Tuesday, 28 March 2017

Berbagai Hal Tentang Smartphone Lenovo Yang Harus Anda Ketahui




Jika berbicara mengenai smartphone, tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan smartphone Lenovo. Setelah sukses mengakuisisi Motorola dari Google, kini Lenovo yang merupakan produsen peralatan elektronik dari Cina berhasil menduduki jajaran 3 besar produsen smartphone terbesar di dunia. Seperti dilansir oleh Mashable pada tahun 2014 silam, Google secara resmi mengumumkan telah melepas Motorola pada Lenovo seharga USD 2.9 Miliar. Penjualan yang dilakukan oleh Google tersebut masih terbilang rugi karena Google sendiri mengakuisisi Motorola seharga USD 12.5 pada tahun 2012 lalu.

Dengan mengakuisisi Motorola dengan biaya yang tidak begitu besar, kini Lenovo sanggup menyalip kompetitor lainnya seperti LG dan Huawei untuk bertengger di posisi tiga perusahaan smartphone terbesar di dunia. Menurut data dari Strategy Analytic’s, Lenovo berhasil memperoleh market share sebesar 4.6 persen dengan jumlah pengiriman smartphone ke pasaran mencapai 45.4 juta unit, sedangkan Motorola berhasil mendapatkan market share sebesar 1.4 persen dengan jumlah penjualan mencapai 14 juta unit.

Bergabungnya kedua perusahaan tersebut, membuat market share mereka menjadi 6 persen, sehingga dengan otomatis telah menyalip LG dan Huawei yang memiliki market share 4.8 persen. Sayangnya smartphone Lenovo masih kalah dengan Apple yang bertengger di peringkat dua dan Samsung yang masih bertengger diperingkat pertama,

Sejarah Perkembangan Smartphone Lenovo

Smartphone Lenovo memiliki sejarah perkembangan yang sangat panjang. Bahkan jauh sebelum mengeluarkan produk smartphone, Lenovo yang dulunya bernama Legend sempat bermarkas di sebuah ruangan satpam karena modalnya yang sangat minim. Perusahaan Legend pada awalnya hanya berbisnis perangkat komputer saja. Namun seiring perkembangannya, secara perlahan perusahaan tersebut mulai berkembang dan mulai dikenal di Cina. Ketika Cina mulai bergabung dengan WTO, Legend pun berganti nama menjadi Lenovo, namun pada saat itu belum merambah pada dunia smartphone. Smartphone Lenovo sendiri mulai dikembangkan sejak Lenovo berhasil mengakuisisi  devisi PC IBM pada tahun 2005 silam. Setelah berhasil mengambil alih divisi PC IBM barulah smartphone Lenovo dikembangkan. Seiring berjalannya waktu, untuk meningkatkan penjualan dan kualitas dari smartphone Lenovo, maka Lenovo pun tidak segan-segan mengakuisisi Motorola dari Google pada tahun 2014 silam dengan harga yang cukup murah pada saat itu. Keberhasilan Lenovo mengakuisisi Motorola inilah yang membuat smartphone Lenovo dapat menduduki peringkat 3 besar di dunia.

Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Lenovo

Produk-produk yang dikeluarkan oleh Lenovo Grup memang tidak pernah main-main. Lenovo selalu mengedepankan kualitas dan teknologi yang progresif yang tentunya sangat bisa diandalkan. Smartphone Lenovodirancang dengan begitu sempurna untuk menghasilkan performa yang mumpuni. Akan tetapi tentu walaupun dirancang dengan sempurna, smartphone Lenovo bukanlah suatu produk yang hadir tanpa cacat. Selalu ada kekurangan dibalik setiap kelebihan. Nah, apa sajakah kelebihan dan kekurangan dari smartphone Lenovo? Berikut ulasannya.
·         Kelebihan Smartphone Lenovo
Kelebihan yang dimiliki smartphone Lenovo diantaranya adalah:
1.      Desain
Smartphone Lenovo rata-rata memiliki desain yang elegan. Walaupun berdesain elegan akan tetapi tidak berarti bahwa desain tersebut menjadikan Lenovo hanya cocok dipakai para orang tua. Lenovo tetap menyesuaikan desainnya dengan kebutuhan anak muda masa kini.

2.      Sensitivitas Sentuhan
Kelebihan smartphone Lenovo selanjutnya berada pada kualitas layarnya. Layar Lenovo selalu menggunakan teknologi  paling canggih dengan tingkat sensitivitas yang tinggi.

3.      Face Recognation
Pada beberapa seri, smartphone Lenovo memiliki teknologi yang mampu mengenali wajah pemiliknya. Selain itu juga, hampir seluruh produk smartphone Lenovo memiliki tingkat akurasi yang baik dan juga pengaturan sensitivitas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya, baik itu high ataupun low security.

4.      One Key
One Key merupakan sistem satu tombol yang berfungsi sebagai sistem recovery dan juga anti virus. Sistem One Key ini juga compatible dengan sistem anti virus dari Norton yang dapat dijalankan oleh pengguna saat sistem operasi sedang booting

5.      Airbag System
Kelebihan dari smartphone Lenovo selanjutnya adalah adanya airbag system yang merupakan sebuah bantalan udara sehingga smartphone lebih tahan akan benturan.

6.      Energy Management
Adanya fitur energy management membuat pengguna dapat mengatur kebutuhan baterainya sendiri. Dengan begitu baterai smartphone dapat bertahan lebih lama.

7.      Dolby Surround
Dolby Surround menghadirkan suara yang jernih pada smartphone Lenovo.

8.      Harga Relatif Lebih Murah
Kelebihan terakhir yang dimiliki oleh smartphone Lenovo adalah harganya yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan merek-merek lain dengan spesifikasi yang sama. Hanya dengan budget kurang dari 2 juta saja, anda sudah dapat membawa pulang smartphone Lenovo dengan spesifikasi cukup tinggi.

·         Kekurangan Smartphone Lenovo
Walaupun memiliki banyak kelebihan, akan tetapi smartphone Lenovo masih memiliki beberapa kekurangan jika dibandingkan dengan brand lain seperti Samsung misalnya. Dibandingkan dengan Samsung, Lenovo masih kalah bagus dalam segi kinerja. Selain itu juga untuk beberapa tipe, smartphone Lenovo memiliki daya tangkap jaringan yang relatif kurang baik. Hal tersebut sangat wajar karena Samsung telah terjun terlebih dahulu dalam pengembangan smartphone, selain itu juga Samsung masih menduduki peringkat 1 sebagai produsen smartphone di dunia.

Harga Smartphone Lenovo

Smartphone Lenovo dibanderol dengan harga yang bervariasi. Harga tersebut tergantung pada spesifikasi yang dibawa oleh smartphone itu sendiri. Lenovo membanderol dirinya mulai harga 1 juta hingga lebih dari 4 juta rupiah. Lantas apa saja daftar harga smartphone Lenovo tersebut? berikut ulasannya..
1.      Lenovo A319
Lenovo A319 menjadi hp smartphone murah dari Lenovo. Harganya hanya Rp 975.000 saja. Dengan menggunakan prosesor Mediatek MT6572 dual core 1.3GHz membuat performanya lumayan mumpuni. Sistem operasi yang digunakan adalah Android Kitkat. Kameranya pun cukup lumayan dengan resolusi sebesar 5 MP pada bagian utama dan 2 MP pada bagian depan. Sayangnya, seri ini belum memiliki jaringan 4G.

2.      Lenovo A328
Seri ini menjadi seri termurah ke dua yang dimiliki Lenovo. Harganya hanya Rp 1.275.000. berbekal prosesor Quad Core 1.3 GHz membuat performanya lumayan lebih bagus jika dibandingkan dengan A319. Prosesor tersebut didukung dengan RAM 1 GB dan memori eksternal 4 GB. Namun lagi-lagi sayangnya seri ini juga belum mendukung jaringan 4G.

3.      Lenovo A6000
Seri Lenovo satu ini dapat dikatakansebagai salah satu seri termurah yang sudah mendukung jaringan 4G. Harganya hanya Rp 1.500.000 saja. Selain sudah mendukung jaringan 4G, smartphone in juga telah menggunakan prosesor snapdragon 410 Quad Core 1.2 GHz yang didukung dengan RAM 1 GB serta memori internal 8 GB. Kamera utamanya pun lumayan besar yaitu 8 MP dan kamera depannya sebesar 2 MP.

4.      Lenovo P90
Seri P90 menjadi salah satu smartphone kelas premium yang dimiliki Lenovo. Membawa prosesor berkecepatan 1.8 GHz Quad Core dari Intel Atom, serta dukungan RAM 2 GB dan memori internal 32 GB. Tentu anda dapat melakukan hal apa saja dengan smartphone ini. Maka tak heran jika Lenovo membanderolnya seharga Rp 4.000.000.

5.      Lenovo Vibe Z2 Pro K920
Selain P90 sebetulnya masih banyak lagi smartphone premium yang dikeluakan Lenovo. Salah satunya Vive Z2 Pro K920 yang dihargai Rp 7.500.000. Harga tersebut tentu sebanding dengan prosesor quad core 2.5 GHz, RAM 3 GB serta kamera utama 16 MP.


Nah, demikianlah berbagai ulasan mengenai smartphone Lenovo. Semoga bermanfaat, ya!

9 comments:

  1. Harganya terjangkau banget. tahan hantaman juga, hp suamiku Nyi :)

    ReplyDelete
  2. dulu saya pakai yang a7000+ mba, harganya ngak jauh beda sama yang A6000 tapi lebih bagus.

    tapi masih penasaran sama yang p90/ hehehe
    tapi juga, saya udah ngak pegang android hehehe

    ReplyDelete
  3. Aku suka banget sama Lenovo vibe K5plus ku ini, Nyi. Secara abis ngosngosan pake merk "A". No no lagi pake merk itu..Hihihi.. trus jadi penasaran sama vibe Z2 pro K920 :))

    ReplyDelete
  4. Saya pake Lenovo juga. Jangan lupa untuk di-root terus buangin aplikasi bawaan yang gak bisa diunstall manual.
    Pokoknya dioprek deh. DWYOR.

    ReplyDelete
  5. Pernah pake lenovo juga sampe kaca screennya itu pecah belah gara2 kebanting. Emang deh saya mah tega sama hape.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat