MENU

Friday, 6 September 2019

Pelatihan Pemandu Wisata Oleh Disporapar Kendal



Pelatihan Pemandu Wisata Oleh Disporapar Kendal - "Sebuah anak panah akan dapat dengan mudah dipatahkan begitu saja, tetapi sepuluh anak panah yang diikat menjadi satu akan sulit untuk dipatahkan," begitu ungkap Richard Banson memberikan motivasi kepada karyawan Virgin Group. Atas undangan bu Vivin dari Dinas Pariwisata, saya menghadiri acara Pelatihan Pemandu Wisata Buatan, Selasa 3 September 2019.


desa wisata kendal wisata semarang wisata desa sambongsari kabupaten kendal, jawa tengah wisata nglimut boja danau banaran kendal pantai jomblom kendal pantai cahaya kendal wisata temanggung
Peserta Kategori Fotografi


Titik awal kami berkumpul adalah di hotel Sae In, kemudian menuju destinasi wisata andalan yang dimiliki Kendal yang sudah melegenda. Yakni Curugsewu, yang ada di Patean, Sukorejo Kabupaten Kendal.

Peserta Pelatihan Pemandu Wisata yang digelar oleh Disporapar Kendal, adalah dari penggiat fotografi dan film yang ada di kabupaten Kendal dengan total peserta 40 orang. Pesertanya sendiri tidak dibatasi usia, ada yang anak SMA, kuliah, dewasa dan lain sebagainya. Inilah mengapa saya bilang, sebuah anak panah akan dapat dengan mudah dipatahkan begitu saja, tetapi sepuluh anak panah yang diikat menjadi satu akan sulit untuk dipatahkan. Mereka bekerjasama untuk menghadirkan karya film dan foto yang menarik. Agar wisatawan yang melhat, ingin dan tertarik datang ke Kendal setelah dipublikasikan.


Eksekusi Karya Foto dan Video di Curugsewu Kendal



Pelatihan yang diselenggarakan Disporapar Kendal ini dibagi dua katergori. Film dan Foto. Peserta memilih sesuai minat dan bakatnya.  Peserta diberi pelatihan di hari pertama di Hoel Sae In, kemudian berlanjut di hari ke dua di Curugsewu untuk mengeksekusi karya apa yang ingin dibuat dengan latar Curugsewu. Salah satu destinasi wisata andalan, yang dimiliki kabupaten Kendal agar Kendal semakin dikenal oleh dunia.


desa wisata kendal wisata semarang wisata desa sambongsari kabupaten kendal, jawa tengah wisata nglimut boja danau banaran kendal pantai jomblom kendal pantai cahaya kendal wisata temanggung
Curugsewu meski kemarau 


Baik dri Kepala Disporapar Kendal, Pak Agung ataupun Kepala Bidang Pariwisata Ibu Ratna Mustikaningsih mengutarakan hal yang sama. Tujuan diadakannya pelatihan adalah untuk membekali, penggiat foto dan video menghasilkan karya yang berkualitas. Yang nantinya akan dipublikasikan, untuk prmosi wisata  Kabupaten Kendal. Bahkan Bu Vivin sudah mulai gencar membuat postingan di instagram, dengan hestek #PariwisataKendalMendunia. Sebuah doa yang baik dan awalan yang sederhana, untuk membuat Kabupaten Kendal ini semakin dikenal luas.

Saya merasa beruntung diajak serta untuk menyaksikan, anak-anak Kendal membuat karya. Kebetulan Bu Vivin memberikan slot untuk Komunitas Blogger Kendal 3 kursi, yang diwakili oleh saya, mas Hadi dan Aji. Tidak menyia-nyiakan kesempatan, kami bertiga pun menimba ilmu kepada pakar yang expert dibidangnya. Dari Film narasumbernya adalah Farizal Famuji, sementara dari foto adalah Leo Tatang.

desa wisata kendal wisata semarang wisata desa sambongsari kabupaten kendal, jawa tengah wisata nglimut boja danau banaran kendal pantai jomblom kendal pantai cahaya kendal wisata temanggung
Peserta Fotografi bersama Leo Tatang

desa wisata kendal wisata semarang wisata desa sambongsari kabupaten kendal, jawa tengah wisata nglimut boja danau banaran kendal pantai jomblom kendal pantai cahaya kendal wisata temanggung
Peserta kategori Film


Semoga Disporapar Kendal sering-sering mengadakan kegiatan seperti ini. Tidak hanya untuk penggiat fotografi dan video saja, tetapi juga untuk penggiat media sosial yang aktif. Karena eranya sudah serba digital, kemampuan berpikir kreatif dan inovatif harus dikedepankan untuk menghadapi perubahan-perubahan dimasa yang akan datang.

desa wisata kendal wisata semarang wisata desa sambongsari kabupaten kendal, jawa tengah wisata nglimut boja danau banaran kendal pantai jomblom kendal pantai cahaya kendal wisata temanggung
Model untuk peserta kategori Fotografi


Harapannya nih, semoga Komunitas Blogger Kendal sering dilibatkan oleh Disporapar Kendal untuk bersinergi membangun Kendal agar semakin handal. Nah buat kalian yang kepo dengan hasil karya film yang dihasilkan dari pelatihan kemarin, bisa langsung kepoin chanel youtubenya : Vivinira Savira. Follow juga akun instagram Dinas Pariwisata di @pariwisatakendal. Mari terus berkarya dan menjadi pribadi pembelajar. Karena mungkin inilah salah satu cara terbaik mencintai negeri ini. Salam!





13 comments :

  1. Ah kangen Curug Sewu deh..ya meskipun waktu terakhir ke sana ngos2an saat naik dari curugnya..haha.. Alhamdulillah ya Nyi berkesempatan ikut acara keren begini..

    ReplyDelete
  2. programnya bagus banget nih, bisa menambah pengetahuan dan pengalaman yang berharga juga ya

    ReplyDelete
  3. Keren nih ada pelatihan seperti ini. Jadinya sumber daya manusia makin bagus ya untuk mendukung peningkatan daya jual wisata daerah.

    ReplyDelete
  4. Ok juga nih programnya disbudpar kendal..biar curugsewu makin mengudara soalnya banyak yang bisa dieksplor..btw aq ya wong sukorejo lho hehe

    ReplyDelete
  5. Selamat ya, sudah jadi pemandu wisata buatan dan jadi bisa semakin kompak mempromosikan destinasi-destinasi wisata seru di Kendal.

    ReplyDelete
  6. Programnya oke banget nih harus ditiru sama disbudpar lainnya. Eh aku jd kangen sama curugsewu. Kesana tuh pas baru pindah semarang, nadia maaih kelas 1

    ReplyDelete
  7. Wih ... Keren ya? Programnya bagus banget, perlu ditiru daerah lain supaya pariwisata daerah makin berkembang

    ReplyDelete
  8. Harus sering-sering bikin pelatihan kayak gini di daerah lain juga ya. Semoga diikuti dengan output SDM yang unggul :)

    ReplyDelete
  9. Aku pernah ke Curugsewu pas KKN di Kendal, 10 tahun yang lalu aja udah bagus banget apalagi sekarang kalau makin dikelola ya, peran pemerintah dan netizen memang perlu untuk promosi wisata

    ReplyDelete
  10. Aku pernah ke sini, air terjunnya apik ya dan gede debitnya pas musim hujan jadi cakep, blogger dan penggiat medsos memang kudu dilibatkan buat promosi pariwisata daerah..

    ReplyDelete
  11. Keren y disporapar kendal bkin acara bgni, andai d smrg jg ada, eh ada gk ya? Blum pernh dpt infonya

    ReplyDelete
  12. Keren di Kendal sudah ada pelatihan khusus pemandu wisata dari pemerintah, semoga Semarang segera menyusul diadakan pelatihan yang sama yaa, biar kualitas pemandu wisata lokal di Semarang makin bagus

    ReplyDelete
  13. Wow keren! Semoga makin mendukung patiwisata Kendal ya.
    Btw aku belum pernah ke Curug Sewu,padhal dulu kalau pulang Wonosobo kadang lewat jalur sana, motoran

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat