Saturday, 14 October 2017

Punya Domain Sendiri untuk Kali Pertama



Nyipenengah.com - Ngeblog dapat duit, awalnya nggak pernah kepikiran, apalagi ngeblog bagi pemula kayak saya tapi sahabat saya Ila terus meyakinkan dan akhirnya saya termotivasi dengan hasil tabungan dia dari ngejob dari ngeblog.

Punya domain sendiri ada untungnya nggak sih?

Saya menimbang-nimbang banget, perlu nggak sih beli domain. Boros nggak sih? Mahal nggak sih? Banyak sekali pertimbangan yang waktu itu membuat saya ragu, tetapi keyakinan itu muncul lagi tiap kali dapet chat dari Ila. Akhirnya Bismillah di tahun 2015 saya membeli domain 'com', yang awalnya blog gratisan saya Npdewanti.blogspot jadi Nyipenengah.com. Punya domain sendiri ada untungnya nggak sih, balik lagi ke pertanyaan tersebut. Ada beberapa kriteria yang menguntungkan bagi saya, di antaranya:

Kita punya rumah sendiri di internet

Yap, kita punya sebidang tanah, kita punya rumah karena punya domain sendiri untuk blog/web di mana kita memiliki kekuasaan sepernuhnya atas rumah yang kita bangun di internet.  Berbeda dengan akun yang kita buat seperti di twitter, instagram atau facebook kita tidak punya hak sepenuhnya. Dengan memiliki domain sendiri di blogspot atau domain sendiri di wordpress nama kita jadi akan muncul di mesin pencari google/bing dan lain-lain.

Selamat nama anda di kenal dijagat maya

Memang kita tidak harus menggunakan domain dengan nama sendiri, bisa dengan brand atau merek yang kita buat sendiri tetapi apabila suatu hari nanti anda menjadi populer yang kali pertama akan diingat ialah nama domain dari blog kita.

Kalau pakar marketing bilang sih, menggunakan nama sendiri (personal brand) akan memberikan kedekatan yang lebih, kepada klien maupun konsumen daripada menggunakan merek bisnis.

Terlihat menjadi profesional

Pernah membuat kartu nama? Bandingkan kartu nama anda, antara ada web/blog didalamnya dengan tidak mencantumkan sama sekali. Yang satu terlihat lebih keren, lebih profesional dan yang satunya terlihat biasa saja. Jadi anda mau dikenal lebih profesional atau biasa saja? Apalagi yang memiliki usaha, dunia sudah berubah bukan? Digital marketing now is king!

Thanks to Kak Marita Ningtyas dan Kak Dini Rahmawati, yang sudah melempar tema 'Tentang yang Pertama', untuk periode arisan ke 12. Selamat telah memenangkan arisan ya, barokallah. Semoga terus bisa istiqomah ngeblog dan berbagi kebaikan kepada sesama, aamiin. Semoga rejeki juga terus mengalir untuk kita, ngeblog asik ngeblog dapat duit.



Salam

11 comments:

  1. Jadi makin banyaj rejeki ya dg domain sendiri

    ReplyDelete
  2. Jadi pengen punya domain sendiri nih.. bismillah

    ReplyDelete
  3. Punya domain sendiri juga terlihat lebih profesional, mbak ^^

    ReplyDelete
  4. Yay! Akhirnya Nyi punya .com!!! Congratz Nyi...makin banyak rezekinya. Aamiin

    ReplyDelete
  5. tapi tidak sepenuhnya milik kita kalau hostingnya masih di blogger. kalau hostingnya di wordpress ditambah beli domain, maka 100% iu milik kita :)

    ReplyDelete
  6. Kayaknya punya domain sendiri itu asik ya kak. Jadi pengen.

    ReplyDelete
  7. selamt ya mbak punya domain untuk yang pertama...seneng banget ya

    ReplyDelete
  8. Bener tuh, nduk. Jadi punya identitas di dunia maya. Jadi klo inget nama nyi, ingetnya main ke domainnya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat