Friday, 22 February 2019

Enaknya Nasi Grombyang Pak Waridin Khas Pemalang


Enaknya Nasi Grombyang Pak Waridin Khas Pemalang - Ada yang sudah pernah dengan nama makanan 'nasi grombyang'? Kalau belum berarti wajib coba, apalagi yang demen kulineran. Nasi grombyang adalah makanan khas kota Pemalang, Jawa Tengah.



nasi grombyang nasi grombyang pemalang nasi grombyang pak waridin nasi grombyang tegal nasi grombyang h warso nasi grombyang khas pemalang nasi grombyang di jakarta nasi grombyang haji warso nasi grombyang purwokerto nasi grombyang pak waridin pemalang nasi grombyang di semarang nasi grombyang pekalongan nasi grombyang pak warso nasi grombyang pemalang di jakarta nasi grombyang resep nasi grombyang jakarta nasi grombyang semarang nasi grombyang pak toli nasi grombyang waridin nasi grombyang di pemalang nasi grombyang di pekalongan nasi grombyang adalah nasi grombyang alun alun pemalang asal nasi grombyang


Arti dari nama 'grombyang' adalah bergoyang, kenapa bisa goyang dan nasi berhubungan? Hahaha ... tersebab kuah dari nasi grombyang ini hampir menutup penuh, nasinya. Jadi jika diangkat atau digeser akan menumbulkan gerakang kuah yang bergoyang, hehehe ... lucu juga ya nama makanannya diambil dari hal tersebut.

Setahun tinggal di Pemalang, tepatnya di daerah Comal justru membuat saya belum pernah mencoba makanan ini. Kemarin pas ada waktu senggang, dan sengaja cari kuliner enak nemu nasi grombyang khas Pemalang ini. Atas rekomendasi sahabat juga sih, Mas Hengky yang asli Pemalang.

Nasi grombyang Pemalang yang saya singgahi ini, adalah nasi grombyang pak Waridin. Kalau Pekalongan punya megono, Pemalang punya grombyang. Sembari menunggu pesanan datang, saya penasaran banget seperti apa bentuknya.

Nasi grombyang khas Pemalang


Eh pas tiba, ... ternyata nasi grombyang ditaruh di mangkok kecil seperti kita makan soto itu lho! Nasi berkuah yang sudah dicampur dengan rempah, dan ada dagingnya. Kurang lebihnya kuahnya berwarna gelap, tahu rawon? Nah, mirip.


nasi grombyang nasi grombyang pemalang nasi grombyang pak waridin nasi grombyang tegal nasi grombyang h warso nasi grombyang khas pemalang nasi grombyang di jakarta nasi grombyang haji warso nasi grombyang purwokerto nasi grombyang pak waridin pemalang nasi grombyang di semarang nasi grombyang pekalongan nasi grombyang pak warso nasi grombyang pemalang di jakarta nasi grombyang resep nasi grombyang jakarta nasi grombyang semarang nasi grombyang pak toli nasi grombyang waridin nasi grombyang di pemalang nasi grombyang di pekalongan nasi grombyang adalah nasi grombyang alun alun pemalang asal nasi grombyang


Daging yang digunakan nasi grombyang pak waridin pemalang, yakni daging sapi. Tambah mantap, soalnya saya suka daging sapi hehehe ... Tidak begitu saja dinikmati, ternyata nasi grombyang khas pemalang ini bersanding dengan sate daging dan jeroan, untuk menambah kelezatannya. Bumbu rempah satenya sendiri itu, kayak ada kelapa parutnya gitu. Ini kali pertama saya makan nasi grombyang, dan kerasa pengen nambah lagi.

Buat kalian yang sudah biasa makan dengan porsi besar, dijamin kalian akan nambah. Tapi kalau porsi yang dimakan kalian itu kecil, kayak aku ya menurutku pas sih!

Untuk rasanya sendiri, saya harus mengakui nasi grombyang khas Pemalang ini luar biasa enak. Gurih dan lezatnya itu sungguh nikmat di lidah. Apalagi potongan daging sapinya, dibuat lauk dan kuahnya aduhai ... mantep. Bumbu satenya juga tidak mengecewakan, enak. Sampai saya menulisnya ini, saya kangen lagi makan nasi grombyang.


nasi grombyang nasi grombyang pemalang nasi grombyang pak waridin nasi grombyang tegal nasi grombyang h warso nasi grombyang khas pemalang nasi grombyang di jakarta nasi grombyang haji warso nasi grombyang purwokerto nasi grombyang pak waridin pemalang nasi grombyang di semarang nasi grombyang pekalongan nasi grombyang pak warso nasi grombyang pemalang di jakarta nasi grombyang resep nasi grombyang jakarta nasi grombyang semarang nasi grombyang pak toli nasi grombyang waridin nasi grombyang di pemalang nasi grombyang di pekalongan nasi grombyang adalah nasi grombyang alun alun pemalang asal nasi grombyang


Nasi Grombyang Pak Waridin Pemalang

Nasi grombyang pak Waridin yang saya samperin ini, tempatnya sangat luas. Bangunannya sederhana, lebar dan dengan pemandangan yang terbuka. Kalian bisa datang ke sini rombongan, ramai-ramai juga bisa karena dijamin bakalan dapat tempat duduk yang senggang.

Nasi grombyang pak Waridin ini ada dua cabang, yang satu saya singgahi dan satunya lagi tidak jauh beberapa meter dari tempat saya makan. Bedanya hanya yang model bangunan semacam resto ini,  dikelola oleh anaknya.

Harga dari satu porsi nasi grombyang khas Pemalang ini, kurang lebihnya Rp 14.000.-. Satenya sendiri pertusuknya seharga Rp 4.000,- dan saya juga memesan kerupuk, es teh dan teh jadi kurang lebih total yang harus saya bayarkan adalah Rp 45.000.-.

Buat kalian yang mau mencoba nasi grombyang khas Pemalang ini, bisa menyambangi nasi grombyang pak waridin Sirandu, Pemalang.  Saya juga sudah mengulas videonya di youtube, kalian bisa nonton langsung.





Nasi Grombyang Pak Waridin Pemalang

Jl. Gatot Subroto, No. 31 Kebondalem
Bojongbata, Pemalang Jawa Tengah 52319
Buka dari pukul : 09.00-21.00


nasi grombyang nasi grombyang pemalang nasi grombyang pak waridin nasi grombyang tegal nasi grombyang h warso nasi grombyang khas pemalang nasi grombyang di jakarta nasi grombyang haji warso nasi grombyang purwokerto nasi grombyang pak waridin pemalang nasi grombyang di semarang nasi grombyang pekalongan nasi grombyang pak warso nasi grombyang pemalang di jakarta nasi grombyang resep nasi grombyang jakarta nasi grombyang semarang nasi grombyang pak toli nasi grombyang waridin nasi grombyang di pemalang nasi grombyang di pekalongan nasi grombyang adalah nasi grombyang alun alun pemalang asal nasi grombyang


28 comments:

  1. haini, nampaknya lezat. apalagi dengan tusukan daging sapi

    ReplyDelete
  2. Lucu banget sih namanya hahaha. Aku udah kebayang sih rasanya, dan jadi pengen. Selalu suka sama makanan yang berkuah-kuah gurih gitu soalnya

    Btw terjangkau banget itu harganya.

    ReplyDelete
  3. Mirip rawon ya mbak warnanya emang, kayaknya cocok dicoba saat makan siang itu, bikin sumringah. Atau saat dingin bikin badan jadi hangat ��

    ReplyDelete
  4. Tiap kali ke Pemalang pengennya nyobain kuliner ini tapi gatau mana yang jual yang paling enak. hehe thanks infonya mbak Nyi

    ReplyDelete
  5. Beberapa kali lewat Pemalang, selalu lihat Nasi Gombyang kalau mau nyicip Soto Bening. Saya sama suami selalu penasaran, tapi malas berhenti. Saya dan suami berasumsi, nasi gombyang itu nasi goreng loh, eh ternyata nasi berkuah. Boleh nih jadi bahan referensi kalau pas lewat Pemalang lagi. Tks ya, Mbak

    ReplyDelete
  6. wah jadi penasaran Nyi seperti apa rasanya..kaya rawon kah?

    ReplyDelete
  7. Baru tau tentang makanan ini, semoga libur lebaran bisa mampir Pemalang buat icip nasi Gromhyanh inih :D

    ReplyDelete
  8. aku pernah cobaaaaa pas ke solo bbrp thn lalu. berhenti di pemalang wkt itu. awalnya agak aneh sih ama rasanya krn mnrtku terlalu manis. tp pas ditambah sambal, uenaaaaak jadinya ;) . pas manis gurih pedas . udh bilang ama suami, kalo mudik lg, hrs mampir dulu ke pemalang nyobain nasi grombyang ini ;)

    ReplyDelete
  9. Dr namanya sy ngebayangin klo emang banyakan kuahnya dr nasinya
    Eh ternyata bener yaaa
    Btw sate jeroannya gendut2 bgt mba

    ReplyDelete
  10. Ohh grombyang itu artinya bergoyang toh. Mungking kaya ungkapan kalo sesuatu mu jatoh 'gombryaaang' hehehe. Kalo ke pemalang wajib mampir nih harganya juga murah yah mbak

    ReplyDelete
  11. Sekilas nasi Grombyang emang mirip nasi rawon ya Mbak. Warna dan bahan daging sapinya juga sama.

    Mungkin ini varian dari Rawon Mbak hehehe...

    ReplyDelete
  12. Unik banget nih, belum pernah nyoba. Kayak soto, kayak rawon juga.. Di Semarang ada gk ya? Coba kalau mampir lagi pak waridin suruh buka cabang di Semarang, wkwk...

    ReplyDelete
  13. Penasaran euy, dari kuahnya kayaknya enak. Anget-anget, seger tapi bumbunya juga terasa. Kalau mudik bawa kendaraan sendiri bisa nih, mampir Comal dulu buat berburu yang ini

    ReplyDelete
  14. Ya ampun, bacanya aja udah bikin ngiler nih mak, ditambah nonton videonya pula, aduh penasaran pingin coba

    ReplyDelete
  15. sekilas mirip semur yak. wuih kesukaan saya nih yg ada warna coklat dari kecap dan rempah2 gini

    ReplyDelete
  16. Rasanya lebih mirip ke apa Nyi, rawon atau semur kah? Menarik nih, kapan-kapan kalau ke Pemalang kudu hunting masakan yang satu ini.

    ReplyDelete
  17. Comal...jadi inget dulu jembatannya pernah ambruk pas arus mudik lebaran..jadi tertahan di situ berjam-jam hiks.
    Aku baru denger tentang nasi Grombyang ini. Bisa disinggahi nih kalau pas mudik Kediri nanti

    ReplyDelete
  18. Keliatannya rnak kak, jadi ngiler hihi hanya saja saya gak terlalu suka makan daging sapi hehe, kecuali klu emang enak, ntr luder juga haha

    ReplyDelete
  19. Enak nih mba, makan kuah yang anget2 saat hujan gini mantaplah. Namanya unik nasi gramyang.

    ReplyDelete
  20. Nasi Grombyang ini mirip nasi soto dan rawon ya. Atau bisa dibilang gabungan keduanya?
    Mbak, sate jeroan dan dagingnya menggoda sekali, deh!

    ReplyDelete
  21. Nama nasinya unik banget ini, grombyang... Jadi penasaran seperti apa rasanya, mudah-mudahan nanti bisa main ke Pemalang ya.

    ReplyDelete
  22. Ada aja ya orang kasih nama menu. Hahaha...

    Saya ngebayanginnya kayak soto deh.

    ReplyDelete
  23. Duuuh, bikin ngiler liat nasi grombyang ini. Rasanya lebih mirip rawon atau tauto Nyi? Di Semarang ada ga ya?

    ReplyDelete
  24. Enaknya menikah dengan seseorang yang se-hobi itu gini yaa, Nyi.
    Salut akutuuu...
    belom lagi, karena ngliat kamu minum esnya...hihi...nikmat tennaan...

    Siang-panas-minum es.
    Makan Nasi Grombyang ((koyo suaraku yoo, Nyi? **grombyang))

    ReplyDelete
  25. Wah belum pernah nyobain nasi ini nih. Dagingnya banyak ya.. kalo Nyi bilang enak, kayaknya emang enak bener.

    ReplyDelete
  26. namanya lucu ya mba penampakannya emang kek nasi rawon jadi penasaran pengen coba di Cimahi ga ada nih yang begini mba

    ReplyDelete
  27. waduhhh aku jadi laper lagi nih.. cocok dengan hawa sekarang ini.. hehe

    ReplyDelete
  28. Unik namanya Grombyang. Kok sekilas ngingetin aku sama nasi becek di Nganjuk ya.
    Nyaaamm aku suka jeroan, kyknya kuliner ini cocok buatku hehe :D
    TFS

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat