CONTOH -CONTOH MEMBUAT GENRE SINOPSIS

1. MetroPop: Crash Into You [novel]
Oleh aliaZalea

Sinopsis

Hanya ada satu orang yang paling dibenci Nadia di dunia ini, seorang anak laki-laki bernama Kafka. Cowok jail itu tidak bisa berhenti mengisenginya setiap hari, enam hari dalam seminggu, selama hampir dua tahun. Terakhir kali Nadia bertemu dengannya adalah sekitar dua puluh tahun yang lalu ketika mereka sama-sama masih mengenakan seragam putih-merah. Semenjak itu Nadia berjanji untuk tidak akan pernah lagi sudi bertatap muka dengannya.

Tetapi ketika suatu pagi, di usia dewasanya, Nadia terbangun dengan hanya mengenakan pakaian dalam di kamar hotel Kafka, dia harus mengevaluasi ulang pendapatnya tentang laki-laki satu ini.  Kafka bukan saja kelihatan superhot, tetapi Nadia secuil pun tak pernah membayangkan bagaimana cowok iseng dan jail itu kini bisa menjadi dokter jantung ternama yang menangani ayahnya.


2. Nur 'Ala Nur: 10 Tema besar Al-Qur'an sebagai Pedoman Hidup [buku Agama]
Oleh Prof. DR. H. Muhammad Chirzin, M.AG.


Sinopsis

Buku ini menyajikan ayat-ayat Al-Qur’an yang diklasifikasikan ke dalam 10 tema besar.

- Tema pertama: Allah, meliputi al-Asma’ul Husna, Allah Maha Bijaksana, Allah Mahaesa, Allah Mahakuasa, Allah Maha Menghidupkan dan Mematikan, Allah Maha Pemberi Keputusan, Allah Maha Pencipta, Allah Maha Pengampun, Allah Maha Penolong, Allah Mahatahu, Allah pemilik langit dan bumi.

- Tema kedua: Manusia, meliputi penciptaan manusia, ruh, jiwa, nafsu, mimpi, keutamaan manusia, kecenderungan manusia, persamaan hak, mati, tokoh-tokoh wanita, tokoh-tokoh pria, umat, dan kaum.

- Tema ketiga: Nabi dan Rasul, meliputi eksistensi dan tugas para rasul serta 25 nabi dan rasul.

- Tema keempat: Makhluk Gaib, meliputi malaikat, jin dan setan atau iblis.

- Tema kelima: Agama, meliputi ahli Kitab Yahudi dan Nasrani, Islam, Shabi’in, Majusi, iman, kafir, munafik, murtad, musyrik, kitab-kitab suci, wahyu, dakwah, petunjuk, hijrah, jiha, wali, kebebasan beragama, dan pelecehan agama.

- Tema keenam: Hidup dan Kehidupan, meliputi kehidupan dunia, sunnatullah, senang dan bahagia, kebajikan, ilmu dan hikmah, harta (utang, jizyah, pajak, jual-beli, riba, warisan, wasiat), makanan dan minuman, nikah (pernikahan, pasangan hidup, anak, menyusui, talak, iddah, zhihar, zina), pemimpin, perjanjian, ujian, nikmat dan karunia, rezeki, perang, perumpamaan, kezaliman (pembunuhan, keburukan, pencurian, dosa, ingkar dan durhaka, dusta, lalai, judi, makar, dan kerusakan).

- Tema ketujuh: Ibadah, meliputi shalat, zakat, puasa, haji, doa, zikir, infak, dan kurban.

- Tema kedelapan, Akhlak, meliputi adab pergaulan, adil, cinta, rukun dan damai, istiqamah, menutup aurat, sabar, salam, syukur, taat, takwa, tawakal, tobat, bakhil, dan benci.

- Tema kesembilan, Alam, meliputi langit, bumi, matahari, bulan, bintang, air, laut, angin, gunung, pohon, tumbuh-tumbuhan, binatang, dan ternak.

- Tema kesepuluh, Akhirat, meliputi kiamat, balasan, surga, neraka, azab, dan siksa. Dengan pembagian tema ini, Anda dimudahkan untuk memahami isi Al-Qur’an dan menjadikannya pedoman hidup sehari-hari.

3. 100 Resep Makanan Sehat untuk Anak Agar Terhindar dari Penyakit Degeneratif Saat Dewasa [ buku masak]
Oleh Tuti Soenardi 




Sinopsis
Seorang pionir di bidang gizi dan kesehatan anak menyatakan bahwa penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penyakit degeneratif yang berhubungan dengan usia--penyakit jantung, stroke, osteo-porosis, hipertensi, kanker, dan diabetes--sebenarnya berkaitan dengan kurangnya gizi juga kebiasaan makan pada masa kanak-kanak, yang akibatnya akan dirasakan pada usia yang akan datang. Dalam kenyataannya sekarang ini, penyakit degeneratif yang biasa dialami oleh orang lanjut usia ternyata sudah dialami pada usia relatif muda. Tentunya hal ini berkaitan dengan pengaturan pola makan yang tidak benar. Untuk itu perlu kita upayakan pemberian pola makan yang benar sejak bayi balita dan seterusnya dalam pola yang seimbang.

Pemberian makan pada anak yang tepat sejak usia dini dapat menghindari risiko penyakit pada usia berikutnya sampai usia lanjut. Penyakit mematikan yang dialami pada usia dewasa sampai usia lanjut dimulai dari asupan gizi yang tidak tepat sejak usia anak-anak. Menurut hasil penelitian Dr. Myron Winick, usia 3 tahun merupakan usia penting sebagai pondasi untuk kesehatan mendatang yang menentukan hubungan antara gizi anak dan penyakit kronis mendatang. Untuk itu perlu pengawasan dari semua segi yaitu makanan bergizi seimbang serta sehat jasmani dan rohani. Setiap orang tua sebaiknya mengajarkan anak untuk memilih makanan yang benar karena apa yang diajarkan oleh orang tua akan dibawa terus sampai dewasa dan seterusnya.

Buku ini berisi panduan mengatur gizi seimbang sejak bayi, bahkan sejak dalam kandungan, sampai balita. Dilengkapi dengan 100 resep makanan sehat untuk anak.


4. Manusia Serigala [ horor]
Oleh Abdullah Harahap 


Sinopsis
"Mia!" Sukiman menjerit. "Lakukanlah sekarang juga, Mia!"

Di liang lahat, Mia pelan-pelan merebahkan diri di sisi jenazah ibunya. Pipi jenazah itu ia usap dengan penuh kasih sayang, dan mulutnya berkata penuh cinta, "Kita tidur, Ibu? Kita tidur ya...?"

Sukiman tidak lagi mendengar apa yang diucapkan dan tidak tahan menyaksikan apa yang dilihatnya. Ia bukannya tergugah oleh keharuan manusiawi. Perasaan takut dan kalap telah menguasai dirinya sedemikian rupa. Ia cemburu setengah mati, tidak peduli kecemburuan itu ia tujukan pada seorang ibu. Dengan kemarahan membabibuta, Sukiman terjun ke liang lahat dan sekaligus menghunjamkan mata lembing sampai tenggelam di lumbung jenazah ibu Sumiati.

Dan tragedi mengerikan itu pun akhirnya terjadi.

Tragedi yang diawali oleh salah seorang anak buah Karaeng Galesung, kepala pasukan pelaut Makassar yang dahulu kala membantu Pangeran Trunojoyo mempertahankan kerajaan Kediri dari serbuan pasukan VOC. Kecewa dan marah oleh pengkhianatan yang berakibat terbunuhnya Pangeran Trunojoyo, si pelaut Makassar melarikan diri sambil menuntut ilmu ke hutan perawan di kaki Gunung Kawi. Malang menimpa, ia melakukan kesalahan fatal dan berbuntut sebuah kutukan yang di masa kini harus ikut diemban oleh Mia. "Hidup atau matilah sebagai serigala!"

5. Keluarga Cemara [ cerita anak ]
Oleh Arswendo Atmowiloto 

Sinopsis

Keluarga Cemara, kisah sebuah keluarga yang memilih hidup dengan hanya bermodalkan kejujuran. Keluarga yang amat sangat sederhana terdiri atas Abah, kepala keluarga seorang penarik becak dan buruh apa saja, Ema, seorang wanita yang membuat opak untuk dijajakan anak perempuannya. Euis, si sulung yang kelas 6 SD, pernah mengalami masa jaya orangtuanya sebagai pengusaha, Ara atau Cemara yang baru masuk taman kanak-kanak, serta Agil, si bungsu.
Kalau air mata bisa menjadi simbol kebahagiaan inilah kisah itu.

6. Parodi Film Seru 15 Skenario Gokil [ humor ]
Oleh Isman H. Suryaman 

Sinopsis
Parodi Film Seru menghadirkan 15 Skenario Gokil yang bakal bikin harimu cerah. Dari kesulitan Selene membangkitkan tetua vampir dalam film Underworld.

SELENE
(MEMBACA PANDUAN) "Teteskan darah secukupnya. Biarkan mengembang selama lima menit."

... hingga kebingungan Shanaz mengemas barang untuk mendaki Gunung Merapi dalam Mengejar Mas Mas.

SHANAZ
Barang yang perlu gue bawa... celana pendek. Celana pendek. Dan... hmm, oke, celana pendek. Beres.

Dari genre horor (Resident Evil), aksi (Transformers), hingga megalomania (Rocky Balboa dan Rantai Bumi).

 PERINGATAN: buku ini bisa mengubah pengalamanmu nonton film secara permanen.

*) SEMOGA BISA MEMBANTU MEMBERI REFERENSI BUAT ANDA.

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat