Tuesday, 21 February 2017

Pentingnya Menjaga Kesehatan Tubuh

Pentingnya Menjaga Kesehatan Tubuh


Nyipenengah.com - Kesehatan tubuh menjadi hal yang paling penting yang harus dijaga. Kalau tubuh mengalami gejala meriyang atau sakit, kegiatan yang kita jalani  pasti tidak akan bisa dikerjakan dengan maksimal.

Sudah 5 hari saya beristirahat karena badan sedang meriyang (bukan merindukan kasih sayang lho ...!) Kali ini benar-benar tumbang dan harus bolos kerja. Kesehatan menurun, badan menggigil kedinginan, kulit tubuh terasa panas, hidung tersumbat dan kepala merasakan pening yang hebat. Entah lah sakit apa ini, kecapekan apa karena kehujanan. Yang jelas, saya butuh untuk berobat.

Alhamdulillah hari Jum'at saya berobat ke Klinik Mitra Medika. Setelah dokter memeriksa, tidak bilang apa-apa dan saya disuruh untuk menunggu resep obat. Ketika nama dipanggil dan diberi tahu berapa kali obat harus diminum, saatnya membayar obat yang saya dapat. Tapi tak dinyana, saya tidak perlu membayar. Kenapa? Masih dengan tanda tanya, eh ... ternyata untuk seseorang yang baru pertama kali berobat ke sana digratiskan dan kebetulan berobat saya jatuh di hari Jum'at. Rejeki banget sih, sakitku ini hehehe ...

Amunisi selain obat saya siapkan sekalian, dari madu, susu Bearbrand, pocari sweet, buah-buahan, roti, hydro coco dan lain-lain. Sakitku ini malah bikin kost-kostan udah kayak toko aja, maklum aku sakit harus mengurus keperluanku sendiri karena jauh dari keluarga. Untuk pegang henpon aja malas, apalagi membuka mata bawaannya pengen tidur melulu. Aktivitas menulis dan bekerja berhenti total, aih ... rindu menulis, rindu suasana kantor dan rindu melakukan semua aktivitas.

SMAN 1 Gemuh


Namun sabtu itu, karena sudah terlanjur janji untuk bisa mengisi dan mendampingi om Jeepban di Biznet, saya kuatkan tubuh ini untuk bisa berangkat. Alhamdulillah, pihak Biznet mau mengantar jemput. Sabtu, 18 Fenuari 2017 itu kami sharing bagaimana cara berjualan online kepada adek-adek dari SMAN 1 Gemuh dan Alhamdulillah acara berakhir dengan lancar.


Bukalapak


Sekembali pulang dari mengisi acara tersebut, badan ini kambuh lagi dan harus beristirahat deh dan lagi-lagi harus bolos kerja. Beberapa sahabat dekat menjenguk dan menemani di kostan. Ah ... betapa kesehatan begitu mahal harganya. Alhamdulillah, sekarang masih dalam masa pemulihan meski masih pening tapi saya nggak mau memanjakan badan mentang-mentang sakit lantas harus malas.

Sahabat, jangan lupa menjaga kesehatan tubuh ya! Mungkin cara ini bisa sedikit membantu agar kesehatan kita tetap terjaga dengan baik.



Jaga kesehatan dengan olahraga yang teratur

Olah raga yang setiap hari kita lakukan, bisa menyeimbangkan tibih kita dibandingkan tidak melakkan olah raga sama sekali. Maka lakukan olahraga yang simple saja, seperti jalan kaki atau joging tidak perlu yang berat-berat. Sedikit tapi selalu teratur akan jauh lebih baik dari pada tidak.

Selalu berpikir positif

Kadang tidak pernah kita sadari kalau stress, ternyata membuat kita bisa terkena penyakit seperti; darah tinggi, depresi dan lain-lain. Maka jauhkan pikiran kita dari hal-hal yang negatif.

Istirahat cukup

Jangan forsir tubuh kita dan otak kita untuk bekerja tanpa mengenal batas waktu. Tubuh kita butuh untuk beristirahat, apalagi otot tubuh juga jangan terus-terusan dipaksa bekerja. Otot yang tegang bisa membuat kita lebih mudah kelelahan. Jika sudah lelah yang parah, akan berimbas pada kesehatan kita.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Tubuh, jangan pernah diabaikan ya, Teman. Tetapi saya ingat hadist Bukhori, ada hikmah di balk sakitnya seseorang, Rosulullah bersabda,“Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan sejenisnya, melainkan Allah akan mengugurkan bersamanya dosa-dosanya seperti pohon yang mengugurkan daun-daunnya”. (HR. Bukhari no. 5660 dan Muslim no. 2571).

Semoga, sakit saya bisa menggugurkan dosa-dosa yang pernah saya perbuat, bagaimanapun sakit yang menimpa saya membuat saya selalu sadar bahwasanya saya membutuhkan Allah, sebagai Pelindung yang sebenar-benarnya. Semoga sahabat saya yang sedang sakit atau tertimpa musibah, disabarkan dan dikuatkan dalam menghadapi ujian-Nya. Aamiin.


Salam

16 comments:

  1. Kesehatan emang mahal Nyi...
    Saya suami dan anak baru mau sembuh ini setelah seminggu lebih sama2 tepar kena virus berjamaah.

    Sehat selalu ya Nyi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. teteh sekeluarga juga, ini pemulihan teh.
      Masih agak kunang2 ngadep layar, tapi ga enak bolos terus.

      Delete
  2. Sibuk banget Nyi. Jaga kesehatan, musimnya nggak tentu gini #Aku juga ngedrop :(

    ReplyDelete
  3. Semoga lekas sembuh dan pulih ya mba. Jaga kesehatan memang perlu banget :)

    ReplyDelete
  4. sehat-sehat ya nyi. Di sini lagi hujan dan beberapa tempat kena banjir. Kalo ga jaga kesehatan, gampang drop

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mba Helen, iya dimana2 banjir ya pasti banyak bakteri. Jaga kesehatan juga sekeluarga ya mba.

      Delete
  5. Kalo udah sakit emang kita kadang baru insyaf

    ReplyDelete
  6. Kalau pas kerasa meriang emang sebaiknya istirahat dulu mbak, moga sehat2 terus yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin mba April, iya ni harus istrhat seminggu sampe bosen

      Delete
  7. Cuaca seperti sekarang ini, menyebabkan banyak yang drop. Saya juga sempat drop, tapi alhamdulillah mulai pulih. Yang penting banyak minum, cukup makan dan cukup istirahat.

    ReplyDelete
  8. Aku juga didopping sama madu mba anakku suamikku juga langganan minum madu pokoknya dirumah nyetock :) smg kita smeua sehat selalu y mba

    ReplyDelete
  9. Halo mbak Nyipenengah 😊☺ ini mah blog superrrr mbak bukan sederhana. Cantik ciamik kece pokoknya. Tks infonya ya....kl aku olahraga paling suka berenang aja.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat