Cara Membuat Blog Planning

By Nyi Penengah Dewanti - Friday, August 14, 2020



Cara Membuat Blog Planning – Sharing ngeblog bersama Sahabat Hosting, akhirnya terselenggara juga. Ini karena sahabat ngeblog saya Malica, meminta saya untuk sharing di grup WhatsApp yang dikelolanya bareng Endro. Intinya agar di grup kembali bersemangat untuk mengaupdate kembali blog atau websitenya, karena menurut Malica saya rajin ngeblog  ea ... jadi malu.

blog pribadi cara membuat blog sekolah blogger indonesia manfaat blog menulis blog cara membuat alamat blog fungsi blog download blogger


Berpasangan dengan Triana Dewi, saya mengisi kelas kemarin hari Kamis, 13 Agustus 2020 pada pukul 19.30 WIB. Alhamdulillah. Saya mengisi Cara Membuat Blog Planning, Triana Dewi mengisi materi Maintenance Instagram untuk Blogger. Jujur, senang bisa berkolaborasi meski awalnya ya nggak percaya diri. Lha yang di kelas isinya para mastah, tapi niat untuk berbagi apa yang dipunyai tinggi. Jadilah terselenggara juga, dan semoga bisa menebar kebermanfaatan. Ini dia materi yang semalam saya bagikan, siapa tahu ada yang membutuhkannya juga ya kan?

Blog Planning


Blog planning (perencanaan menulis blog), merupakan hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum kita mengisi atau mengupdate postingan di blog. Kira-kira isinya seperti ini :

1. Ingin berapa kali update blog?
2. Mengumpulkan ide tulisan
3. Cara menggali ide
4. Proses bikin konten
5. Bangun Engagement
6. Tips Sukses Ngeblog

Nah ini dia penjabaran lengkapnya :


blog pribadi cara membuat blog sekolah blogger indonesia manfaat blog menulis blog cara membuat alamat blog fungsi blog download blogger

 1. Ingin Berapa Kali Update Blog?


Kalau baru join, sebaiknya sehari satu kali, konsisten 2-3 bulan. Agar tulisannya di blog banyak. Kalau udah banyak pasti ada kepuasan tersendiri dan merasa senang. Kalau udah banyak postingan barulah, seminggu 1x atau 2x nggak masalah.

2. Mengumpulkan Ide Tulisan


Ide tulisan ada di mana-mana. Tugas kita menangkapnya, membuka hati kita untuk sedikit lebih peka. Bagaimana cara menemukan ide tulisan untuk blog? Ini dia caranya :

- Banyak Membaca
Baca apa yang kamu sukai, dari media apa pun. Bisa koran, ebook, artikel online, dan lain sebagainya. Ambil satu yang paling kamu suka, dan jadikan untuk ide tulisan.

- Dari Pengalaman Pribadi
Ingat-ingat coba pengalaman yang pernah kamu alami, baik senang, atau sedih dan bagikan kedalam tulisan. Siapa tahu tulisanmu bisa memberikan pengalaman bagi orang lain yang belum pernah mengalami.

- Dari Menonton Film atau Video
Setiap kisah pasti memiliki hikmah. Bagikan ceritamu setelah menonton film atau video, untuk dijadikan postingan.

- Dari Hobi/kesukaan
Tanya pada dirimu apa hobimu? Apa kesukaanmu? Bagikan kepada orang lain hobi yang kamu sukai untuk menjadi sebuah tulisan. Misalnya hobi memasak, tuliskan resepnya ke blog siapa tahu ada yang membutuhkan

- Dari Bidang Pekerjaan/Keahlian
Setiap orang pasti menguasai satu keahlian, atau bahkan lebih. Bagikan keahlian yang kamu kuasai ke blog, banyak orang yang butuh pastinya. Jika kamu mahir memotret, bagikanlah ilmu memotret untuk orang lain. Karena tulisan yang terus bermannfaat akan menjadi amal jariyah kita nantinya. Dan lain-lain.

3. Cara Menggali Ide


Ide memang tidak ada yang original, tetapi tugas kita adalah menuangkan kembali ide tersebut menjadi lebih unik dan menarik. Caranya?

- Ide yang sudah ditemukan, berikan modifikasi. Misalnya di blog A, dia tidak membahas artikel pariwisata dari segi budaya. Maka ini tugas kamu menambahkannya.

- Pilih satu unsur tulisan yang ingin kamu bahas lebih dalam, misalnya bagian yang paling kamu kuasai.

- Berikan kutipan orang terkenal, cantumkan juga sumbernya. Atau mau menambahkan data yang lebih akurat. Bisa bagikan juga sumbernya.


blog pribadi cara membuat blog sekolah blogger indonesia manfaat blog menulis blog cara membuat alamat blog fungsi blog download blogger


4. Proses bikin konten


- Buat kerangka tulisan
Seperti poin-poin yang ada di dalamnya. Biasanya artikel review pesanan, saya menerapkan poin-poin yang dimint Mukena Larizka. Jadi dalam artikel poin-poin seperti ukuran, kegunaan, harga, bahan, harus masuk dalam tulisan. Buat soft selling dahulu. Jangan langsung promosi.

Contoh pada link berikut ini postingannya :
https://www.nyipenengah.com/2020/08/mukena-larizka-mukena-lukis-super-adem.html

- Siapkan Bahan
Untuk mendukung artikel, kita perlu yang namanya bahan tulisan, foto, infografis, dan video jika ada. Jika itu tulisan review, seperti mukena maka pakai dahulu selama sepekan atau tiga hari biar kita betul-betul bisa mereview dengan jujur.

- Siapkan Waktu dan Pikiran Fresh
Kalau data dan bahan sudah tersedia. Saatnya kamu menyiapkan waktu untuk menulis, tanpa adanya gangguan. Kalau saya biasanya menulis harus menyelesaikan pekerjaan rumah dahulu, ya masak, nyuci beberes. Biar kalau nulis tenang. Masing-masing pasti punya waktu yang pas untuk menulis.

5. Bangun Engagement


- Bergabung dengan group Blogger, untuk membagun interaksi blogwalking
- Menjadi blogger tamu, tukeran backlink
- Membagikan postingan ke berbagai media sosial (FB, Twitter, IG, WA, Telegram, Line, dan lain-lain

6. Tips Sukses Ngeblog


- Sediakan konten yang berkualitas
- Rutin mempromosikan blog
- Update dengan rutin
- Tinggal tunggu tawaran iklan berdatangan.


Terima kasih untuk Sahabat Hosting yang sudah memberikan kesempatan berbagi, semangat untuk terus menulis blog!


  • Share:

You Might Also Like

11 comments

  1. Well noted banget ini mbak haha aku tu selalu wacana. Blm bs tertib. Bisa seminggu sekali, sminggu 2x pernah juga setiap hari 🤣ya ampon, musti dibiasakan disiplin. Tq remindernya

    ReplyDelete
  2. Sama kayak mba Sofia,akupun baru sebatas wacana utk bikin planning blog. Padahal pas mau resign aku pikir bakal bisa lebih sering update blog, secara waktu jd banyak senggang. Kenyataan, teteeeup 2 Minggu sekali hahahah.

    Tp aku usahain ga lebih dari 2 Minggu kok. Cuma ya itu, secara sedang pandemi, aku agak susah cari ide Krn sdg ga bisa kemana2. Kalo dulukan rutin jalan2 dan kuliner.

    Mau ga mau kdg buka foto lama utk cari ide mau nulis apaan :D

    ReplyDelete
  3. wah saya punya banyak planning nulis blog, udah tahu bulan ini mau nulis apa aja, tapi aja tetep suka ga konsisten, padahal udah jelas banget jadwalnya, kadang suka moodnya ga dapat gitu, berantakan deh nulisnya, ambyar semua apalagi kalau udha buka sosmed, lupa diri bisa seharian heheheh, aku kalau nulis lebih banyak share pengalaman pribadi sih

    ReplyDelete
  4. Berkualitas atau tidaknya konten itu sebenarnya relatif sih. Sama seperti manfaat, beda untuk setiap orang.

    Yanh penting nulis aja dulu menurutku, nanti akan terasah sendiri kemampuannya dan pasti jadi makin bagus tulisannya.

    ReplyDelete
  5. Butuh konsisten dalam dunia blog ini, menanam dan terus merawatnya itu sangat penting. Agar tumbuh menjadi blog yang sangat berguna bagi pembaca dan bagi mesin pencari.

    ReplyDelete
  6. Awalnya saya sering mikir gini mbak Nyi, "tulis aja dulu". Tapi makin lama, informasi yang saya dapatkan tiap hari membludak. Sepertinya butuh beberapa yang perlu dicatet. Lalu nggak sadar buat blog planning. Cukup membantu mbak, alhamdulillah.

    ReplyDelete
  7. Ini reminder aku yg agustus ini males update blog. Tapi kalau 1-2 hari sekali ga kuat sih. Hahha

    ReplyDelete
  8. Ini kelemahanku juga.
    Mood nge-blog masih up and down!
    Terakhir malah cuma satu dalam sebulan.
    Lagi "nafsu" share artikel lama, hahaha.
    Mau kejar capaian PV, halah!

    ReplyDelete
  9. Nyi...selalu kece iih...
    Salut sama ilmunya Nyi yang bisa dibagikan ke komunitas.
    Semoga berkah selalu yaa, Nyi.
    Aku harus menggali ide lebih banyak dengan banyakin ngobrol sama Nyi niih..

    ReplyDelete
  10. Biasnya update.blog sesukanya tapi habis baca ini jadi pengen membuaf jadwal

    ReplyDelete
  11. untuk ide ide yang terlintas kadang aku nulis juga di note, harapannya kadang di bulan atau minggu tersebut bisa publish, meskipun ada molor molornya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat