Monday, 6 February 2017

Getuk Singkong Peneman Badan Meriang


 
Getuk Singkong
Getuk Singkong

Nyipenengah.com - Sudah terhitung tiga hari ini radang, batuk dan flu nemenin hari-hariku. Namanya tinggal sendirian, kudu pinter-pinter jaga kesehatan kalau nggak gitu siapa yang mau ngerawat coba kalau lagi meriang gini?

Ndelalah pas libur tumbangnya, karena dirasa udah nggak kuat lagi kalau dibiarin akhirnya nekat deh keluar kost buat nyari obat. Eh ... apotik yang disamperin tutup dan kebetulan lagi pengen banget makan singkong gegara junior kampus pamer singkong goreng. Di Kaliwungu belum nemu yang specialis jual singkong, akhirnya getuk yang boothnya stay saban hari di depan Pasar Sore jadi tujuan.

Iseng nunggu antrian, ngevideo deh si mbaknya yang jualan sambil jeprat jepret. Warnannya selalu menggoda, rasanya juga manis dan ada kelapanya yang bersanding untuk kita nikmati. Sayangnya getuk ini nggak tahan lama, kalau dibiarin gitu aja. Jadi harus ditaruh di kulkas biar awet, semalam lupa getuk yang kubeli masih banyak. Mubazir deh kebuang, gegara udah keliatan nggak bisa dimakan.


Karena obat yang biasa kubeli cuma ada di apotik, yasudahlah beli obat seadanya aja di depan kost 'warung Santren' beli ultraflu buat menghambat ni pilek yang terus-terusan mengganggu. Ultraflu memiliki efek samping mengantuk, so habis minum tuh obat aku tidur. Kebangun pas Magrib, minum obat lagi sama makan getuk tidur lagi. Seharian liburan digunain buat istirahat tanpa melakukan aktifitas apapun. Yah ... hari ini lumayan mendinganlah. Walah pilek dan batuknya masih. Jaga kondisi badan yang teman-teman.

Bagaimana menjaga kesehatan secara alami? Kita harus memerhatikan beberapa hal, teman. Seperti :

Olahraga dengan rutin dan memakan makanan yang memiliki nilai gizi

Ini nih, yang aku paling jarang dilakuin hehehe ... olahraga. Mungkin sebab itu kali ya gampang kena penyakit, olahraganya kurang dan makanan dengan nilai giziku kasih kurang. Well, aku kudu mulai berbenah diri nih. Seenggaknya, joging di tempat setengah jam.

Banyak minum air putih

Jangan lupa minimal 8 gelas sehari ini pasti, ya! Karena idealnya dari para ahli nutrisi begitu. Yang demen nulis, yang kerjaannya di depan layar komputer pasti deh duduk melulu. Hindari duduk dengan terlalu lama, selingi dengan kita jalan-jalan bentar biar nggak gampang lelah. Selain air putih, asupan buah dan sayuran wajib kita konsumsi. Berguna mensuplai energi yang kita butuhkan dalam beraktivitas sehari-hari.

Jangan stress

Wanita gampang banget nih dilanda stress, apalagi buat ibu-ibu muda dan ibu rumah tangga yang memiliki bejibun tugas. Atasi dengan refreshing, tinggalkan sejenak aktivitas yang kita lakukan. Carilah waktu me time kita, misalnya dengan pergi ke salon memanjakan diri.

Simple banget kan menjaga kesehatan kita secara alami, semoga kiat ini sedikit membantu ya Gengs! Semoga kita semua selalu dilimpahi kesehatan, kebahagiaan dan kemudahan dalam menjalani kehidupan. Aamiin.


Salam 

22 comments:

  1. Sama saya juga hari ini tumbang Nyi. Badan meriang, hidung mampet dan kepala pusing. Seharian ini tidur2an aja.

    Btw di saya juga ada nih singkong, tapi dibuat tape dan keripik trasi. Belum matang semua sih. Baru dua hari ini buatnya. Kalau dekat ta bagi dech :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo teh, ini lagi musim sakit kali ya? Atau mang musim pancaroba. Samaan ini kudu kerja juga hedeh hwhwhw semangat Teh.

      ada singkong tapi dibikin getuk teh, aku suka yang rebusan. Oh di sana dibuat tape sama keripik, kapan2 bikin ulasannya teh. Lekas sembuh ya Teh.

      Delete
  2. seru juga ya mbak, nggak dapat obat batuk nemunya getuk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk iyo og mba :-D
      Nggak papa wes penting bisa ndang waras :-D

      Delete
  3. Rasanya belum pernah nyobain, enak ya mba? *penasaran..

    ReplyDelete
    Replies
    1. manis legit :-D
      main sini ke Kaliwungu mba, tak beliin

      Delete
  4. Ternyata kita samaa...seminggu ini badan kurang sehat. Tapi saya gak ditemani getuk. Duuh...jadi pengeen...

    ReplyDelete
  5. getuk klaten juga enaak...wahhh jadi kangen kampung halaman suami nih makanannya beginian mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo balik klaten mampir Kaliwungu mba Lingga :-D
      tak icipin getuk ini

      Delete
  6. Kalo di tempatku ini namanya gethuk lindri. Enak warna-warni manis. Hmmmm jadi ngiler deh dan ingat udah lama banget nggak makan gethuk lindri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gethuk lindri yang di serut memanjang gitu mba, nek iki aku nyebute gethuk biasa :-D

      main sini mba Na, tak beliin sekerdus habisin ya

      Delete
  7. aku bulan kemaren sempet sakit, bedrest samp 3 hari huhu
    lagi musimnya orang sakit skrg :3

    btw aku udah lama ndak nemu getuk di sini huhu
    jadi pengeen >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pengen main ke sini aja mba hahahah
      kalo dipaket basi :-D

      Delete
  8. Cuacanya memang lagi ekstrim, flu dan batuk banyak melanda. makasih sharingnya nyi ...

    ReplyDelete
  9. sudah lama nggak makan getuk singkong itu, bagi dong mbak hihihi

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. mayan enak beb, nek lagi sakit gini ya rasanya dimulut pait :(

      Delete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat