Saturday, 4 November 2017

Hobi Menulis Jadi Duit

hobi menulis  hobi menulis novel hobi menulis cerpen hobi nulis jadi duit hobi menulis surat hobi menulis menghasilkan uang hobi menulis puisi hobi menulis diary hobi menulis blog hobi menulis cerita hobi menulis surat disebut menulis hobi dalam bahasa inggris menulis hobi di cv menulis hobi dalam bahasa jerman menulis hobi dalam bahasa arab menuliskan hobi di cv menyalurkan hobi menulis manfaat hobi menulis gambar hobi menulis mengembangkan hobi menulis menceritakan hobi menulis alasan hobi menulis artikel hobi menulis anak hobi menulis contoh hobi menulis cara menulis hobi dalam bahasa inggris hobi membaca dan menulis cara menulis hobi di cv cerita tentang hobi menulis dalam bahasa inggris cerita tentang hobi menulis dalam bahasa arab



Nyipenengah.com - Aku dan Hobiku adalah lemparan tema arisan kocokan periode ke- 13 oleh #ArisanBlogGandjelrel dimana kedua pemenangnya adalah Mbak Ika Puspita dan Mbak Arina Mabruroh para jawara lomba blog yang sering memenangkan lomba.

Hobi yang saat ini saya telateni adalah menulis, menulis yang menghasilkan dan menulis yang bisa bermanfaat untuk pembacanya, InsyaAllah. Bagaimana saya ingin menulis adalah berawal dari saya membaca buku, buku yang dipinjamkan teman itu menginspirasi bagi saya. Saya ingin menciptakan buku sendiri, yang bisa membuat bahagia pembaca setelah mereka selesai di bagian ending. Akhirnya saya belajar otodidak menulis, hingga menulis juga yang membuat saya bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Karena bagi saya membaca, bukan hanya kesenangan semata, tetapi saya selalu mendapatkan pelajaran dari buku apapun yang saya baca. Sampai akhirnya saya ingin berkarya, tekad dan kuat yang tak pernah padam membawa saya pada dunia menulis. Karena hobi menulis, termasuk hobi yang tidak bisa diremehkan. Buku yang dihasilkan oleh para penulis, ampuh membawa kita pada jendela dunia. Siapa yang nggak kepengen bisa membuka salah satu jendela dunia bagi orang lainnya? Hehehe ... Dan nggak nyangka juga, akhirnya dengan hobi saya menulis, saya mendapatkan pekerjaan dari merangkai kata. Alhamdulillah.

Nah saya mau kasih tips sedikit ah, mengenai dunia tulis yang selama ini saya geluti meskipun kita sibuk.

Kita harus fokus

Setelah seharian kegiatan luar atau kegiatan di dalam rumah menguras kita, pastinya tenaga untuk menulis kita berkurang. Tenang, tidak perlu khawatir karena lelah kita butuh fokus sebentar untuk menulis. Singkirkan gadget dan jangan buka browser lain selain apa yang ingin kita tulis. Fokus dengan penuh, agar tulisan cepat selesai dan kita segera bisa beristirahat.

Netral

Banyak sekali informasi yang bisa kita terapkan dalam menulis, tetapi jangan sampai kita terprovokasi. Penulis harus netral dan apa adanya, baik dalam menentukan tokoh, setting atau apa pun dalam menulisnya. Tulislah apa adanya.

Jangan paksa dirimu

Capek, lelah, jenuh, ilang mood pasti membuat kita bingung mau nulis apa. Tidak perlu marah-marah atau uring-uringan, istirahatlah lebih dahulu, menulislah nanti stelah hatimu lapang. Karena saat hati udah rileks, hati udah tenang hasilnya insyaAllah akan maksimal.

Tekuni apa yang kamu lakukan, hingga akhirnya menghasilkan.

Salam


8 comments:

  1. Siip Nyi, paling seneng kalo hobi bisa menjadi sumber penghasilan juga ya

    ReplyDelete
  2. Paling hepi kalau apa yang kita suka itu menghasilkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. happy banget ya Jiah. Kamu apakabar baru nongol dear

      Delete
  3. Aku masih harus belajar banyak mbak, menjadikan hobi menulis berubah jadi duit.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. bismillah mba ANin, yang penting semangat dan terus tekun

      Delete
  4. Kalo lagi bosen emang jangan memaksa diri untuk menulis ya mbak. Setuju banget aku.

    ReplyDelete
  5. hihihi, lagi belajar ngeblog nih, selama ini ya posting sesuai suasana hati aja sih .. Nice info :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat