5 Alasan Bimbingan Belajar untuk Anak itu Penting

By Nyi Penengah Dewanti - Thursday, October 22, 2020

     "Ketika mencerdaskan kehidupan bangsa jadi tujuan bernegara, maka sudah jadi tugas kita bersama untuk memastikan pendidikan berkualitas bisa dinikmati oleh seluruh anak bangsa". (Fernando Uffie, Founder dan CEO Kelas Pintar)

 



Berbicara tentang bimbingan belajar, saya jadi ingat masa sekolah jaman SMA ketika semua anak-anak pintar di kelas saya penjurusan IPA melakukan bimbingan belajar setelah pulang sekolah. Karena tidak ada biaya yang bisa dialokasikan ke sana, saya tidak mengikuti bimbingan belajar. Namun suatu hari saking penasarannya, saya mengikuti sahabat saya yang melakukan bimbingan belajar.

 

Meski satu hari, sangat membekas di hati. Di sana murid-murid bimbingan belajarnya, diajari materi yang sama di sekolah. Diberikan soal-soal yang mereka belum paham betul, dan harus mengulang sampai jawaban mereka benar. Pendampingan dalam belajarnya pun enak dan asyik. Pantas saja teman-teman yang mengikuti bimbel, nilainya bagus-bagus karen ada pendidikan di luar sekolah yang mereka ikuti. Sesekali ingin sih seperti mereka, tetapi saya cukup bersyukur alhamdulillah masih bisa melanjutkan ke jenjang sekolah menengah.

 

Pengertian Bimbingan Belajar

 

 

Bimbel atau bimbingan belajar, ialah tempat tujuan les yang bisa diikuti oleh siswa maupun siswi yang ingin mengatasi kesulitan belajar atau memperbaiki nilai guna mendapatkan peringkat yang lebih baik.

 

Program yang ada di bimbingan belajar, akan membantu anak-anak mengerjakan tugas dari sekolah, pun orangtua yang tidak memiliki waktu mengajar putra-putrinya dengan mengikutkan anak ke bimbingan belajar bisa turut menyukseskan pendidikan anak. Karena seorang anak adalah tanggung jawab orangtuanya.

 

Kalau dahulu bimbingan belajar bisa dihitung dengan jari, sekarang sudah sangat menjamur. Tinggal mau pilih bimbingan belajar yang seperti apa. Tetapi harus hati-hati dalam memilih bimbel yang tepat, baik itu lembaga ataupun les privat yang bisa datang ke rumah. Salah satunya ada Kelas Pintar, yang memiliki slogan solusi belajar online.

 



Mengenal Bimbingan Belajar Online Kelaspintar.id

 

 

Kelas Pintar merupakan sebuah solusi belajar online yang menggunakan metode pintar, personal, dan terintegrasi yang didesain untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa. Terhadap materi pelajaran, agar memperoleh nilai akademis yang lebih baik.

 

Nah, Kelas Pintar sendiri percaya bahwa setiap siswa memiliki preferensi dan cara belajar yang berbeda-beda. Mereka punya caranya masing-masing, Kelas Pintar mengambil pendekatan PERSONAL menggunakan metode penyampaian materinya.

 

Materinya disesuaikan dengan karakter siswa yang beragam, bisa melalui audio, visual, maupun Kinesthetic (V.A.K). Selain itu Kelas Pintar juga menggunakan pendekatan Learn, Practice, dan juga Test.

 

 

5 Alasan Bimbingan Belajar untuk Anak Penting

 


  

1. Membantu Anak Memahami Materi dengan Lebih Baik

 

Di bimbingan belajar, anak akan diminta mengulang materi pelajaran di sekolah. Yang belum dipahami, dan sulit dikerjakan akan diberikan pemahaman lebih lagi. Bahkan mengerjakan soal yang sulit sekalipun

 

2. Membantu Anak Belajar dengan Giat

Jadwal belajar yang rutin untuk anak, akan membuat anak mudah memahami dan belajar dengan giat lagi

 

3. Membantu Anak Memanfaatkan Waktu dengan Baik

Mengadakan bimbingan belajar baik online maupun online, akan membuat anak memanfaatkan waktunya dengan baik dah hal yang lebih positif. Kapasitas bermain jadi lebih sedikit,

 

4. Membuat Anak Memiliki Strategi Menyelesaikan Soal

 

Sistem pembelajaran di Kelas Pintar, yang cepat dan praktis akan membuat anak mudah memahami apabila guru di sekolah memberikan detail jawaban dari pemahaman sebuah rumus.

 

5. Membuat Anak Belajar Bersosialisasi dengan Teman dari Sekolah Lain

 

Biasanya di tempat bimbingan belajar banyak siswa juga dari sekolah lain, anak akan belajar memiliki teman baru dan bersosialisasi tidak sebatas dengan teman sekolahnya saja.

 

Jadi dengan mendaftarkan anak untuk mengikuti bimbingan belajar, membuat anak akan lebih mandiri dan percaya diri dalam kegiatan belajar mengajar. Karena bimbel akan memberikan modul termudah, agar anak dapat menyerap pembelajaran dengan gampang. Dengan Kelas Pintar, semua akan jadi memudahkan. Salam.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Share:

You Might Also Like

24 comments

  1. Selama PJJ gini kayaknya anak2 lebih suka bermain drpd belajar ya, soalnya belajarnya cuma via online, nah, bimbel kaya gini kayaknya diperlukan banget biar semangat anak buat belajar ga turun, bisa tetep optimal

    ReplyDelete
  2. Bener banget nih kak, sebenernya bimbel kekgini tuh udah ada ya dari dulu ya, cuma mungkin karena PJJ ini jadi kayak memang lebih dibutuhin supaya anak lebih semangat dan lebih paham materi pelajarannya.

    ReplyDelete
  3. Bener juga yaa, bimbel jadi solusi yang baik meskipun di tengah pandemi seperti ini. Mereka tuh jadi lebih semangat gitu sepertinya. Ponakanku jg ngotot pengin les katanya, udah bosen laah yaa belajar sendirian mulu, atau sama emaknya mulu haha

    ReplyDelete
  4. Inovasi baru jika memang pembagian kelasnya lebih personal sesuai karakter anak. Karena bener banget sih tiap anak cara belajarnya beda-beda

    ReplyDelete
  5. Bimbingan belajar memang penting untuk mendukung apa yang diperoleh anak sewaktu disekolah, keren.

    ReplyDelete
  6. Kami juga pakai nih Kelas Pintar, awalnya karena bonusan beli tablet sih. Aku coba-coba, wah kok asyik ya, bahkan banyak semacam game-nya untuk membantu anak memahami pelajaran dengan cara yang menyenangkan.

    ReplyDelete
  7. Sepakat dengan salah satu manfaat ikut bimbel yaitu jadi punya teman dari sekolah lain. Saya mengalaminya dan malah ada yang jadi berteman akrab hingga sekarang.

    ReplyDelete
  8. Semakin banyak ya aplikasi yang membantu ornag tua belajar. Biasanya RG. INi saya baru tahu kalau ada kelaspintar.id. Saya paling puyeng kalau suruh nerangin matematika. Cara dia membuat paham itu bagaimana.

    ReplyDelete
  9. Baru tau bimbingan belajar kelas pintar nih, recomended untuk keponakan nih apalag di masa pandemi

    ReplyDelete
  10. Mbak, kalau aku dulu ikut bimbel karena PGN main sama temen2 wkwk.. senneng dong satu bimbel sama gebetan wkwk. #jangandiitiru. Skrg Pandemi gini tentu bimbel online jadi andalan bgt ya nyii

    ReplyDelete
  11. aplikasi kelas pintar ini untuk jenjang pendidikan dari mana saja kak, apa dari sD SAMPAI SMA KAH?

    ReplyDelete
  12. Aku banget nih sekarang lagi mendampingi adik aku yang baru aja kelas 1 sma dan butuh dibimbing karena belajar di rumah

    ReplyDelete
  13. Iyaa yaa, meski PJJ gini semangat bljr bljr ga boleh luruh. Dgn bertemu teman baru dan cara belajar yg menyenangkan semoga membuat anak2 semakin menyukai kegiatan belajar ya.

    ReplyDelete
  14. Beberapa bulan ini aku dampingi bocah-bocah PJJ, bagi tugas dengan ayahnya yang ajar matematika..tapi math Nai makin susah, bapake kerja akhirnya les privat, fiuh beres...

    ReplyDelete
  15. Dengan bimbingan belajar akan membantu anak-anak yang merasa buntu dengan pelajaran sekolah sementara orang tua juga tak bisa membantu ya Mbak. Apa lagi di masa-masa pandemi ini. Ohya apakah Kelas Pintar membimbing anak secara personal, maksudnya walau online, cuma 1 anak saja dalam satu waktu atau beramai-ramai?

    ReplyDelete
  16. Aduuh, aku juga udah mulai merasa kewalahan nih mendampingi anak belajar di rumah. Dulu2 sih aku merasa ga perlu bimbel deh, aku masih bisa handle kok. Tapi2 lama2 jenuh juga. Hahaha. Mamak ga bakat mgajarin euy, yg ada anak bukannya paham tapi stress liat muka mamaknya. Finally, yes. Aku putuskan untuk serahin aira pada bimbel aja. Untungnya sekarang udah banyak bimbel yg online, ya.

    ReplyDelete
  17. Sayang ngga ada kelas online untuk Toddler ya huhu Anakku bosen banget di rumah.

    ReplyDelete
  18. Jaman saya sekolah dulu di tahun 90an bimbel masih sedikit dan semuanya offline.
    Sekarang Udah banyak, dengan segala Kemudahan termasuk bisa online juga, khususnya di masa pandemi.

    ReplyDelete
  19. Baru tahu kalau ada bimbingan belajar yg bersifat personal. Sayangnya bungsuku sudah memilih bimbingan belajar online rekomendasi dari guru di sekolah. Tapi bimbingan kelas pintar ini boleh juga nih dicoba, semoga bungsuku mau

    ReplyDelete
  20. Aku dulu juga ikut bimbel, tp yg nyediain sekolah. Cuma kdg aku ga ngerti mba. Kenapa pas giliran di sekolah cara yg diajarkan ga sama kayak bimbel aja sih, kan bisa cepet ngerti. Kenapa juga siswa jd bisa ngerti waktu ambil bimbel drpd pas diajarin Ama guru :D. Kalo bisa milih mendingan belajar seterusnya lwt si bimbel #eh :p.

    Anakku pun kayaknya nanti bakal aku masukin sih. Secara aku ga terlalu jago juga utk beberapa pelajaran, trutama matematika, fisika ato yg bersifat IPA lah.

    ReplyDelete
  21. Jadi di Kelas Pintar ini, pelajarannya disesuaikan waktu sang anak yaa, Nyi?
    Kalau anaknya gak pernah masuk, berarti jatah belajarnya bakalan semakin panjang yaa..?
    Hehhe...kok jadi inget zaman aku sekolah dulu...

    ReplyDelete
  22. iya mbak, apalagi masa PJJ ini memang penting banget mengikuti bimbel ya, agar anak bisa lebih paham lagi dengan pelajaran yang didapatnya di kelas online

    ReplyDelete
  23. aku jd keinget jaman2 ikutan bimbel pas SMA dulu.. memang terasa sekali bedanya ikut bimbel dan ngga.. kita jd punya solusi pendampingan untuk menyelesaikan tugas2 atau pelajaran di sekolah..

    ReplyDelete
  24. selain bisa menambah ilmu, di program bimbel juga bisa menambah teman ya :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat