MENU

Monday, 11 November 2019

Cara Sederhana Mendapatkan Dana Liburan yang Bisa Kamu Dapat

 Cara Sederhana Mendapatkan Dana Liburan yang Bisa Kamu Dapat – Liburan menjadi kegiatan yang selalu dirindukan oleh seseorang, apalagi untuk sebuah keluarga. Liburan menjadi salah satu hal yang paling membahagiakan, untuk menikmati waktu bersama. Liburan yang direncanakan, tanpa adanya dana yang disiapkan akan menjadi sekadar wacana.




Ada 4 cara sederhana menyiapkan dana liburan.  Agar liburan tidak menjadi bumerang yang bisa memorakporandakan keuangan, Anda harus pandai menyiapkan dana khusus. Yang jelas, dana liburan ini harus terpisah dari dana pokok dan tabungan. Untuk mendapatkannya pun usahakan jangan dari berutang, karena sebenarnya bisa dengan beberapa cara sederhana berikut:

  • Memanfaatkan Tabungan Berjangka


Ketika rencana dan anggaran khusus liburan telah disusun, Anda bisa memulainya dengan menyisihkan setidaknya 5% dari gaji. Mulailah menabung dari jauh-jauh hari agar dana yang terkumpul bisa sesuai proyeksi. Ada baiknya pula jika Anda menggunakan tabungan berjangka dengan sistem autodebet, agar proses menabung lebih konsisten. 

  • Cari Penghasilan Tambahan




Selain menabung, cara yang lebih cepat untuk mengumpulkan dana liburan adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Anda bisa mencari kerja sampingan, seperti mengajar les privat, menjadi driver ojek/taksi online, menjadi penulis atau fotografer freelance, atau pekerjaan paruh waktu lain yang sekiranya tidak mengganggu aktivitas utama. 

Termasuk jika memungkinkan, Anda bisa membuka usaha atau bisnis sampingan. Tak harus besar, Anda bisa memulainya dari bisnis sederhana seperti berjualan pulsa atau bisnis online. Bahkan, Anda bisa memanfaatkan kegemaran traveling untuk membuka usaha jasa titip barang (jastip). Jadi, sambil menyelam minum air, berwisata sekaligus berbisnis.

  • Jual Barang Bekas Tak Terpakai (Garage Sale)


Punya banyak barang tak terpakai yang masih layak pakai? Bisa berupa pakaian, alat musik, aksesori, sepatu, tas, buku, barang-barang unik, atau bahkan barang elektronik. Semua itu bisa dimanfaatkan untuk menambah tabungan liburan dengan menjualnya kembali (garage sale). 

Untuk menjualnya pun terbilang sangat mudah, karena kini telah banyak marketplace online yang memperbolehkan siapa pun untuk menjual barang bekas. Atau, bisa juga Anda menjualnya secara langsung, baik secara personal maupun melalui perantara. 

Tak hanya bermanfaat untuk menambah dana liburan, cara ini juga membuat ruangan, kamar, atau bahkan lemari Anda menjadi lebih lapang. 

  • Berinvestasi melalui Qazwa.id




Cara lain yang juga bisa dicoba adalah berinvestasi melalui qazwa.id. Qazwa.id sendiri merupakan salah satu platform investasi syariah terdepan yang ada di Indonesia. Di sini, Anda bisa memilih berbagai jenis investasi di sektor riil, namun dengan tetap mengedepankan prinsip-prinsip yang sesuai dengan syariat Islam. Soal keamanan, Anda tak perlu khawatir karena qazwa.id telah terdaftar dan berada di bawah pengawasan OJK dan MUI. 

              Jadi sudah tahu kan sekarang, dana yang dibutuhkan untuk liburan bisa datang dari mana saja? Investasi adalah salah satunya. Siap berlibur bersama keluarga? Maka bersemangat untuk mengumpulkan dana liburan yuk!

14 comments :

  1. aku biasanya harus nyisihin biaya liburan dari tabungan mba, sedikit2 makanya ga bisa liburan mendadak, harus ada planning, jadi saat uangnya kekumpul baru bisa di realisasikan

    ReplyDelete
  2. Aku sudah punya post khusus untuk tabungan liburan mba. Udah kerja keras begini bisa konslet kalau ngga liburan

    ReplyDelete
  3. Baru tahu tentang qazwa ini mba :) kalau aku sendiri buat biaya liburan lebih ke tabungan aja hehehe

    ReplyDelete
  4. Lemari aku juga uda full banget nih kak, jadi kepikiran buat garage sale juga nih

    ReplyDelete
  5. kalo aku ambil kerja sambilan yang lumayan fee-nya mba, baru deh buat modal liburan

    ReplyDelete
  6. Buka bisnis sampingan tuh mantabs, jadi bisa buat biaya liburan hehee.

    ReplyDelete
  7. Kalau aku biasanya nyisihin dari uang bulanan atau pas dapet bonus baru deh liburan

    ReplyDelete
  8. Daripada liburan pake utang mendingan pake investasi ya mba'e atau cr sampingan biar kelar liburan ga ada beban mental mikirin tagihan cc 🤪

    ReplyDelete
  9. Qazwa aku baru dengar mba. Investasi syariah seperti ini yang lagi aku cari juga nih. Hasil nya kan nanti bisa untuk liburan bersama keluarga

    ReplyDelete
  10. yap saya juga pernah jual barang yg tak terpakai buat dana liburan. soalnya daripada juga numpuk di rumah kan. kalau qazwa saya baru tahu loh Nyi...

    ReplyDelete
  11. sekarang banyak banget ya pilihan bisnis dalam bentuk syariah seperti ini, tertarik pengen ikutan

    ReplyDelete
  12. Dana liburan memang harus dipisahin dan direncanain ya mba supaya ga ganggu dana lainnya

    ReplyDelete
  13. Wah aku penasaran investasi di Qaswa meliputi apa aja ya mbak.
    Emang kalau mau liburan kalau blm ada dana sebaiknya nabung yaa jgn sampai berutang pokoknya.

    ReplyDelete
  14. Nah yaa...investasi itu yang terbaik.
    Paling engga, bisa kontrol diri agar gak terlalu boros.
    Rewardnya, liburraaann...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat