Ini Dia 7 Tips Aman Belanja Online

By Nyi Penengah Dewanti - Monday, October 05, 2020

 

Ini Dia 7 Tips Aman Belanja Online - Sebelum internet secanggih sekarang, dahulu berbelanja di lakukan dengan pergi ke pasar, ke toko, atau ke warung di dekat tempat tinggal ya kan? Setelah zaman semakin maju, dan internet berkembang pesat kondisi jual beli tidak harus dilakukan dengan bertatap muka. Melakukan belanja online pun tidak jadi masalah.


Ini Dia 7 Tips Aman Belanja Online
Ini Dia 7 Tips Aman Belanja Online



 

Tapi, ada juga orang-orang yang takut unuk melakukan belanja online. Karena tidak ingin tertipu. Pada kenyataannya memang ada penjual yang betulan, pun ada yang orang yang suka menipu dengan berkedok sebagai penjual. Kita harus pintar-pintar, dalam berbelanja online. Baik belanja online di facebook, belanja online di instagram, belanja online di shopee, dan di marketplace lainnya.

 

Lantas, bagaimana caranya agar berbelanja online tetap aman? Ini dia tipsnya, dari pengalaman yang sudah saya lakukan semenjak mengenal dunia jual-beli online.

 

 

Tips Belanja Oline agar Aman dan Tidak Mudah Tertipu

 

 

Saya juga pernah mengalami hal yang kurang mengenakan dalam berbelanja online, misalnya nih antara foto dan aslinya itu beda banget. Pas mau beli kan ngelihat barangnya bagus di foto, pas udah datang eh ... jompleng. Gamis yang keliatannya elegan, pas datang super gede di semua sisi. Dari lengan, badan, bawahan gitulah dan akhirnya nggak terpakai deh. Mulai saat itu saya sangat berhati-hati dalam berbelanja online.

 

Selalu terlebih dahulu meneliti, seperti apa toko tersebut dan bagaimana reputasinya. Ini dia tips berbelanja online agar aman buat teman-teman:


Ini Dia 7 Tips Aman Belanja Online
Kenali reputasi penjual


 

1. Kenali Reputasi Penjual

Sebelum memutuskan untuk membeli secara online, di manapun platformnya kenali dahulu seperti apa toko penjual tersebut. Misalnya nih, penjualnya aktif atau tidak, tertimonisnya lebih positif apa cenderung negatif nih?

 

2. Cek Rating Penjual

Kalau pembelian di forum atau marketplace gitu, biasanya ada yang namanya rating digambarkan dengan ikon bintang. Lihat dari sana berapa rating mereka, dan seperti apa komentar yang ada.

 

3. Jangan Mudah Tergiur soal Harga

Kalau biasanya di minimarket gitu, harga yang dibanting mendekati dengan kadaluarsa/masa barang tersebut. Kalau belanja online, dibandrol harga murah cek lagi coba. Jangan mudah tergiur harga murah, dan jangan mudah dijebak hehehe ...

 

4. Baca Deskripsi  Produk dengan Teliti

 

Misalnya ya, yang digambarkan gamis plus hijabnya. Eh pas sampai ternyata gamis tanpa hijab. Sebagai pembeli kita harus teliti melihat diskripsi yang diberikan, oleh penjual. Selain itu cek juga produknya itu ada varian apa saja, kelengkapannya, dan spesifikasinya pokoknya. Kalau kurang puas dengan deskripsi, kita bisa manfaatkan fitur chat. Kita bisa berinteraksi langsung dengan fitus tersebut.

 

5. Menggunakan Fasilitas Pembayaran Resmi

 

Jika sudah cocok dengan barangnya, saatnya kita melakukan transfer uang. Eits .. sebaiknya kita menghindari transfer secara langsung, kecuali kita sudah langganan. Manfaatkan rekening bersama, biasanya marketplace ada layanan tersebut, atau bisa sistem cash on delivery pas barang sampai dibayar.

 

Menggunakan rekening bersama, jika barang belum kita terima atau barang tidak sesuai keinginan, kita bisa kita komplain untuk pengembalian dana. Tentunya sesuai dengan fasilitas dan layanan masing-masing platfom.

 

Ini Dia 7 Tips Aman Belanja Online
Simpan bukti pembayaran



6. Simpan Bukti Pembayaran

Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan. Buat jaa-jaga.

 
7. Pastikan Pilih Jasa Ekspedisi yang Terpercaya

 

Nah, kalau sudah oke semua ingat untuk memakai jasa pengiriman yang tersedia di kotamu ya. Agar, barang yang dikirim cepat sampai.

 

Semoga dengan antisipasi 7 tips belanja secara online di atas, dapat menghindari hal-hal yang tak terduga ya ketika belanja online. Selamat berbelanja, salam!

  • Share:

You Might Also Like

15 comments

  1. Makasih infonya ka. Dulu pernah ketipu waktu beli flashdisk karena tergiur harga murahnya XD

    ReplyDelete
  2. Saya sering tergiur harga hahaha, tapi langsung cek reputasi dan ulasan ternyata mencurigakan langsung deh hati-hati

    ReplyDelete
  3. Itu semua sudah .. kalau diikuti, aman kita berbelanja online. In syaa Allah.

    ReplyDelete
  4. Belanja online memang praktis banget. Tapi terus terang, aku memang selalu curiga kalau seller memasang harga yang murah. Udah langsung berdiri aja nih antena di kepala. Di offline shop aja, bareng diskon tuh suka bikin aku kecewa karena banyak yang kualitasnya udah jelek. Pernah waktu itu beli baju yang sekali cuci langsung sobek gedeee. Waaah, mikir berat beli barang yang dijual terlalu murah. Apalagi kalau online kan, ya?

    ReplyDelete
  5. sebelum beli, aku baca dulu komentar pembeli. Kalau ok, barulah checkout.
    lebih baik lagi kalau aku dapat rekomendasi dari teman atau keluarga yang memang ku kenal. Hati-hati deh jangan sampai tergoda harga murah eh malah kena tipu

    ReplyDelete
  6. Thanks for reminder. Acctually i am feeling bad about one buyer. Not smart and not understood about what i want. Sometime they look hard selling and use anything to get new buyer.

    ReplyDelete
  7. Harus diingat-ingat ya, cara belanja online yang aman ini. Biar enggak kepleset suatu saat.

    ReplyDelete
  8. Bener banget nih tips2nya..emang harus teliti mulai dari memilih penjualnya sampai jasa pengirimannya ya...

    ReplyDelete
  9. Wah iya memang harus hati2 ya.. kemarin adikku belanja online eh item pesanan tak lengkap. Untung masih bisa komplain, akhirnya bbrp hari kemudian datang barang yg kurang itu.. Thx tipsnya Nyi..

    ReplyDelete
  10. Yang paling jago dan teliti belanja online itu suamiku, Byi.
    Dia bisa tau trusted seller sama engga dengan cepat.
    Padahal baru scrolling. Katanya...dilihat perbandingan bintang yang diperoleh di e-commerce tersebut, antara bintang 1 nya dan bintang 5 nya.

    Semakin canggih yaa, Nyi...
    Tipsnya Nyi pasti harus aku tunjukin ke suami niih..makin gercep doi nanti.

    ReplyDelete
  11. Penting bgt nih tips belanja online nya buat aku krn selama ini masih ragu utk belanja lewat online

    ReplyDelete
  12. Idem aku kalau belanja online aku baca2 tu komen aau testimoni dr pembeli sebelumnya sama aku liat ratingnya. Bener2 cek sebelum memutuskan beli ya pokoknya. Biar gak kedatangan barang zonk

    ReplyDelete
  13. setuju banget kak, aku sebagai penjual sekaligus pembeli selalu pake tips diatas. Tipsnya mudah,
    kadang orang sepelein makanya masih banyak aja ya yg kena penipuan

    ReplyDelete
  14. Jadi ingat, udah lama nih gak belanja online di akun medsos atau websitenya usahanya langsung. Sekarang lebih sering belanja di Marketplace.

    ReplyDelete
  15. Bener nih mesti hati hati dan simpan bukti pembayaran agar kalau sewaktu waktu terjadi yang tidak diinginkan bisa ada buktinya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat