Alasan Tabungan Bisnis Penting untuk Pelaku Usaha dan Kawula Muda

13 comments

 

Alasan Tabungan Bisnis Penting untuk Pelaku Usaha dan Kawula Muda - Yang punya tabungan, cung! Mengapa kita wajib menabung sedari kecil sih? Tentu saja agar  kita memiliki alternatif uang untuk kebutuhan, baik jangka pendek, darurat maupun masa depan.



tabungan bisnis bca tabungan bisnis terbaik tabungan bisnis mandir tabungan bisnis bri tabungan bisnis bni kelebihan dan kekurangan tabungan bisnis mandiri tabungan konvensional adalah tabungan bisnis permata



 

Dilansir dari laman my money coach, 10 alasan dari 3 hal mengapa kita harus pandai menabung ini dia:

 

 

1. Agar mandiri secara finansial

 

Apa yang disebut orang kaya versimu? Kalau secara umum adalah orang yang mempunyai kemandirian finansial. Siapa yang tidak ingin kaya? Maka dengan rajin menabung, kesempatan anda mandiri finansial bukan lagi mimpi tetapi bisa menjadi kenyataan. Apalagi ditambah tabungan tersebut diinvestasikan.

 

 

2. Bisa keluar dari Jerat Hutang

 

Hutang ini ibarat penyakit lho, kalau dilakukan terus menerus karena bisa menjerat seseorang. Apalagi hutang kartu kredit, aduh jangan deh. Mendingan uangnya ditabung, tidak hanya sebagai cadangan, tetapi juga untuk dana pembayaran untuk hal tak terduga terjadi. Kalau menginginkan sesuatu, mending ditahan dulu sampai uangnya terkumpul.

 

3. Agar memiliki kehidupan yang lebih baik

 

Menabung akan membuat kehidupan kita kedepannya jadi lebih baik. Setiap punya uang, usahakan untuk dikendalikan. Sisihkan untuk kebutuhan yang tidak terlalu penting, jadi bila ke depannya ada aral melintang yang membutuhkan dana darurat bisa mengambil tabungan sendiri. Tidak perlu sampai berhutang.

 

 

tabungan bisnis bca tabungan bisnis terbaik tabungan bisnis mandir tabungan bisnis bri tabungan bisnis bni kelebihan dan kekurangan tabungan bisnis mandiri


 

Perbedaan Tabungan dan Investasi

 

 

 

Jika menabung merupakan kegiatan menyisihkan uang, baik untuk kebutuhan jangka pendek maupun untuk dana darurat. Sementara investasi adalah pengembangan uang yang dimiliki untuk mendapatkan keuntungan.

 

Kalau tabungan bisa diambil sesuka kita, tetapi investasi memerlukan waktu untuk mencairkan dananya. Bagaimana dari segi resiko? Untuk tabungan resikonya rendah, untuk investasi resikonya sebanding dengan hasil yang diharapkan.

 

Contoh produk menabung bisa kita lakukan di bank, untuk investasi produk contohnya adalah emas, reksadana, saham, obligasi, suran berharga, dan lain sebagainya.

 

Yang perlu digarisbawahi dalam berinvestasi, tentu saja pilih perusahaan yang sudah mengangtongi izin dari lembaga berwenang seperti: OJK.

 

 

Mengapa Tabungan Bisnis Penting untuk Pelaku Usaha

 

 

 

Entrepreneur atau pelaku usaha, wajib memiliki cadangan tabungan bisnis. Karena kita tidak tahu, kapan akan untung dan kapan akan rugi, karena berbisnis seperti roda yang berputar. Kadang di atas, kadang juga di bawah. Siapa tahu 5 manfaat di bawah ini, akan membuatmu tergerak mulai menyiapkan tabungan bisnis. Apa saja? Ini dia:



tabungan bisnis bca tabungan bisnis terbaik tabungan bisnis mandir tabungan bisnis bri tabungan bisnis bni kelebihan dan kekurangan tabungan



 

1. Mampu mengontrol keuangan bisnis

 

Dalam berbisnis, modal biasaya menjadi hal yang paling utama untuk merintis usaha.  Maka setelah usaha dibangun dan memberikan keuntungan, jangan lupa untuk menabung untuk bisnismu. Kalau sekarang masih dikelola sendiri, siapa tahu bulan depan sudah bisa membayar gaji karyawan, menyewa tempat, dan lain sebagainya.

 

2. Mampu melindungi aset pribadi

 

Dengan adanya tabungan bisnis, suatu saat jika anda mengalami kerugian ada uang cadangan dalam tabungan. Makanya penting banget memisahkan aset pribadi dengan perusahaan. Harus tegas dalam memisahkannya.

 

3. Membangun kreadibilitas bisnis

 

Bisnis akan dipandang lebih profesional di mata konsumen dan mitra, bila anda memiliki rekening bukan nama sendiri melainkan nama perusahaan/usaha.

 

4. Selangkah lebih maju dalam mengajukan pinjaman bisnis

 

Apabila usaha anda memiliki penyusunan laporan keuangan yang bagus, jika suatu hari akan mengajukan pinjaman kepada pihak pemberi pinjaman akan jauh lebih mudah dan memiliki p eluang yang bagus. Karena pihak mereka dalam menganalisisnya mudah, baik laporan pemasukan maupun pengeluaran.

 

5. Bisa mengatur aset bisnis dengan mudah. Seperi tabungan, giro, atau deposito

 

Jika usaha anda sudah mempunyai tabungan bisnis, maka ketika mempertimbangkan bisnis atau akan berekspansi jauh lebih mudah. Tinggal melihat tabungan bisnis, dan selanjutnya bisa disesuaikan dengan keinginan bisnisnya jika ingin diperluas lagi.  Nah, mulai persiapkan tabungan bisnismu, mulai sekarang juga ya! Semoga bermanfaat, salam. 

Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

13 comments

  1. Sepakat nih, untuk para pelaku usaha memang harus punya Tabungan Bisnis. Minimal keuangan bisnis terpisah dari keuangan pribadi.

    ReplyDelete
  2. Aku ngerasa emang tabungan biasa atau bisnis kita butuhin banget mbak. Apalagi aku hidup di lingkungan keluarga yg cukup boros. Well, kalau punya tabungan paling engga bisa belajar lebih hemat.
    Tabungan bisnis ini juga bermanfaat banget kalau aku mau buka usaha hehe

    ReplyDelete
  3. Wah baru tahu nih tentang tabungan bisnis ini..selama ini menabung ya menabung saja, menyisihkan uang untuk keperluan mendesak atau terencana. Thx infonya Nyi

    ReplyDelete
  4. akuu udah ada nih tabungan biasa dan bisnis.. jadi ngebedain gitu nyii... biar bisa ngitung2 juga penghasilannya berapa

    ReplyDelete
  5. Makanya kalau berbisnis itu ada rekening sendiri tujuannya memang buat pengelolaan bisnisnya. Jadi nggak dicampur aduk uangnya sama kepentingan pribadi.

    ReplyDelete
  6. Nah iya ini. Kan ada pepatah utk jgn naroh telur dlm satu wadah. Makanya pos peibadi dan bisnis juga harus dipisah

    ReplyDelete
  7. Ternyata sebagai pembisnis pun juga harus punya tabungan bisnis ya, penting juga ya buat jaga bisnis yang kedepannya kita tidak tau kapan maju atau mengalami penurunan.

    ReplyDelete
  8. Bener ya tabungan emas itu Solusi yg mudah dimengerti Dan gampang harga juga gal terlalu betubah Aman bangt menurutku

    ReplyDelete
  9. Setuju banget mba,kalau pelaku bisnis harus punya tabungan bisnis yah biar jelas keuangan bisnis dan pribadi,jelas juga peruntukan nya. ini jadi motivasi buat aku nih mba, aku tuh orangnya boros banget..gak bisa misahin antara buat bisnis dan pribadi

    ReplyDelete
  10. Setuju, tabungan bisnis itu penting banget bagi para pelaku usaha, pernah waktu itu aku jualan dan gak misahin antara tabungan bisnis dan tabungan pribadi itu sih jujur kacau banget keuanganku

    ReplyDelete
  11. Aku baru tau ada tabungan bisnis Nyi.
    Bisa jadi dana cadangan untuk sebuah usaha yaa...karena yang namanya usaha itu pasti pasang-surut.

    ReplyDelete
  12. Sikit sikit lama kelamaan jadi hukit ya asal konsisten mrngaturnya. Yakin deh ka nyi bakal sukses kelak

    ReplyDelete
  13. Baru dengar lho aku ada tabungan bisnis, biasanya kan tabungan untuk ibadah atau tabungan pendidikan gitu. Ternyata penting juga ya!

    ReplyDelete

Post a Comment