3 Cara membuat Bolu Kukus Mekar

By Nyi Penengah Dewanti - Friday, October 16, 2020

 

3 Cara membuat Bolu Kukus Mekar – Selamat siang! Ada yang suka makan bolu kukus kayak saya? Hehehe ... pasti kebanyakan pada suka bolu. Makanya Tidak heran jika banyak orang yang mencari resep bolu kukus mekar. Karena memang bolu kukus mekar ini adalah cemilan yang sederhana namun memiliki rasa yang lezat. Selain itu bolu kukus juga menjadi salah satu kue basah tradisional Indonesia. Bolu kukus juga memiliki beragam macam ada bolus kukus sederhana yang mekar, klasik, coklat, dan masih banyak lainnya. Nah jika kalian ingin mengetahui cara membuat bolu kukus mekar dan resepnya, yuk intip artikel ini sampai selesai ya!



resep bolu kukus loyang resep bolu kukus sederhana resep bolu kukus tanpa mixer resep bolu kukus pandan resep bolu kukus sprite resep bolu kukus mekar resep bolu kukus lembut resep bolu kukus sederhana dan murah
Desain canva, edited by nyipenengah.com



 

  1. Bolu Kukus Mekar Biskuit

 

Bolu Kukus Mekar Biskuit merupakan salah satu cemilan yang cukup banyak yang menyukainya. Karena memang rasanya yang sangat unik dan khas. Jika kalian ingin mencoba membuatnya di rumah, berikut bahan-bahan yang perlu kalian siapkan:

  • 200 gram gula pasir
  • 200 gram tepung terigu
  • ½ sendok the baking powder
  • 2 butir telur
  • 150 ml minuman bersoda
  • 10 gram cake emulsifier
  • 50 gram biscuit coklat pekat, tumbuk kasar

 

Cara membuat Bolu Kukus Mekar Biskuit:

 

  • Campurkan semua bahan kecuali biscuit
  • Aduk sambil tuang air soda hingga putih dan kaku selama 10 menit
  • Tuang adonan dalam cetakan berlubang dengan alas cup kertas hingga penuh
  • Taburkan biskuit di atasnya
  • Lalu kalian kukus selama kurang lebih 10 hingga 15 menit sampai matang dengan api yang besar
  • Jika sudah terasa matang, angkat dari cetakan dan lalu tiriskan. 
  • Dan bolu kukus mekar biskuit ini siap di sajikan untuk 12 buah

 

resep bolu kukus loyang resep bolu kukus sederhana resep bolu kukus tanpa mixer resep bolu kukus pandan resep bolu kukus sprite resep bolu kukus mekar resep bolu kukus lembut resep bolu kukus sederhana dan murah
Desain canva, edited by nyipenengah.com




2.                  Bolu Kukus Mekar Pelangi

 

Resep bolu kukus mekar pelangi ini bakal di sukai oleh anak kalian lho. Warnanya yang lucu yang bakalan menarik perhatiannya. Selain itu rasa yang enak dan tekstur yang lembut pasti membuat anak kalian ketagihan. Nah jika ingin membuatnya ini adalah resepnya:

  • 250 gram tepung terigu
  • 250 gram gula pasir
  • 3 telur ukuran kecil
  • 140 ml Sprite
  • Pasta makanan

 

Cara membuat Bolu Kukus Mekar Pelangi :

 

  • Pertama kalian campurkan telur dan gula menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi selama kurang lebih 20 menit.
  • Lalu tambahkan sprite sedekit demi sedikit dengan di selingi tepung terigu sampai habis. Kemudian adu adonan hingga mengental.
  • Bagi adonan menjadi beberapa dan tambahkan pasta makanan sesuai ke butuhan kalian
  • Setelah itu tuang adonan ke dalam cetakan bolu kukus yang sudah di lapisi kertas dengan warna selang-seling
  • Kemudian siapkan panic kukusan dengan api agak besar dan masukkan adonan, kukus selama 20 menit
  • Angkat bolu dan keluarkan dari cetakkan. Bolu kukus pun siap di sajikan

 

3.                  Bolu Kukus Mekar Tanpa Soda

 

Cara membuat bolu kukus mekar memang cukup mudah. Tanpa harus menggunakan soda kue, nah jika kalian ingin membuatnya, berikut bahan-bahan di perlukan:

  • 1 butir telur ukuran besar
  • 125 gram gula pasir
  • 125 gram terigu protein rendah
  • ½ sdt SP
  • 65 ml susu UHT
  • ¼ sendok vanilla bubuk
  • Pasta secukupnya

resep bolu kukus loyang resep bolu kukus sederhana resep bolu kukus tanpa mixer resep bolu kukus pandan resep bolu kukus sprite resep bolu kukus mekar resep bolu kukus lembut resep bolu kukus sederhana dan murah
Gambar by craftlog


 

Cara membuat Bolu Kukus Mekar Tanpa Soda:

 

  • Panaskan kukusan selama 15 menit dengan api yang sedang. Sambil menunggu kukusan panas, siapkan bahan-bahan dengan mencampurkan semua bahan menjadi satu. Kemudian mixer selama 5 menit atau sesuaikan dengan mixer masing-masing hingga kental dan putih berjejak.
  • Setelah itu ambil sebagian adonan kemudian beri pasta sesai kebutuhan. Tuangkan adonan di cetakan atau cap lalu kukus selama 10 sampai 15 menit. Selama mengukus, lapisi tutup dengan kain bersih agar uap air tidak menetes dalam adonan yang di kukus. Dan jika sudah matang angkat dan sajikan.

 

Semoga resep bolu kukus sederhana di atas, bisa menjadi referensi teman-teman dalam membuat bolu kukus yang lembut di mulut. Selamat mencoba!

 

  • Share:

You Might Also Like

8 comments

  1. selesai membaca ini jadi semangat, ok bahannya mudah dicari cara buatnya juga sepertinya mudah hehehe sepertinya niy hehe. jadi pengen nyobain di rumah niy mba, karena saya suka banget sama bolu kukus. izin save ya mba artikelnya

    ReplyDelete
  2. Kayaknya cara bikinnya mudah ya Nyi, aku mau coba buat di rumah ah bareng bocah makasih resep dan inspirasinya ya Nyiii

    ReplyDelete
  3. Duuuh ini kue favorit zaman kecil mba. Mama paling srg bikin di rumah. Kalo udh bikin, wanginya nyebar ke semua ruangan :D. Trus kami lgs ga sabar mau icipin. Aku blm pernah bikin sendiri, msh ragu soalnya skill masak minus banget hahahahahaha. Skr sih kalo kepengin biasanya beli di toko kue yg jual :D.

    ReplyDelete
  4. Mau lah coba resep nya yang ini. Sebenarnya pernah cobain tapi ya gitu gagal ngembang wkwkwk. Nanti boleh saya japri ya mba buat nanya-nanya maklum newbie juga dalam permasakan

    ReplyDelete
  5. Aku suka sih makan bolus kukus, walau faktor lengket di gigi kadang bikin gak nyaman. Membaca dari tiga resep di atas, kayaknya lebih enak makannya aja deh kalau aku Mbak hahaha

    ReplyDelete
  6. Bolu kukuusss..
    Kue kesukaan zaman aku kecil banget ini, Nyi..
    Paling suka bikin karena bahannya ada sodanya. Ya dibuat kue, nanti kalau lebih, aku minum.
    Hehhee...enyaaak~

    ReplyDelete
  7. wah terimakasih resepnya kak Nyi.. mamaku kebetulan seneng banget bikin bolu kukus, jadi resep ini bakal aku rekomendasiin ke beliau untuk dibuat.. pasti bakalan enak banget deh..

    ReplyDelete
  8. wah makasih Nyi, anakku lagi suka buat cemilan nih di rumah, aku bookmark ya resepnya, pasti dia suka deh dapat resep baru.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat