Review Buku Catatan Cinta Yang Berantakan Penulis Catherine Tihar

By Nyi Penengah Dewanti - Thursday, January 21, 2021

 

Review Buku Catatan Cinta Yang Berantakan Penulis Catherine Tihar - Setiap hubungan pasti akan ada masanya kadang tertawa, kadang juga terluka. Demikian juga hubungan yang dibangun dengan pernikahan. Tidak hanya dua orang dan dua kepala, tetapi dua keluarga besar yang turut andil di dalamnya. Hal tersebut lumrah adanya, tidak perlu ditakuti.




blog review buku struktur review buku contoh review buku pendidikan contoh review buku cerita cover review buku




 

Justru dengan adanya pasang surut tersebut, setiap pasangan akan menemukan cara baru dalam menghadapi permasalahan.

 

Pada postingan blog kali ini, saya akan membahas mengenai buku yang sudah saya tamatkan awal bulan berjudul, Cinta Yang Berantakan yang ditulis oleh Catherine Tihar.

 

 

Detail Buku Catatan Cinta Yang Berantakan

 

 

 

Judul : Catatan Cinta Yang Berantakan

Penulis: Catherine Tihar

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Tanggal Rilis: 30 September 2020

Media Baca : Gramedia Digital

Jumlah Halaman: 196 Halaman

Harga : Rp75.900

 

 

 

Sinopsis Buku Catatan Cinta Yang Berantakan

 

 

 

Aku hanya perempuan biasa dari keluarga Jawa yang sederhana, yang ingin membangun karier di Ibukota. Walau karier dan pekerjaanku cukup sukses, tapi kehidupan cinta dan keluargaku selalu berantakan.

 

Pertama kali jatuh cinta dengan penyelia di tempat kerjaku, ternyata dia membohongiku. Mengaku belum punya pacar, padahal dia sudah pacaran dengan asistennya. Setelah pindah kerja, aku dijodohkan dengan seorang dokter yang masih lajang dan aku terima lamarannya hingga aku bersedia “kawin gantung” di Catatan Sipil. Ternyata dia seorang pencinta sesama jenis, yang bahkan mau mengoperasi wajah untuk kekasihnya.

 

Aku lalu bertemu dengan seorang pemuda saleh yang belajar di sekolah agama dan memiliki minat yang sama denganku: musik dan teater. Setelah menikah, pemuda yang selalu dihormati dan dibanggakan keluarga dan lingkungannya itu, dan setelah cukup terkenal sebagai pemain teater, sinetron, dan film, di rumah ternyata sangat kasar, kejam, selalu melakukan kekerasan verbal, dan tidak bertanggung jawab kepada istri dan anak-anaknya. Dia berselingkuh dan hidup bersama sejumlah perempuan, tanpa sepeser pun pernah memberikan nafkah untuk aku dan keluarga. Namun, dia justru menceraikanku dengan alasan merasa dilecehkan sebagai suami, karena aku mampu membiayai kebutuhan rumah tanggaku sendiri.

 

Akhirnya aku bertemu dengan pria yang baik bagaikan malaikat, yang mau melindungiku dan ingin terus hidup bersamaku. Tapi, dia penipu, dan selalu mengelabui perempuan mapan dan punya penghasilan untuk keuntungan hidupnya sendiri.

 

Inilah catatan perjalanan hidup dan cintaku yang berantakan. Mungkin karena aku terlalu percaya pada cinta dan selalu mendambakan cinta sejati yang terpelihara hingga maut memisahkan. Namun berkat Tuhan, kini aku bahagia. Bersama kedua anakku yang sukses dan selalu berbakti.



blog review buku struktur review buku contoh review buku pendidikan contoh review buku cerita cover review buku


 

 

Pelajaran Tentang Manis Pahitnya Sebuah Pernikahan

 

 

 

Buat kamu yang belum menikah, buku ini bisa dibaca dan akan memberikan banyak pemahaman apa itu arti keikhlasan dan ketulusan. Dan yang sudah menikah, seperti saya, akan semakin diberikan pengertian bukan hanya sebuah kesetiaan di dalam rumah tangga yang akan dibangun. Tetapi pertengakaran-pertengkaran kecil, sekalipun hal remeh temeh. Namun dengan segera pula, semua akan membaik dengan cepat.

 

Meski begitu ada hal-hal besar yang tidak luput dari permasalahan, seperti perselingkuhan misalnya. Kita bisa memilih untuk memaafkan, pura-pura baik saja atau juga memilih untuk berpisah. Pun bertahan demi anak-anak.

 

Buku yang ditulis oleh Catherin Tihar ini, berdasarkan kisah nyata. Halamannya yang tidak terlalu tebal 196 halaman, membuat saya menamatkan dalam satu hari. Karena ceritanya pun mengalir, dengan kata-kata yang sederhana dan mudah dipahami.

 

"Aku sudah hampir tidak percaya lagi kepada Tuhan. Terutama setelah aku mengalami kegagalan dalam karier dan perjalanan hidupku. Rasanya sejak kecil aku memang tidak pernah beruntung." (halaman 11)

 

Tokoh utama ini sejak kecil tinggal di Jawa dan diusia 23 tahun baru merantau ke Jakarta. Dari kecil ia sudah sakit-sakitan, menderita asmabronchitis karena sedang sakit tapi nekat nyemplung ke kolam renang karena ingin bermain air. Sampai dewasa, penyakit tersebut terus terbawa.

 

Pada usia 23 tahun ia bekerja di perusahaan Integrted Circuit semiconductor, sebagai sekertaris. Di perusahaan tersebut ia mengenal Ronny 37 tahun asal Manado, mereka sempat dekat dan berpisah karena Ronny bermesraan dengan sekertaris pribadinya. Ia kejang-kejang dan dilarikan ke rumah sakit. Semenjak itu ia tidak ingin dekat dengan lelaki, dan pindah kerja di kantor penerbitan majalah. Pada akhir pekan ia bernyanyi bersama kawannya di gereja. Tokoh utama wanita ini, seorang yang taat beragama.

 

Di tahun kedua ia dijodohkan oleh temannya dengan seorang dokter, dan diajak untuk nikah kontrak sementara karena si dokter akan bertugas ke NTT. Tapi amat disayangkan, Ia justru dikhianati. Desas-desus dokter ini gay, akhirnya terbongkar sendiri oleh sang tokoh utama dan akhirnya memutuskan untuk berpisah namun dipersulit.

 

Ia kembali mengenal pria dalam perjalanan kehidupannya. Ia berkenalan dengan Martin, dan mulai belajar jatuh cinta lagi. Sayangnya ia kembali tidak beruntung karena Martin ini kasar, dan masih berhubungan dengan mantannya. Namun di sisi lain Martin baik hati, dan taat bergama. Ia pun menikah dengan Martin.

 

Lika-liku hidup sang tokoh utama, mulai diuji makin berat ketika hidup bersama dengan martin suaminya. Dari yang difitnah, suaminya selingkuh, padahal sudah punya anak dua dan ngakunya masih perjaka. Sampai dengan ketahuan nikah diam-diam selama tiga tahun.

 

Dari awal menikah sang tokoh utama tidak pernah dinafkahi materi, ia bekerja keras siang dan malam untuk menghidupi anak-anak dan suaminya. Perjuangan yang luar biasa. Harga diri yang diinjak-injak, bertahan demi anak, sering dikasari, dan lain sebagainya. Jujur membaca buku ini saya merasakan miris, dan permasalahan hidup saya bukan apa-apanya. Tapi saya yakin, Tuhan pasti punya rencana yang indah. Demikian juga untuk sang tokoh utama.

 


blog review buku struktur review buku contoh review buku pendidikan contoh review buku cerita cover review buku



 

Hikmah yang dapat saya petik dari membaca buku, Catatan Cinta yang Berantakan beberapa di antaranya adalah :

 

 

  • Memutuskan untuk bersetia adalah pilihan. Bisa jadi didasari oleh beberapa hal. Salah satunya dengan bertahan demi anak-anak
  • Kegagalan demi kegagalan, terkadang menuntun kita menemukan sebuah kebahagiaan. Sekalipun rasanya ingin menyerah
  • Merasa kasihan dengan pasangan adalah hal yang lumrah. Apalagi kalau masih merasakan cinta. Seperti tokoh utama walaupun disakiti berkali-kali, dikasari, diselingkuhi masih setia dan justru membantu setiap kali suaminya bermasalah dengan istri simpanannya. Semua ini karena ingin menjaga nama baik ayahnya, di depan anak-anak.
  • Anak-anak tetap lah anak-anak. Mereka menginginkan ayahnya tetap tinggal. Meskipun sudah ketahuan selingkuh dan menikah. Mereka tetap berusaha menerima ayahnya dengan lapang. Sayangnya sang ayah ini bebal, dan kurang ajar. Jujur jika pada posisi ini, saya memilh untuk berpisah. Sudah keterlaluan soalnya.

            Buku Catatan Cinta Yang Berantakan, jujur membuat saya geleng-geleng kepala dengan keteguhan sang tokoh utama. Kesakitan yang ia alami, dibarengi dengan keteguhan hati yang akhirnya mengantarkan dirinya kepada kebahagiaan yang hakiki.

 

Akhir kata, kehidupan pernikahan tidak seindah kisah dongeng. Karena untuk mencapai hidup yang bahagia dibutuhkan perjuangan, perngorbanan, dan kesabaran. Selamat membaca, Catatan Cinta yang Berantakan. Salam.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat