Review Film Gretel dan Hansel 2020 | Kisah Dongeng Penyihir yang Suka Makan Anak-anak

By Nyi Penengah Dewanti - Saturday, May 09, 2020



Review Film Gretel dan Hansel 2020 - Gretel dan Hansel diusir dari rumah, ibunya mengalami depresi karena ayahnya meninggal. Gretel yang beranjak remaja itu, harus mengurus Hansel yang masih kecil dan bertumbuh. Tidak hanya menjadi kakak, tapi Gretel juga bertanggungjawab menjadi ibu. Mereka berjalan  menyusuri hutan yang rumornya banyak penyihir tinggal, perut yang lapar membuat mereka mencari tempat untuk singgah. Menemukan rumah tak berpenghuni, membuat keduanya mampir dan tidur di sana. Tapi siapa sangka, Hansel melihat zombie bangun di belakang Gretel dan larilah mereka. Hampir saja Zombie itu memakan Hansel, kalau tidak ada seorang penyelamat. Saya mengira penyelamat itu akan mengizinkan keduanya tinggal.Tapi ternyata dia hanya ada di adegan awal saja.


gretel and hansel (2020) sinopsis dongeng hansel and gretel  sinopsis hansel and gretel korea  hansel and gretel 2020 release date hansel and gretel: witch hunters gretel & hansel pemeran hansel and gretel film 2019



"Berjalanlah dua hari dua malam, jika ada persimpangan jangan berbelok karena banyak serigala di sana," begitu kata orang tersebut. Dia memrikan solusi kepada Gretel dan Hansel untuk mencari tempat inggal suatu kelompok. Yang mana mereka akan menerimanya dan memberikan dia pekerjaan yang layak. Harus saya akui dia baik, tapi kok saya menduga apa dia penyihir yang menyamar ya? Agar Gretel dan Hansel berjalan ke dalam hutan, dan menemukan rumah dengan bentuk segitiga.


Penyihir yang Menyamar jadi Nenek-nenek Baik Hati




Pemeran yang jadi nenek sihir adalah Alice Krige, akting yang dia tampilkan sungguh memukau menjadi seorang nenek sihir. Begitu meyakinkan. Sementara Sophia Lillis adalah pemerah dari Gretel, gadis muda yang sedang bertumbuh. Hampir saja keperawanannya direnggut, oleh kakek-kakek tua kaya di kota. Ibunya menyuruh untuk mencari pekerjaan sebagai asisten rumah tangga, aduh si ibu ini bikin saya gemas. Kalau frustasi soal kematian suaminya, kenapa anak-anak harus kena imbasnya. Harusnya dia melindungi dong, tapi kalau dia nggak depresi dan setengah gila cerita tidak akan berlanjut dong ya, eheheh ...

Setelah berjalan cukup jauh di hutan, mereka kelaparan. Berantem dan akhirnya berjalan sempoyongan, mereka seperti melihat jamur. Tapi bukan jamur yang bisa untuk dimakan, "Hai, kami merasa sangat lapar. Apakah kau mengizinkan kami untuk memakanmu?" Ucap Gretel kepada si jamur, dan keduanya akhrinya makan jamur yang bikin mereka terbang (nggak sadar diri). Kadang tertawa, kadang bengong, kadang sedih yang membuat saya menyimpulkan itu jamur beracun. Melihat ini saya jadi ingat kejadian, Dora and the Lost City of Gold yang sedang mencari keberadaan kota tersembunyi, mereka menemukan perkebunan bunga yang serbuknya memancar dan membuat mereka nggak sadar diri.

gretel and hansel (2020) sinopsis dongeng hansel and gretel  sinopsis hansel and gretel korea  hansel and gretel 2020 release date hansel and gretel: witch hunters gretel & hansel pemeran hansel and gretel film 2019



Gretel dan Hansel terus melakukan perjalanan, sampai akhirnya menemukan sebuah rumah dengan bentuk segitiga dan rumah tersebut mengeluarkan aroma kue. Menjeritlah Hansel kesenangan, Gretel memastikan melalui kaca, tapi sebelumnya sudah mengetuk pintu dan nggak ada yang datang.

"Ada apa di dalamnya Gretel?"Tanya Hansel penasaran.

"Emm ... semacam surga," Balas Gretel entah semacam keraguan. Tapi dia tidak bisa membohongi, dirinya teramat lapar. Jendel dibukanya sedikit, membuat Hansel yang kecil bisa masuk dan mengambil sedikit makanan. Tapi ketika akan kabur ketahuan, seorang nenek. Lantas Gretel berusaha menyelamatkan, dengan melempar batu, dengan membuat api, dan akhirnya keluarlah si nenek bersama Hansel.

Awalnya saya pikir itu halusinasi keduanya yang kelaparan, tapi ternyata memang makanan itu benar adanya. Aneh juga di tengah hutan, banyak makanan serba lengkap. Ada susu cair pula, dan rumah tersebut meski kecil ada banyak ruangannya lho. Ada kamar tidur untuk mereka berdua, ada tangga turun ke bawah, luaslah intinya. Kalau bukan karena sihir apa lagi?

Pencahayaan dalam film Gretel dan Hansel ini terbilang unik, tidak seperti film pada umumnya. Mungkin memang dibuat begitu agar terlihat horornya. Tidak ada adegan-adegan setan muncul kok, tenang hehehe ... tidak ada adegan berdarah-darah. Hanya digambarkan. Setelah perkenalan mereka, mereka diajak makan. Awalnya Gretel ragu untuk makan, tapi Hansel malah udah kekenyangan dan masih terus makan karena semuanya terlihat lezat. Tapi adegan awalnya, sebelum mereka makan. Hansel ditarik rambutnya sehelai, untuk membuktikan dia kutuan apa nggak? Hah? Aneh juga wkkwkw ... tapi selanjutnya rambut sehelai itu disimpan dalam kotak, yang nenek punya. Apalagi dia sering mengelus puncak kepala Hansel, membauinya seperti sedang mencium sesuatu yang lezat. Duh!Barulah saya tahu pada adegan-adegan menjelang ending, bahwa nenek tersebut adalah penyihir yang menyamar dan suka makan anak-anak. Adegan makan anaka-anak nggak ada, aman. Hanya digambarkan begitu saja, lenyap.

gretel and hansel (2020) sinopsis dongeng hansel and gretel  sinopsis hansel and gretel korea  hansel and gretel 2020 release date hansel and gretel: witch hunters gretel & hansel pemeran hansel and gretel film 2019


Mimipi-mimpi yang Membawa Kepada Jalan Cerita Sebenarnya


Hari pertama menginap di rumah segitiga milik si nenek, Gretel langsung bermimpi hal-hal yang aneh. Tentang dongeng gadis bertopi pink yang dibuang ke hutan. Padahal dongen itu hanya dongeng yang dikarang oleh Gretel, untuk hansel dan ternyata dongeng itu benar adanya. Gretel sering melihat gadis bertopi pink dalam mimpinya, lantas dia menghilang. Gadis itu sering menunjukkan jalan-jalan dalam mimpi dan memperlihatkan sesuatu yang ganjil. Semakin penasaranlah Gretel. Akhirnya dia memutuskan untuk tinggal dengan nenek sebagai balas budi telah diberi makan. Dia akan membantu membersihkan rumahnya, sampai dengan waktu mereka siap untuk melanjutkan perjalanan.

Gretel ternyata diajari banyak hal oleh si Nenek, dari meracik ramuan agar tidak flu, agar bisa lekas tidur dan digambarkan oleh buku besar. Buku ramuan, yang bisa untuk dipelajari. Kejahatan si nenek sihir ini smooth banget, tapi dari percakapan terlihat menyeramkan. Awalnya Gretel meminta Hansel untuk lekas pergi bersama, karena ada yang aneh di rumah tersebut. Semuanya berlebihan, mereka seakan dimanjakan tapi tidak bekerja keras. Nah, dalam mimpi Gretel si nenek meracik makanan itu ternyata dari organ-organ tubuh manusia, huek! Beneran deh hanya dimantrain doang, itu organ dan tangan putus jadi makanan yang mengenakan. Dalam mimpi Gretel si nenek menjadi cantik jelita, berbaju yang kesemuanya hitam dan tubuh penuh tato. Keliatan stylish banget lho, dan cantik serius si pemeran Alice Krige ini hehehe ...


gretel and hansel (2020) sinopsis dongeng hansel and gretel  sinopsis hansel and gretel korea  hansel and gretel 2020 release date hansel and gretel: witch hunters gretel & hansel pemeran hansel and gretel film 2019


Hansel lama-lama merasa aneh dan meminta Gretel untuk pergi dari rumah nenek sihirnya, tapi Gretel masih penasaran. Entah dirasuki atau tidak Gretel mengajak Hansel ke luar rumah dan membiarkan dia pergi sendirian. Esok paginya dia sadar, hal itu tidak benar. Emosi sesaat menurut saya. Karena Gretel merasa stress, harus mengasuh adiknya menjadi dewasa sebelum saatnya. Tapi akhirnya ya dia dan nenek sihir itu, beradu cakap. Hansel sengaja dihilangkan agar tidak membebani jalan Gretel. Nenek ini seakan ada udang di balik batu gitu.

“Lakukan apa yang kamu mau padaku, tapi jangan pada adikku. Lepaskan dia!” Alih-alih dia berdiskusi membuat keputusan. Si Nenek menceritakan awal mula dia demikian, bahwa cerita yang dibuat Gretel adalah benar adanya. Seorang gadis kecil dengan topi pink, adalah anak dari si nenek sihir ini. Karena sebelum film dimulai, ada monolog yang mengisahkan. Di desa yang kecil, ada anak kecil terlahir cantik. Tapi dia harus meninggal karena sebuah penyakit. Ayahnya mendengar cerita, bahwa ada nenek tua yang mempunyai kekuatan hitam bisa menyembuhkan. Sang bayi di bawa ke nenek tersebut, disembuhkan dan menjadi gadis yang bisa membunuh. Si ibu merasa tidak terima, karena anaknya membunuh ayahnya sendiri. Lantas dibawanya kembali ke tengah hutan, untuk dikembalikan kepada kegelapan. Tapi akhirnya entah gimana, kepada Gretel si nenek menceritakan bahwa anak-anaknya dimakan, cerobong asap rumah dengan kepulan asap putih menjadi merah. Nggak ada adegan makan betulan sih, Gretel hanya diperlihatkan di luar rumah, oleh cerita si nenek. Adegan berpindah-pindah, flash back gitulah. Jadi kesimpulannya begitu kata si nenek, bahwa dia adalah ibu dari gadis bertopi pink yang menjadi nenek sihir. Semacam menjadi nenek sihir ini menular, kayak estafet gitu dan endingnya bagus!


gretel and hansel (2020) sinopsis dongeng hansel and gretel  sinopsis hansel and gretel korea  hansel and gretel 2020 release date hansel and gretel: witch hunters gretel & hansel pemeran hansel and gretel film 2019


Spoiler nggak ya? Ehehe ... Hansel nanti ketemu kok, dan Gretel akhirnya punya kekuatan untuk menggerakan tongkat. Karena Hansel akan dibakar hidup-hidup, tapi nggak jadi dengan kekuatan Gretel. Nanti juga terlihat bahwa anak-anak yang pernah nenek sihir makan itu, ada di balik pepohonan dan mereka terbebas. Hansel dinaikkan ke kuda, dan disuruh pergi untuk menemukan kelompok awal yang mereka tuju. Tapi tidak dengan Gretel, dia masih tetap di hutan dan estafet penyihir berikutnya jatuh di tangan Gretel. Wuahh! Suram tapi eksotis ini cerita. Pokoknya selamat menonton gretel and hansel (2020).

Baca juga : 

Review Film Enter Fat Dragon 2020 

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat