Tuesday, 23 October 2018

3 Kiat Mudah Menentukan Niche Blog Bagi Blogger Pemula



3 Kiat Mudah Menentukan Niche Blog Bagi Blogger Pemula - Seperti yang sudah saya ceritakan di postingan, 7 Niche Blog Pilihan untuk Blogger itu sangat beragam. Mereka yang menggeluti dunia blog sudah lama, pasti sudah mengetahui kemampuan menulisnya paling baik ketika menulis apa. Tetapi bagaimana dengan blogger pemula? Biasanya menulis sekenanya, seperti saya dulu menulis apa yang terlintas di kepala saja.

blogger pemula penghasilan blogger pemula contoh blogger pemula tips blogger pemula gaji blogger pemula forum blogger pemula tutorial blogger pemula kesalahan blogger pemula cara blogger pemula trik blogger pemula bayaran blogger pemula travel blogger pemula beauty blogger pemula komunitas blogger pemula diskusi blogger pemula blogger petani pemula catatan blogger pemula topik blogger pemula kendala blogger pemula fashion blogger pemula blog aquascape-pemula blogger bagi pemula blogger buat pemula blog buat pemula tutorial blogger bagi pemula cara membuat blogger bagi pemula tips menjadi blogger bagi pemula


Seringkali niche blog juga salah satu yang menentukan blog meraih sebuah kesuksessan, apalagi jika blognya dimonetisasi. Misalnya web traveloka, mereka biasanya mencari niche blog traveling untuk menawarkan kerjasamanya. Gunanya untuk apa? Agar postingannya relevan, saling berkaitan dan bersangkut paut.

Bagaimana untuk blogger pemula? Mereka yang baru terjun di dunia blogging, pasti agak bingung jika disuruh untuk fokus satu niche. Alih-alih perlahan belajar menulis, jika harus satu niche malah jadinya nggak nulis-nulis nanti ya kan? Tapi bagi kalian yang kepengen dari awal membangun blog dengan satu niche, ada baiknya menulis dari beberapa hal berikut:


Menulis dari yang disukai

Agar blog yang kita kelola bisa konsisten dengan satu niche, maka penting memilih tema yang paling disukai. Jika kita menyukai sesuatu, kemudian menuliskannya pasti tidak perlu berpikir panjang. Misalnya kita menulis dengan topik hobi yang kita sukai. Hobi kita apa sih? Gali lebih dalam, "Oh, aku suka banget jalan-jalan". Mengapa kita tidak mengeksplorasi topik traveling? Plesiran, liburan, banyak yang bisa kita angkat dari kegemaran jalan-jalan. Kalau kita masih ragu apa kesukaan kita, coba tanyakan pada keluarga atau orang terdekatmu. Kita lebih dominan memiliki hobi apa? Membaca, menonton, makan dan lain sebagainya.

Menulis dari yang dikuasai

Saat kita menulis topik yang kita kuasai, akan mudah dalam menuliskannya karena kita memiliki pengalaman di hal tersebut. Kalau kita mengusai topik yang akan diusung, pasti kita bisa eksplorasi lebih detail ketika menulis untuk blog post. Dan ketika visitor datang berkunjung  meninggalkan komentar pertanyaan, kita bisa menjawabnya dengan gampang.

Coba ulik lagi keahlianmu apa? Kamu menguasai hal apa sih, kalau misal suaminya pintar menjahit. Maka sering kali saya menyarankan dia untuk membuat blog dengan niche craft.

Menulis niche yang lagi viral atau hot topic

Niche yang paling viral, juga bisa membuat blog kita cepat merangkak naik. Berapa prosentase mereka dalam mencari berita? Soal bisnis, gosip selebriti, kesehatan dan topik lainnya. Lakukan riset kecil, mana yang paling banyak minatnya. Ambil sebagai niche blog.

Namun yang paling penting adalah, menulis ya menulis saja. Jangan terlalu pusing dan banyak mikir, karena sebenarnya menulis adalah terapi untuk memahami pikiran kita sendiri.  Mari menulis saja dulu, dimulai dan dibikin asyik dulu, selamat ngeblog! Salam.


10 comments:

  1. Abis baca ini kemudian aku malu, Kak. Niche blog-ku acakadul. Mungkin hampir jadi palugada x_x

    Kayanya mau mulai merapikan fokus nih.

    ReplyDelete
  2. Menulis hal yg disukai memang bisa menjadi landasan utk menentukan arah tujuan dari isi tulisan.blog secara keseluruhan

    ReplyDelete
  3. aku juga lagi nyari niche nih, memang harus menulis dari yang paling dikuasai. makasih sharingnya, jadi mikir mau tema apa yang jadi niche. sebagai perempuan yg nggak suka masak, dan juga susah bepergian, masih bingung nichenya, hehe

    ReplyDelete
  4. Wahh ini menarik bgt tipsnya

    Thanks for sharing ya Kak
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  5. Bener banget ya bisa mulai dari apa yang kita sukai dulu

    Kalau menulis dari hal yang kita sukai jadi menulisnya lebih mudah ya

    ReplyDelete
  6. aah iya benar, mulai dari yang disukai atau dikuasai.
    Kalau yang viral gitu kudu cepat nulisnya mumpung sedang tren.

    ReplyDelete
  7. Aku sudah nemuin nih Niche blog yg pas dengan tulisanku selama 2 tahun,yaitu film dan parenting. Dua topik itu paling sering aku bahas.

    ReplyDelete
  8. Aku harus wajib nentuin niche blog ku ni sebagai pemula, aq lebih ke arah travelling sama fashion karena ke arah hoby

    ReplyDelete
  9. Aq pun niche blognya masih suka2 alias campur aduk, perlu waktu untuk lebih konsen membuat blog khusus.
    Aq sih lebih konsen di kuliner, kesehatan sm fashion

    ReplyDelete
  10. Yes, menlis saja dulu. Kalo ketemu nichenya ya syukur. Kalo tidak ya tidak apa koq jadi blogger gado2 :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat