Accurate Digital Partner Solusi Marketing di Era Revolusi Industri 4.0

By Nyi Penengah Dewanti - Tuesday, March 31, 2020



Accurate Digital Partners Solusi Marketing di Era Revolusi Industri 4.0 - Katanya orang sukses itu adalah orang yang berani menghadapi perubahan dan dengan tenang menghadapi permasalahan. Menyoal tentang perubahan, siap nggak siap, berani atau enggak  bangsa di dunia ini harus menerima yang namanya perubahan. Saat ini sudah memasuki revolusi industri 4.0 dengan banyak perubahan di berbagai bidang, salah satu yang kena imbasnya adalah dunia usaha mikro kecil menengah (UMKM). Pemasaran di era industri 4.0, sudah merubah kebiasaan orang berbelanja di toko offline menjadi belanja online.


accurate login log in accurate online accurate desktop download accurate accurate online pembukuan accurate offline belajar accurate account accurate



Gimana dong yang nggak ngerti pemasaran online? Trus nasib usahanya yang menyediakan produk retail, apaakah juga bisa bersaing secara online? Nah, untuk tetap bisa eksis di era 4.0 ini saya akan membagikan tips merencanakan usaha dengan matang bersama Accurate Digital Patners.


Mengulik Sejarah Revolusi Industri di Dunia



Revolusi industri di dunia, sudah tercatat mengalami empat kali. Revolusi industri sebenarnya apa sih? Dari tadi diomongin melulu? Jadi, revolusi industri ini perubahan secara besar dan radikal terhadap cara manusia dalam memproduksi barang, ungkap Marcel Susanto di blog Zenius. Tidak hanya itu, dalam bidang politik, ekonomi, budaya dan militer juga mengalami perubahan. Yuk intip apa saja revolusi industri yang sudah terlewati:

Revolusi Industri 1.0

Proses revolusi industri 1.0 ini dimulai dari ditemukanya mesin uap, untuk memroduksi barang pada jaman dahulu. Sebelum adanya mesin uap, manusia hanya mengandalkan tenaga otot, tenaga air dan tenaga angin untuk menggerakan sesuatu. Tenaga otot ini sangat terbatas, nggak mungkin bisa mengangkat barang yang beratnya ton-tonan meski dengan bantuan katrol.

Mesin uap yang diciptakan oleh Jamer Watt pada tahun 1776 ini, mengubah masyarakat dunia yang awalnya agraris bekerja sebagai petani, peternak berubah jadi masyarakat industri. Mesin uap menjadi pijakan pertama, dalam revolusi industri di dunia.

Revolusi Industri 2.0

Penemuan listrik menjadi penanda ravolusi industri ke 2.0, tenaga uap digantikan dengan tenaga listrik. Perubahan besar terjadi, semua rumah kini memiliki penerangan. Banyak perangkat elektronik mulai diciptakan, usaha-usaha baru bermunculan. Dari televisi, mesin cuci, lemari pendingin dan lain sebagainya.



accurate login log in accurate online accurate desktop download accurate accurate online pembukuan accurate offline belajar accurate account accurate


Revolusi Industri 3.0

Fase dalamRevolusi Industri 3.0 adalah terciptanya mesin yang bergerak dan berpikir secara otomatis, seperti komputer dan robot. Di era perang dunia ke dua, komputer menjadi barang yang paling mewah. Coba selisik model komputer jaman dahulu, besarnya seperti sebuah kamar tidur tidak bsia menerima perintah dari manusia melalui mouse, keyboard apalagi touchscreen dulu menggunakan pita kertas dan butuh tenaga listrik yang luar biasa besar yakni 8500 watt. Jadi pergerakan ini membuat pekerja terbebas dari pekerjaannya, mesin sudah bisa dikendalikan oleh komputer. Di negara berkembang pada jamannya, berubah dari industri ekonomi menjadi industri informasi

Revolusi Industri 4.0

Pada Revolusi Industri 4.0 ini perubahan terjadi dalam penggabungan dunia industri, dengan teknologi otomatisasi sistem produksi dengan big data. Semua komputer bisa terkoneksi dengan yang namanya internet (jaringan). Ponsel-ponsel pintar berhasil diciptakan. Kecerdasan Artificial Intelegence (AI), Intenert of Things (IoT), hal-hal virtual yang tercipta memudahkan manusia melakukan kegiatan operasional.


Pelaku UMKM Di Era 4.0 Harus Mau Melek Teknologi


accurate login log in accurate online accurate desktop download accurate accurate online pembukuan accurate offline belajar accurate account accurate



Perkembangan dunia online di era revolusi industri 4.0 ini, membuat pemain-pemain bisnis baru bermunculan. Lantas bagaimana nasib pelaku yang berjualan offline, menghadapi gempuran bisnis online yang menjamur? Kalau tidak ingin tertinggal, ya harus mau belajar. Sudah banyak kejadian pengusaha retail yang tidak mengikuti perkembangan jaman, mulai goyah dan harus menutup toko karena biaya operasional yang membengkak.

Banyak pelaku UMKM yang sibuk produksi, tidak bisa mengejar ketinggalan untuk berbisnis online. Banyak juga yang mengeluh merasa sudah berumur, jadi tidak bisa mengikuti perkembangan untuk belajar. Ada yang juga tidak bisa menggunakan ponsel pintar ataupun komputer karena gaptek. Di beberapa kota dan kelas yang saya isi untuk sharing jualan online, mengalami permasalahan yang serupa. Yang saya bisa lakukan adalah, membuat mereka mengerti dan belajar dengan pelan-pelan. Semangat ingin tahu mereka yang saya jaga, yang terus saya pantik untuk mau belajar. Tidak peduli umur yan sudah renta, asal mau belajar saya siap mendampingi, begitu ujar saya setiap kali mengajar.

Bagaimana cara pelaku UMKM untuk bisa upgrade kualitas diri, di era revolusi industri 4.0?  Ini dia beberapa langkah yang bisa di lakukan, untuk lebih mengenal teknologi:



accurate login log in accurate online accurate desktop download accurate accurate online pembukuan accurate offline belajar accurate account accurate


Belajar beradaptasi

Siapapun pasti ingin usahanya berkembang jadi lebih baik, dan pendapatannya terus meningkat. Hal yang perlu dilakukan dalam industri 4.0 adalah, segera melakukan adaptasi. Hindari berpikir susah untuk memulai, saya pastikan tidak ada yang mudah. Tapi setelah dijalani dan pelan-pelan belajar siapapun akan bisa.

Mengikuti pelatihan teknogi untuk bisnis

Dengan mengikuti pelatihan bisnis berbasis teknologi, tentunya akan menambah wawasan baru dan meningkatkan pengetahuan tentang teknologi untuk berbisnis. Siapa tahu ilmu yang dibagikan bisa diterapkan, pada usaha anda. Mulai cari tahu apa yang benar-benar anda butuhkan.

Mencari karyawan untuk mengelola

Baiklah jika anda tidak sempat untuk melakukan pembelajaran, karena harus mengurusi produksi dan lain sebagainya. Tidak ada salahnya anda merekrut karyawan untuk mengelola bisnis, pilih karyawan yang menguasai teknologi digital. Selain untuk mengejar ketinggalan, usaha dan produk anda harus masuk ke ranah digital agar semakin dikenal luas.

Menambah ilmu baru tentang bisnis digital melalui video dan artikel


Sempatkanlah untuk membaca atau menonton video di youtube tentang bisnis digital, agar anda tidak gaptek. Tidak ada kata terlambat untuk belajar, dan jangan pernah minder untuk melakukannya.


Pengelolaan Keuangan UMKM di Era 4.0



Bagi anda yang berkecimpung di dunia usaha, pembagian operasional keuangan perlu dibedakan menjadi 3 bagian:



accurate login log in accurate online accurate desktop download accurate accurate online pembukuan accurate offline belajar accurate account accurate


1. Bagian penerimaan dan pembayaran
2. Bagian Pencatatan (akuntansi)
3. Bagian pengawasan atau kontrol

Biasanya pengusaha pemula, seperti saya ini kebanyakan malas mencatat alur keuangan dan menganggap enteng pengeluaran dan pemasukan. Padahal keuangan yang sehat, harus dicatat dengan rapi dan harus bertambah setiap harinya. Jika tidak ada perubahan, stabil atau bahkan mengalami penurunan ini yang bahaya. Ada yang tidak beres dalam mengembangkan usahanya. Jadi, penting sekali untuk mengetahui sistem keuangan dengan baik.

Dari ketiga bagian pembagian operasional keuangan di atas, bisa dibagi tugas dan fungsinya sebagai berikut :

Bagian Penerimaan dan pembayaran memiliki tugas:

Memegang uang
Menerima pemasukan dan mengalokasikan sesuai sistem aturan
Mengeluarkan uang untuk pembayaran sesuai sistem
Mencatat keluar masuk uang sebagai laporan, pertanggungjawaban
Membuat dan menerima tanda bukti pembayaran atau penerimaan
Bertanggungjawab penuh terhadap jumlah uang yang dimiliki usaha

Bagian Pencatatan (akuntansi) mempunyai tugas:

Bagian perhitungan, pengelolaan dan pencatatan keuangan keseluruhan
Menghitung harga pokok  produksi (HPP) da penjualan produk usaha
Membuat perhitungan harga jual dan laporan laba rugi
Membuat standarisasi anggaran belanja dan stok bahan
Membuat catatan aset, modal, jurna, utang piutang, pajak dan laporan transaksi keuangan usaha secara kesluruhan
Bertanggung jawab kepada pengelolaan keuangan tanpa memegang uang usaha

Bagian pengawasan atau kontrol memiliki tugas:

Melakukan pengawasan terhadap jumlah uang usaha dan pencatatannya
Melakukan pengawasan pada penerimaan pemasukan dan megnalokasikan sesuai aturan dan mengawasi HPP dan hargapenjualan produk usaha
Mengawasi pengeluaran uang untuk pembayaran sesuai sistem dan mengawasi perhitungan harga jual dan laporan laba rugi
Bertanggung ajwab memberikan laporan apakah seluruh bagian bekerja sesua aturan atau sistem

Bagaimana Pengelolaan Keuangan dengan cara sederhana ini terlihat begitu memusingkan bukan? Masih ingin jadi pengusaha betulan? Atau sudah stop di sini saja? Pencatatan keuangan memang bukan hal yang main-main, harus dilakukan dengan teliti. Namanya juga bisnis, harus menghasilkan kalau tidak ya sia-sia saja usaha yang dijalankan selama ini.



Accurate Digital Partners Solusi Marketing di Era 4.0


accurate login log in accurate online accurate desktop download accurate accurate online pembukuan accurate offline belajar accurate account accurate


Tidak ada orang yang luput dari kesalahan, saya juga sering gagal dalam melakukan pencatatan keuangan. Sering bocor juga entah kepake sendiri, atau dibelikan bahan baku untuk usaha. Tidak mau terjadi berkali-kali, dan usaha jadi merugi. Semuanya harus diubah, apalagi sudah di era revolusi industri 4.0 pola pikir harus diubah kalau ingin usahanya berkembang jadi lebih maju.

Saya ingin memperkenalkan Accurate Digital Partner, atau biasa disingkat dengan ADP, yang merupakan mitra atau partner penjualan resmi dari produk-produk yang dikembangkan oleh PT. Cipta Piranti Sejahtera. Apa saja sih produknya, ada Accurate Online, Accurate Lite & Rene POS di mana mempunyai tujuan membantu UKM dan pelaku bisnis yang ada di Nusantara untuk memiliki pembukuan yang rapi.

Sebagai seorang pengusaha dalam bidang apa pun, ketika anda memulai sesuatu baik skalanya kecil maupun besar hal pertama yang harus dibangun adalah sebuah profesionalisme. Baik untuk diri sendiri, maupun dengan adanya tim. Misalnya anda mempunyai usaha franchise minuman, pilih seseorang yang mempunya skill mengolah minuman dengan baik dan dapat menyajikannya dengan trampil termasuk dalam urusan administrasinya. Berarti anda sudah memulai sebuah langkah dengan benar.



Menggunakan Software Akuntansi Accurate Online untuk keperluan bisnis



Kalau kita tidak mengusai satu bidang, bukan berarti kita tidak bisa menguasai bidang lainnya. Nah, kalau kita fokus dalam mengembangkan usaha, dan lemah dalam mengatur pembukuan dalam berbisnis serahkan saja kepada ahlinya. Seperti Software Akuntansi Accurate Online ini.

Mengapa harus accurate online? Karena sudah menjadi produk terpercaya, yang digunakan oleh berbagai perusahaan dan UMKM di seluruh nusantara. Penggunanya sendiri sudah ada 300 ribuan, yang berasal dari berbagai bidang perusahaan serta UMKM.

Kalau di Indonesia saja sudah ada 60 juta UMKM lebih, dan memiliki pembukuan yang rapi dalam berbisnis tentu saja akan sangat memberikan dampak yang bagus dalam segi ekonomi, tetapi tidak semuanya mempunyai pembukuan yang rapi. Hal inilah yang membuat Accurate Online hadir, untuk membantu siapa saja mempunyai pembukuan yang rapi dan tertata.

Accurate memiliki janji dan cita-cita untuk membantu pelaku UMKM di Indonesia, tidak hanya  dalam pembukuan yang rapi tapi juga melek dalam pembukuan. Yang nantinya pelaku usaha jadi tahu berapa jumlah keuntungan yang diraihnya, setiap minggu, setiap bulan dan tahun. Analisis keuangannya akan dengan mudah dilihat, dan usaha yang dikelola mengalami perkembangan yang baik bahkan dalam mencari pinjaman untuk usahanya. Jadi mengapa tidak kita percayakan kepada Accurate Digital Partner saja?








Siapa sih orang-orang keren di balik Accurate Digital Patner ini?


ADP adalah Accurate Digital Partner, mitra resmi Accurate Online yang berasal dari berbagai kalangan. Ada yang masih duduk di bangku kuliah, ada yang wiraswasta, ada ibu rumah tangga seperti saya dan siapapun yang ingin mendapatkan penghasilan bisa menjadi Accurate Digital Partner.





Bayar berapa sih untuk jadi Accurate Digital Partner? Tenang, jadi Accurate Digital Partner itu Free alias gratis. Bahkan modal promosi dan kotennya sudah disediakan, anda tinggal jalan dan melakukan pendaftaran.

Seorang Accurate Digital Partner tidak membutuhkan ruko buat jualan, tapi cukup memasarkan produk Accurate Online dan bermodal ponsel pintar. Pemasarannya bisa di ranah media sosial, melalui blog atau juga website. Tidak perlu keahlian khusus, yang penting tekun dan telaten melakukan pemasaran. Di bawah ini, adalah mereka yang sudah bergabung menjadi ADP dan ini kata mereka : 


accurate login log in accurate online accurate desktop download accurate accurate online pembukuan accurate offline belajar accurate account accurate




Menjadi Accurate Digital Partner, termasuk peluang bisnis di era industri 4.0 lho, karena dengan memasarkan produk via media sosial seorang Accurate Digital Partner sudah bisa mendapatkan komisi yang tidak bisa dianggap sebelah mata. Jadi gimana tertarik juga untuk menjadi seorang Accurate Digital Partner? Sembari menjadi pengusaha, kenapa tidak? Lakukan pendaftaran sekarang juga, dan segera jalankan bisnis menjadi Accurate Digital Partner. 


accurate login log in accurate online accurate desktop download accurate accurate online pembukuan accurate offline belajar accurate account accurate




Langkah Mudah Menjadi Accurate Digital Partner


1. Masuk ke laman (https://accurate.partners/?a=abc-pus)

2. Isi kolom yang tertera, dari Nama, Nomor HP, Email, Alamat lengkap, Jenis pendaftaran, dan centang setuju ketentuan di atas.

3. Klik Daftar

4. Jika sudah sukses dalam pendaftaran, anda akan mendapatkan email informasi dan verifikasi



Selamat mencoba!



accurate login log in accurate online accurate desktop download accurate accurate online pembukuan accurate offline belajar accurate account accurate



  • Share:

You Might Also Like

100 comments

  1. Aku setuju, sudah saatnya seluruh UMKM ini melek teknologi. Apalagi UMKM merupakan salah satu penyumbang tertinggi PDB negara. Jadi sudah saatnya UMKM ikut berkembang dan semakin lihai dengan berbagai perubahan, termasuk teknologi.

    ReplyDelete
  2. Dulu banget tempat aku kerja pakai sofware ini loh, aku masih inget banget soalnya namanya itu unik. Karena bukan bidang aku jadi gak terlalu ngerti. Sekarang jadinya tau ternyata buat akuntansi gitu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya suka lemah pelajaran akuntansi. Kalau dulu ini udah ada, kayaknya bakal nolong saya banget, ya hahaha

      Delete
    2. iya Mba Lid, keren kalo make ini jadi tertata rapi pembukuannya.

      Delete
  3. UMKM sekarang ini mau tidak mau memang harus mengikuti perkembangan teknologi ya.
    Salah satunya dengan menjadi partner di Accurate digital ini, free lagi, harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya agar bisa juga memesarkan secara online.

    ReplyDelete
  4. Semakin hari semakin berkembang yaa teknologi. Bahkan di bidang pemasaranpun mau ga mau harus diikutin juga perkembangannya. Tapi hal kayak gini malah mempermudah dan memperluas pemasaran.

    ReplyDelete
  5. kayaknya bagus deh memperkenalkan ini ke pelaku UMKM disini.. biar semua melek tekhnology dan bisa memperluas pemasarannya

    ReplyDelete
  6. Semoga semakin banyak UMKM yang melek digital apalagi persaingan di dunia bisnis semakin dahsyat.

    ReplyDelete
  7. setuju, sudah waktunya UMKM melek teknologi biar semakin maju usahanya dan dipermudah juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Allah software emang penting banget buat pelaku usaha apalagi software pembukuan macam accurate

      Delete
  8. Betul sekali Nyi..pengelola UMKM pun harus mulai melek teknologi sekaran kalau mau maju. Thx infonya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eranya soalnya udah beda dulu dan sekarang ya MBa. Memang perlu sih menggunakan accurate

      Delete
  9. Bener. Kalau tidak mengikuti perkembangan jaman, pengusaha akan diam di tempat atau bahkan tertinggal. Jaman revolusi industri 4 semua sudah serba digital, termasuk catatan keuangan perusahaan menengah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah Teh, kalau nggak mau tertinggal harus mau belajar. Semangat

      Delete
  10. Terkadang memang mau ga mau harus melek dan inovasi diera revolusi industri 4.0 ini. Tapi kebanyakan mereka bahakan temen2ku sendiri sebagia pelaku, suka lupaaa akan pembukuan,masih konvesional aja Nyi, bahkan di luar kepala hahhaaa
    Yang ada bangkruuuuut mulu.

    Semoga makin faham nih para pelaku UMKM dengan adanya Accurae ini.

    ReplyDelete
  11. Harusnya gitu yah kak semua UMKM selalu menambah ilmu tentang marketing, di era 4.0 ini udah banyak banget fasilitas yg disiapkan , aplikasi yang luar biasa secara online nggak perlu manual lagikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mba Indah, sudah mulai era online kudu bergerak biar nggak ketinggalan.

      Delete
  12. Bisnis sekarang kl mau sukses ya wajib punya pencatatan keuangan yg baik.

    Besar atau kecil bisnisnya tetep harus tertib pencatatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asli mba Diah, arus keluar masuk sekecil apapun itu kudu dicatat

      Delete
  13. Iya benar pelaku UMKM hrs melek teknologi ya..scr semuanya sekrg serba digital

    ReplyDelete
  14. Mau ga mau.memang kita harus mengikuti perkembangan zaman dan teknologi ya nyi. Pun dwngan UMKM kalo pake software gini malah makin terbantu urusan keuangan makin rapi dan transparan. Keren softwarenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mom jadi tahu larinya duit kemana ya kan kalo make software

      Delete
  15. Mau nggak mau harus belajar internet marketing ya,supaya tetap bisa ada penghasilan meski physical distancing. Orangnya boleh diam di tempat, tapi usaha harus jalan terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yang ngeluh asli mba Lus jaman wabah ini, semoga segalanya semakin membaik

      Delete
  16. Sekarang ini kebanyakan status WA temenku banyak sekali yang isinya jualan, Mbak. Ini salah satu kemajuan, ya.

    Ada tetangga yang hobi masak, sebelum masak harian dia bikin status dulu, siapa yang mau ikutan masakan itu bisa pesan. Kayak gitu ya jadi usaha kok, modalnya cuma HP doang.

    Keren, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eranya jualan ya BU Ika, heheeh semangat pokoknya yang bermanfaat jualannya ya kan.

      Delete
  17. Membantu banget aplikasi seperti ini ya, memudahkan pelaku UKM bersaing di persaingan global saat ini.
    Baca ini tho jadi pengen hidupin usaha lagi... tapi rasane masih belum bisa bener-bener fokus. hiks

    ReplyDelete
  18. Yg tadinya aku meraba2 accurate ini jane apaan tho, baca ini langsung tercerahkan lengkap runut dan bikin akun tertarik untuk ngenalin ini ke temen2 pelaku umkm... Ini untuk lomba juga ya Nyi. . Semoga menang yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Allah makasih doanya mba NIa.
      Iya nih software pembukuan accurate ini untuk pelaku usaha apapun

      Delete
  19. Bagi para pelaku UMKM yang merasa gaptek, rasanya tak ada yang tak mungkin ya untuk mempelajarinya. Baik belajar sendiri maupun via orang lain. Trus kalau ribet masalah laporan keuangan, menggunakan Accurate ini bisa jadi salah satu solusinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba Uniek, aku juga gaptek urusan keuangan kalo make excel gitu-gitu ada accurate jadi terbantu ya kan pelaku usahanya.

      Delete
  20. waaa.. aku merasa gaptek banget nihh.. kudu belajar lagi memang.. sedikit demi sedikit.. mulai dari sini juga nih

    ReplyDelete
  21. Ada hikmah lo di balik corona, banyak orang dituntut untuk melek digital, khususnya para ibu. Karena harus mendampingi anaknya sekolah online. Nah apalagi untuk pelaku UMKM, sekarang ini melek digital memang wajib banget, biar bisa mengikuti larinya zaman. Waah, accurate ini bagus banget ya buat UMKM, besok kalau punya usaha, mau ah pakai hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau usaha apanih mba Rita, bocorin heeheh siapa tahu aku mau beli eaaa

      Delete
    2. Hmmm... usaha apa ya enaknya. Usaha makanan nggak bisa masak.. usaha craft nggak pinter bebikinan. Tapi aku punya cita-cita pengen bisa jahit sendiri sih wkwk. Pengen punya butik gamis gitu.. hehe. MEski entah kapan bisa jahitnya haha.

      Delete
  22. Accurate bisa membuat pembukuan lebih akurat, ya? Soal pembukuan memang perlu banyak yang dipelajari. Kalau ada yang makin mudah dipelajari, kenapa nggak, 'kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asli mba kalau ada yang ahlinya ada pembukuan biar rapi serahkan saja ya kan sama accurate

      Delete
  23. Pengelolaan keuangan sih yang selama ini terasa tricky dan menyulitkan karena butuh ketegasan. Enak banget dibantu Accurate Digital jadi UKM bisa cepat maju dan berkembang. Solusi beneran di era serbacanggih yang semua orang pakai internet di genggaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo om Rudi usaha kopinya sudah dipakein pembukuan yang rapi belum hehehe

      Delete
  24. Era digital membuat semuanya semakin mudah ya mbak.
    Accurate Digital ini sangat membantu ukm ya, biar keuangannya g berantakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah gini ya, ada sistem yang bisa digunakan oleh para pengusaha menengah agar tidak pusing melakukan audit keuangan, agar lebih jelas berapa untung ruginya.

      Delete
    2. Bner mba, kalau keuangan berantakan nggak bisa kulaan hehehe

      Delete
  25. Usaha para pedagang kecil bisa semakin berkembang nih. Terutama urusan manajemen keuangannya

    ReplyDelete
  26. Dulu waktu awal-awal terjun ke dunia bisnis, kami juga sering menyepelekan pencatatan keuangan. Dan yang terjadi memang usaha jadi kacau. Beruntung langsung sadar dan melakukan pencatatan dengan baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi pelaku usaha kehadiran accurate sangat membantu sekali ya..
      Pencatatan keuangan akan semakin tertib sambil dibarengin untuk mengurusi hal lain

      Delete
    2. Alhamdulillah ya Mba Nurul jadi lega ya kalau pencatatan keuangan sebaik ini biar nggak boncos dan aman

      Delete
  27. Nah kini memasuki era 4.0 mah mau tak mau harus mengikuti ya mba apalagi buat umkm nih jadi bisa lebihbmaju

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaitannya apalagi dengna keuangan ya mba Herva, bahaya kalo boncos

      Delete
  28. Jadi Accurate ini software akutansi gitu ya mbak?
    Jd keinget dulu pas jualan semuanya dilakukan manual dan udah kewalahan pdhl ya cuma kecil2an, apalagi UMKM yang skalanya lbh gede, emang butuh bantuan software kyk gini ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba software pembukuan biar rapi arus keuangannya hehehe
      Semangat mba April

      Delete
  29. Sekarang sudah menuju era 5.0 tapi aku belum faham juga apa yang berubah dan berkembang di era ini dengan detail hehe. Ayo Nyi buat tulisannya. Biar saya baca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakak iya nih era 5.0 aku belum nulis, masih meraba-raba bund

      Delete
  30. Asik banget yaa, Nyi...
    Join sekaligus dapat ilmu belajar marketing dan mengembangkan usaha.
    Benar-benar teknologi no limit.

    ReplyDelete
  31. wah informatif banget kak, aku jadi tahu nih tentang sejarah revolusi industri yang terjadi di dunia. nggak nyangka ternyata di revolusi industri 4.0 banyak banget perkembangannya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita sudah melewati banyak revolusi ya mba Nov.
      Semangat pokoknya

      Delete
  32. Bentar mba aq belum nagkep banget nih, jadi misal kt gabung di Accurate kt bisa jual produk yg udah disediakan atw bisa jual produk sendiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. accurate ini software pembukuan mba, kalau kitagabung kita dimudahkan dalam pembukuan usahanya. Nah kalo gabung jadi ADPnya kita jualan softwarenya. Bukan jualan produk sendiri

      Delete
  33. Wah asik banget bisa bergabung jadi accurate partner ini mbak karena memberikan banyak keuntungan terkhusus buat pelaku usaha yang memang sangat membantu dibagian keuangannya.

    ReplyDelete
  34. Pakai accurate ini sangat mudah mbak, aku sudah pernah coba dan memang sangat membantu apalagi buat pemula jadi lebih mudah.

    ReplyDelete
  35. Wow, kece nih Accurate Digital Partner buat yang punya bisnis UMKM dan kesulitan masalah pembukuan. Dan penggunanya juga udah cukup banyak ya. Mau aku bisikin ke kakak aku ah. Makasih infonya :)

    ReplyDelete
  36. Wah menyenangkan sekali gratis ternyata akses sebagai partner. Kalau zaman sekarang ada yang mudah dan bisa hemat waktu kenapa enggak, accurate ini salah satunya bisa menjadi andalan

    ReplyDelete
  37. Wiihh. Kumplit banget ini mah infonya kak. Dari ulasan sejarah sampe ke gimana kita seharusnya. Emang dizaman sekarang kita wajib banget melek teknologi. Kalo gk melek malah yg ada kita ditinggalin n usaha pu jdi cma d stu2 ajqla. Mksih infonya kak

    ReplyDelete
  38. Setuju banget nih harus melek informasi di era industri 4.0 kalau enggak bisa ketinggalan nih. Dewi baca ulasan tentang accurte digital partner memang rekomended ya untuk membantu bisnis kita secara administrasi

    ReplyDelete
  39. Lengkap banget mbak ulasannya. Memang pelaku bisnis harus selalu upgrade terus supaya usahanya makin berkembang ya. Apalagi era teknologi seperti sekarang ini.

    ReplyDelete
  40. Bersyukur kita sedang berada di era 4.0 menuju 5.0 saya selalu ingat sebuah riwayat yang menyatakan bahwa umat di zaman-zaman dahulu mereka sangat menginginkan menjadi umat di zaman sekarang.

    ReplyDelete
  41. Hadirnya ADP membantu para UMKM dalam menghadapi tantangan bisnis era 4.0 ya, semuanya sudah digital dan sepertinya mudah digunakan dan dipasarkan, semoga jadi peluang untuk masyarakat kita untuk berwirausaha

    ReplyDelete
  42. di era digital saat ini sudah bukan hal yang awam lagi jika tempat usaha sudah memanfaatkan teknologi yang berkembang pada era revolusi industri 4.0 salah satunya dengan Accurate Digital yaa

    ReplyDelete
  43. sebagai pebisnis pemula kayak aku, berpartner dengan Accurate ini sangat membantu dalam menaikkan penjualan, jadi semakin semangat buat jualan mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah satu pemikiran, mba. Untuk pebisnis pemula, penggunaan Accurate ini pas banget buat merapikan pembukuan dengan cara tidak ribet yak...

      Delete
  44. Bisnis UMKM memang harus naik level untuk meningkatkan omzet produk dalam negeri. Salah satunya memang melalui teknologi digital, karena siap atau tidak kan kita sudah terlanjur hidup di dunia digital. Jadi semua harus digitalisasi.

    ReplyDelete
  45. Terasa banget memang klo di zaman ini kita gak melek teknologi. Apalagi sebagai pelaku bisnis. Bentar lagi mgkin 5.0 dgn teknologi yg aku sndiri blm ngerti

    ReplyDelete
  46. Wahh pengen banget usahanya jadi UMKM

    ReplyDelete
  47. duuu saya termasuk yang gagap akuntansi, serahkan aja sama ahlinya, software accurate ini emang cucok banget & bantu umkm dalam membuat neraca keuangan

    ReplyDelete
  48. UKM memang harus segera berevolusi agar dapat bersaing dengan mau anak-anak milenial. Dengan begitu apa yang dipasarkan akan mendapatkan tempat terbaik di hari masyarakat.

    ReplyDelete
  49. Aku kok kecewa ya sama Accurate ini, pernah dpt saldo yg lumayan banyak, tp gak bisa dicairin sama sekali. Gak ngerti deh dg sistem pembayarannya. Pernah nanya jg jawabannya bertele2 hehe.
    Tp semoga sekarang accurate lebih adil deh pengaturannya.

    ReplyDelete
  50. bisa sih pengusaha di era 4.0 ga melek teknologi, asal usahanya benar-benar enak/unik.
    tapi... usahanya bisa dicaplok orang, cepat atau lambat. Karena ga branding

    ReplyDelete
  51. Saya banget ini, selalu pusing klo udah berhubungan dgn akuntansi dan pencatatan uang kas. Dlu punya usaha sendiri tapi cuma nyatet manual aja. Itu pun suka salah hitung qiqiqii. Butuh Accurate klo gitu ga biar memudahkan & gak perlu kerjain sendiri.

    ReplyDelete
  52. wah keren nih, pernah denger juga ttg ini, komisinya lumayan setauku

    ReplyDelete
  53. semoga para UMKM nya sudah mau meningkatkan dirinya ya mbak, sudah ada digital partnersnya tingga tergantung UMKM nya mau berkembang atau tidak

    ReplyDelete
  54. Semakin maju perkembangan jaman, semakin memudahkan pelaku usaha dalam berpromosi. saya juga udah daftar di Accurate.. Sips

    ReplyDelete
  55. Jadi ini semacam aplikasi pembukuan gitu ya mba? Wah, zaman makin moder dan canggih, makin sangat membantu sekali buat para pelaku usaha untuk mengelola usahanya. Btw, aku malah baru tahu tentang sejarah revolusi industri kenapa dinamai angka2 gitu hehehe....

    ReplyDelete
  56. Bener banget kak kalau Seorang Accurate Digital Partner tidak membutuhkan ruko buat jualan, tapi cukup memasarkan produk Accurate Online dan bermodal ponsel pintar. Pemasarannya bisa di ranah media sosial, melalui blog atau juga website. Tidak perlu keahlian khusus, yang penting tekun dan telaten melakukan pemasaran. Kita cuma harus cerdas dan ga gaptekkk .

    ReplyDelete
  57. Wah jaman sekarang a kalau mau jadi pebisnis emang harus melek teknologi ya, tapi juga emang teknologi memudahkan mereka untuk berkembang terus

    ReplyDelete
  58. Sudah saatnya UMKM membutuhkan pencatatan keuangan yang baik. Buar modal - laba gak hilang begitu aja

    ReplyDelete
  59. aku tau platform ini, tetapi belum nyobaiin. Meskipun sekilas aku melirik plaformnya memang simple untuk digunakan

    ReplyDelete
  60. Seiring perkembangan jaman semua pelaku usaha termasuk UMKM harus terus upgrade ilmu bisnisnya ya Mbak. Apalagi perkembangan teknologi begini cepat. Kalo pake Accurate Digital Partner bisa ngebantu dari segi pembukuan ya... Biasanya kadang suka keteteran tuh, Krn terlalu sibuk ngurusin jualan.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat