Monday, 22 May 2017

Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan

Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan
Dilihat dari depan Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan


Nyipenengah.com - Singgah ke Pekalongan tanpa membeli batik? Seriusan? Kurang lengkap rasanya, jika berkunjung ke Pekalongan tanpa mengadopsi satu pun batik. Sebelum balik ke Kaliwungu, saya mampir ke Pasar Batik Setono Pekalongan.

Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan letaknya tepat di jalan raya Pantura, yang tidak jauh dari terminal bus Pekalongan. Setiap pengendara pasti lewat sini, kalau sedang melakukan perjalanan ke arah Jakarta maupun mau ke arah Semarang.

Dulunya Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan adalah pabrik teksil. Karena sudah lama mandek produksi, dialihkanlah menjadi Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan. Dulu pun Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan tidak ada, karena kebanyakan batik dijual di luar daerah. Maka untuk menampung pengusaha kecil dan menengah dalam memasarkan produksi batiknya berdirilah Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan.

Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan
Pose di depan Toko Zikin


Di Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan, tidak hanya batik saja yang dijual tapi beragam kebutuhan lainnya umumnya pasar lah ya. Tetapi lebih kepada pakaian, sprei, sarung, sandal, tas dan pernak-pernik yang menampilkan ciri khas kota Pekalongan.

Area Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan cukup luas. Bisa menampung kendaraan roda empat dan roda dua, bus pun bisa masuk ke Pasar Grosir Setono ini. Toilet, musholla dan banyak kios pun berdiri memeriahkan Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan. Belum puas berbelanja tapi kantong udah jebol? Tenang mesin ATM masih ada, di depan jalan masuk hahaha ... mumpung mampir kan? Kapan lagi gitu #kedipkedip.

Harga batik yang dibandrol di Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan, kalau dibilang murah yang bisa nawar ya murah. Di bilang mahal ya juga tergantung kualitas bahannya. Kalau diambil rata-rata mulai dari Rp 15.000,- hingga harga jutaan. Pertoko standarnya beda-beda, kalau mampir ke sini pokoknya harus bisa nawar.

Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan


Tetapi kalau dibandingkan harus Berburu batik di Setono Pekalongan atau di pasar Banjarsari saya pilih di Banjarsari. Soalnya di sana masih bisa turun harganya, di Setono kuat banget jualnya turun harganya susah. Dan kalau dibandingkan lagi suruh belanja di pasar masuknya atau di rukonya, saya pilih di ruko yang ada di sisi kiri. Karena meskipun tokonya besar, lebel harganya udah tertera jadi saya bebas memilih.

Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan
Hasil belaja di toko Zikin


Namun semenjak saya ikut Klaster Bidang Pelatihan Batik dari DISPORAPAR dan mempraktekkan langsung bagaimana membuat batik. Saya tidak lagi mengomel sendiri kenapa batik memiliki harga tinggi. Tinggat pembuatannya, prosesnya itu yang membutuhkan ketelatenan dan kehati-hatian. Saya bangga banget bisa belajar mengenal dan membuat batik. Apalagi kalau pas kerja atau main mengenakan batik kok rasanya lebih pede. Semoga batik Indonesia semakin mendunia dan membawa kebaikan bagi seluruh masyarakat yang berkecimpung di dalamnya.

Oke buat yang main ke Pekalongan, jangan lupa mampir nih ke sini Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan. Saya dapet dua belanjaan nih, atasan batik dan outer panjang batik yang saya beli dari toko Zikin yang dibrand sendiri. Pelayannya ramah, jadi pengen balik lagi ke sini hihihi ....


Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan
Pintu Masuk Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan


Salam



18 comments:

  1. Seandainya rumah ku dekat Pekalongan pasti puas deh belanja batik grosiran :)

    ReplyDelete
  2. Ciri batik Pekalongan itu apa yaa, Nyi..?
    Dulu ibu aku seriing banget belanja batik dari berbagai macam daerah. Aku suka..tapi belum tau bedanya masing-masing daerah.

    Kalo tau ilmunya, pasti lebih seru yaa..?

    1 hal yang aku suka.
    Batik itu fleksibel. Bisa dipake formal atau non formal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemakaian warnanya lebih variatif mba, kalo batik pesisir, Pekalongan kan masuk Pantura (Pantai Utara).
      iya aku juga suka batik enak.

      Delete
  3. Ya ampun Nyi, kalau aku belanja ke sini bisa kalap beneran.

    ReplyDelete
  4. kalau belanja di pasar tradisional macam ini memang kudu pinter-pinter nawar ya mbak, biar dapet harga yang lumayan murah sama kantong kita hehe. bisa lah kapan-kapan kalau main pekalongan mampir ke sini, ini yang pekalongan kota atau kabupaten mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuknya kota kayaknya :-D
      deket jalan raya, jalur pantura kok Mas Wis :-D
      Mampir gih hahah borong-borong

      Delete
  5. Lewat Pekalongan tapi ga beli batik itu ibarat makan bakso ga pake sambel hehehe Aku juga kalo cuma lewaitin Pekalongan seringnya minta mampir Pasar Setono ini. Lokasinya stratgis banget soalnya, arah luar kota. Dan iya ada atm yang bikin ga takut mau borong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaha kekep ATM mba, ntar kalap kalo ke sini :-D

      Delete
  6. Selalu pingin beli batik klo mbayangin ke pekalongan ihhh

    ReplyDelete
  7. Wah harganya ada yang 15ribu bikin penasaran ingin beli

    ReplyDelete
  8. batik yg ga lekang oleh masa. dulu kalau cuma dbawa pergi pesta kawinan, skrg oke2 aja buat dbawa main

    ReplyDelete
  9. Aku lebih suka ke toko yang udah ada label harganya. Ga pinter nawar. Kadang ga tega juga kalau nawarnya terlalu rendah

    ReplyDelete
  10. Waa..bikin pengen mb. Klo aku sukanya beliin baju tidur anak2 model batik, murah meriah☺☺ toss..aku juga ga bisa nawar..jadi lebih suka masuk ke kios yang sudah berlabel harga. Thanks for sharing mb..

    ReplyDelete
  11. Saya suka banget batik pekalongan, mbak, kapan-kapan kalau pas lewat sana tak coba mampir. :)

    ReplyDelete
  12. Belum pernah jalan2 ke pekalongan, dulu waktu kecil pernah diajak om ke tempat keluarga besarnya.

    ReplyDelete
  13. Pelatihannya di Hotel Indonesia Pekalongan ya bu.. hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat