Jember Sueger Camp 2018 | Part One

Jember Sueger Camp 2018 | Part One - Apakabar Jember hari ini ya? Dan kemudian saya kembali merindu kala itu, sesering apapun rindu datang, tetap saja tidak pernah lunas dan tuntas. Ingin kembali dan kembali lagi. Selama 4 hari 3 malam berada di Jember, saya merasakan jatuh cinta yang dalam. Ya suasananya, tempatnya, pun orang-orang yang saya temui di sana. Semuanya memberikan cerita dan bahagia yang berbeda.

kota jember kota jember 2018 kota jember sekarang kota jember ke malang kota jember tempo dulu kota jember terkenal sebagai penghasil tanaman kota jember di malam hari kota jember 2017 kota jember malam hari kota jember penghasil tanaman kota jember jaman dulu kota jember itu dimana kota jember dari atas kota jember youtube kota jember ambulu kota jember dalam angka kota jember saat ini kota jember tanggul kota jember indonesia tempat wisata kota jember adalah jember kota apa jember kota atau kabupaten jember kota layak anak peta kota ambulu jember gambar kota ambulu jember koordinat posisi kota jember adalah kabupaten jember sebagai kota administratif alun2 kota jember angkutan kota jember arti kota jember apbd kota jember asal kota jember alamat kota jember foto kota jember dari atas arah kota jember lambang kota jember dan artinya

Blogger Jember Sueger dan Jember Sueger Camp 2018

Saya mengenal BJS (Blogger Jember Sueger) dari Instagram. Mereka sedang mengadakan gawe, lomba blog berturut-turut dua kali dan saya sukses melewatkannya pula. Kemudian mereka menyebar flyer di  instagram kembali, mengadakan undangan dengan tajuk 'Mencari 15 Blogger Terpilih se-Indonesia' dengan S&K yang berlaku. Saya dan sekumpulan blogger lain mendaftar bersama, siapa tahu bisa kepilih dan berangkat barengan. Tapi sebelumnya saya minta izin dong, sama suami dibolehkan atau tidak dan suami saya juga tertarik mengikuti. Kemudian saya melupakan pendaftaran itu, sampai suatu ketika mendapat chat via WhatsApp jika saya salah satu termasuk yang terpilih. MasyaAllah, rezeki banget nih buat jalan ke sana. Konfirm sana-sini, nanya ke temen-temen ternyata mereka belum beruntung. Begitu juga dengan suami saya. "Bismillah berangkat aja Dek, nanti Mas, antar," ucap Mas Suami dan saya langsung jejingkraan seneng!  Hehehe ...

Sueger Camp 2018 sendiri adalah hajatan yang digalang oleh BJS seperti Fam Trip gitu, yang mana seleksinya dilihat dari kualitas blog beserta media sosialnya. Karena pelaksanaan tanggal 31 Agustus - 2 September 2018, saya mulai mencari tiket kereta untuk berangkat ke sana. Karena kami berangkat berdua, akhirnya nyari tiket yang hemat. Kami menyiasati berangkat di tanggal 30 Agustus 2018 dan akhirnya ketinggalan kereta. Nyaris gagal tapi karena tekad sudat sekuat baja, kami tak goyah! Tetap berusaha menjadwalkan ulang, pun bolak-balik ke Customer Service untuk membantu mencari rute aman agar kami bisa tiba sesuai jadwal. Alhamdulillah Gusti Allah masih meridoi, pada 31 Agustus sampai juga saya di Jember. Meski beberapa tiket hangus, dan kami harus menambah lagi biaya karena mengatur ulang jadwal. Bismillah, rezeki udah ada yang ngatur, nggak perlu ngeluh ataupun menyesal. Yang sudah ya sudah dibuat pengalaman saja dan ambil yang positif, begitu bukan?

Hari pertama menginjakan kaki di Jember

Stasiun Jember menjadi saksi kedatangan kami, 15 blogger terpilih se-Indonesia yang menyukai dunia traveling. Mbak Prita, Mas Nana dan anggota BJS lainnya menyambut kami di pintu keluar stasiun. Ya Allah, terharu banget. Mereka begitu ramahnya, dan saya merasakan kenyamanan yang luar biasa. Mereka mengajak kami ke warung nasi Gudeg Pecel Lumintu yang terkenal di Jember. Kombinasi yang menurut saya, 'sangar' dan sudah ada sejak dari tahun 1980-an. Yang mana olahan rasanya sangat dijaga, dengan menggunakan tungku jaman dahulu. Salut!

Acara Jember Sueger Camp 2018, masih akan dimulai nanti malam. Sembari menunggu peserta lain kumpul, dari Bandung dan Sumenep. Ngantuk dan capek perjalanan mungkin iya, tapi ketutup sama perasaan senangnya. Busyet saya sampai Jember juga ya, kalau dipikir-pikir. Entah siapa yang mencetuskan buat nonton Wiro Sableng di Cinemaxx, Lippo Plaza, saya menyetujui dan ikutan. Masa' iya sih, udah sampai Jember aku cuma bobo cantik aja di Hotel Lestari? Let's go!

Perjalanan nggak berhenti cuma nonton Wiro Sableng,  Mba Prita mengajak kami untuk mengunjungi Museum Huruf, bersama dengan peserta Jember Sueger Camp 2018 yang berminat. Nggak mau ketinggalan gitu saja, saya pun turut ikut. Dari Museum Huruf, Dul si tukang kulineran ini kelaperan. Jadilah mbak Prita mengajak kami mampir ke kedai Mie Ayam Basah dan Kering di Jl. Sunan Giri Talang sari, Jember. Saya ternganga ketika mendapati ada 3 pilihan harga dengan dua varian menu. Mie basah atau mier kering. "Ini kedai mie ayam murah di Jember," ungkap Zevy kalau tidak salah member dari JBS. Di Kendal nggak ada harga mie ayam segitu, Gengs! Duh, beruntung yang tinggal di Jember, murah-murah kulinerannya.

Malam perkenalan dan ramah tamah

Sebelum menginjak acara besok pagi, dimana kami akan berkeliling melakukan perjalanan yang menyenangkan. Di malam 31 Agustus 2018, bertempat di Hotel Lestari Jember kami saling memperkenal kan diri setelah makan malam. Selain itu juga pembagian t-shirt plus ID card dan stiker.

Menariknya adalah, penginapan yang kami tinggali ini adalah hotel tertua yang ada di Jember lho gaes! Hotel Lestari memiliki fasilitas komplit, jangan salah dengan umurnya yang tua tetapi tetap penampilan nggak kalah sama hotel yang muda-muda. Dari AC, kipas angin, TV, water heater dan yang paling kece ada WIFI dong. Jaraknya sendiri kalau dari Stasiun Jember tidak begitu jauh, butuh 3 KM saja untuk sampai di lokasi pun letak hotelnya juga strategis.  Saya sempat jajan keluar di supermarket terdekatnya, selain itu juga Hotel Lestari dekat dengan Masjid Roudhotul Muchlisin. Masjid dengan arsitektur luar biasa keren, dilengkapi dengan WIFI lho gengs. Bikin betah pastinya kan? Di hari ketiga saya sempat mampir ke sini.

Jika kamu berkunjung ke Jember, nggak perlu pusing cari penginapan. Di Hotel Lestari dengan harga 200K, kalian udah dapet pelayanan kece seperti yang saya sebutkan tadi. Hotel Lestari juga asri lho gengs, banyak ditumbuhi pepohonan dan tanaman merambat. Kalau buat foto nggak akan kalah kece, tenang aja.

Tak kenal maka tak sayang

Perkenalan malam itu sangat berkesan, karena sebelumnya kami sudah saling menyapa duluan karena banyak melakukan perjalanan bersama sebelum dimulainya acara. Pun kami sama-sama berjuang dengan berbagai hambatannya sendiri, untuk bisa sampai di sini. Ada banyak rasa yang melekat sampai saat ini, mereka sama sekali tidak memakai topeng gengsi. Mereka tidak menyombongkan diri mereka sendiri, kalau mereka adalah blogger nasional yang handal. Mereka bersedia berbagi, dan mereka bersedia memberi. Saya belajar dari mereka banyak hal, salah satunya adalah tentang ketulusan.

Siapakah ke-15 Blogger nasional yang sekarang menjadi idola saya itu? Adalah :

·       Mas Salman, Blogger asal Pemalang yang nggak pelit berbagi ilmu. Perhatian dan apa adanya. Saya sempat berguru lho, sama dia hahaha ...

·       Si Dul, blogger yang demen kuliner dan plesiran. Beberapa kali bertemu dalam satu event, membuat saya merasa nyaman berada di dekatnya. Dia orang yang simple dan sederhana.

·       Aris, blogger hits yang rempong. Dia itu stylist banget anaknya, satu tema ya satu baju. Anaknya teliti, pedenya tinggi dan lucu. Pertama kenal kami satu even buzzer Asian Games 2018 kemarin dari Kominfo.

·       Kak Didik, ramah dan suka bilang, "Masuk Pak Eko!" Cerita-cerita petualanganya selalu meluncur, dan meninggalkan kesan buat saya.

·       Kak Terry, blogger wanita yang paling berbeda. Brandingnya kuat sekali ketika saya pertama kali menjumpainya di stasiun Gubeng. Meski beliau yang paling dewasa diantara kami tapi gokilnya luar biasa. Nggak jaim dan apa adanya.

·       Mas Deddy, lihai bermain tarot. Kartu tarot menurutku serius, tapi pembawaan dia berbanding terbalik dari dunia yang dia geluti. Deketan sama dia bawaannya ketawa melulu, banyolannya itu ya Allah bikin pipi capek karena ngekek terus. Apalagi disandingkan dengan Kak Terry, gokil doublenya.

·       Mbak Tia, perhatian dan ramah. Dia itu demen ke toilet kalau kemana-mana. Jadi kalau pas kita foto bareng, dia selalu ngilang hahaha ...

·       Om Budi, bertemu di Gubeng membuat saya flash back pertama kali kenal. Lewat forum LG, saya mengenalnya. Blogger kece yang pernah ke Amerika, atas undangan Google. Beberapa kali melihat proses dia dalam membuat video, saya belajar satu hal. Kita harus percaya diri. Thanks Om Bud, saya jadi belajar pede di depan kamera untuk ngevlog.

·       Mbak Yuni, blogger Surabaya yang kalau ngomong udah bikin ngakak. Dia fotogenic banget, motretnya lihai dan mas Deddy bilang, "Kamu kalo ngomong selalu ngajak berantem", hahaha ...

·       Mba Dian, ah ini mah Blogger yang udah kenal lama dalam satu arisan blogger. Kedekatan yang udah terbangun lama, menuai puncaknya. Kalau nggak ada Jember Sueger Camp 2018, aku nggak bakalan ketemu dia. Thanks BJS.

·       Kang Ayip, saat ngeliat dia aku minder. Ya ampun serius ini aku nggak salah dipilihkan? Hahaha ... ah dia ramah banget, orangnya ngemong dan care sekali.

·       Teh Nchie, blogger yang bisanya cuma aku jumpai lewat blogwalking. Auranya adem, nggak jaim, nggak sombong dan selalu ngajakin buat foto. "Sini Nyi, aku fotoin," ucap dia dengan ramahnya. Thanks BJS, pertemanan yang awalnya di dunia maya bisa jadi kenyataan.

·       Kembaran Bunyu (Eva), adalah Evi. Seriusan saya kenalnya cuma sama Eva, kembaran Evi. Tapi ngeliat Evi, serasa ngeliat Eva. Penulis dan blogger yang keren dia ini, pengetahuannya dan rasa ingin tahunya itu membuat dia berkharisma.

·       Kang Gerry, kesan saya kepada dia adalah usil, jail tapi dibalik sifatnya dia itu perhatian sekali. Orangnya juga ramah, baik dan kalau ngomong ceplas-ceplos. Selepas acara, banyak blogger Semarang yang nanyain saya ketemu Kang Gerry nggak? Aduh Kang, kamu famous sekali.

Terima kasih BJS (Blogger Jember Sueger), Terspecial Mba Prita dan Kang Nana. Kemudian panitia-panitia acaranya, yang sudah berusaha dengan maksimal mempersembahkan hal terbaik kepada kami. Kepada Bapak Tegoeh, pemilik Hotel Lestari untuk penginapan kami. Kepada Pak Anas, guide di Lahan Tembakau yang udah rela-rela mengantar kami muterin semua lahan. Pak Imam dari BIN Cigar Factory, yang welcome banget atas kedatangan kami. Pak Sunito, dengan kerahaman dan ngobrolnya di Museum Tembakau. Kapan-kapan kita ngopi ya Pak! Hehehe ...

Pak Harno dari Papuma Beach, saya nagih sama degannya itu Pak! Kapan-kapan saya ingin main lebih lama di Papuma Pak. Bu Vina dan Pak Catur dari Taman Botani Sukorambi, saya ingin berkeliling lebih lama lagi rasanya. Sehari masih kurang, hehehe ... Terima kasih Catering Nyonya Ama, Bedhaq Coffee, cokelat edamame Fondre dan Warung Kembang, karena kalian asupan makan kami benar-benar luar biasa. Timbangan saya nambah, Alhamdulillah hahaha ...

Dan sponsor tunggal terselenggaranya acara Bapak Febrian Kahar, owner Taman  Botani Sukorambi, dan dewan komisaris Tarutama Nusantara dan BIN Cigar. “Sukses terus ya Bapak, laris manis usahanya, tebar terus virus kebaikan. Terimakasih telah memberikan banyak kesempatan kepada kami, hanya doa yang dapat kami persembahkan, karena doa adalah bahasa yang paling cepat sampai ke langit, tanpa perlu dibaca atau didengar. Semoga kesehatan selalu menaungi bapak sekeluarga, teman-teman BJS dan juga kita peserta Blogger Jember Sueger Camp 2018. Aamiin.”

Kawal rindu dengan doa, semoga dilain waktu kita dapat berjumpa.Meski tak sesering berkabar, ingatlah selalu ada yang tetap sengaja mengingat kenangan dengan sadar hanya demi sebuah kabar.Terima kasih telah memberikan kebahagiaan dan rindu.