Tips Menerima Paket saat Pandemi Covid-19

By Nyi Penengah Dewanti - Tuesday, May 05, 2020



Tips Menerima Paket saat Pandemi Covid-19 -  Biasanya kita yang pergi dengan leluasa, kini harus di rumah saja. Tidak boleh kemana-mana kecuali untuk belanja kebutuhan rumah, agar penyebaran wabah corona tidak melebar. Daripada cemas ketika berada di luar rumah, belanja online pun sering dilakukan seseroang. Tapi gimana dong dengan paket online yang kita terima, aman dari paparan virus corona atau tidak?




Apa yang harus kita lakukan ketika menerima paket online? Khawatir dengan kemasan paket iya, khawatir dengan kurir yang mengantar paket juga iya. Soalnya petugas paket kan sering bertemu dengan orang banyak juga kan?

Nah, saya dikasih Tips Menerima Paket Saat pandemi Covid dari SERA, nih! Siapa tahu bisa bemanfaat buat teman-teman. SERA apaan sih?  SERA adalah PT. Serasi Autoraya sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dibidang transportasi dan perusahaan logistik.  Ini dia beberapa tips saat menerima paket, ditengah pandemic covid ini, yaitu:


- Meminta kurir untuk meletakkan di luar(tidak bertemu dengan kurir secara langsung)

Hasil studi dari NEJM (New England Journal of Medicine), mengatakan bahwa virus corona bisa bertahan 2-3 hari di permukaan plastik dan juga stainless steel. Tidak hanya itu ia juga bisa 24 jam menempel di atas permukaan kardus, hal ini membuat risau penerima paket. Jadi harus dilakukan pembersihan dulu. Langkah yang bijak setelah paket sampai, biarkan dahulu paket berada di luar ruangan.

- Biarkan paket terpapar sinar matahari min. 30 menit

Setelah paket diterima dari kurir, sebaiknya paket dibiarkan di luar rumah selama 30 menit.  Agar kuman-kumannya terpapar cahaya matahari.

- Semprot paket dengan disinfektan atau cuci dengan air sabun

Jika paket sudah terkena paparan sinar matahari selama 30 menit, lantas siapkan semprotan disinfiektan. Apabila paket yang dipesan adalah pakaian, lakukan perendaman dan cuci pakaian tersebut. Tapi kalau makanan, maka langsung pindahkan dari plastiknya ke wadah ang lain.




- Buka paket dan cuci barang-barang dalam paket menggunakan air sabun atau lakukan disinfeksi permukaan pada barang

Melakukan penyemprotan pada paket, yang dipesan online itu penting sekali. Setelah beberapa cara di atas dilakukan, saatnya barag yang sudah dibuka dicuci dengna air sabun. Misalnya itu paket pakaian, paket mainan, barang keperluan rumah tangga.

- Buang sampah paket dan lakukan pemilahan

Segala macam pembukus paketan, harus dibuang langsung ke tempat sampah di luar rumah. Jangan biarkan terlalu lama, karena virus bisa menyebar.

- Cuci tangan pakai sabun antiseptik

Setelah semua dilakukan, saatnya lakukan cuci tangan dengan sabun. Jangan hanya telapak tangan saja, tetapi sampai siku lebih baik.



Pendapat Ahli soal Paket Online



Dr. Ian William, Kepala Bidang Penanggulangan dan Pencegahan penyakit dari Amerika Serikat, mengatakan jika COvid-19 bisa menular lewat makanan, lantas menyerang pernapasan dan bisa menular lagi ke orang-orang.



"Kalaupun virusnya ada di makanan, sistem pencernaan anda akan membasminya," begitu kata Dr. William, pada laman CNN. Tapi beliau menuliskan juga, jika belum ada laporan virs corona menular melalui makanan.

Kalau pun ada, resikonya sangat kecil dan mengenai pembungkus paket juga rendah. Ya, paling tidak kita sudah berjaga-jaga ya kan, untuk menghindari hal tersebut. Semoga pandemi lekas berlalu, terlebih ini sudah melewati beberapa bulan. Menjelang lebaran pula, kasihan yang diperantauan sementara tidak bisa pualng demi keamanan. Apapun ini ujiannya, semoga kita bisa mengambil hikmahnya, aamiin. Semoga Tips Menerima Paket saat Pandemi Covid-19, dapat bermanfaat. Salam!


  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat