Monday, 28 May 2018

Ngumpul Bareng Blogger Traveller Hits Pemalang



Ngumpul Bareng Blogger Traveller Pemalang - Sebutan blogger adalah, istilah yang tidak asing bagi orang-orang yang kesehariannya berkecimpung di bidang internet. Tetapi ada juga yang nggak ngerti istilah soal blogger ini, karena memang belum mengetahui.

Apa sih blogger itu? Blogger merupakan istilah kerennya seseorang yang memiliki blog di internet. Blog itu semacam web log atau media berbentuk aplikasi web yang isinya tulisan. Semacam  buku diarynya orang-orang yang suka berselancar di dunia maya. Blog juga menjadi rumah bagi mereka, untuk menampung segalanya (tulisan). Bisa berisi curhatan, ide, pikiran dari segala yang ditulis.



Apakah seseorang bisa terkenal hanya dari sebuah blog? Bisa banget! Tahu Raditya Dika nggak? Lelaki keren, agak beda dari kebanyakan orang dengan segudang ide briliant. Bagi saya dia itu 'gila', dalam artian dia itu paket komplit. Ya blogger terkenal, blogger terkaya, blogger terbaik, pokoknya apa aja yang dia keluarkan selalu bisa melirik orang buat ngeliat.

Sebelum setenar sekarang, Raditya Dika adalah seorang blogger. Selalu menulis kisahnya, ceritanya dengan gaya yang konyol, komedi dan sering nggak jelas. Anehnya banyak yang suka, dia juga dilirik oleh penerbit untuk dijadikan buku tulisannya di blog. Kemudian kariernya perlahan mulai kelihatan, dari tulisannya di filmkan, dia sendiri menulis skenario film, dia juga yang main dan banyak banget yang akhirnya gemar bekerjasama dengan Raditya Dika.

Bahkan tidak sedikit, yang bisa hidup dan memenuhi kebutuhannya dari menulis blog. Saya pun demikian, dari kegemaran membaca, kemudian menjadi penulis, lantas ngeblog yang akhirnya mengantarkan saya menjadi content writer. Dari sinilah pundi-pundi rupiah saya dapatkan, untuk memenuhi kebutuhan hidup hahaha ... dramatisir banget kayaknya.

Ketemu blogger terkenal Pemalang




Sebuah pesan masuk di group WhatsApp dari mas Salman, blogger traveller yang berasal dari Pemalang dan tinggal di Jakarta mau mudik. Tentunya sebuah angin segar bagi penghuni group, hahaha ... yang akhirnya tercetus sebuah acara buat ngopdar. Kapan lagi? Memang tidak semua bergabung, karena masing-masing masih sibuk dan ada acara. Tetapi tidak mengurangi, hasrat kami untuk bersilaturahmi dan buka bersama. Saya dan suami dari Comal bergerak ke Pemalang, semantara yang di Pemalang mas Hengky, mas Sol, dan mas Arul sudah tiba di lokasi. Kami berlima saja yang hadir, tapi pertemuan ini membuat saya kaya. Kaya ilmu, kaya saudara, kaya yang nggak bersumber dari materi saja.

Pertemuan ini menghasilkan banyak ide-ide briliant, menghasilkan pemecahan dari beberapa solusi dan keseruan. Kami saling bercerita, membagi kisah dari lucu, tawa dan kisah drama. Sebutlah mas Sol, menceritakan soal pengalamannya wisata religi malem Jum'at, mas Arul yang mulai rajin membagikan konten via instagram Halo Pemalang yang awalnya hanya repost. Mas Hengky dengan penelusuran lensanya, bahkan ia yang rajin menjepret kami dan membagikannya dimedia sosial. Mas Salman yang sedang menganak-pinakan instagram tripnya. Yang salah satunya adalah @instagotrip. Saya sendiri menyimak, sembari menodong ilmu ngeblog sama mas Salman. Nggak cuma mas Salman, mas Arul pun tidak pelit memberikan saya masukan tentang blog yang saya punyai. Hebatnya lagi, mereka-mereka ini ternyata penggiat media sosial addict, masing-masing dari mereka mempunyai instagram pubik seperti mas Sol dengan @kabarpemalang membuat saya takjub dan berkelakar, "Itu manusia semua Mas?"

Kesan yang saya dapatkan dari pertemuan ini adalah, mereka terbuka banget. Tidak sombong karena mereka udah pro, tetapi justru mereka merendahkan diri dan membagikan apa yang dipunyai. Saya merasa bangga, bisa membaur diantara mereka ini. Saya merasa beruntung, karena mas Salman mau membagikan kiat-kiat ngeblog yang asyik. Lebih dari itu, silaturahmi ini membuat saya percaya. Jika kita mau mendatangi, mereka akan memberikan yang lebih lagi.



Beberepa tips dari mas Salman soal ngeblog :

1.     Gali lebih dahulu passion kita dimana, misalnya mas Salman memiliki hobi jalan-jalan ya itulah yang dia tulis. Bahkan dia sudah memiliki branding, seorang blogger traveller. Kamu lebih ingin dikenal sebagai diri kamu secara personal, atau lebih ke branding

2.     Tulis postingan sesuai dari sudut pandang sesuai brandingmu

3.     Tantang diri untuk menulis banyak tema, explorasi

4.     Perbanyak bergabung dengan komunitas, agar memiliki jaringan luas

5.     Bikin portfolio di blog, jika ingin banyak dilirik oleh brand-brand besar

Semoga bermanfaat, salam.

3 comments:

  1. Selalu gitu memang kalau sudah ketemu kawan blogger, selain silaturrahmi seseruan sambil bertukar pikiran

    ReplyDelete
  2. Seruseruan brainstorming itu membuat kita membuka banyak ide

    ReplyDelete
  3. TFS Nyi..ikutan menyerap ilmunya ya..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat