MENU

Sunday, 6 October 2019

ASUS VivoBook Ultra A412 Laptop Tipis yang Bertransformasi Memberikan Solusi



ASUS VivoBook Ultra A412 Laptop Tipis yang Bertransformasi Memberikan Solusi - Setiap penemuan selalu menciptakan, pengetahuan baru.  Demikian halnya juga dengan era yang baru, dimana memaksa kita untuk berubah. Salah satunya dengan bekerja menggunakan cara baru. Untuk mereka yang tidak bisa berubah, mereka akan terus tertinggal dan tidak akan mampu bertahan menghadapi kemajuan zaman. Mau diakui atau tidak memang inilah faktanya.







Contohnya kemajuan teknologi bisa mengubah mobilitas seseorang, menjadi berubah. Yang awalnya bekerja masih dengan tempat kerja yang tradisional, kini berubah menjadi kerja yang bisa mobile. Teknologi digital yang sekarang ini merajai, tidak hanya memberikan kemudahan tetapi juga sudah menyatu dengan perilaku kita, benar? Teknologi digital disadari atau tidak sudah mengubah dengan sendirinya, perilaku dan aktivitas kita. Baik berkomunikasi maupun dalam berkolaborasi, begitupun dengan cara kita membeli dan mengonsumsi sebuah informasi.

Salah satu perusahaan yang saya kagumi adalah ASUS, perusahaan multinasional motherboard, kartu grafis, monitor, PC dan router terbaik di dunia yang mampu bertransformasi dan tidak kenal lelah mencari ide baru berserta solusi. Jangan tanya improvisasi dan bagaimana berinovasi, selalu tiada henti dengan visi sebagai perusahaan teknologi terdepan dan paling inovatif di dunia.


Alhamdulillah, ini kali ketiga saya bisa mengikuti ASUS Blogger Gathering di Semarang pada Sabtu, 28 September 2019. Nggak tahu kenapa saya suka banget sama ASUS, ibarat seseorang yang masuk dalam hidup kita tanpa permisi gitu deh, hehehe ... trus muter-muter dalam pikiran dan susah dilupakan #ea ...




Jadi dalam Blogger Gathering ASUS di Semarang kemarin, Asus memperkenalkan kepada kami peserta yang hadir mengenai VivoBook Ultra A412, bahkan memiliki julukan 'The World Smallest 14 Inch Colorful Ultrabook'. Mantep kan? Tidak heran jika ASUS sering menyabet banyak perhargaan, di antaranya ada Forbes’ Global 2000 Top Regarded Companies, Thomson Reuters’ Top 100 Global Tech Leaders, Fortune’s World’s Most Admired Companies dan lain sebagainya. Karyawannya saja tersebar di seluruh dunia, lebih dari 5.000 profesional dibidang R&D. Nah, yang datang kemarin ke Semarang ada 4 orang, Ada Mba Marisa, Mas Riandanu, Mas Firman dan Mba Caroline. Blogger-blogger Semarang yang menjadi brand ambasador ASUS juga mengawal acara yang berlangsung lho! Ada Mba Uniek, Teh Dedew, Mba Rahmi dan Mas Asmari. Mereka termasuk blogger-blogger idola saya, karena konsisten dan memiliki komitmen yang tinggi dalam dunia blogging.


Trend Kerja di Masa Kini dan Mengapa Memilih ASUS VivoBook Ultra A412 sebagai Solusi?



Pada tahun 2011, saya punya laptop untuk pertama kalinya. Hal yang sangat saya syukuri, dan tidak menyangka sekarang justru bergelut dalam bidang tulis menulis. Dimana saya membutuhkan laptop, untuk mempermudah pekerjaan. Dahulu laptop adalah barang yang mewah bagi saya, tetapi sekarang hampir semua orang memilikinya. Kemajuan teknologi membuat segalanya berubah, kita bisa mendapatkan bertita dari seluruh penjuru dunia dalam waktu singkat. Diskusi tanpa perlu tatap muka, dan juga mendapatkan pekerjaan dengan orang yang belum pernah kita temui sebelumnya. Bahkan sebuah studi sudah menyatakan, dua puluh persen pekerja tidak lagi bekerja nine to five di kantor, tetapi jauh lebih fleksible. Ditambah perangkat mumpuni yang mendukung pekerjaan. Baik sebagai pelajar, mahasiswa, pekerja ataupun ibu rumah tangga seperti saya. Jadi inilah Mengapa Memilih ASUS VivoBook Ultra A412 sebagai Solusi:





1.  ASUS VivoBook Ultra A412 Ringan dibawa

Dalam Blogger Gathering kemarin, kami dibebaskan untuk memegang dan mengexplore ASUS VivoBook Ultra A412. Waktu saya angkat, ya ampun enteng banget, gaes! Saya peluk deh, hahaha ... moga suatu saat bisa keturutan punya. Pasalnya, laptop saya lebih berat 3x lipat dibanding  ASUS VivoBook Ultra A412. Kalau pas pergi-pergi kan saya selalu bawa laptop, untuk menunjang kegiatan, apalagi job jadi content writer harus setor tulisan setiap hari. Saking seringnya nenteng kemana-mana, pundak dan punggung jadi sering nyeri, kalau nggak dibawa malah kerjaan nggak kelar nantinya. Padahal fase gendong anak belum pernah saya rasain juga, bisa-bisa bungkuk duluan kan kasihan ini pundak.





Jadi buat kalian yang butuh laptop ringan,  ASUS VivoBook Ultra A412 solusi jitu permasalahan kita. Karena beratnya cuma 1,5 kg dan layarnya 14 inci yang diklaim sebagai ukuran paling kecil di dunia. Kenapa bisa didapuk sebagai yang paling kecil? Ternyata karena dimensi bodinya ASUS VivoBook Ultra A412, memiliki ukuran panjang 32cm dengan lebar 21cm. Kerennya lagi ASUS VivoBook Ultra A412, punya fitur NanoEdge Display. Dimana NanoEdge Display  merupakan teknologi ekslusif yang membuat bezel di layar ASUS VivoBook Ultra A412 menjadi ukuran 5,7mm. Diakui ASUS VivoBook Ultra A412 menjadi laptop yang memiliki bezel tipis dikelasnya. Dimensi bodynya pun bisa diperkecil, dengan screen-to-body ratio sampai 83 persen.

2. ASUS VivoBook Ultra A412 Punya 4 warna yang kece





Siap-siap saja dibuat bingung, karena VivoBook Ultra A412 memiliki serian warna yang menggetarkan pengen memiliki semuanya. Warna yang ditawarkan yakni : transparent silver, slate grey, peacock blue dan juga coral cursh. Kalau ditanya paling suka warna apa, mungkin coral crush. Cetar soalnya hehehe ...


3. ASUS VivoBook Ultra A412 Punya sensor sidik jari dan mendeteksi wajah

Inilah mengapa saya sangat menyukai ASUS, karena membuat saya jadi melek teknologi. Awalnya nggak ngeh soal Windows Hello, tapi sepemahaman saya windows hello inilah yang akan melindungi laptop kita dari bahaya kecolongan. Jadi Windows hello ini cara kerjanya, kita bisa mengakses perangkat laptop kita dengan sidik jari atau sensor wajah. Dahsyat banget serius, jadi kalau yang bukan punya laptop nggak bisa ngakses.




Dari laman support web ASUS, ditegaskan bahwa kita bisa mengatur Windows Hello hanya dengan 5 menit saja. Tinggal masuk ke menu settingnya, lalu klik account. Sign-in options, setting PIN-nya dan lanjutkan dengna mengatur sidik jari dibingkai yang muncul. Saya jadi ingat pertama kali pas setting ponsel saya, dengan fingerprint kurang lebih mirip. Pengaturan sidik jari ini bisa dihapus kok, jika kamu misalnya pengen upgrade beli laptop ASUS yang lebih canggih.  Mas Danu juga berpesan kepada kami, untuk menambahkan aplikasi 'Find My Device', agar ketika musibah yang tidak kita inginkan kehilangan laptop kita bisa melacaknya dengan cepat. Salut sama ASUS!


4. VivoBook Ultra A412 Mempunyai Keyboard Lampu Backlit




Nggak pernah membayangkan sebelumnya kalau keyboard itu ada lampunya. Pantesan aja ASUS menjadi perusahaan teknologi yang diakui dunia, karena membuat kinerja penguna makin efisien. Salah satunya lampu backlit yang ada di keyboard inilah, yang memberikan fungsi pengguna untuk dapat melalui aktivitasnya dengan mudah di tempat yang minim cahaya sekalipun. Ada tiga jenis tingkat Pencahayaannya.



5. VivoBook Ultra A412 Memiliki Tampilan Ergolift yang Membuat Pengguna Nyaman





Ergolift (Ergolift Hinge) adalah fitur ekslusif yang dimiliki ASUS VivoBook Ultra A412, yang dirancang secara otomatis ketika kita membuka laptop. Saat membuka itulah, otomatis bodi utamanya akan bergerak memiringkan keyboardnya ke posisi mengetik paling nyaman. Engsel Ergolift ini bergerak dengan otomatis terangkat, jadi ada space berongga saat kita mengetik dan hal itu membuat kinerja pendingin di ASUS VivoBook Ultra A412 bekerja dengan maksimal.


Spesifikasi ASUS VivoBook Ultra A412 dengan Performa Handal yang Nggak Mahal



Sejak kemunculan ASUS VivoBook Ultra A412, laptop canggih dengan body ramping dan spesifikasi tinggi ini menyita perhatian karena sudah menggunakan SSD. Kalau tidak ikutan blogger gathering saya mungkin nggak kenal yang namanya SSD, apakah SSD itu sih? SSD adalah singkatan dari Solid State Drive, dimana SSD merupakan media penyimpanan seperti halnya hard disk. Untuk computer yang sudah menggunakan SSD, kecepatannya akan berubah jauh lebih kencang dibanding dengan hard disk.

Untuk harganya sendiri ASUS VivoBook Ultra A412, dibandrol dari harga Rp7.599.000 pada varian terendahnya, dan varian tertingginya diberikan harga Rp13.799.000. Spesifikasi yang dipilih tergantung dengan budget yang dimiliki. dan disesuaikan dengan kebutuhan yang kita inginkan. Kelebihan-kelebihan dari ASUS VivoBook Ultra A412 tersendiri, sudah saya jabarkan di atas.





ASUS VivoBook Ultra A412 hadir dengan memiliki layar 14 inci dan bezel yang tipis. Selain itu spesifikasi yang lain ketebalannya hanya 1,9cm, dan berat tentengan 1,43 kg saja. Keren ya? Buat dibawa traveling atau pergi-pergi, nggak bakal keberatan. Selain itu charger yang dimiliki oleh ASUS VivoBook Ultra A412, berbentuk ringan dan mungil jadi makin jatuh cinta nih sama ASUS VivoBook Ultra A412.

Prosessor yang dimiliki ASUS VivoBook Ultra A412 mempunyai banyak pilihan, ada yang intel dan AMD. Detail setiap prosessor juga mempunyai label tersendiri, misalnya intel ada pilihan mau i3, i5 atau i7. Tidak hanya dari segi prosessor perbedaan dari RAM dan VGA juga dibedakan pada dapur pacunya. Nah, buat yang mau tahu lebih detail spesifikasinya bisa langsung kepoin di bawah ini:




  • Grafis yang ada di ASUS VivoBook Ultra A412, menggunakan NVIDIA GeFOrce MX250 yang memberikan kekuatan lebih baik, lebih fresh yang menarik perhatian penggunanya. Apalagi untuk sekadar nonton tayangan film, bakal sisa-sida banget deh. Sementara untuk konektivitasnya, ASUS VivoBook Ultra A412 mempunyai dual-band 802.11ac WIFI, Bluetooth 4.2 dimana memudahkan penggunanya untuk terkoneksi internet maupun bluetooth dengan baik.

  • Siapa yang sering kali presentasi? Atau sering kali menghubungkan perangkat untuk transfer data? Input dan output di ASUS VivoBook Ultra A412 ciamik banget karena punya port USB Type-C yang mampu mentrasfer data dengan cepat sampai 10x lipat. Port USB, output HDMI dan pembaca kartu microSD-nya pokoknya mudah banget dalam menghubungkan semua periferal, display dan proyektor tanpa kesulitan. Jujur laptop punya saya tidak ada port yang menghubungkan untuk ke proyektor, sedih deh. Makanya ngidam banget pengen memiliki ASUS VivoBook Ultra A412, soalnya sering kali diminta bantuan untuk ngajarin cara berjualan online di marketplace atau sharing tentang ngblog yang mana butuh laptop yang bisa dibuat sekalian presentasi.

  • Baterainya sendiri mampu tahan 5 sampai 6 jam, kalau buat browsing, nonton video atau edit gambar bisalah tahan sampai 6 jam. Buat nongkrong di kafe-kafe jadi nggak perlu nyolokin charger. Tapi ya meski begitu tetep dibawalah ya, biar nongkrong semakin syahdu apalagi sambil nulis. Tenang, chargenya juga kecil dan mungil. Kesimpulannya yang jelas, ASUS VivoBook Ultra A412 cocok dipakai untuk pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, dan orang-orang yang nyari laptop budget dengan standar performa yang bagus. Ingat laptop ini bukan laptop gaming spesifikasinya pasti beda, jadi jangan dibandingkan. 




Terlepas dari semua itu, ASUS VivoBook Ultra A412 desainnya stylish dan ringan ketika dibawa. Cocok dibuat traveling dan mobilitas kita yang sering kerja di luar ruangan. Malah berasa kayak make smartphone, karena bukanya menggunakan fingerprint. Tapi Windows Hellonya bikin ASUS VivoBook Ultra A412 jadi makin premium, apalagi ditambah i7 dan ryzen 5. Jadi kalian sudah siap buat mengadopsi ASUS VivoBook Ultra A412? Atau masih butuh tambahan informasi lagi langsung aja kepoin ke website ASUS ya gaes! Mudah-mudahan review sederhana dari acara blogger gathering Semarang bersama ASUS ini, dapat memberikan sedikitnya informasi buat kalian yang lagi ngincer laptop stylish dan trendi.




Daftar Pustaka sumber tulisan:

https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-VivoBook-14-X412FL/
https://tekno.kompas.com/read/2019/06/21/11480057/spesifikasi-dan-harga-laptop-asus-vivobook-ultra-a412
Sharing dari Mas Firman dan Mas Danu
Foto dokumen pribadi, web ASUS

15 comments :

  1. Asus selalu berinovasi ya, stylish dan harga pun moderat. Kayanya baru kemaren launching spec baru eh ini udah ada lagi

    ReplyDelete
  2. seru eventnya jadi bisa cobain laptop ya bikin gak bingung mau beli laptop yang spesifikasinya pas dan cocok buat blogger kayak kita2 , aku suka semua varian warnanya kece dipakai nongki , eh heheheh

    ReplyDelete
  3. ASUS VivoBook Ultra A412 yang beratnya 1,5 kg akan membuat kita semakin sering di bawa kemana saja. Enteng dan bisa nulis kapan aja.

    ReplyDelete
  4. Makin keren ya, Mbak, laptop zaman now. Aku suka sama fitur fingerprintnya. Sekarang sih belum punya. Tapiiii, kayak di HPku ini pakai fitur rersebut memang aman, aman dari gangguan anak. Hahaha. Pun aku pasang aplikasi 'Find My Device' juga. Semoga nanti kita punya kesempatan bisa punya laptop ASUS yang baru ya, Mbak, yang enteng, biar bisa dibawa ke mana-mana.

    ReplyDelete
  5. ASUS.... kenapa sih spesifikasinya selalu mantab jiwa dan bikin ngilerrrr
    model laptopnya juga super kece ih gemassshh
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  6. Aahh... mupeeeengggg. Ga beban lagi deh bawa laptop kemana2. Kereen pisan ih.

    ReplyDelete
  7. Gemes ya Nyi ada laptop 14 inch seringan dan semungil ini. Jadi pengin peluk dan bawa pulang ajaaa :)) Aku juga mupeng pengin punya nih. Kayaknya cocok banget nih buat anak wedokku. ;)

    ReplyDelete
  8. Laptop 14 inci tapi bisa ringan gitu, ya. Enak untuk dibawa ke mana-mana. Apa lagi kalau kerja yang bisa dilakukan di mana pun.

    ReplyDelete
  9. aku butuh banget leptop yang ringan udah 5 tahun nenteng leptop yang beratnya sama dengan berat kehidupan halah wkwkwk jadi pengen punya ASUS nih mba

    ReplyDelete
  10. ASUS Vivobook cakep ya, slim banget, nggak males bawanya, fungsional bener. Selma ini suka males bawa laptop karena berat, malah jadi beban, ahaha.
    Nabung dulu nih, biar bisa beli Asus Vivobook

    ReplyDelete
  11. Sekarang sudah bukan jamannya laptop Segede gaban yang berat ya mbak. Sudah banyak beredar laptop tipis yang slim dan mudah dibawa kemana-mana. Saya salut dengan Asus yang terus berinovasi menciptakan produknya. Asus Vivobook ini sangat memanjakan penggunanya dengan fitur-fitur nya yang lengkap dan canggih. Jadi mupeng pengen punya yg satu ini hehehe

    ReplyDelete
  12. Laptop ringan kayak ASUS itu idaman banget soalnya saya pengen punya laptop baru jika Allah izinkan.
    Find my device inovasi yang sungguh sangat membantu kita, tak ingin kalau kita alami musibah kehilangan, tetapi bisa tenang karena adanya penjagaan.

    ReplyDelete
  13. aku juga sekarang selalu pakai laptop yang tipis tapi performanya juaraa banget mba...enak sekarang banyak pilihan yaaa

    ReplyDelete
  14. ASUS VivoBook Ultra A412 ini aku suka karena desainnya stylish dan ringan banget saat dibawa. Memang cocok banget dibawa saat traveling dan bagi para pekerja dengan mobilitas tinggi yaa..dan menggunakan fingerprint pulak.. juara deh

    ReplyDelete
  15. modelnya bagus, mengikuti jaman juga sih sepertinya hehe
    laptop saya udah jadul kayaknya harus ganti nih hehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat