Fun Talk Sejuta Kreasi untuk Maju Bersama

By Nyi Penengah Dewanti - Thursday, October 15, 2020


Jika semua orang maju bersama-sama, kesuksessan akan datang dengan sendirinya

(Henry Ford)

 


IG Live Home Credit bareng Erix Soekamti, dengan tema 'Sejuta Kreasi untuk Maju Bersama'
Live Instagram Funtalk



Tadi malam saya mengikuti fun talk, dengan tema 'Sejuta Kreasi untuk Maju Bersama,' dengan narasumbernya Erix Soekamti, seniman dan pendiri DOES University. Saya sangat menikmati talkshow sederhana, yang digagas oleh Home Credit tersebut di akun instagramnya. Banyak hal positif yang bisa saya ambil, dimulai dari hal yang kita cintai. Karena apapun yang kita cintai dan lakukan, efeknya akan menjadi besar dan hebat.

 

Acara dibuka dengan kabar mas Erix yang menceritakan kegiatannya saat ini, di era pandemi yang belum berakhir dan aktivitas serba terbatas ia menembus batas. Menggerakan DOES University untuk berpindah ke Nglinggo, daerah yang ada di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Mengapa Nglinggo yang dipilih? Awalnya mas Erix melakukan wisata Glamping di sana, lantas menemukan potensi besar di mana masyarakat Nglinggo ini sangat mandiri, dan sejahtera pun adanya Akamsi Gelang Projo (Magelang, Kulonprogo, dan Prworejo) yang mendukung.

 

Mengenal DOES University

 

 

DOES University ini adalah sekolah gratis untuk minat dan bakat, yang digagas oleh Erix Soekamti yang merupakan CSE dari Endank Soekamti untuk berbagi kepada masyarakat Indonesia. Mereka ingin berterima kasih kepada masyarakat, yang sudah berjasa menemani perjalanan kelompok musik ini.



IG Live Home Credit bareng Erix Soekamti, dengan tema 'Sejuta Kreasi untuk Maju Bersama'
Flyer Fun Talk Sejuta Kreasi untuk Maju Bersama


 

Yang dipelajari DOES University ini banyak sekali, beberapa di antaranya ada animasi, modeling, aplikasi, sinematografi, dan lain sebagainya. Mereka yang belajar akan dikarantina, makan ya di sana, tidur di sana, agar proses transfer ilmunya maksimal.

 

Erix Soekamti mengungkapkan siapapun bisa masuk ke sana, tapi akan ada tes uji bakat dan interview sebagai parameter calon pelajarnya cenderung memilih passion apa untuk dijalankan. Misalnya nih, jika dia ingin jadi vokalis, menjadi drummer ya harus diberikan skill untuk menjadi seorang vokalis atau drummer.

 

"Apabila ada bakat dan kemauan, sudah pasti jadi. Makanya penting sekali proses untuk mengenal diri sendiri," ungkas Erix Soekamti memaparkan.

 

            Karena sebenarnya berdirinya DOES University adalah bentuk protes Erix, terhadap sistem pendidikan di Indonesia yang harus mengalami banyak perubahan. Protes saja tidak akan cukup, Erix memberikan bukti kepada orang-orang akan protesnya. Meski baru saja mengenal DOES University melalui fun talk semalam, saya langsung jatuh cinta dengan pendidikan yang diusung oleh DOES University. Soalnya passion akan membuat seseorang betah dengan apa yang dilakukannya, meski bertahun-tahun tidak akan pernah bosan. Pun passion yang ditekuni akan mendatangkan kita penghasilan, tanpa disangka-sangka.

 

 

Rangkuman Pesan Mas Erix Soekamti dalam Fun Talk Sejuta Kreasi untuk Maju Bersama

 


IG Live Home Credit bareng Erix Soekamti, dengan tema 'Sejuta Kreasi untuk Maju Bersama'
Fun Talk Sejuta Kreasi untuk Maju Bersama


 

Menggali Potensi diri menemukan Passion itu Penting

 

Siapa yang tidak ingin bidang pekerjaannya, adalah hal yang disukai dan passion diri? Hal tersebut merupakan cita-cita banyak orang, tapi gimana dong memaksimalkannnya? Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah, apa sih hal yang kita lakukan dan tak pernah bosan? Apa sih hal yang paling membahagiakan, yang kita kerjakan? Pahami diri sendiri, eksplorasi hal-hal tersebut, dan maksimalkan. Mungkin minat yang sebelumnya terpendam bisa keluar dengan kegiatan yang kita lakukan.

 

Cara Memotivasi Diri agar Optimis

 

Banyak yang bilang optimisi itu harus dibangun, tapi mas Erix mengungkapkan bahwa optimis itu bukan di bangun tetapi ditanamkan rasa yakin kepada diri sendiri agar berani mengambil lankah. Kalau banyak mikir, banyak nanti justru akan timbul banyak rasa takut. Maka mas Erix menekankan agar kita yakin terhadap diri.

 

Jalin Sinergi, Silaturahmi, dan Bangun Gotongroyong

 

Sukses sendirian itu hal biasa, tapi kalau suksesnya ramai-ramai itu baru luar biasa. Nah, sinergi dan kolaborasi adalah kunci utama untuk memperkuat stabilitas. Mas Erix menekankan perlunya hal tersebut, jika sinergi dibangun diberbagai pemangku kepentingan tugas memprakarsai sesuatu akan terjalin dengan gampang.

 

Punya Ide Nggak Ada Uang atau Modal?

 

Jadilah seseorang yang menggebrak batas, bukan orang yang kalau dibatasi berhenti dan tidak melakukan apa-apa. Mas Erix berpesan, kreativitas akan dimatikan, kalau kamu tidak bergerak. Potensi akan selalu ada, sepanjang kita pandai untuk menemukannya. Sesuatu yang baik, sesuatu yang berdampak positif, akan selalu ada jalan untuk menggapainya.

 

Nah teman-teman, demikian sharing dari IG Live Home Credit bareng Erix Soekamti, dengan tema 'Sejuta Kreasi untuk Maju Bersama'. Semoga dapat menginspirasi kita semua. Aamiin.

 

 

 

Sumber pendukung artikel

 

instagram @homecreditid

https://jogja.tribunnews.com/2016/01/28/does-university-sekolah-gratis-calon-animator

  • Share:

You Might Also Like

76 comments

  1. Makasih sharingnya mbak, saya sedang berusaha "mengenai" diri saya sendiri dan apa sih passion saya :)

    ReplyDelete
  2. Wahh kereeen. Bisa buat anak-anak nggak ya?
    Beneran keren banget sih ini. Banyak anak muda berbakat yang ga bisa manu karena kebentur biaya soalnya. Sukses buat DOES University

    ReplyDelete
  3. Ya ampun..masih berlangsung yaa Fun Talk ini? Keren ih..saya kira udah gak ada lho di bulan Oktober. Salut euy sama semangat Homecredit menyajikan konten bermanfaat gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku tuh pernah ikutan salah satu Fun Talk ini dan emang temanya tuh bagus banget dan inspiratif juga.

      Delete
  4. Keren sekali, sosok Erix Soekamti dan Does University-nya ini. Saya langsung berharap bisa memasukkan anak ke sana. Saya termasuk yang menganggap sekolah formal itu hanya tools. Jadi, jika ada sekolah yang bisa mengasah bakat secara maksimal, harus diikuti.

    ReplyDelete
  5. aku seneng deh dengan Fun Talk ini karena banyak banget insight disetiap temanya, apalagi aku sellau bacain cerita dari teman-teman tentang fun talk ini.

    ReplyDelete
  6. Erix Soekamti terbaaeekkk
    Bisa banget jadi role model untuk generasi millenials dan kita semua ya mba.
    Keren nih, ilmunya!

    ReplyDelete
  7. Keren ya Erix, protes saja tak cukup maka mendirikan DOES University, gratis pula. Masya Allah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. idem kak..kita ngelihatnya kan jadi nyesss gitu ya..semoga banyak yang terbantu dengan programnya Erix ini ya..

      Delete
  8. Waah keren sekali yaa mas Erix membuat ide semacam itu. Sangat bermanfaat untuk orang banyak. Untuk skill2 yg diajarkan bisa online atau kudu di Kulonprogo saja mbak?

    ReplyDelete
  9. Wah menarik bikin sekolah gratis gtu. Jd kepengen ikutan salah satu kelasnya. Cara daftarnya gmn ya?
    Bener sih kalau mau maju sendirian suka susah, kalau rame2 tu lbh cepet suksesnya biasanya.

    ReplyDelete
  10. Saya jadi tertarik dengan DOES University. Jadi ingin tau lebih banyak tentang ini. Keren uy gagasannya

    ReplyDelete
  11. weh enak nya ada kelas gratis ya... Alhamdulillah pasti banyak yang butuh nih...

    ReplyDelete
  12. Ah ini baru kece..
    Protes dgn cara yg konkret...
    Jadi protesny solutif ya mbak

    ReplyDelete
  13. Baru denger ni mba ada does university, coba kalau ada kelas onlinenya akan lbh menarik ya bs belajar dr mn aja

    ReplyDelete
  14. Inspiratif sekali ya Nyi Mas Erix ini. Protes namun dia juga punya action nyata yang keren. Memberikan solusi tidak hanya mengkritik keadaan.

    ReplyDelete
  15. Kagum deeeh sama mas Erix Soekamti ini dengan mendirikan DOES University@!

    Dengan ada sekolah gratis untuk minat dan bakat, semoga anak anak jadi punya semangat teruuussss untuk belajar!

    ReplyDelete
  16. Selalu kepo ngikutin materi Fun Talk setiap minggunya karena berfaedah dan selalu nambah wawasan banget! Wah, jurusan di DOES University semuanya yang lagi happening dan prospektif deh!

    ReplyDelete
  17. Motivasi itu harus di tanamkan dan kreativitas harus digerakan. Keren nih acaranya. Memang ya se kreativ apa pun kita kalau gak gerak dan merasa banyak hal terbatas, sama saja bohong. Padahal kreativ itu tidak terbatas, apa pun kondisinya.

    ReplyDelete
  18. Home credit ini kece banget lho. Sering mengadakan acara Fun Talk tapi isinya gizi dan mencerahkan.

    Bener juga, jangan kalah sama batasan. Ada ide, gak ada modal. Berarti kita mesti kreatif dong, biar ide tersebut terlaksana, dan bisa menghasilkan.

    ReplyDelete
  19. Sekolah gratis untuk minat dan bakat bagus juga ini gagasannya ya jadi bisa berbagi buat masyarakat. Passion itu penting banget supaya kita bisa menapai tujuan yang diinginkan

    ReplyDelete
  20. Fun Talknya Home credit ini bermanfaat semua ya topiknya. Dan narasumbernya tuh inspiratif banget, termasuk mas Erix ini dengan DOES Universitynya.

    ReplyDelete
  21. Salut dengan berdirinya DOES University sebagai sekolah gratis untuk minat dan bakat. Tentunya nanti akan menelurkan banyak generasi bangsa yang kreatif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mbak, semoga banyak juga yang terinpirasi oleh DOES University dan membuat sekolah gratis ya.

      Delete
  22. Wah, keren.. DOES University ini untuk semua kalangan dan usia nggak mbk? Bagus banget. Fun talk ini ada terus ya mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren banget materinya. Minggu ini ada lagi nggak mbk Fun talk Homecredit?

      Delete
  23. Aku yakin warga Kulon Progo seneng bangett kedatangan Mas Erix. Semoga muncul Mas Erix yang lain, ya. Biar pendidikan di Indonesia tidak hanya menyoal Matematika dan Kimia. Hahaha

    ReplyDelete
  24. Acara Fun Talk ini inspiring banget ya narasumbernya, jadi belajar banyak ikutan nonton acaranya...

    ReplyDelete

  25. Mr. Erix is ​​indeed extraordinary and I salute him for his commitment and consistency. Indeed, sometimes creativity requires commitment to make it happen, not just ideas

    ReplyDelete
  26. Gila banget siih ini yaa..
    Aku salut sama anak muda yang gak hanya ngomong, tapi juga buktikan bahwa semua mimpi dan harapan bisa terwujud.

    ReplyDelete
    Replies
    1. FunTalks ini sungguh banyak tema yang bisa digali yaa, Nyi.
      Salut...mendorong, menginspirasi dan menguatkan generasi muda Indonesia.

      Delete
  27. Maaayaallah DOES University, kalo benar memberikan pendidikan sekolah gratis untuk meningkatkan minat dan bakatbakat, mau ah daftar

    ReplyDelete
  28. Suka sekali dengan kalimat "sukses sendiri adalah hal biasa tapi sukses bersama adalah hal yang luar biasa" seperti memberikan aku semakin semangat nih untuk saling bekerjasama dengan saudara

    ReplyDelete
  29. Wow..jd pingin masukin anakku ke Does University..kl anaknya beneran jd pingin menekuni sinematografi sih..

    ReplyDelete
  30. Keren banget nih misinya DOES University. Semoga membawa berkah untuk semuanya ya.

    ReplyDelete
  31. saya suka banget sama aura positifnya Erix Soekamti ini, omongannya itu berisi semua dan suka jleb banget dna memotivasi makin berkembang. soal menggali diri saya juga sampai hari ini masih mencoba menggali diri dengan segala kondisi yang ada, agar tetap tumbuh dna berkembang. dan betul mengenal diri sendiri itu sangat penting banget, agar kita tahu apa yang kita mau dan ga mudah disetir oleh kemauan orang lain

    ReplyDelete
  32. Dulu aku mikir menemukan passion usia segini tuh telat banget, tapi ternyata ga ada batasan umur ya

    ReplyDelete
  33. Sistem pendidikan di sini emang berubah kalau menterinya berubah hehe. Keren masnya bikin Does university,sebagai salah satu usaha mencerdaskan anak bangsa juga yaaa

    ReplyDelete
  34. salah satu bentuk protes yang harus di dukung, karena setuju nih sama pemikiran erix soekamti terhadap sistem pendidikan di Indonesia yang harus mengalami banyak perubahan. protes memang harus dilakukan dengan tindakan nyata yah mba biar makin terasa manfaatnya untuk orang lain

    ReplyDelete
  35. Seru banget nih bisa belajar kelas modeling dan sinema di Does University. Ilmunya pasti bermanfaat dan bisa diaplikasikan langsung di dunia kerja nantinya

    ReplyDelete
  36. Senang banget di trngah pandemi gini masih bisa belajar ilmu2 seperti ini. Thanks for sharing kak!

    ReplyDelete
  37. Waah seru sekali nih pembahasan di acara Fun Talk ini, noted banget keempat poin yang Mas Erix Soekamti sampaikan itu jadi pembelajaran juga buat aku hehe

    ReplyDelete
  38. Pemaparan mas Erix ini bikin semangat para anak muda dengan mimpi besar tapi terkendala modal yaa...
    Pasti ada jalan dan pasti bisa dengan niat dan tekad yang kuat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salutnya sama Erix Soekamti itu membagikan pengalaman yang ia alami pada banyak anak muda melalui Fun Talks.
      Jadi kita semua tetap dapet ilmu dan bisa bermimpi besar juga untuk Indonesia.

      Delete
  39. ternyata passion itu sesuai kesukaan kita ajah ya. gak perlu maksa yg akhirnya malah jd terobsesi, jelek kata mas erix. duh seneng saya bs ikutan nyimak funtalk ini

    ReplyDelete
  40. Inspiring ya tema-tema Fun Talk ini. Narsumnya keren-keren euy, bahasannya menginspirasi. Salut dan bangga dengan DOES University, sekolah gratis untuk minat dan bakat, yang digagas oleh Erix Soekamti untuk berbagi kepada masyarakat Indonesia. Salut untuk semangatnya dalam sejuta kreasi untuk maju bersama

    ReplyDelete
  41. Salut utk mas Erik yg konsisten berkiprah seni dan juga berkontribusi pada pendidikan melalui DOES university ini.

    ReplyDelete
  42. Gagasan Mas Erix ini brilian sekali ya, disaat sekolah lain sebagian besar lulusannya menjadi pencari kerja, sekolah satu ini melahirkan pencipta lapangan pekerjaan

    ReplyDelete
  43. Gak nyangka ya bang erik soekamti, meski penampilan metal hatinya humanis bgt. Keren . Smoga lancar & sukses buat does university nya.

    ReplyDelete
  44. Jangan khawatir yang terpenting itu ketrampilan. Dengan mempunyai ketrampilan yang mumpuni maka kita akan diterima kerja dimanapun.

    Does university akan membuat generasi bangsa punya harapan untuk bisa maju lewat pelatih yang mereka lakukan

    ReplyDelete
  45. Sangat inspiratif. Aku jadi penasaran, masyarakat Nglinggo yang mandiri itu seperti apa, ya?

    ReplyDelete
  46. wah keren banget emang aksi yang dilakukan Erix ya...Pasti banyak yang terbantu sama DOES University karena memang dibutuhkan banget oleh masyarakat

    ReplyDelete
  47. Ga banyak yang mau berkontribusi sepertiitu. Mana kerjaannya berat ga dapat uang lagi, salut dah

    ReplyDelete
  48. Keren nih usahanya untuk memajukan pendidikan, ya. Semoga makin banyak yang terfasilitasi begini.

    ReplyDelete
  49. Kreeeeen.. wajib share postingan ini biar anak2 zaman now makin majuu :)

    ReplyDelete
  50. Keren ya idenya Erix Soekamtu untuk bkin DOES University sekolahnya gratis pula trus minat dan bakat yang dutamakan

    ReplyDelete
  51. Kirain acara FUn Talk terbatas pada masak-memasak aja hihihi. Ternyata ada juga semacam edukasi kita untuk maju dengan menggali potensi yang kita miliki ya mbak. Terkadang mengenal diri sendiri itu memang ga mudah dan ga percaya diri.

    ReplyDelete
  52. Mas Erix Soekamti kereen, saya pernah satu acara pd penganugerahan socialpreneur dan beliau pemenangnya

    Gebrakan Does University, makin membuat namanya makin harum di dunia voulenter philantropis.

    ReplyDelete
  53. Seru ya kalau ikutan fun talk. Bisa banyak hal yang perlu di sharingkan.
    Apalagi sesuai dengan passion kita. Bisa bikin mood booster banget ya Mba.

    ReplyDelete
  54. Di masa seperti sekarang, butuh suntikan semangat dan energi serta inspirasi. Dengan adanya fun talk ini bisa menjadi penyemangat di kala pandemi karena banyak kreasi dan inovasi yang dibagikan

    ReplyDelete
  55. Program pendidikan Does University yg digagas Erix Soekamti cukup menginspirasi ya..menggali minat dan potensi terlebih bagi mereka yang memiliki bakat tanpa dipungut biaya

    ReplyDelete
  56. memang harus semangat ya mba, dan ada support system yang kuat biar makin terpacu memulai sesuatu

    ReplyDelete
  57. Woow, ini acara yg sangat menarik dan bermanfaat .
    Ada lagi kapan ya mbak? Jadi pgn nyimak juga

    ReplyDelete
  58. Inspiratif banget mas Erix Soekamti ini. Bisa terpikir untuk bikin pendidikan alternatif untuk anak-anak yang berminat mendalami hobi di bidang multimedia. Semoga selalu sukses untuk mas Erix.

    ReplyDelete
  59. Setuju banget terutama di bagian ini:

    "... soalnya passion akan membuat seseorang betah dengan apa yang dilakukannya, meski bertahun-tahun tidak akan pernah bosan. Pun passion yang ditekuni akan mendatangkan kita penghasilan, tanpa disangka-sangka!"

    Melakukan yang kita sukai, membuat kita bersemangat, berenergi!

    ReplyDelete
  60. iya bener juga, optimis mah jangan di bangun tapi memang di tanamkan sejak awal bahwa yakin akan maju ya

    ReplyDelete
  61. DOES University ini seperti asrama ya. Selama belajar ya tinggal di sana dengan segala fasilitas yang ada. Wah kudu serius nih supaya bisa lulus dan membuat project kreatif. Menarik nih infonya untuk yang mau belajar animasi.

    ReplyDelete
  62. Keren banget does university... Erix soekamti juga menginspirasi sekali... Semoga makin banyak yang seperti ini...

    ReplyDelete
  63. Buat anak-anak yang emang udah ketahuan bakat dan minatnya cocok kalau diarahkan ke Does University ini. Ibaratnya langsung masuk ke jalurnya, jadi gak buang-buang waktu. Proyek-proyeknya juga kece lho, anak temenku ada yang belajar di sana.

    ReplyDelete
  64. Menarik nih does university ini. Keren banget erix Soekamti. Mmg passion itu kalo dilakukan terus menerus malah seneng ya.

    ReplyDelete
  65. Oh ternyata tes dulu sebelum masuk supaya bisa sesuai bakat minat calon siswa ya kalu di Does University?
    Eh jd kalau ada ide tapi gak ada modal cara supaya bisa terus maju mewujudkan idenya bagaimana tuh? :D

    ReplyDelete
  66. Aku baru tahu dengan DOES University ini deh. Keren ya Mas Erix Soekamti ini. Bisa kreatif dan inovatif membuat DOES University. Patut dicatet dan ditiru tips-tipsnya. Terutama buat yang mau berbisnis ya.

    ReplyDelete
  67. Baru denger ada DOES University ini lho. Luar biasa inspiratif banget ya dan membakar semangat nih untuk terus berkreasi. Self note juga untuk diri aku sendiri, jangan mudah menyerah.

    ReplyDelete
  68. Keren ya, jamannya kolaborasi. Kita susah maju jika jalan sendiri. Masih penasaran, kl masuk does university berarti nggak sekolah formal? Does university ini setingkat SMA atau anak kuliahan?

    ReplyDelete

  69. I have also participated in the live with Mr. Erix, he was inspiring. salute at the struggle. cool home credit too

    ReplyDelete
  70. Seru banget ikutan fun talk ya Mbak bersama Home Credit Nah apalagi tips dari erix Soekamti yang makin buat semangat di tengah pandemi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat