Saturday, 4 February 2017

Rindu Pie Susu Bali

Pie Susu Bali



Nyipenengah.com - Sudah sebulan balik ke Jawa, tiba-tiba kepengen makan Pie Susu Bali. Biasanya tiap hari makan itu, eh sekarang buat nyari Pie Susu Bali susyehnya minta ampun hahahha ... trus kalau aku ngidam bagaimana nih :-D masak iya harus ke Bali dulu #Ngayal

Pie susu sebenarnya cukup banyak jenisnya di bali, ada yang rasa susu asli, ada yang rasa cokelat dan varian rasa buah lainnya. Tapi ya kebanyakan yang diminti yang pie susu murni.  Pie susu khas Bali, sekarang sudah banyak didapatkan dari orang-orang yang jualan di online, tapi ya harus pinter-pinter milih cari penjual yang menawarkan pie susu enak.

Saat iseng mengunggah foto pie susu di instagram, eh ... temen-temen pada komentar minta dibawain pie susu hahaha ... Pie susu biasanya tahan hanya untuk 5 hari, karena fla pie susunya bahan dasarnya telur, susu cair dan air maka tidak bisa tahan lama. Kemungkinan jika tahan lebih lama, sedikit tidaknya menggunakan bahan pengawet.


Pie Susu Bali

Walaupun belum pernah membuat secara langsung, tapi ngeliat sodara yang bikin kayaknya udah males aja praktik hahaha. Bikin pie susu gampang banget dibikinnya. Kita harus buat kulitnya dulu, biasanya bahan yang digunakan sih margarin, kuning telur, tepung teridu, gula purih, tepung maizena ama garam. Semua adoanan tersebut di aduk dan oleni sampai nggak lengket pokoknya. Oh iya, sebelum mencetak kulit pie susunya, oleskan sedikit margarin pada cetakan biar pas diangkat nggak kering atau nempel gitu.

Isi dari pie susu sendiri tentunya susu dong, tepung, telur, susu cair susu kental manis, gula pasir, vanili agar harum dan garam. Bahan isian itu di didihkan terus ditunggu dingin baru di taruh di atas kulitnya, kemudian di oven. Singkat banget sih sebenarnya cara bikinnya, nggak ribet. Tapi tetep aja kalau mau praktik males, wong udah ada jadinya hahha ...

Tiap main ke rumah sepupu, eh lagi-lagi suguhannya pie susu jadinya udah biasa banget kalau makan pie susu. Giliran udah balik ke Jawa, pengen lagi makan pie susu khas Bali. Hmmm ... aromanya kalau abis mateng itu sedappp serius bikin kangen. Nggak cuman kangen pie susunya, tapi juga kangen ibuku yang ada di sana.  Miss you Mom.

Oleh-oleh khas bali sebenarnya nggak cuman pie susu, ada pie legong ini mirip kayak bakpia yang khas banget di Jogja, cuma bentuknya agak gedean pia legong. Pia legong mang haganya agak mehong sih, tapi enak.

Pie Susu Bali


Ada kacang disko juga, dengan banyak rasa. Sebenarnya nggak jauh beda si sama sejenis kacang-kacangan yang lain. Cuma ya itu kacang disko bininan Bali, rempah-rempahnya  yang bikin beda. Secara masakan Bali sama Jawa, perbedaannya sangat terasa di lidah. Apa gegara aku yang udah kebiasa makan masakan Jawa, jadi kalau pas mudik kurang suka sama rempah khas Bali.

Tersebab apapun itu, aku mencintai keduanya,  ^_^



4 comments:

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat