Apa Itu ICU?

By Nyi Penengah Dewanti - Sunday, June 14, 2020



Apa Itu ICU - ICU adalah singkatan dari Intensive Care Unit, ruangan khusus yang memang disediakan oleh pihak rumah sakit untuk pasien yang terkena cidera serius. Ruang ICU juga dilengkapi dengan peralatan medis khusus, agar pasien yang mengidap penyakit serius dapat pulih dengan baik. Pasien yang berada di ICU akan dipantau penuh oleh dokter dan perwata selama 24 jam.


kematian di ruang icu perbedaan icu dan ugd harapan hidup pasien icu alat-alat di ruang icu berapa lama pasien di ruang icu indikasi pasien masuk ruang icu pengalaman dirawat di icu peraturan ruang icu


Tidak sembarang orang bisa dirawat di ruangan ICU, ada beberapa kriteria kondisi tertentu yang membuat pasien harus berada di ruang ICU. Seperti apa saja kriteria tersebut?

Pasien yang kondisi kesehatannya tiba-tiba memburuk, biasanya dirujuk ke ruang ICU untuk mendapatkan perawatan lebih khusus. Jadi kapan pasien harus masuk ke ruang ICU ini tidak bisa diprediksi, hanya pembuat skenario hidup yang tahu. Tetapi selain hal tersebut, pasien yang harus masuk ruang perawatan ICU adalah pasien yang :

  • Kecelakaan parah dan mengalami luka cedera. Baik di kepala, di alat vital dan juga yang mengalami luka bakar
  • Pasien yang habis menjalani operasi, biasanya dirawat dan dilakukan pemulihan di ruang ICU
  • Pasien yang terinfeksi parah, misalnya sepsi atau pneumonia
  • Pasien yang memiliki penyakit stroke parah, serangan jantung atau juga gagal ginjal


Mengenal Perbedaan ICU, PICU, UGD dan IGD



ICU

Intensive Care Unit, alias ICU dikhususkan untuk pasien dewasa yang kondisinya mengancam jiwa. Disinyalir dari hellosehat dot com, ICU ditujukan untuk menyelamatkan pasien dari cacat permanen yang dikhawatirkan akan memengaruhi dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Tenaga medis yang memantau di ruang ICU, adalah yang sudah terlatih dan terampil. Mereka adalah tenaga medis yang siap sewaktu-waktu pasien membutuhkan pertolongan.

PICU

Pediatric Intensive Care Unit, singkatan dari PICU adalah ruangan yang dikhususkan untuk anak-anak dengan rentang usia 1 bulan sampai 18 tahun. Pasien anak-anak di sini, adalah yang mengalami kondisi sakit parah atau kritis sehingga bisa mendapatkan perawatan intensif dengan pemantauan yang ketat. Di ruangan PICU tersedia fasilitas untuk terapi, seperti pemasangan ventilator (mesin pernapasan) untuk pasien.

kematian di ruang icu perbedaan icu dan ugd harapan hidup pasien icu alat-alat di ruang icu berapa lama pasien di ruang icu indikasi pasien masuk ruang icu pengalaman dirawat di icu peraturan ruang icu



UGD dan IGD

UGD singkatan Unit Gawat Darurat tetapi kalau IGD adalah Intalasi Gawat Darurat. Persamaan keduannya adalah tempat pelayanan kesehatan untuk menangani pasien yang mengalami gawat darurat, tetapi keduanya berbeda.

Kalau UGD ruang lingkupnya lebih kecil, seperti berada di rumah sakit kecil tetapi kalau IGD ada di rumah sakit yang besar dan memiliki dokter yang lebih banyak.

Kalau IGD dokternya tidak hanya dokter umum, tetapi ada juga dokter spesialis. Sementara UGD biasanya dokter umum saja. Namun penanganan baik IGD maupun UGD, adalah jika pasien sudah mengalami kondisi yang membaik akan dipindahkan ke ruang rawat inap.

Nah, sudah tahu kan perbedaan dari  ICU, PICU, UGD dan IGD?

Alat-alat Medis yang Ada di Ruangan ICU



Rumah sakit, merupakan bangunan yang didirikan untuk merawat orang yang sakit. Apabila penanganan di rumah sudah tidak memungkinkan. Harapan saya setiap orang harus selalu sehat, agar tidak perlu ke rumah sakit aamiin. Karena setiap kali mendengar orang masuk rumah sakit, bawaannya langsung horor. Apalagi ruang ICU, lebih-lebih lagi terdengar menakutkan.

Diruangan ICU banyak peralatan medis yang akan membantu, menstabilkan kondisi seorang pasien dan peralatan ini tidak ada di ruang inap. Apa saja peralatan yang biasanya terdapat di ruang ICU? Yuk kenali, agar menambah pengetahuan :

kematian di ruang icu perbedaan icu dan ugd harapan hidup pasien icu alat-alat di ruang icu berapa lama pasien di ruang icu indikasi pasien masuk ruang icu pengalaman dirawat di icu peraturan ruang icu
Gambar by google


Monitor

Kalau biasanya saya melihat monitor ini hanya di tayangan drama korea. Ternyata monitor adanya di ruangan ICU, yang mana monitor akan menampilkan grafis kinerja organ tubuh. Seperti detak jantung dan tekanan darah.

Ventilator

Alat ini akan membantu pasien dalam bernapas. Ventilator, dihubungkan dengan selang yang masuk melalui hidung, mulut dan tenggorokan. Lagi-lagi saya melihat ventilator di drama Korea tema rumahsakit seperti Hospital Playlist dan Fix You.

Kateter

Alat kateter akan membuang kotoran dan urine dari dalam tubuh pasien. Kateter ini akan dimasukan ke dalam tubuh pasien, dengan bentuk selang. Saya pernah melihat kateter di rumah sakit, waktu jaga emak mertua. Tetangga kamar ada yang menggunakan itu, dan pas mendekati ajal saya menyaksikan langsung banyak dokter datang ke ruangan kami.

Infus

Memiliki fungsi untuk menyalurkan cairan, nutrisi serta obat-obatan yang dimasukkan melalui pembuluh darah vena.

Peralatan medis di ruang ICU ini beroperasi tiada henti, yang menimbulkan suara-suara. Suara tersebut menandakan kondisi pasien, baik membaik atau juga mengalami perubahan dan dapat membantu tenaga medis dalam memantau selama menjaga. Semoga kita semua diberikan kesehatan dan keberkahan selalu ya, jaga badan sebelum sakit. Semangat selalu untuk sehat, salam.

  • Share:

You Might Also Like

4 comments

  1. Tak kira dulu sama antara IGD, UGD dan ICU. Baru paham fungsinya masing-masing, bukan sebatas pengen gunain singkatan mana biar keren. wkwkwk

    ReplyDelete
  2. Haduh jadi inget bukan Maret kemarin pernah masuk IGD di RSI, tapi Alhamdulillah langsung ditangani dan pindah ke kamar rawat inap.

    ReplyDelete
  3. Sangat menambah wawasan min, ternyata masing maaing punya peran yang berbeda, sejauh ini malah sangat kurang mengerti hal ini.
    Ada baiknya juga kita sebagai orang awam tentang dunia farmasi mencari tahu lebih dalam tentang hal ini.
    Kembangkan min.

    ReplyDelete
  4. Aku kira semuanya sama antara IGD UGD ternyata berbeda. Makasih buat informasi pentingnya jadi nambah wawasan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat