Friday, 8 June 2018

Bumbu Soto Ayam Bening Khas Ibu



Bumbu Soto Ayam Bening Khas Ibu - Apa yang terlintas dalam benak, ketika kita menyebut soto ayam? Soto Ayam Lamongan? Soto ayam Surabaya? Soto ayam Santan? Atau soto ayam bening? Yip, saya akan bahas yang terakhir, soto ayam bening buatan ibu.

Seminggu lalu waktu mudik ke Kendal, saya dan ibu beberes rumah terutama dapur. Apalagi kalau bukan mengoprek isi kulkas, hahahah semacam kantung doraemon ya kulkas ini. Tiap kali dibuka hmmm ... aroma dinginnya menyegarkan apalagi bulan puasa gini. Ups ... heehehe ... berasa ademnya.

bumbu soto ayam  bumbu soto ayam lamongan bumbu soto ayam bening bumbu soto ayam jawa bumbu soto ayam santan bumbu soto ayam madura bumbu soto ayam bening kuning bumbu soto ayam sederhana bumbu soto ayam kuning bumbu soto ayam enak bumbu soto ayam lamongan jawa timur bumbu soto ayam santan kuning bumbu soto ayam bening sederhana bumbu soto ayam jawa bening bumbu soto ayam solo bumbu soto ayam untuk 100 porsi bumbu soto ayam betawi bumbu soto ayam spesial bumbu soto ayam pacitan bumbu soto ayam santan betawi bumbu soto ayam kediri bumbu soto ayam apa aja bumbu soto ayam ambengan bumbu soto ayam adalah bumbu soto ayam aceh bumbu soto ayam ala jawa bumbu soto ayam ala rumahan bumbu soto ayam ala diah didi bumbu soto ayam asli bumbu soto ayam apa ya bumbu soto ayam ambengan surabaya bumbu soto ayam ala solo bumbu soto ayam madura asli resep bumbu soto ayam ambengan bumbu soto ayam lamongan asli apa bumbu soto ayam bening apa bumbu soto ayam lamongan aneka bumbu soto ayam apa bumbu soto ayam bumbu air soto ayam apa bumbu soto ayam jawa timur bumbu soto ayam bening solo bumbu soto ayam blitar bumbu soto ayam banyuwangi bumbu soto ayam bamboe bumbu soto ayam bening lamongan bumbu soto ayam boyolali bumbu soto ayam banjar bumbu soto ayam banyumas bumbu soto ayam bening betawi bumbu soto ayam biasa bumbu soto ayam betawi santan bumbu soto ayam bandung bumbu soto ayam bogor bumbu soto ayam banjarmasin bumbu soto ayam bangkong bumbu soto ayam bening padang


Awalnya saya nggak tahu ibu mau masak apa, dan sayur-mayur itu mau diapain. Karena kulkas mendadak mlompong isinya. Kalau mudik saya selalu rindu masakan ibu, jadi saya nggak pernah minta pesan ini-itu sih. Tinggal apa yang ibu masak, pasti saya makan karena selalu enak. Tetapi kali ini aromanya menguar sampai kamar, jadi penasaran. Padahal di kulkas nggak ada bahan untuk membuat masakan ini, yang saya tahu dari aromanya ibu sedang memasak soto.

Soto adalah makanan khas Indonesia tercinta

Kalau ditanya soto berasal dari kota mana, pastinya saya kurang tahu. Yang jelas soto, sroto, tauto, coto atau sauto yang biasa disebut banyak orang ini adalah khasnya Indonesia. Dimana cara membuatnya dari kaldu daging dan ditambah beberapa bahan lainnya. Dagingnya sih bebas nggak harus ayam, daging sapi juga bisa, kerbau juga enak. Dan setiap daerah di Indonesia, menawarkan banyak varian soto dengan cita rasa khasnya.

Kalau biasanya soto disandingkan dengan lontong, nasi, atau kupat maupun berbagai macam penambahan seperti bihun, sate jeroan, sate telur puyuh atau perkedel ibu membuat soto beningan. Cuma ada beberapa sayuran sisa, yang turut serta dimasukan sebagai bahan. Jadi semacam kayak capchay aja nih, hahaha ... karena ada wortel, sawi, bawang bombay dan daging ayam tentunya. Mendekati jam berbuka puasa, membuat saya semakin ngiler aja nih gegara soto buatan ibu. Nggak harus saklek sama persis dengan bahan standart untuk membuat soto, asal bumbu soto ayamnya lengkap udah jadi deh menu soto ayam buat berbuka puasa.

Bumbu soto ayam khas ibu

Bahan yang harus disiapkan untuk membuat soto ayam bening, cukup mudah dan ini nggak harus saklek ya. Karena apapun yang bisa dimasak, asal bumbunya pas. InsyaAllah jadi enak.

Bahan :
Daging ayam atau sapi sesuai kesukaan kita
Sediakan soun, bisa dipaskan dengan siapa yang mau makan biar nggak mubazir. Rebus soun sebentar aja, atuskan.
Sayuran yang mau buat campuran, bisa kol, wortel, sawi, taoge. Sesuai selera.
Jeruk nipis
Bawang goreng

Bumbu halusnya:

Bawang merah
Bawang putih
Kunyit
Sereh
Daun jeruk
Daun bawang dan seledri
Laos digeprek
Daun salam
Jahe digeprek
Garam
Gula
Merica
Royko

Cara memasak soto yang simple dan praktis :


bumbu soto ayam  bumbu soto ayam lamongan bumbu soto ayam bening bumbu soto ayam jawa bumbu soto ayam santan bumbu soto ayam madura bumbu soto ayam bening kuning bumbu soto ayam sederhana bumbu soto ayam kuning bumbu soto ayam enak bumbu soto ayam lamongan jawa timur bumbu soto ayam santan kuning bumbu soto ayam bening sederhana bumbu soto ayam jawa bening bumbu soto ayam solo bumbu soto ayam untuk 100 porsi bumbu soto ayam betawi bumbu soto ayam spesial bumbu soto ayam pacitan bumbu soto ayam santan betawi bumbu soto ayam kediri bumbu soto ayam apa aja bumbu soto ayam ambengan bumbu soto ayam adalah bumbu soto ayam aceh bumbu soto ayam ala jawa bumbu soto ayam ala rumahan bumbu soto ayam ala diah didi bumbu soto ayam asli bumbu soto ayam apa ya bumbu soto ayam ambengan surabaya bumbu soto ayam ala solo bumbu soto ayam madura asli resep bumbu soto ayam ambengan bumbu soto ayam lamongan asli apa bumbu soto ayam bening apa bumbu soto ayam lamongan aneka bumbu soto ayam apa bumbu soto ayam bumbu air soto ayam apa bumbu soto ayam jawa timur bumbu soto ayam bening solo bumbu soto ayam blitar bumbu soto ayam banyuwangi bumbu soto ayam bamboe bumbu soto ayam bening lamongan bumbu soto ayam boyolali bumbu soto ayam banjar bumbu soto ayam banyumas bumbu soto ayam bening betawi bumbu soto ayam biasa bumbu soto ayam betawi santan bumbu soto ayam bandung bumbu soto ayam bogor bumbu soto ayam banjarmasin bumbu soto ayam bangkong bumbu soto ayam bening padang


Haluskan semua bumbu, yang mau diulek. Untuk daun jeruk, daun salam biarkan begitu saja. Sementara jaje, laos bisa digeprek. Tumis bahannya hingga mengeluarkan aroma yang sedap dan harum.

Tambahkan air pada tumisan bumbu kita, berikan rasa dari garam, gula, royco dan daging ayamnya bisa dimasukkan sekalian. Kalo sudah keliatan matang, diambil dagingnya. Gantian masukan sayurannya. Nah ayam yang ditiriskan ini, bisa digoreng untuk suwiran atasnya soto nanti.

Kalau sudah mendidih beserta sayurnya, bisa kita masukan daun bawang dan seledrinya dalam kuah soto yang kita masak. Tapi kalau mau dipisah sayurnya, bisa direbus sebentar sayurnya lantas tiriskan.

Pada penyajiannya. Ambil mangkok, tata isiannya dari sayuran dan sounnya serta ayam suwiran. Siram dengan kuah soto yang segar, kemudian tambahkan jeruk nipis dan taburi dengan bawang goreng. Hmmm ... sedapnya. Selamat mencoba, salam.


7 comments:

  1. Penampakan Sotonya kayak antara sop dan capchay. Ibuk saya juga suka masak Soto bening, tapi gak dikasih wortel dan sayuran. Cuma kuah sama ayam yang dipotong-potong

    ReplyDelete
    Replies
    1. memanfaatkan bahan sisa ini ibuku mba, dibumbu soto. Tapi hasilnya tetap enak tenan hahahha

      Delete
  2. sependapat dengan yang di atas, cenderung seperti sop.. karena ada buncisnya..

    ReplyDelete
  3. Bumbu soto beningnya perlu dicoba neh,,,terima kasih sudah berbagi mba.

    ReplyDelete
  4. Soto kuning ini memang rasanya akan lebih segar karena nggak pakai santan. Kadang telur pun saya masak dengan kuah soto kuning gini :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat