MENU

Wednesday, 29 May 2019

Ngeblog Itu Praktik menulis Bukan Mengumpulkan Teori



Ngeblog Itu Praktik menulis Bukan Mengumpulkan Teori - Waktu terjun di dunia menulis fiksi, saya tidak pernah menilik atau mengurus blog yang saya buat. Tetapi setelah sekali terjun dan mendapatkan job barulah jadi ketagihan. Apalagi banyak kisah sukses dari mereka yang berpenghasilan jutaan dari ngeblog. Dan barulah saya tahu ngeblog itu ada dua cara, yang satu blog adsen yang satunya blog manual menulis konten original seperti milik saya ini.

Ngeblog Itu Praktik menulis Bukan Mengumpulkan Teori



Siapa sih yang nggak pengen menuai hasil jutaan dari ngeblog? Siapapun bloggernya pasti kepengen lah ya hehehe ... cuma dengan hobi nulis bisa berpenghasilan jutaan bahkan bisa milyaran. Akhirnya iseng-iseng nanya-nanya ke mereka yang main blog adsen. Ternyata banyak sekali ilmu yang harus dipelajari, dan saya tidak bisa mengikuti dengan baik. Keteteran karena ilmunya banyak, dan takut terjebak juga. Akhirnya saya kembali ke ranah yang saya kuasai, menulis dengan santai, riang tapi menghasilkan. Nah, buat kalian harus waspada juga:

1. Belajar banyak teori bikin bingung sendiri

Hayooo siapa yang kejadiannya sama kayak saya, hahaha ... banyak baca, banyak teori akhirnya pusing sendiri. Banyak yang dibaca nggak dipraktikkan juga, akhirnya geliyengan dan kembali ke realita. Sebaiknya mulai sekarang, ilmu yang didapatkan dalam dunia ngbelog, diterapkan dan dipraktikkan juga. Karena kebanyakan teori memang kadang bikin bingung, enakan baca praktkkan dan nikmati prosesnya

2. Baca, praktek dan lihat hasil


Banyak bacaan, dari buku, artikel, ebook yang dibaca dalam dunia ngeblog tidak salah. Tapi yang benar adalah membacanya kemudian mempraktikannya juga. Satu teori terus praktik, dibanding teori yang menumpuk entah kapan praktiknya. Kalau udah praktik kan entar tahu hasilnya, apakah memang di kitanya cocok atau gagal.



Ngeblog Itu Praktik menulis Bukan Mengumpulkan Teori



3. Kapan ngeblognya?

Membaca dan mengumpulkan teori dari berbagai sumber, tanpa pernah  mempraktikannya sama saja bohong. Waktu anda sibuk untuk mengumpulkan dan mengumpulkan, tapi tidak pernah mempraktikannya. Karena sebenarnya ilmu ngeblog itu banyak sekali, bisa menguras energi yang harusnya bisa anda praktikkan dengan langsung. Pelajari dahulu dari satu guru, lantas terapkan di blog sendiri apakah hasil dan pengaruhnya. Baru ke tahap lanjutannya.

4. Blognya jadi melompong

Membangun blog, tidak bisa sehari semalam. Butuh waktu, energi dan perasaan yang tercurah untuk bisa mengembangkannya. Jika mempelajari tanpa mempraktikkan, bisa jadi blog yang dibangun menjadi sia-sia. Hayuk ah pelan-pelan ngeblog dulu, nanti dijalan kalau menemukan kendala sambil bertanya, sambil mencari informasi di search enging. Belajar otodidak tidak ada salahnya kok, seperti dulu ketika saya menulis novel juga semuanya berawal dari googling. Semangat ngeblog kawan!



Sumber gambar:

Pexels.com



No comments :

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat