5 Aplikasi Menarik Belajar Matematika untuk Anak

By Nyi Penengah Dewanti - Friday, March 19, 2021

 

5 Aplikasi Menarik Belajar Matematika untuk Anak – Selamat pagi! Untuk orang tua Mama-papa, Ayah-Bunda, agar si kecil belajar matematikanya semakin menyenangkan dalam belajar, cobalah beri mereka aplikasi belajar matematika anak. Pasalnya di zaman perkembangan teknologi yang semakin canggih ini, kita harus bisa memanfaatkannya dengan baik. Ajarkan anak untuk pintar memanfaatkan internet dan teknologi, salah satunya dengan memberikan aplikasi belajar yang bermanfaat.

 



Anak akan lebih mudah belajar matematika dengan teknologi.


Image credit: Freepik






Saat ini banyak platform yang menyajikan konten pembelajaran yang menarik, mudah dan cocok untuk anak. Mama papa bisa mengunduh aplikasi belajar matematika anak, untuk memudahkan si kecil berhitung dan belajar matematika anak. Aplikasi tersebut juga membantu mama papa yang tidak memiliki waktu banyak untuk mengajari anak. Telebih yang nggak mahir hitungan, tetap bisa memberikan yang terbaik untuk anak-anak.

 

 

Rekomendasi 5 Aplikasi Menarik Belajar Matematika untuk Anak

 


Bila mama papa masih bingung memberikan aplikasi belajar matematika anak terbaik, Kiddo akan memberikan rekomendasinya. Aplikasi ini dirancang khusus untuk membantu anak berhitung, mulai dari pengurangan, penambahan, perkalian dan pembagian. Agar lebih jelasnya, berikut ini merupakan rekomendasi 5 aplikasi belajar matematika untuk anak, di antaranya yaitu:


1. ST Math

 

ST Math merupakan aplikasi belajar matematika yang berkonsep games dengan tokoh pengajaran pinguin bernama Jiji. Aplikasi ini cocok untuk anak pra sekolah atau PAUD, TK SD hingga SMP. Dalam aplikasi ini, si kecil akan belajar matematika dari konkret ke abstrak. Ada pula materi pelajaran yang membantu anak untuk mengasah dan menilai kemampuan mereka.

Kelebihan dari aplikasi ini yaitu menyenangkan si kecil, dan menarik perhatian serta rasa penasaran si kecil. Anak juga bisa mengulang materi tanpa rasa bosan, mengingat aplikasi berkonsep permainan yang seru dan interaktif.

 

2. Math Training for Kids

 

Sesuai dengan Namanya, aplikasi ini ditujukan untuk anak guna belajar matematika yang seru dan menyenangkan. Umumnya aplikasi ini digunakan untuk anak berusia 3-4 tahun ke atas. Dalam aplikasi ini, si kecil akan diajarkan 4 konsep matematika dasar yaitu penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

Mama papa bisa langsung mengunduh aplikasi ini di google play store jika menggunakan android dan bisa langsung mengenalkannya pada anak. Semakin anak tertarik menggunakan aplikasi ini, maka mereka akan semakin mudah belajar matematikanya.

 

3. Kids Math

 

Kalau aplikasi belajar matematika anak yang satu ini sangat cocok untuk anak yang menyukai permainan. Dalam aplikasi kids math, si kecil akan latihan menjawab soal matematika sampai 8 level dengan waktu yang telah ditentukan. Setiap level terdiri dari 10 pertanyaan mengenai pecahan, nilai yang lebih atau lebih besar dan materi lainnya. Semakin tinggi levelnya, maka semakin sulit soal matematika yang harus dijawab anak.

Adapun waktu untuk menjawab setiap soal yaitu sekitar 30 detik, dan jika si kecil bisa menjawabnya dengan benar, maka ia akan mendapatkan tambahan waktu 4 detik. Aplikasi ini bisa dikenalkan pada si kecil ketika mereka berusia 3-5 tahun. Kelebihan dari aplikasi ini yaitu si kecil akan mendapatkan pertanyaan atau soal baru setiap kali main, sehingga kemampuannya terus meningkat. Jadi, mama papa tak usah ragu lagi untuk mengunduh aplikasi ini secara gratis di google play store.

 

4. Khan Academy Kids

 

Khan Academy Kids merupakan aplikasi belajar matematika SD yang dirancang oleh ahli dari Stanford Graduate School of Education. Aplikasi ini mengajarkan matematika melalui berbagai karakter hewan yang lucu dan menggemaskan, sehingga mampu menarik perhatian si kecil. Bukan hanya itu, Aplikasi ini juga menyediakan fitur belajar membaca untuk anak, melatih kemampuan bahasa, menulis, kemampuan sosial dan emosional, keterampilan problem solving dan motorik anak.

Lewat aplikasi ini, mama papa juga bisa mengembangkan kreativitas dan ekspresi diri si kecil. Karena Khan Academy Kids menyediakan program belajar menggambar, mewarnai dan mendongeng. Sangat lengkap bukan? Mama papa bisa langsung unduh aplikasi ini di playstore.

 

5. Splash Math

 

Splash Math merupakan aplikasi belajar matematika anak yang membuat ilmu berhitung menjadi seru dan menyenangkan, serta sesuai dengan kurikulum atau jenjang si kecil. Misalnya untuk anak TK diberikan permainan pengenalan bilangan dan bentuk bidang, sedangkan untuk anak kelas 5 SD diberikan materi pembagian, perkalian, aljabar dasar serta desimal dengan cara yang seru dan menyenangkan. Aplikasi ini juga memiliki tampilan visual yang menarik, sehingga si kecil tidak akan bosan belajar di aplikasi ini.

Tidak seperti kebanyakan aplikasi belajar untuk anak, Splash Math memberikan fitur untuk orangtua agar tetap terhubung dan bisa melihat tingkatan kemampuan anak. Jadi, mama papa bisa tahu kemampuan anak terhadap pelajaran matematika.

 


Pentingnya Belajar Matematika

 


Mama dan papa pasti sudah tahu kalau pelajaran matematika itu sangat penting, oleh sebab itu anak perlu diajarkan sejak kecil. Adapun berikut ini merupakan beberapa alasan pentingnya belajar matematika, yaitu:

 

1.         Mengasah kemampuan si kecil dalam memecahkan masalah

2.         Membantu si kecil untuk mengasah pikiran dan logika

3.         Membuat si kecil menjadi pribadi yang pantang menyerah dan suka dengan tantangan

4.         Ilmunya digunakan dalam kehidupan sehari-hari

 

Itulah 5 rekomendasi aplikasi belajar matematika anak yang seru dan menyenangkan serta beberapa alasan mengapa matematika sangat penting dipelajari yang bisa mama papa ketahui. Dengan begitu si kecil akan lebih mudah belajarnya dan siap berprestasi di sekolah.

 

Untuk mencari informasi atau konten seputar anak dan keluarga, mama papa bisa berkunjung ke situs Kiddo.id. Kiddo.id juga menjadi platform yang menghubungkan orang tua dengan penyedia layanan untuk anak dan keluarga, seperti layanan workshop, kursus, penitipan anak hingga kelas online by kiddo. Gimana? Yuk jadi orangtua yang mendukung perkembangan, dan pendidikan anak agar masa depannya jadi lebih hebat. Salam

 

 

Referensi:

https://id.theasianparent.com/aplikasi-matematika/amp

https://www.parentstory.com/blog/belajar-matematika-yang-menyenangkan-dengan-4-aplikasi-ini-1

https://journal.sociolla.com/lifestyle/aplikasi-belajar-matematika/amp/

  • Share:

You Might Also Like

13 comments

  1. Asik ada rekomendasi untuk keponakan aku jadinya. Semakin terbantu anak untuk belajar ini

    ReplyDelete
  2. anakku salah satu yang ngga suka pelajaran math, maminya juga ga suka sih hahaa mungkin bisa di coba tipsnya, saya coba download salah satu app di atas ya :)

    ReplyDelete
  3. pas banget nih kak lagi cari untukku anakku, biar kalau pegang tab gak nonton yt ataupun main game aja, kebetulan dia suka banget belajar matematika

    ReplyDelete
  4. Terima kasih banyak ya rekomendasi aplikasinya, bermanfaat sekali agar anak tetap senang belajar matematika dan semangat dalam belajar karena metodenya menyenangkan

    ReplyDelete
  5. Wah sangat membantu ya ini buat anak belajar matematika. Thanks mbak untuk infonya nanti aku bakalan pakai deh buat mengajari anak matematikam

    ReplyDelete
  6. wah langsung coba kepoin nih soalnya agak susah sendiri sih ngajarin anak sendiri padahal tiap hari juga kerjanya ngajar anak orang

    ReplyDelete
  7. wah banyak juga ya aplikasi untuk belajar matematika, bisa saya rekomendasikan ke saudara saya yang punya anak-anak sekolah SD pasti ini sangat membantu banget anaknya mba

    ReplyDelete
  8. Sayang vanget dulu pas aku sekolah gaptek & gak tau aplikais kek ginian

    ReplyDelete
  9. Belajar matematika kudu banget diakalin dengan games dan apps seru begini yaa, Nyi..
    Aku setuju banget siih...selain happy, anak juga belajar logika.

    ReplyDelete
  10. Makasih rekomendasi apps nya mba Nyi, ini bermanfaat banget di era SFH seperti sekarang ini.

    ReplyDelete
  11. Mba, kalau untuk anak SMP ada rekomendasinya nggak, mba? Aku kebetulan ngerasa ilmu matematika nih susaaahh

    ReplyDelete
  12. Wah banyak juga ternyata ya aplikasi belajar matematika, boleh nih nyoba salah satunya buat belajar anak-anak di rumah apalagi anak sulung suka pelajaran matematika biar makin mengasah ketrampilannya berhitung

    ReplyDelete
  13. Weh sangat terbantu kak, bisa ngajarin anak lewat aplikasi b Inggris diatas.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat