MENU

Wednesday, 12 June 2019

Festival Balon Pekalongan | Java Balloon Festival Pekalongan 2019



Festival Balon Pekalongan | Java Balloon Festival Pekalongan 2019 - Allhamdulillah pagi ini berkesempatan melihat secara langsung festival balon Pekalongan, kali kedua. Padahal di flyer acara di mulai pukul 05.00-09.00 WIB, tapi karena harus menyelesaikan pekerjaan rumah lebih dulu akhirnya jam 07.00 WIB baru sampai di lokasi Stadion Hoegeng, kota Pekalongan, Jawa Tengah.






Bertepatan dengan syawalan day, 12 Juni 2019, festival balon Pekalongan berlangsung sangat meriah. Apalagi pasca lebaran dan masih banyak yang belum beraktivitas seperti sedia kala. Stadioon Hoegeng dibanjiri penonton, baik muda dan tua campur aduk. Bapak Gubernur Ganjar Pranowo juga hadir lho, kalau tahun lalu beliau nggak hadir berbeda dengan festival balon hari ini. Beliau mengenakan atasan batik, dengan rambut beruban seperti biasa tetapi beliau nampak sangat gagah dan bersinar.



Peserta festival balon Pekalongan




Peserta yang mengikuti acara festival balon tahun 2019 ini, berjumlah 105 kelompok. Disinyalir dari antaranews.com bahwa ketua komunitas sedulur balon di Pekalongan, Priyadi Solihin mengungkapkan jika semakin meningkat pesertanya. Jika tahun sebelumnya hanya 38 peserta, waow! Meningkat tajam, keren. 




Festival balon Pekalongan, sudah menjadi tradisi sepekan setelah lebaran, guna memeriahkan tradisi Syawalan. Bahkan Humas Airnav Indonesia, Yohannes Sirait bilang, "Tidak apa-apa menggunakan balon udara, untuk memeriahkan tradisi Syawalan. Tetapi harus sesuai dengan aturan yang berlaku. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 40 Tahun 2018 tentang penggunaan balon udara pada kegiatan budaya masyarakat.

Kerennya lagi, Java Balloon Festival Pekalongan menyediakan hadiah Rp 70 juta, untuk pemenang dalam festival balon ini. Selain itu juga ada paket umroh, tiket pesawat, dorprize seperti mesin cuci, kulkas, kipas angin dan juga TV.  Pengumuman pemenang akan diumukan nanti malam, pukul 18.30-22.00 WIB dengan bintang tamu Didi Kempot dan Resa Lawang Sewu.





Mandi balon di Stadion Hoegeng Pekalongan




Ketika mau masuk ke arena stadion, luar biasa rame banget. Pengunjung yang akan melihat berjubel, mau masuknya aja harus ekstra sabar untuk antri. Kalau nggak ya sikut kanan dan kiri. Di pintu masuk sudah disambut pemandangan yang indah, balon udara sudah melayang-layang di angkasa. Indah!

Semakin mendekat, semakin banyak balon yang berjejer cantik. Motifnya pun beragam, ada yang motif batik, motif wayang, motif segitiga, segilima, gambar tayo dan lain sebagainya membuat diri ini takjub. Luar biasa! Tampak dekat maupun jauh, balon udara selalu bisa membuat jatuh cinta.




Meski sudah berusaha ditambatkan, tetapi beberapa ada yang lolos terbang. Semoga saja tidak berdampak bahaya. Selain festival balon udara, ada juga festival kuliner dan panggung hiburan yang penuh dengan hadiah. Rencana saya akan ikut lomba fotonya, walaupun menggunakan henpon semoga ada rejekiku yang nyantol di sana hehehe ... aamiin. Kalau kalian penasaran, aku sertakan video singkatku pas tadi berkungjung di Java Balloon Festival Pekalongan ya teman-teman. Semoga menghibur, dan siapa tahu tahun depan kalian ingin berkunjung ke sini. Kabar-kabari ya kalau mau main ke Pekalongan, biar kita bisa meet up sekalian silaturahmi. Salam!



14 comments :

  1. Bagus bangeeet mupeng liatnya. Mana yg update live ig banyak bgt pula. Pasti seru ya bisa liat langsung balon udara. Aku blm pernah nih 🙈

    ReplyDelete
  2. Ahhhh....mbak Nyi, aku bener-bener "iri" lihat photo-photo Njenengan. Bagus banget, nuansanya seperti di luar negeri.

    ReplyDelete
  3. Wish you luck untuk lomba foto ya Nyi, semoga rejekimu.
    Balonnya keren-keren yaaa... sayang sekali euy aku kok nggak jadi ke Pekalongan. Padahal udah pengin banget ikutan melihat festival ini.

    ReplyDelete
  4. wow baguuus pasti jadi pengalaman yang berkesan banget ya, balonnya lucu-lucu pula, ajdi sekaligus bisa buat foto ig ya hehehe

    ReplyDelete
  5. Ish ... mupeng banget deh liat foto2mu say. Seru banget ya kayanya, balonnya juga unyu2 gtu, kere.

    ReplyDelete
  6. Pemenang dalam festival balon maksudnya peserta ya? atau pengunjung mb? :)
    Beberapa teman mengunggah rilis event ini juga di IG.

    ReplyDelete
  7. Serunya ada beginian di Pekalongan....mupeng pengen liat jugak pas liat foto-foto yang diunggah serasa lagi ada di Turki ya hihihi...

    ReplyDelete
  8. Hihi..kemarin slisipan kita Nyi..kamu masuk, aku keluar..hehe.. Mudah2an tahun depan lebih bagus lagi penyelenggaraannya y terutama pengaturan penontonnya.. ngeriii...berjubel gitu..

    ReplyDelete
  9. Cakep yaa kayak dimana tuh, Spanyol apa ya..kukira diterbangkan lho Nyi, ternyata ditambatkan saja ya tapi cantik pisan..

    ReplyDelete
  10. Balonnya ditambatkan aja ya Nyi? Sekarang ada kebijakan nggak boleh menerbangkan balon udara ya, takut ganggu penerbangan pesawat komersil.

    Semoga menang lomba fotonya, Nyi

    ReplyDelete
  11. Apik eeeee.
    Aku sudah teracuni lewat update-an sosmedmu, Mbak. Mupeng banget. Sebelum ini aku pernah baca di blog Mbak Tanti kayaknya. Terus aku mikir, kapan bisa ke sana, lihat langsung ya, eh, ini malah sudah kelewat acaranya. Semoga tahun depan bisa syawalan di Pekalongan terus bisa lihat balon udara yang cantik-cantik ini.

    ReplyDelete
  12. Meriah banget euy,,
    Nyi, itu balonnya ada yg naikin nggak sih? Apa cuma balom gedhe diterbangin aja? Ntar mendaratnya balik ke lokasi awal?

    ReplyDelete
  13. Keren bgt mba, syg ya engga pas weekend. Klo weekend kan mau maen ksana.

    ReplyDelete
  14. Tadinya berharap banget pengen datang liat festival balon ini tapi ternyata waktunya nggak bisa. Semoga tahun depan bisa datang, ah.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat