Tuesday, 15 January 2019

5 Hal Penting yang Wajib Dibicarakan Pasangan Sebelum Memutuskan untuk Menikah


5 Hal Penting yang Wajib Dibicarakan Psangan Sebelum Memutuskan untuk Menikah – Menikah adalah ending yang diharapkan dari sepasang kekasih, yang saling mencintai dan membutuhkan satu sama lain. Tetapi kadang pasangan yang dimabuk cinta, lupa apa yang harus dipikirkan sebelum mereka menikah. Dan yang jadi salah kaprah adalah menikah bukanlah ending dari sebuah hubungan asmara. Tetapi, inilah permulaan dari jalan hidup berumah tangga yang sebenarnya. Makanya tidak heran, banyak pasangan yang setelah menikah justru kaget dan kecewa dengan fakta tentang pasangan yang baru ia ketahui setelah tinggal di bawah satu atap.


menikah menikahimu menikah muda menikah adalah menikah beda agama menikah quotes menikah dalam islam menikah dengan bule menikah dengan duda menikah di bulan safar menikah dengan setan menikah dengan sepupu menikah itu menikah bahasa inggris menikah di hongkong menikah menyempurnakan agama menikah tanpa cinta menikah di kua menikah tanpa pacaran menikah tanpa resepsi menikahlah menikah adalah ibadah menikah adat jawa menikah adalah menyempurnakan menikah adalah nasib menikah atau s2 menikah antara keinginan dan tujuan menikah adalah sunnah menikah adat batak menikah atau tidak menikah adat minang menikah atau kuliah menikah adalah menyempurnakan agama menikah atas dasar kasihan menikah adalah sunnahku menikah adalah ibadah terlama menikah atau karir menikah adalah sunnah rasul menikah adat sunda menikah adat padang
pic by canva edited by nyipenengah.com


Mulai dari kebiasaan, kesukaan, hingga rahasia pribadi semuanya akan terpampang jelas setelah menikah. Bersyukurlah jika selama pacaran, pasangan ini terbuka satu sama lain. Bagaimana jika tidak? Di sinilah muncul kekagetan demi kekagetan di waktu awal-awal menikah. Masih mending jika hal yang dikagetkan itu hanya berkisar tentang sikap dan kebiasaan saja, bagaimana jika hal itu menyangkut rahasia pribadi menyangkut masalah keuangan? Tentu saja hal ini akan berdampak terhadap keutuhan rumah tangga.

Agar tidak terkejut dengan fakta-fakta setelah menikah, ada beberapa hal yang sebaiknya para pasangan bicarakan sebelum akhirnya memutuskan untuk menikah, karena tentu saja tidak lucu, kan, kalau seminggu setelah menikah kemudian bercerai. Semoga tidak ya?


pic by pexels


5 Hal Penting yang Wajib Dibicarakan Pasangan Sebelum Memutuskan untuk Menikah


1.     Kondisi kesehatan

Kondisi kesehatan adalah salah satu hal yang tidak akan mungkin bisa ditutupi dari pasangan setelah menikah. Oleh karenanya jujurlah dengan kondisi kesehatan Anda terhadap pasangan jika memang hubungan yang Anda miliki dengan pasangan telah serius. Jika merasa sungkan untuk menanyakan langsung, Anda bisa mengajaknya untuk melakukan pengecekan kesehatan atau pre-marital check-up bersama-sama. Dari hasil pemeriksaan kesehatan ini, Anda berdua bisa membuat keputusan yang bijak terkait dengan rencana masa depan.

2.     Kondisi keuangan

Banyak pasangan yang merasa sungkan untuk menanyakan kondisi keuangan calon pasangan abadinya dengan alasan takut menyinggung perasaan. Tidak bisa dipungkiri masalah pendapatan ini memang adalah hal yang sensitif. Tetapi mengingat Anda berdua berasal dari latar belakang kehidupan yang berbeda, adalah hal yang wajar jika Anda sedikit menggali tentang kondisi keuangannya.

Jangan sampai nanti setelah menikah Anda terkaget-kaget karena mengetahui bahwa pasangan Anda terlilit hutang yang jumlahnya tidak sedikit.  Atau dari sekian banyak jumlah penghasilannya, sekian persennya harus ia gunakan untuk menanggulangi masalah keuangan keluarganya. Atau yang lebih sederhananya, apakah si laki-laki tahu bahwa calon pasangannya menghabiskan jutaan rupiah tiap bulannya untuk biaya perawatan kecantikan dan penampilannya?

Siapa yang tahu kebenaran-kebenaran ini jika Anda tidak saling bertanya satu sama lain?
Di sinilah perlunya kesepakatan bersama. Bicarakanlah dengan sejelas-jelasnya sebelum menikah, bagaimana dengan kebiasaan hidup setelah menikah, termasuk rencana finansial masa depan.


menikah menikahimu menikah muda menikah adalah menikah beda agama menikah quotes menikah dalam islam menikah dengan bule menikah dengan duda menikah di bulan safar menikah dengan setan menikah dengan sepupu menikah itu menikah bahasa inggris menikah di hongkong menikah menyempurnakan agama menikah tanpa cinta menikah di kua menikah tanpa pacaran menikah tanpa resepsi menikahlah menikah adalah ibadah menikah adat jawa menikah adalah menyempurnakan menikah adalah nasib menikah atau s2 menikah antara keinginan dan tujuan menikah adalah sunnah menikah adat batak menikah atau tidak menikah adat minang menikah atau kuliah menikah adalah menyempurnakan agama menikah atas dasar kasihan menikah adalah sunnahku menikah adalah ibadah terlama menikah atau karir menikah adalah sunnah rasul menikah adat sunda menikah adat padang
dokpri


3.     Bagaimana konsep pernikahan

Konsep pernikahan ini wajib dibicarakan bersama karena akan berujung pada biaya pernikahan. Cocokkan konsep pernikahan impian Anda dengan biaya yang dianggarkan. Jangan terburu nafsu untuk mengikuti konsep pernikahan yang sedang tren, tapi justru mengakibatkan Anda kesulitan dalam memenuhi biayanya. Jangan sampai setelah menikah Anda kehabisan uang sehingga harus berhutang untuk menutupi biaya hidup sehari-hari.

4.     Bagaimana hitungan biaya pernikahan

Betapapun sederhananya perayaan pernikahan Anda, tetap saja ada biaya yang harus dikeluarkan. Nah, bicarakanlah bagaimana hitungan biaya pernikahan Anda berdua. Berapakah tabungan pernikahan yang Anda berdua miliki. Terbukalah dengan pasangan kondisi keuanga Anda yang sebenarnya. Jangan karena takut mengecewakan pasangan, Anda memaksakan diri dengan berkata bohong. Namun, diam-diam di belakangnya Anda mengajukan pinjaman uang cepat untuk menutupi biaya pernikahan. Jika kondisinya memang Anda tidak memiliki tabungan pernikahan, maka katakanlah yang sebenarnya. Jika memang saling cinta, pernikahan Anda akan tetap berkesan meski tanpa pesta mewah sekalipun.

5.     Pastikan tanggal dan tempat pernikahan

Satu paket dengan konsep dan hitungan biaya pernikahan, memastikan tanggal dan tempat pernikahan adalah hal berikutnya yang tidak boleh terlewatkan. Apakah pesta pernikahan akan dilakukan di gedung atau rumah? Jika Anda berasal dari kota yang berbeda, apakah pesta pernikahan di adakan di satu kota atau di kedua kota pada waktu yang berbeda. Semua ini perlu dibicarakan karena akan terkait dengan biaya, dan situasi keluarga masing-masing. Jangan sampai pernikahan yang Anda impikan hanya dihadiri segelintir kerabat karena pemilihan tempat pesta pernikahan yang tidak terjangkau semua anggota keluarga, atau karena pemilihan tanggal yang salah.


menikah menikahimu menikah muda menikah adalah menikah beda agama menikah quotes menikah dalam islam menikah dengan bule menikah dengan duda menikah di bulan safar menikah dengan setan menikah dengan sepupu menikah itu menikah bahasa inggris menikah di hongkong menikah menyempurnakan agama menikah tanpa cinta menikah di kua menikah tanpa pacaran menikah tanpa resepsi menikahlah menikah adalah ibadah menikah adat jawa menikah adalah menyempurnakan menikah adalah nasib menikah atau s2 menikah antara keinginan dan tujuan menikah adalah sunnah menikah adat batak menikah atau tidak menikah adat minang menikah atau kuliah menikah adalah menyempurnakan agama menikah atas dasar kasihan menikah adalah sunnahku menikah adalah ibadah terlama menikah atau karir menikah adalah sunnah rasul menikah adat sunda menikah adat padang
Dokpri



Pernikahan yang langgeng sampai akhir hayat sudah pasti adalah impian semua orang. Namun, jangan sampai salah langkah. Diperlukan perencanaan dan pembicaraan yang matang antara kedua belah pihak untuk mewujudkannya, karena menikah itu saling bukan sendirian. Semoga bermanfaat, salam.


15 comments:

  1. Setuju Nyi, semuanya harus didiskusikan dengan calon suami
    karena yg menikah kan berdua :)

    ReplyDelete
  2. Nyi, mantap. Tidur seatap dengan orang lain yg disatukan dlm sebuah pernikahan. Selama apapun kita menjalin hubungan, ketika diikat dlm pernikahan cepat atau lambat akan muncul keadlianading2 yg mungkin selama ini tersembunyi atau disembunyikan. Nah disinilah peran SALING mulai beraktivitas dlm hal madih ada perbedaan yg muncul stlh pernikahan.

    ReplyDelete
  3. Diskusi tentang konsep mendidik anak juga penting Nyi. Kan anak bakalan menjadi salah satu penghuni keluarga di masa depan.

    ReplyDelete
  4. Duuuh udah masanya nabung nih, siapa tahu tiba2 ada yang nglamar anakku. Penginnya sederhana. Mendingan buat bekal mereka aja. Pasangan muda butuh banyak modal.

    ReplyDelete
  5. setujuu mba, keima haltersebut sangat penting dan urgent dibicarakan sebelum nikah, apalagi soal kesehatan yah gak boleh ditutup-tutupi

    ReplyDelete
  6. Sewaktu mau nikah yang paling utama didiskusikan masalah keuangan sih :)

    ReplyDelete
  7. Dulu saya ga mendiskusikan semua ini, hehe. Bismillah aja nikah niat ibadah dan insya allah membawa keberkahan, namun memang seharusnya sebelum menikah banyak persiapaan, terutama keuangan yah. Hehe.

    ReplyDelete
  8. nah aku ribet di bagian tanggal pernikahan tuh meskipun memang itu hak keluarga besar yang memutuskan tapi saya sering komunikasinya sama si calon dulu itu tentang ini.

    tentang uang rumahtangga juga nanti apa saya dapat bulanan atau saya pegang semua uang masuk ehehhehe

    ReplyDelete
  9. hal yang mulai sering aku obrolin sama anak-anak hihihi. bukan karena pengin atau mendorong mereka nikah mudah/cepat menikah, masih jauhlah, tapi supaya mereka tau kalo menyiapkan pernikahan itu gak seindah bayangannya 😅

    ReplyDelete
  10. Yupz.. betul, Mbak.. dulu saya pas mau menikah juga ngobrol ngalor-ngidul membahas pernikahan sama calon suami. Belum lagi nentuin hari dan tanggal pernikahan,owow banget waktu itu.. ihihihi

    ReplyDelete
  11. injaman pernikahannya itu pakai bunga nggak sih Nyi? Kalau nggak waaah membantu banget. Banyak pahala nih yang buat.

    ReplyDelete
  12. Keuangan penting dan harus direncanakan serta dibicarakan sedari awal. Menentukan banget ini buat ke depan.

    ReplyDelete
  13. Bener banget Nyi, sebisa mungkin sebelum menikah pasangan harus saling jujur atas kondusif masing-masing ya, baik searah kesehatan maupun kondisi keuangan. Kalo ada yg blm cocok, masih bisa dibicarakan. Ya nggak

    ReplyDelete
  14. Yeah bener, menyiapkan pernikahan berarti menyiapkan rumah tangga forever together. Nikah jangan modal cinta ailafyuuu thok hehehehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat