Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kasar

By Nyi Penengah Dewanti - Tuesday, July 07, 2020



Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kasar - Sebagian dari kita pernah mengalami kulit kering, kusam, dan kasar bener nggak? Cirinya kulit kering biasanya kalau digaruk seperti ada sisik putih, kadang juga terlihat mengelupas sampai pecah-pecah. Ini terjadi karena bagian lapisan kulit kita yang paling atas, epidermisnya nggak terhidrasi dengan baik. Istilah medisnya kulit kering dikenal dengan sebutan xerosis. Tubuh bagian yang kondisinya mengalami kulit kering, biasanya terjadi di bagian tangan dan kaki. Kalau saya sendiri seringnya pada bagian kaki.


cara alami mengatasi kulit kering pada tangan dan kaki cara mengatasi kulit kering pada kaki salep untuk kulit kering dan mengelupas pelembab untuk kulit kering cara mengatasi kulit kering dan kasar penyebab kulit kering dan keriput masker alami untuk kulit kering


 
Kulit kering bukan satu-satunya masalah pada kulit, masih ada banyak masalah lain jika kita tidak pandai merawatnya. Orangtua yang paling banyak mengalaminya, ini tersebab lansia mengalami jumlah penurunan minyak yang fungsinya seabagai pelumas alami kulit. Mari kita kenali dahulu penyebab kulit kering bisa terjadi, untuk jaga-jaga agar kita bisa meminimalisirnya.

5 Penyebab Kulit Kering




Kurang Minum Air Putih yang Cukup


Tubuh manusia sebagian besar terisi dengan air, begitu kata dokter yang sering memeriksa saya ketika sakit. Makanya kita sebagai manusia, baiknya meminum 8 gelas air perhari. Jika kebutuhan tersebut tidak tercukupi, kulit bisa menjadi dehidrasi dan menimbulkan masalah. Salah satunya kulit kering.

Cuaca yang Dingin 

Ketika tinggal di Hongkong, dan setiap kali musim dingin tiba kulit saya menjadi lebih sering kering. Ternyata hal ini karena suhu dan kelembapan udara menurun, makanya disarankan untuk menggunakan lotion pelembab.

Mandi Air Panas


Siapa yang suka berendam di air panas? Saya. Hehehe ... saya termasuk yang suka mandi air panas, tapi kalau nggak malas merebus air. Ternyata kebiasaan mandi dengan air panas, tidak baik lho soalnya bikin kulit menjadi lebih cepat kering. Soalnya air panas bisa menghilangkan minyak alami yang dimiliki kulit tubuh. Bukan berarti nggak boleh mandi air panas sih, hanya saja jangan panas-panas dan hindari terlalu sering.

cara alami mengatasi kulit kering pada tangan dan kaki cara mengatasi kulit kering pada kaki salep untuk kulit kering dan mengelupas pelembab untuk kulit kering cara mengatasi kulit kering dan kasar penyebab kulit kering dan keriput masker alami untuk kulit kering


Sabun Mandi yang Keras

Sabun mandi atau detergen yang keras, biasanya mempunyai zat yang mampu menghilangkan kelembapan kulit. Bahan-bahan tambahan dalam sabut seperti wewangian atau sulfat juga bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan iritasi. Saya sering menguci baju dan tidak cocok deterjen, kulit jadi kering dan kasar. Kalau sudah demikian hindari penggunaan sabun tersebut, karena bisa menyebabkan kulit kita rusak.

Paparan Sinar Matahari


Paparan sinar matahari pagi memang mengandung vitamin D, yang baik untuk tubuh. Tetapi sinar matahari, alias sinar UV juga berbahaya untuk tubuh karena mampu mengurangi minyak alami di tubuh.


Cara Alami Mengatasi Kulit Kering Pada Tangan dan Kaki


Jika sudah berhati-hati melakukan perawatan agar kulit tubuh tidak mengalami kekeringan, namun tetap saja kulit masih kering. Saatnya kamu bergerak untuk melakukan hal tersebut, agar tidak menjadi-jadi. Apa saja yang harus kita lakukan agar kulit kembali lembab? Ini dia Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kasar:


cara alami mengatasi kulit kering pada tangan dan kaki cara mengatasi kulit kering pada kaki salep untuk kulit kering dan mengelupas pelembab untuk kulit kering cara mengatasi kulit kering dan kasar penyebab kulit kering dan keriput masker alami untuk kulit kering


Menggunakan Lotion Pelembab

Sepanjang waktu tubuh aktiv bergerak, jangan biarkan kulitmu kering tanpa perlindungan apapun. Gunakan body lotion, untuk melindungi kulit. Pilih yang mengandung tiga bahan yang aman, seperti humektan, emolien, dan petrolatum.

Menggunakan Produk Mandi dengan Bahan yang Alami


Untuk pemilihan produk mandi, yang kita gunakan sehari-hari, pilihlah yang berbahan alami. Atau juga bisa membuat sabun mandi sendiri, di Desa Menari Kabupaten Semarang para penduduk membuat sabun mandi dari bahan susu sapi lho.

Jangan Menggosok Kulit dengan Keras


Scrub yang biasanya tedapat dalam lulur mandi, kan ada butiran-butiran kecilnya yang kalau digosokkan akan membuat kulit sedikit nyeri. Maka janga keras-keras menggosoknya, atau ketika menggunak spons mandi saat menggosok tubuh berhati-hatilah.

Mengonsumsi Makanan dan Minuman Sehat


Hindari junk food dan makanan instan, pilih makan sayuran, buah-buahan serta perbanyak air putih 8 gelas sehari. Jika rutin dan dengan baik dilakukan, kulit kering tidak akan menghampiri kita karena nutrisi kecukupan tubuh terpenuhi.

            Semoga Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kasar, dapat membuat kita waspada agar menjaga kulit dengan baik. Karena merawat kulit termasuk rasa syukur, kepada Sang Pencipta sudah melimpahi kita kesehatan dan kebahagiaan. Salam!

  • Share:

You Might Also Like

14 comments

  1. jangan lupa konsumsi vit E juga mbak untuk memelihara kesehatan kulit dari dalam :)

    ReplyDelete
  2. untuk jaga kondisi kulit yang kering karena kerja diruangan ber ac, selalu saya akali dengan minum air putih yang banyak dan pakai lotion pelembab

    ReplyDelete
  3. duh aku lagi jerawatan parah nih mba nyi, karena udah lama ngga eksfoliasi yang bener2 jadi membandel gitu kan dan kahirnya jadi jerawat...

    ReplyDelete
  4. Iya nih, Nyi, saya sudah lama enggak pakai lotion karena di rumah aja, jadinya kulit tangan kasar dan kulit jadi bersisik. makasih artikelnya bermanfaat banget

    ReplyDelete
  5. Keseringan mandi dengan air panas juga beneran lho buat kulit jadi cepat kering dan keriput. Sesekali perlu mandi dengan air biasa

    ReplyDelete
  6. Kulit aku jg gampang bgt kering nih. Makanya ak rajin bgt minum air putih dan apply lotion rutin hehe

    ReplyDelete
  7. Aku semenjak di rumah nih berasa banget kulit agak kering, tapi makanan dan asupan menurutku baik dan bagus juga. Jadi kemarin itu aku pakai pelembab walau di rumah dan alhamdulillah hasilnya sekarang kulit sudah tidak kering lagi deh.

    ReplyDelete
  8. Skrg kulitku cenderung kulit. Ga pake skincare rasanya kayak padang gurun. Alamak. Betapa umur dan hormon sangat berpengaruh yah 🤦

    ReplyDelete
  9. Aku juga jadi kering begini kulitnya, Nyi..
    Sedih banget kalau uda terasa gesrek (terutama bagian kaki dan siku).

    ReplyDelete
  10. In this pandemic, I really try to take care of myself properly. And dry skin is really annoying so I have a lot of products to help me out with that plus drinking a lot of water and eat a lot of fresh fruit

    ReplyDelete
  11. mengalami kulit kering aja rasanya ngga enak mba, apalagi kulit kasar :( makanya kemana-mana tu petrolieum jelly wajib dibawa. soalnya kulit tangan aku suka mendadak kasar

    ReplyDelete
  12. Terlalu banyak diruangan ber AC juga bisa membuat kulit jadi kering mba. Untuk saya lotion udah ga mempan saking keringnya. Saya pakai minyak zaitun sekarang tuh.

    ReplyDelete
  13. Walah lha aku jarang pake lotion pantesan kulitku kasar dan kering

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat