Thursday, 16 February 2017

Tips Membeli Oleh-oleh Khas Daerah

Tips Membeli Oleh-oleh
Tips Membeli Oleh-oleh



Nyipenengah.com – Oleh-oleh menurut kamus besar Bahasa Indonesia, ialah sesuatu yang dibawa dari bepergian, bahasa lainnya buah tangan.

Dan ngomong-ngomong soal buah tangan ini, pak Manager ternyata habis plesiran bersama anak dan istrinya. Kami selaku karyawan kecipratan deh buah tangannya. Ada madu mongso, bolu kering isi dan getuk goreng khas Purwokerto, Banyumas yang dibawakan untuk kami.

Kebetulan jam makan siang sudah lewat dan saya belum sempat untuk makan, eh ... ada rejeki nomplok. Langsung deh cus di makan, rasanya ya ... lumayan gitu. Mungkin karena tidak terbiasa di lidah, jadi agak aneh tapi enak #eh ... hahaha ini bagaimana sih!

Saya terkesima dengan madu mongsonya, dari cara mengamasnya unik. Dibalut dengan kertas warna-warni, kemudian ditali dengan benang, namun di dalamnya telah dikemas dahulu dengan plastik yang berbentuk segitiga. Kuliner yang disuguhkan memiliki cara yang kreatif, guna menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tradisi dalam membeli oleh-oleh setelah liburan atau bepergian sebenarnya bukan suatu keharusan. Tetapi prakteknya, agak sulit mengacuhkan hal ini toh nggak ada salahnya untuk memberikan oleh-oleh kepada kerabat dan saudara kan? Nah saya punya sedikit Tips Membeli Oleh-oleh Khas Daerah.




Lakukan survey

Biasanya ada beberapa kawasan yang dikenal menjual harga murah dan mahal Sebaiknya kita lakukan survey atau mencari referensi tempat membeli oleh-oleh yang murah. Karena biasanya, kalau bukan orang setempat akan terkena harga mahal terlebih turis yang menyukai cinderamata.

Pilih oleh-oleh yang berguna

Kadang kita bingung mau membelikan apa, tetapi sebaiknya kita pilih barang yang berguna untuk orang yang akan kita beri oleh-oleh.

Ingat bagasi

Membeli oleh-oleh jangan sampai lupa diri, sampai menjebol budget juga bagasi anda. Ingat, muat atau tidak. Maka belilah oleh-oleh yang sekiranya kita bisa membawanya dan tidak keberatan di perjalanan.

Oleh-oleh makanan perhatikan tanggal kadaluarsa

Biasanya kita asal beli dan lupa dengan tanggal kadaluarsa. Ini penting sekali, sayangkan kalau udah dibawa dari jauh-jauh sampai di rumah udah expired. Pilih yang tanggal kadaluarsanya lama.






13 comments:

  1. betul..aku kalo beli oleh0oleh mikir ntar muat bagasi apa enggak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk iya, kalo udah kebeli nggak muat aduh jadi repot kitanya :(

      Delete
  2. Saya jarang beli oleh2 karena males nawanya. Jadi ribet. Heheh XD

    ReplyDelete
  3. Bisa dicoba..

    Mantap...

    Follback www.mangandosetiawan.com

    Terima kasih

    ReplyDelete
  4. Wah yg kadaluwarsa itu lho, harus bener2 diperjatiin Nyi

    ReplyDelete
  5. Jarang beli oleh2. Klo pun iya,hunting yg ukuranya kecil jd bs muat banyak...hihihi

    ReplyDelete
  6. Jarang beli oleh2. Klo pun iya,hunting yg ukuranya kecil jd bs muat banyak...hihihi

    ReplyDelete
  7. Saya adalah salah seorang yang jarang membawa oleh-oleh kalau pulang dari mana-mana gitu. Bikin berat beban bawaan aja. Hehe

    ReplyDelete
  8. Wkwkw bener banget nih, tanggal kadaluarsa harus diperhatikan dengan seksama karena jangan sampai kita sudah sampai di kediaman domisili eh malah yang dibeli udah ga bisa dibalikin karena kadaluarsa

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat