Tumbuh Maksimal

65 comments


Festival Soya Generasi Maju Mendukung si Kecil yang Tidak Cocok Susu Sapi Tumbuh Maksimal - Seiring meningkatnya perubahan pola hidup di masayarakat modern, angka kejadian penyakit alergi akhir-akhir ini juga memiliki perkembangan yang tinggi. Bisa disebabkan oleh polusi lingkungan, dan juga zat-zat yang ada di dalam makanan. Misalnya nih kita lagi berkendara di jalanan, betapa banyak polusi yang tersebar, dari asap kendaraan bermotor, industri yang menjamur di kota besar, asap rokok yang bebas melayang di udara yang mana turut menyumbang terjadinya polusi dan meningkatkan kejadian penyakit alergi. Gejala alergi umumnya tidak berat, namun akan menjadi parah dan fatal apabila tidak diobati dengan baik.




manfaat susu sgm soya 6-12 sgm soya 1 sgm soya 1-3 tahun manfaat susu sgm soya 1-3 tahun takaran susu sgm soya 0-6 bulan





Penyakit alergi ini lebih sering terjadi pada anak-anak, ketimbang kepada orang dewasa. Apalagi soal alergi makanan, yang bisa dihubungkan dengan fungsi saluran pencernaan dan sistem kekebalan tubuh yang belum sempurna. Nah, penyakit alergi ini menurut  Prof. Dr. Budi Setiabudiawan, dr., Sp.A(K), M.Kes, konsultan alergi dan imunolog anak mengemukakan jika penyakit alergi ini merupakan salah satu penyakit yang dapat diturunkan dari orangtua atau saudara kandung, hanya saja prosentasenya tidak 100 persen.


Memeringati Pekan Alergi Dunia, PT Sarihusada Generasi Mahardhika atau lebih sering disingkat Sarihusada meluncurkan inovasi baru, untuk memenuhi kebutuhan zat besi, vitamin C, dan nutrisi penting lain untuk si Kecil yang berusia di atas 1 tahun yang tidak cocok susu sapi, agar tetap bisa tumbuh maksimal dengan dukungan nutrisi dari SGM Eksplor Soya Pro-gress Maxx. Tidak hanya itu, Sarihusada juga menghadirkan rangkaian program edukasi ‘Festival Soya Generasi Maju’ dan menyempurnakan kampanye kesehatan Gerakan 3K+.


Pada hari Rabu, 31 Maret 2021, pukul 10.30 WIB dilangsungkan acara yang mengajak para Bunda untuk mengikuti berbagai kegiatan. Salah satunya adalah sesi Tanya Dokter, di mana para Bunda bisa bertanya langsung dan mendapatkan informasi terkait alergi tidak cocok susu sapi si Kecil untuk tetap tumbuh maksimal. Berbagai tips juga diberikan oleh Celebrity Moms, dalam Festival Soya Generasi Maju. Buat para Bunda yang tidak sempat menyaksikan atau hadir, saya rangkum beberapa materi yang diberikan oleh para nara sumber yang siapa tahu dapat bermanfaat dan jadi panduan nantinya. Berikut rangkuman acara tersebut.



Materi 1
Pentingnya Pemenuhan Zat Besi dan VItamin C yang Optimal untuk Dukung Si Kecil tumbuh Maksmal, oleh Prof. Dr. dr. Saptawi Bardoso. MSc (Prof Tati)

 

 


manfaat susu sgm soya 6-12 sgm soya 1 sgm soya 1-3 tahun manfaat susu sgm soya 1-3 tahun takaran susu sgm soya 0-6 bulan





Zat besi adalah nutrisi yang penting dibutuhkan anak, untuk bertumbuh kembang secara optimal. Tetapi sayangnya, defisiensi zat besi masih banyak ditemukan pada anak Indonesia. Hal ini menjadi tanggungjawab para Bunda, selaku orang tua.

 

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, mengungkapkan bahwa, "Satu dari tiga anak Indonesia berusia di bawah 5 tahun mengalami anemia. Lalu 50-60 persen kasus anemia ini disebabkan karena defisiensi zat besi."

 

Padahal zat besi ini sangat berperan dalam perkembangan otak dan fisik si kecil, dalam otak zat besi memiliki peranan dalam pembentukan selaput saraf (Mielenisasi) yang dapat membantu proses penerimaan informasi dan meningkatkan proses belajar. Sementara zat besi dalam bentuk hemoglobin yang ada di dalam sel-sel darah merah yang mengalir ke seluruh tubuh kita akan berperan membawa oksigen ke sel-sel tubuh agar tubuh dapat berfungsi optimal. Dengan demikian tumbuh kembang si kecil akan menjadi baik, aktif bereksplorasi dan siap untuk belajar.



Gejala Kekurangan Zat Besi


 

Dalam webinar Tanya Dokter, Prof Tati menyampaikan ada dua gejala kekurangan zat besi pada anak. Adalah ringan-sedang, dan berat-fatal.

 

Pada kondisi ringan-sedang, anak-anak akan mengalami rasa mudah lelah, sulit menerima instruksi yang diberikan, tidak bertenaga, malas bermain, dan gangguan kognitif. Sementara untuk gejala berat-fatal, anak-anak akan merasa kehilangan nafsu makan, mengalami anemia defisiensi besi, dan konsumsi bukan makanan/phagophagia contohnya seperi mengunyah es batu.

 

Dampak yang akan terjadi apabila si kecil atau anak-anak defisiensi besi, bisa membuat prestasi akademiknya menurun, imunitas endah yang membuat gampang terkena penyakit, pertumbuhan fisiknya terhambat, gangguan permanen pada sistem motorik dan sensorik. Lantas bagaimana cara mengoptimalkan pemenuhan zat besi ini pada anak melalui nutrisi lengkap dan seimbang yang tinggi kandungan zat besi?


Ada 3 Upaya untuk Memenuhi Pentingnya Pemenuhan Zat Besi




manfaat susu sgm soya 6-12 sgm soya 1 sgm soya 1-3 tahun manfaat susu sgm soya 1-3 tahun takaran susu sgm soya 0-6 bulan




  • Upaya pertama dilihat dari AKG-nya (Angka Kecupuka Gizi), jika anak berusia 1-3 tahun, 7mg/hari kebutuhannya, kalau anak usia 3-5 tahun 10 mg/hari. 
  • Upaya kedua, memilih kelompok bahan makanan yang jadi sumber zat besi. Dari makanan Heme (mudah diserap), seperti; daging, ikan, tiram, hati. Dan menghindari makanan Non Heme (kurang mudah diserap), yang bersumber nabati, ada kacang merah, sayur, nasi, buah, dan kacang-kacangan.

  • Upaya ketiga, mengetahui dan memahami apa saja senyawa yang dapat meningkatkan penyerapan di saluran cerna. Seperti contohnya ketika kita makan, tidak bisa dibarengi dengan mengonsumsi minuman teh.


Selain ketiga upaya di atas Prof Tati, menyarankan agar si kecil mendapatkan asupan vitamin C yang tepat, guna meningkatkan penyerapan makanan. Baik berupa vitamin yang berasal dari makanan maupun suplemen. Karena  Vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi (Fe) lebih mudah diserap oleh tubuh.


 

Materi II
Potensi Risiko Defisiensi Zat Besi pada si Kecil dengan Alergi Susu Sapi





manfaat susu sgm soya 6-12 sgm soya 1 sgm soya 1-3 tahun manfaat susu sgm soya 1-3 tahun takaran susu sgm soya 0-6 bulan




 

Pada materi kedua, Festival Soya Generasi Maju diisi oleh Prof. Dr. Budi Setiabudiawan, dr., Sp.A(K), M.Kes, beliau adalah Ketua UKK Alergi-Imunologi IDAI, dan sebagai Mitra Bestari Berbagai Jurnal Nasional dan Internasional.

 

Mengawali materi yang diberikan, beliau mengemukakan Penelitian yang dilakukan oleh WAO (World Allergy Organization), bahwa penduduk dunia mengalami alergi sebanyak 30-40%, hingga 550 juta orang di dunia menderita alergi makanan. Ada sekitar 0,5-7,5% anak mengalami alergi susu sapi di Indonesia. Protein susu sapi merupakan makanan penyebab alergi yang terbesar kedua, setelah telur pada anak-anak di Asia. Sementara dari salah satu Rumah sakit di Indonesia, data dari klinik anak di RS Cipto Manungunkusumo Jakarta tahun 2012 menunjukan bahwa 31% dari pasien anak, memiliki alergi terhadap putih telur dan 23,8% alergi terhadapsusu sapi.

 

Alkisah seorang anak laki-laki bernama Desta, sejak usianya 5 bulan kulitnya sangat sensitif, gampang gatal-gatal dan memerah. Padahal bundanya rajin membersihkan dan merawat kulit Desta. Saat menginjak usia 9 bulan, Desta mendapatkan makanan tambahan telur. Namun, tiba-tiba ada hal tidak terduga terjadi, bibir Desta bengkak, memerah, dan ia menangis karena merasa gatal serta tidak nyaman. Hal ini selalu berulang, saat ia mengonsumsi menu yang sama dibuatkan Bunda. Dibawalah Desta ke dokter anak, karena khawatir. Dokter mendiagnosis Desta punya alergi Neurodermitis yang dipicu oleh mengonsumsi telur.

 

Apa Sih Alergi Itu?


 


manfaat susu sgm soya 6-12 sgm soya 1 sgm soya 1-3 tahun manfaat susu sgm soya 1-3 tahun takaran susu sgm soya 0-6 bulan





Alergi dipergunakan dalam istilah dunia kedokteran diprakarsai oleh Clemens von Pirquet, dokter anak dari Austria, pada tahun 1906. Pirquet melihat alergi ini sebagai suatu reaksi yang aneh dari tubuh.

 

Pirquet lantas menjabarkan alergi adalah suatu reaksi yang berlebihan dari tubuh terhadap partikel-partikel tertentu dari luar yang memasuki tubuh. Tubuh akan mengadakan reaksi terhadap partikel-partiel asing yang masuk untuk memberikan perlindungan. Kekebalan dan daya tahan tubuh pun melawan partikel asing itu bagaikan menyerang penyakit.

 

Partikel asing yang menyerang tubuh sehingga menimbulkan alergi, biasa disebut dengan istilah Allergen. Allergen datangnya bisa dari berbagai sumber yang ada di lingkungan. Contohnya serbuk sari dari berbagai tanaman, bulu hewan, jamur, bahan makanan seperti telur, kacang-kcangan, susu dan lain sebagainya pun bisa dari bahan-bahan kimia seperti pewangi pakaian, logam, sabun, dan lain-lain.

 

Allergen bisa masuk ke dalam tubuh, melalui berbagai cara, bisa dari saluran pernapasan, melalui makanan, melalui sentuhan dengan kulit,  suntikan ke tubuh. Seseorang  bisa terkena alergi, bisa jadi karena faktor genetik yang menurun dari orang tuanya. Turunnya bakat alergi akan terjadi secara acak, ungkap prof Budi. Misalnya orangtua memiliki alergi, tapi tidak semua anaknya mengalami alergi juga. Mengapa anak-anak yang lebih sering terkena alergi? Kaerna daya tahan tubuh anak sedang dibangun, dan sistem kerja tubuhnya belum sempurna. "Mengenali sedini mungkin bisa langsung mengkonsultasikan ke dokter spesialis anak, ahli alergi. Jika ditangani optimal tidak akan memberikan dampak-dampak. Kalau kita terlambat mendiagnosa akan menimbulkan berbagai dampak yang tidak diinginkan kaena penyakit alergi," tutur Prof Budi.

 

 

Apa Saja Dampak Alergi yang Bisa Terjadi?

 

 

 

  • Dalam kesehatan, akan meningkatkan risiko penyakit degeneratif, seperi obesitas, hipertensi, sakit jantung
  • Dalam ekonomi, dapat meningkatkan biaya pengobatan, meningkatkan biaya tidak langsung (kehilangan pendapatan karena sering tidak masuk kerja).
  • Dalam psikologi, stress pada anak dan orang tua, menurunkan kualitas hidup si kecil.
  • Gangguan Tumbuh Kembang Anak. Anak dengan alergi mengalami keterlambatan pertumbuhan, karena berhubungan dengan jenis dan durasi pantangan makanan.



Bunda Harus Tanggap Alergi Dengan 3K+

 



manfaat susu sgm soya 6-12 sgm soya 1 sgm soya 1-3 tahun manfaat susu sgm soya 1-3 tahun takaran susu sgm soya 0-6 bulan



 

 

Peran orangtua dalam penanganan alergi susu sapi harus tanggap, ya! Apa saja 3K+ tersebut? Adalah: Kenali, Konsultasikan, Kendalikan, dan Kembangkan.

 

 

  • K yang Pertama adalah Kenali. Bunda harus mengenali, gejala alergi yang bisa dicurigai sebagai alergi. Seperti ruang merah pada kulit, berngkak, saluran pencernaan mengalami masalah diare/sakit perut, muntah, saluran pernapasan menjadi sesak, batuk, bersin-bersin, mata berair, dan lain sebagainya.
  • Konsultasikan ke dokter, betul tidak anak memiliki alergi. Dokter akan memastikan pemicunya alergi dan akan menangani sedini mungkin agar optimal tumbuh kembang tidak ada gangguan
  • Kendalikan, pemicunya apa harus dikencalikan. Susus sapi misalnya harus dihindari. Makanan penyebab alergi, dan apa yang baik untuk si kecil setelah didiagnosa. Agar dapat tumbuh kembang optimal. SUsu berbasis isolat protein soya
  • Kembangkan, dan asaah potensi,kelebihan, prestasi bisa dikembangkan dengan optimal. Sikecil tumbuh maksimal dan siap jadi generasi maju


 Materi III
Pengenalan Festival Soya Generasi Maju, oleh Senior Brand Manager SGM Eksplor Soya Pro-gress Maxx, Anggi Morika Septie

 

 


manfaat susu sgm soya 6-12 sgm soya 1 sgm soya 1-3 tahun manfaat susu sgm soya 1-3 tahun takaran susu sgm soya 0-6 bulan





Dalam webinar Festival Soya Generasi Maju, Mba Anggie memperkenalkan komitmen Sarihusada, bahwa “Sarihusada berkomitmen mendukung tumbuh kembang anak generasi maju, tidak terkecuali anak dengan kondisi tidak cocok susu sapi. Tahun ini, kami  menghadirkan inovasi produk untuk mendukung pemenuhan nutrisi lengkap dan seimbang bagi anak berusia di atas 1 tahun dengan kondisi tidak cocok susu sapi agar tetap bisa tumbuh maksimal dengan dukungan nutrisi dari SGM Eksplor Soya Pro-gress Maxx yang memiliki kombinasi unik Zat Besi dan Vitamin C, IronC, serta Isolat Protein Soya berkualitas, serta menghadirkan rangkaian program edukasi ‘Festival Soya Generasi Maju’ dan menyempurnakan kampanye kesehatan ‘Gerakan 3K’ menjadi menjadi 3K+, yaitu: Kenali gejalanya, Konsultasikan ke dokter yang bisa dilakukan melalui telepon atau online agar Si Kecil mendapat penanganan yang tepat, Kendalikan faktorpenyebab tidak cocok susu sapi dengan alternatif nutrisi yang tepat, serta Kembangkan dan asah potensi prestasi si Kecil dengan stimulasi yang tepat agar ia tumbuh maksimal dan siap jadi Anak Generasi Maju.

 

Edukasi ini bisa didapatkan secara lebih lengkap melalui website www.generasimaju.co.id/AlergiAnak.”

  


Materi IV
Berbagi Tips dan Cerita Bersama Celebrity Moms

 

 


manfaat susu sgm soya 6-12 sgm soya 1 sgm soya 1-3 tahun manfaat susu sgm soya 1-3 tahun takaran susu sgm soya 0-6 bulan




Ada tiga Celebrity Moms yang dihadirkan, Natasha Rizky, Revalina S Temat, dan Joanna Alexandra. Masing-masing dari para Celeberity Mom memberikan tips, sederhana kepada seluruh bunda di Indonesia apabila si kecil tidak cocok susu sapi. Apa saja tipsnya, ini dia:

 

Natasha Rizky, Aktris & Seorang Bunda mengatakan, “Saat mengetahui tentang tingginya risiko kekurangan Zat Besi pada anak yang tidak cocok susu sapi, saya dan Desta menjadi lebih berusaha untuk ekstra tanggap terhadap gejala yang muncul, rutin berkonsultasi dengan dokter, dan mengendalikan gejala tidak cocok susu sapi anak kami Miskha dengan konsumsi nutrisi alternatif yang tepat.

Hadirnya alternatif solusi nutrisi berbasis Isolat Protein Soya yang diperkaya dengan kombinasi Zat Besi dan Vitamin C seperti pada SGM Eksplor Soya Pro-gress Maxx, tentunya dapat membantu saya sebagai orang tua dalam memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil yang tidak cocok minum susu sapi. Dengan terpenuhinya nutrisi anak saya Miskha, saya jadi bisa mengembangkan potensinya melalui berbagai stimulasi. Sekarang Miskha bisa belajar, bermain dan melakukan aktivitas yang ia sukai dengan nyaman karena gejala tidak cocok susu sapinya tidak muncul lagi. Saya yakin dengan dukungan nutrisi dari SGM Eksplor Soya Pro-gress Maxx dan stimulasi yang tepat, Miskha bisa tumbuh maksimal seperti anak lainnya.”

 

Revalina S Temat, Aktris & Seorang Bunda mengatakan, "Kalau aku sih yang pasti jangan cepat khawatir atau panik dan segala macem. Kalau si kecil nggak ccok susu sapi. Terapkan 3K+ sesuai anjuran dokter Budi tadi,  Kenali, Konsultasikan, Kendalikan, dan Kembangkan."

 

Joanna Alexandra, Aktris & Seorang Bunda, mengucapkan "Sebenarnya sih aku sama Reva, Acha mirip sebenernya. Aku yakin nutrisi yang ada di SGM Eksplor Soya Pro-gress Maxx ini, ada nutrisi  yang sama baiknya kayak susus sapi. Contohnya ada Isolat Protein Soya yang diperkaya dengan kombinasi Zat Besi dan Vitamin C. Iron C, minyak ikan, dan Omega 3&6. Anak aku zurial, hampir abg terbukti udah bebas gejala susu sapi. Lebih aktif, lebih tenang sebagai orangtua dalam mendukung sikecil," tutup Joanna dalam membagikan tips.

 

 

SGM Eksplor Soya Pro-gress Maxx Hadir Sebagai Solusi Alergi Susu Sapi

 

 

Dari pada diteruskan berbahaya, karena si kecil mengalami alergi tentunya alangkah baiknya mengganti susu sapi dengan SGM Eksplor Soya Pro-gress Maxx. Ada banyak kandungan didalam SGM Eksplor Soya Pro-gress Maxx, seperti: Isolat Protein Soya yang diperkaya dengan kombinasi Zat Besi dan Vitamin C. Iron C, minyak ikan, dan Omega 3&6. Susu Soya juga dapat mengganti susu sapi karena mempunyai susunan amino yang mirip susu sapi.

 

Dibuktikan oleh para selebriti Moms, putra mereka yang alergi susu sapi dengan penggantian susu soya alerginya sedikit berkurang. Jadi apakah alergi ini bisa disembuhkan? Tentu saja! Ada angka remisi dalam proses penyembuhan alergi susu sapi, dokter Budi mengemukakan demikian :

 

  • Tahun pertama 45-55%
  • Tahun kedua 0-75%
  • Tahun ketiga 90%
  • Tahun kelima 100% hampir tidak alergi lagi terhadap susu sapi. Allhamdulillah ya, tidak selamanya terkena alergi.

 

Buat para Bunda yang ingin mencari tahu lebih banak informasi soal tumbuh kembang anak, langsung saja mampir ke website www.generasimaju.co.id/AlergiAnak, banyak fitur yang akan diberikan yang pastinya menambah para Mom memiliki wawasan yang luas. Misalnya Bunda bisa mengetahui cek risiko tidak sosok susu sapi, konsultasi online, kreasi resep sehat tinggi zat besi, tips stimulan si kecil yang tidak cocoak susu sapi, dan lain sebagainya. Seru banget pokoknya!





 

Informasi selengkapnya di sini :

 

  • Web : www.generasimaju.co.id
  • FB : Dukung generasi maju
  • IG : @ soya generasi maju

 

 

Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

65 comments

  1. Untungnya di.jaman now ada SGM Eksplor Soya Pro-gress Max ini. Jadi anak2 yang alergi terpenuhi pemenuhan gizinya ya, Nyi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sarihusada care ya sama pemenuhan kebutuhan zat besi, vitamin C, dan nutrisi penting lain untuk anak yang berusia di atas 1 tahun yang tidak cocok susu sapi. Alhamdulillah.

      Delete
  2. Anakku penderita alergi, dulu kebingungan cari alternatif untuk kebutuhan nutrisinya. Senangnya jika para ibu kini sudah bisa memenuhi kebutuhan putra/putri yang tidak cocok susu sapi dengan formula dari SGM Soya Sksplor Pro-gress Maxx ini.

    ReplyDelete
  3. Wow, kini ada solusi tepat urusan mimi susu buat anak2 yang memiliki riwayat alergi susu sapi. SGM Eksplor Soya Progress ini yang dicari :) Jadi kan anak2 tetap bagus tumbuh kembangnya. Apalagi vitamin dan mineral dibutuhkan sekali ya, zat besi apalagi.... mantap deh.

    ReplyDelete
  4. Sipp bangeett ini Mba

    Hadirnya inovasi produk SGM Eksplor Soya Pro-gress Maxx ini kudu diapresiasi.
    karena untuk mendukung pemenuhan nutrisi lengkap dan seimbang bagi anak berusia di atas 1 tahun dengan kondisi tidak cocok susu sapi

    Anak2 tetap bisa tumbuh maksimal dengan dukungan nutrisi.
    Apalagi Susu soya ini dikombinasikan dengan zat besi dan vitamin C, IronC, serta isolat protein soya berkualitas.

    ReplyDelete
  5. wah ada 4 seleb .... ^^

    Alhamdulilah Sari Husada memproduksi susu untuk anak yang alergi susu sapi ya?

    dulu susah banget, malah harus beli susu impor jika punya anak alergi susu sapi

    ReplyDelete
  6. Saya ikut juga nih acaranya, dan menarik banget tema pembahasannya. Saya suka jika pembahasan mengenai alergi selalu di kemukakan. Karena masih banyak juga orang tua yang awam terhadap ada alergi ini. Seperti anak pertama saya dulu sering alergi di masa kecilnya, beruntung setelah usianya 6 tahun alerginya jadi berkurang. Untung juga ada susu yang bisa memberikan asupan zat besi pada anak yang alergi susu sapi.

    ReplyDelete
  7. Alergi susu biasanya terjadi pada anak-anak, atau memang terjadi karena anak2 menderita penyakit Lactose Intolerance (tidak mampu mentoleransi adanya laktosa pada susu), ini bisa jadi penyebabnya lho.

    Susu kaya akan kandungan zat besi, dan memang penting dikonsumsi anak2 untuk tumbuh kembang mereka. Salut dan apresiasi dengan ikhtiar Sari Husada untuk menciptakan produk SGM Soya untuk mendukung generasi emas Indonesia 2045 ya, yaitu anak2 Indonesia terbebas dari anemia akibat defisiensi zat gizi besi.

    Thanks kak for sharingnay, narsumnya juga keren2 tuh argumentasi mereka :)

    ReplyDelete
  8. Alergi susu biasanya terjadi pada anak-anak, atau memang terjadi karena anak2 menderita penyakit Lactose Intolerance (tidak mampu mentoleransi adanya laktosa pada susu), ini bisa jadi penyebabnya lho.

    Susu kaya akan kandungan zat besi, dan memang penting dikonsumsi anak2 untuk tumbuh kembang mereka. Salut dan apresiasi dengan ikhtiar Sari Husada untuk menciptakan produk SGM Soya untuk mendukung generasi emas Indonesia 2045 ya, yaitu anak2 Indonesia terbebas dari anemia akibat defisiensi zat gizi besi.

    Thanks kak for sharingnay, narsumnya juga keren2 tuh argumentasi mereka :)..

    ReplyDelete
  9. Keren Festival Soya Generasi Maju yang digelar Sarihusada. Pandemi tidak menyurutkan langkah Sarihusada untuk terus mengedukasi orang tua dengan anak yang memiliki kondisi alergi susu sapi.

    ReplyDelete
  10. Pengalaman dari anak kedua yang sempat ADB, saya setuju kalau zat besi itu sangat penting buat tumbuh kembang anak. Dulu dokternya juga menyarankan untuk makan kacang-kacangan. Jadi mau mencoba beli sgm soya ini buat anak-anak. Apalagi sudah mau dekat puasa, tambah cocok.

    ReplyDelete
  11. Kedua anakku generasi SGM soya semua nih Mbak. Tapi yg sulung sudah berkurang alerginya sejak usianya 5 tahun.

    ReplyDelete
  12. Sekarang tidak ada alasan buibu kalau anak bisa kekurangan zat besi karena alergi susu sapi. Sebab ada susu soya yang bisa dijadikan pilihan, serta informasi seperti Festival Soya Generasi Maju yang bisa diakses, banyak ilmu kecukupan gizi anak yang dibahas. Sehat2 anak Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. SGM selalu berkomitmen memberikan yang terbaik dalam mencukupi kebutuhan nutrisi anak-anak dari dulu dan semoga seterusnya ya.

      Delete
  13. Wah mantul nih SGM makin paham banget kebutuhan nutrisi anak-anak yang alergi susu sapi ya... Jadi gak khawatir lahgi anak2 bakal kekurangan zat besi dan nutrisi lainnya

    ReplyDelete
  14. Iya ya kenapa kebanyakan anak-anak yang sering alergi?
    untungnya SGM Eksplor Soya Pro-gress Maxx
    ini bisa cocok untuk anak yang alergi susu sapi
    Jadi emaknya gak perlu khawatir kekurangan nutrisi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau anakku alergi soalnya punya resiko keturunan dari kedua orang tuanya, Mbak. Jadi kami sebagai orang tua juga sadar diri.

      Delete
  15. Trnyata alergi bisa memicu munculnya penyakit lain ya mbak. Susu utk anak memang harus dipilih yg sesuai dengan sensivitas anak ya.

    ReplyDelete
  16. Meski belum punya anak, tetep penting mengetahui tentang alergi pada anak. Ada temenku yg cerita anaknya alergi susu sapi dan katanya mahal untuk mengatasi alergi susu sapi ini. SGM Soya keren bisa kasih solusi ini

    ReplyDelete
  17. susu SGM Soya solusi untuk anak yang alergi terhadap susu sapi, sebagai orang tua harus mengeal 3 K yaitu kenali, konsultasikan dan kendalikan, terus semangat untuk mengedukasi ya SGM tentang parenting

    ReplyDelete
  18. Dengan adanya Festival Soya Generasi Maju yang digelar Sarihusada tidak ada lagi anak-anak yang kekurangan zat besi akibat alergi susu sapi. Sebab para bunda sudah mendapatkan edukasi yang lengkap bahwa ada susu soya sebagai pilihan.

    ReplyDelete
  19. Salut untuk SGM yang sudah menghadirkan program-program yang sangat peduli pada tumbuh kembang anak. Semoga dengan hadirnya SGM Eksplor Soya Progress Maxx dapat membantu menurunnya mall nutrisi pada anak-anak Indonesia.

    ReplyDelete
  20. Kampanye anemia sekarang semakin gencar ya mba. Anak-anak kita sebagai generasi masa depan harus dipersiapkan tumbuh kembang sehat dan prima sedini mungkin, bahkan sejak dalam kandungan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba, senangnya anak kita sebagai generasi masa depan lebih di persiapkan dan di perhatikan jadinya :)

      Delete
  21. Alergi susu sapi ngga harus bikin anak kurang nutrisi. SGM ini brand nutrisi anak dan bunda yang sudah legend banget d Indonesia..

    Kiprahnya untuk asupan nutrisi bunda dan anak ngga diragukan lagi. Harga nya juga terjangkau untuk rata-ratanya masyarakat Indonesia. Best banget deh pokoknya SGM.

    ReplyDelete
  22. SGM Eksplore SOYA ini andalan banget buat atasi anak yang alergi susu sapi ya mbak, juga bagus buat mengatasi kekurangan zat besi yang berisiko bagi kesehatan anak. Semoga anak-anak Indonesia memiliki kesehatan yang baik, tumbuh sehat, dan cerdas.

    ReplyDelete
  23. ADB emang bahaya ya mbak, bs menghambat tumbuh kembang anak
    makanya harus segera diatasi
    dgn memberikan gizi seimbang

    ReplyDelete
  24. Hadirnya festival soya ini semir menginspirasi banyak orang ya agar lebih memperhatikan lagi asupan nutrisi si kecil, dan apa aja gejala alergi

    ReplyDelete
  25. SEbagai emak kita dituntut untuk peka terhadap kondisi anak, saat anak kekurangan zat besi segera mengatasinya termasuk dengan memberi nutrisi terbaik

    ReplyDelete
  26. beruntungnya sekarang untu anak-anak yang alergi susu sapi bisa konsumsi susu sgm soya ini ya mba nyii.. jadi gak kekurangan zat besi deh dan tumbuh kembangnya juga bisa tetap optimal..

    ReplyDelete
  27. susu soya memang sangat membantu bangeeet untuk anak - anak yang memang mengalami alergi susu sapi

    ReplyDelete
  28. wah jadi mempermudah emak2 yang anaknya alergi susu

    ReplyDelete
  29. Anak temanku ada yang alergi susu sapi kak itu diketahui saat si ibu minum susu sapi terus anaknya gatal-gatal gitu pas diperiksa ternyata anaknya alergi susu sapi akhirnya dia minum susu soya untuk memenuhi nutrisi hariannya.

    ReplyDelete
  30. Sekarang udah gampang ya menangani alergi susu sapi. Banyak pilihan susu soya dg kandungan gizi yg cukup buat anak-anak.
    Pastikan patuh hindari alergen supaya ga kambuh

    ReplyDelete
  31. Keren ya, jadi pilihan nih buat anak yang alergi susu sapi. Makasih Kak artikelnya

    ReplyDelete
  32. Ikut webinar ini makin menyadarkan saya tentang pentingnya asupan nutrisi yang cukup termasuk zat besi.

    ReplyDelete
  33. betul banget, alergi memang potensi diturunkan dari orang tua.... keluargaku ni mengalaminya.... jadi memang kudu pandai pandai mensiasati makanan ya supaya kebutuhan nutrisi anak tetap terpenuhi :)

    ReplyDelete
  34. senangnya ya mba kini ada alternatif solusi buat yang alergi susu sapi ada susu soya yang kandungan gizinya juga pas buat anak2

    ReplyDelete
  35. Anak yang alergi susu sapi emang gak bisa dianggap remeh penyakitnya soalnya bahkan ada yg megalami sesak nafas saking gakcocoknya
    Wah SGM bikin festival kyk gini utk mengedukasi ibu2 yang anaknya alergi susu sapi supaya gak terlalu kahwatir ttg kebutuhan nutrisi anak ya

    ReplyDelete
  36. Suka ih sama keseriusan SGM sebagai solusi anak alergi susu sapi. Selain melahirkan produk-produk soya terbaik, sampai diadakan festival gini juga. Salutttt

    ReplyDelete
  37. Wah iya alergi susu sapi dengan penggantian susu soya alerginya sedikit berkurang. Ibu-ibu wajib mengetahui hal ini

    ReplyDelete
  38. Alhamdulillah sekali ada inovasi yang baik untuk pengganti bagi sikecil ya gak cocok dengan susu sapi, jadi bisa sama-sama mendaptkan gizi yang terpenuhi juga dengan minum susu soya ini

    ReplyDelete
  39. Dampak alergi ngeri banget ya, bisa sampai mengganggu pertumbuhan. Aku juga punya alergi dingin, kalau kambuh tubuh bermunculan bintik kecil merah dan gatal banget. Pantesan ya pertumbuhan tubuhku gak ke atas, tapi menyamping, hehe

    ReplyDelete
  40. alergi ternyata dampaknya gak play play ya bund malah bisa mengancam jiwa, untungnya sekarang makin mudah untuk anak yang punya alergi susu sapi ada SGM soya

    ReplyDelete
  41. rasa mudah lelah, sulit menerima instruksi yang diberikan, tidak bertenaga, malas bermain, dan gangguan kognitif. ternyata ini ciri2 defisiensi zat besi ya.
    Wahhh, untunglah para pakar kesehatan menyampaikan hal ini di Webinar.
    Jadi makin paham nih para ortu.

    ReplyDelete
  42. kebayang sama aku mba ribetnya kalau punya anak yang alergi susu sapi ya. Sekarang semuanya ngga masalah karena ada susu kedelai ini

    ReplyDelete
  43. Materi yang disampaikan narasumbernya begitu informatif, selain itu dengan inovasj
    SGM Eksplor Soya Pro-gress Maxx juga memiliki kombinasi unik Zat Besi dan Vitamin C, IronC, serta Isolat Protein Soya berkualitas sehingga menjadi alternatif yang baik untuk membantu pemenuhan nutrisi susu pada anak
    Dan festival soya generasi maju nya, juga begitu bagus konsepnya sebab banyak info bermanfaat yang bisa di dapat

    ReplyDelete
  44. senang sekali dengan kehadiran SGM Eksplor Soya Pro-gress Maxx ini sangat membantu sekali untuk anak-anak yang mempunyai alergi sapi menjadi punya pilihan untuk susu yang dikonsumsinya.

    ReplyDelete
  45. festival nya keliatan seruu deeh.. dan aku juga baru tau kalau ada yang alergi susu sapi, jd susu soya bisa menjadi alternatif yaa

    ReplyDelete
  46. Waahh seru juga akhirnya ada yang soya! Kalau almond ada rekomendasi ga mom?

    ReplyDelete
  47. susu soya ini terobosan bagus banget buat anak yang alergi susu sapi ky anakku, jg ga khawatir anak alergi kekurangan gizi

    ReplyDelete
  48. Wah bener juga. Karena udah ada produk ini jadi anak yg nggak cocok sama susu sapi tetep bisa dapet gizi seimbang ya 😄

    ReplyDelete
  49. SGM semakin lengkap yaaa memenuhi kebutuhan anakanak alergi juga. Ga perlu beli susu mahal

    ReplyDelete
  50. alergi itu bahay ya kalau tidak ditangani dengan baik dan pastinya kita harus aware. Untuk yang alergi susu sapi bisa mengkonsumsi susu kedelai sekarang

    ReplyDelete
  51. ternyata dampak dari defisiensi zat besi tu mengerikan ya, Mbak, sampai berpengaruh ke motorik halusnya juga. Memang sebagai ibu kita harus pinter-pinter cari nutrisi alternatif yang tepat untuk anak, terutama pada anak yang memiliki alergi.

    ReplyDelete
  52. Melalui Festival Seya Generasi baru para ibu bisa belajar mencari tahu gimana sih mengatasi anak yang tidak cocok susu sapi karena mereka juga butuh nutrisi untuk bantu tumbuh kembangnya

    ReplyDelete
  53. Program dari SGM ini bagus sekali ya mba, memberi edukasi yang jelas kepada ibu2 di luar sana bhwa tidak semua harus konsumsi susu sapi karena ada alergi dan semacamnya, SGM Eksplor Soya Progress Maxx hadir sebagai jawabannya

    ReplyDelete
  54. Acara festival yang menarik sekali nih Mbak. Menghadirkan narasumber2 yang keren juga. Kehadiran susu soya SGM ini memang sangat membantu ya terutama buat si kecil yang alergi susu sapi.

    ReplyDelete
  55. Dengan festival soya seperti ini akan mengedukasi para ibu tentang nutrisi apa yang bgus buat anak ya, khususnya buat ortu yang anaknya memiliki alergi susu sapi. Gak perlu khawatir lagi krn dikasi tips gmn memberikan makanan yang tepat.

    ReplyDelete
  56. Bagi para orangtua yang anaknya mengalami alergi pada susu sapi biasanya memang pertama khawatir gitu yaaa... Alhamdulillah sekarang ada susu soya yang bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi putra-putri kita.

    ReplyDelete
  57. Nutrisi yang bagus aku pikir hanya bisa dari makanan, ternyata inovasi SGM Soya memberikan insight baru bagi para Ibu yang anaknya alergi susu sapi.

    ReplyDelete
  58. baru tau ternyata baby bisa ada yang alergi susu sapi ya, untung aja udah ada sgm soya juga yang bisa jadi pengganti zat besi dan lain lain yang di perlukan anak

    ReplyDelete
  59. Alhamdulillah, si Kakak nggak alergi Mbak, akan tetapi informasi semacam ini wajib dibaca ibu dan ayah di luarr sana karena banyak juga oranggtua yang masih belum sadar kalau anaknya ada alergi.

    ReplyDelete
  60. Susu soya memang jd alternatif paling aman sih buat anak2 yg alergi susu sapi. Gak perlu takut kekura gan gizi juga ya bun

    ReplyDelete
  61. Anak-anakku terutama yang sulung ini alergian juga. Damapaknya memang tidak mengenakkan. pernah langsung deman setelahs ebelumnya tkulit merah2 danmata bengkak karena alergi cuasa.. lalu demam tinggi dan mimisan. akhirnya harus dirawat di rumah sakit.

    ReplyDelete

Post a Comment