Sholat Idul Fitri di Masjid Agung Kendal

By Nyi Penengah Dewanti - Sunday, June 25, 2017

Nyipenengah.com - Sholat Idul Fitri, ialah sholat yang dikerjakan ketika Hari Raya Idul Fitri. Dilaksanakan ketika pagi hari, dua rakaat dan Hari Raya Idul Fitri kali ini, saya sholat di masjid Agung Kendal.  Biasanya saya sholat di Masjid Sabilunajah, Cepiring. Karena kali ini, tante yang di Cikarang nggak mudik saya dan ibu ikut dengan tante Nonok.



Sholat Idul Fitri di Masjid Agung Kendal


Tadinya tante Lilly, mau ikut sekalian eh ... putranya Abi belum bangun, takutnya nanti kalau bangun nyari emaknya kok nggak ada. Akhirnya kami berlima berangkat Sholat Idul Fitri di Masjid Agung Kendal. Di sini Sholat Idul Fitrinya lumayan agak siangan, makanya tante Nonok langganan banget sholat di sini. Namanya juga mamah muda yang sudah memiliki putra, pastinya anak-anak kurang suka dibangunin terlalu pagi. Begitu cerita beliau, mengapa memilih masjid Agung Kendal sebagai alternatif. Bagaimanapun juga, yang terpenting adalah niatnya bukan?

Sholat Idul Fitri di Masjid Agung Kendal

Persiapan apa saja sih yang biasanya kita lakukan sebelum sholat Idul Fitri? yuk cocokin. 


Mensucikan diri dan mandi yang bersih


Mandi wajib biar bersih dan kramas. Jangan lupa wudhu dahulu sebelum berangkat ke masjid, karena pastinya akan banyak yang mengantri. 

Memakai pakaian bersih tidak perlu baru


Pakaian bersih, terbaik dan tidak harus baru dianjurkan, serta memakai wewangian. 

Makan dahulu sebelum sholat Idul Fitri


Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berangkat shalat ‘ied pada hari raya Idul Fitri dan beliau makan terlebih dahulu. Sedangkan pada hari Idul Adha, beliau tidak makan lebih dulu kecuali setelah pulang dari shalat ‘ied baru beliau menyantap hasil qurbannya.”

Berjalan kaki dengan arah tempuh yang berlainan



Misalnya ketika kita berangkat lewat jalur kanan, pulangnya disarankan lewat jalur kiri. Agar yang kita temui orabng berbeda dan kita bisa saling bermaaf-maafan. 

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika shalat ‘ied, beliau lewat jalan yang berbeda ketika berangkat dan pulang.


Mengucapkan lafal takbir


“Allahu akbar, Allahu akbar, laa ilaaha illallah wallahu akbar, Allahu akbar wa lillahi ilhamd"

 [Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tidak ada sesembahan yang berhak disembah dengan benar selain Allah, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala pujian hanya untuk-Nya]. 

Mengucapkan lafal takbir, ialah pertanda bahwa kita gembira menyambut datangnya hari raya Idul Fitri. 

Sholat Idul Fitri di Masjid Agung Kendal


Sudahkan dilakukan tadi pagi sebelum sholat Idul Fitri? hehehe ... semoga tidak ada yang terlewat ya, Teman! Sekali lagi saya sekeluarga mengucapkan, Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin. Semoga kita semua bisa berjumpa lagi, di Ramadhan mendatang dan  bersilaturahmi selepas Sholat Idul Fitri. Aamiin

Salam 

  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H mbak nyi, Taqaballahu minna waminkum.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat