Tuesday, 22 November 2016

Perkembangan Janin di Kehamilan 7 Bulan

Perkembangan Janin di Kehamilan 7 Bulan
Perkembangan Janin di Kehamilan 7 Bulan


Nyipenengah.com - Beberapa waktu lalu, setelah acara kopdar di Semarang, ada teman saya yang sedang hamil. Dia merasakan agak susah bernapas karena posisi kandungannya membesar. Ketika saya tanya berapa usia kandungannya, ia menjawab, "Usia ke tujuh".

Waow saya kaget, kayaknya baru aja kemarin ketemu dia masih single, aih ... cepat sekali waktu berganti ya? 

Ia bercerita kepada saya, kehamilah yang sudah menginjak 7 bulan, posisi bayi akan sering berubah-ubah. Karena saya belum pernah ngerasain hamil, jadi saya agak deg-degan juga.  Ia harus rutin 2 kali seminggu, untuk melakukan pemeriksaan agar tahu letak posisi janinnya. Setelah USG dilakukan pun, dokter akan memberi tahu apakah bayinya bisa lahir pada waktu yang tepat, atau mungkin juga akan lahir prematur.

Normalnya janin di kehamilan 7 bulan ini, posisi kepanya akan ada di bawah dan kaki berada di sisi atas. Menuju waktu persalinan yang 9 bulan tersebut, bayi akan menyesuaikan posisinya. Tetapi saya ditekankan oleh sahabat saya ini, agar jangan sampai kecolongan pada posisi bayi yang sungsang (kaki di bawah, kepala di atas).

Janin di kehamilan 7 bulan ini, membuat dia sering mengalami nyeri di pinggang. Katanya ada tekanan kepada organ dalam dan ini akan terjadi semakin sering, seiring ukuran dan bertambahnya bobot bayi. Salah satu tekanan pada organ dalamnya ialah ke usus dan rektum yang bikin sembelit. Sementara tekanan kepada kandung kemihnya akan membuat kita rajin buang air kecil. Sangat lelah membayangkan bagaimana rasanya, "Nano-nano deh", ucap dia dengan ketawa.


"Ada masa keemasan pada perkembangan anak," ucap dia melanjutkan cerita, "dimulai dari usia janin 7 bulan hingga 5 tahun. Jadi kita sebagai calon ibu harus memberikan rangsangan dan sugesti positif kepada calon bayi agar kelak menjadi anak cerdas yang membanggakan".

Janin di kehamilan 7 bulan, mata akan terbentuk secara sempurna dan pertama kalinya mata akan membuka, sedikit demi sedikit untuk menerima rangsangan cahaya. Telinganya juga sudah bisa menangkap suara-suara dari luar. Perkembangan janin di kehamilan tujuh bulan ini, calon dedek bayi akan melakukan gerakan bernafas, bukan bernafas seperti manusia menghirup udara, melainkan air. Kenapa? Untuk persiapan kelak saaat lahir, Masyallah luar biasa sekali karuniaMu. Semoga bincang-bincang dengan sahabat saya ini, bisa sedikit memberi gambaran. 


       Salam



8 comments:

  1. Aku pikir kamu, Nyi.. yang hamil hehe Mbakku usia 3 bulan udah nyeri pinggangnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pinggulnya kecil apa gede?

      wkwkwk makanya langsung kau klik yo Pin hahhaha #jebakanbatman

      Delete
  2. jadi ingat waktu hamil dulu, 7 bln udah gede aja

    ReplyDelete
  3. 7 bulan dah nendang terus ke sono kemari. Jadi inget waktu hamil :)

    ReplyDelete
  4. Yang juga sgat penting bagi ibu hamil adalah kecukupan nutrisi dan pemilihan makanan, hindari makanan2 yang di awetkan. Pastikan bahan makanan setengah jadi berbahan dasar alami seperti pembungkus sosis nya yang harus alami | asumsi bumi datar dan bumi bola |arts and crafts home interiors

    ReplyDelete
  5. Aih Nyi, saya sampe bertanya2, ini berita nikahnya kapaan, tahu2 sudah hamil 7 bulan? Ternyata cerita tentang kawan toh hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat