Thursday, 13 October 2016

Sudah Layak Terbit Blook dari Ety Abdoel

Ety Abdoel
Profil IG Ety Abdoel


Nyipenengah.com - Keyword kocokan arisan ke 11 dari group Blogger Perempuan kelompok empat, ialah Blogger Solo yang bernama Ety Abdoel. Pada 11 February 2013, ia resmi memiliki blog selfhostes, terhitung 3 tahun sudah ia berkecimpung di dunia blogging. Sudah banyak artikel yang beliau bagi dan saatnya membuat "blook".

Apaan sih "blook" itu?

Sebenarnya sudah banyak kita temui, bahkan mungkin pernah membeli blook. Blook ialah istilah yang digunakan untuk sebuah buku yang diterbitkan, yang berasal dari konten blog. Blook sendiri gabungan dari kata 'blog dan 'book', istilah yang kali pertama dicetuskan oleh Tony Pierce tahun 2002 dan saya rasa Mom Blogger Ety Abdoel sudah layak untuk menerbitkan blook dari blognya.

Bagaimana sih proses sebuah blog sampai bisa dibukukan oleh penerbit?

Blog yang sehari-hari kita isi konten di dalamnya, pastilah memiliki statistik data pengunjung. Dari statistik inilah, bisa ketahui tulisan blogger dapat dinilai, alih-alih sebagai riset pasar oleh penerbit. Oleh sebab itu penerbit tertarik untuk menerbitkannya, penulis blook sendiri lebih dulu tenar menjadi blogger sebelum bukunya sendiri terbit.

Siapa aja blogger di Indonesia yang sukses  menjadi penulis blook?

Raditya Dika, blogger kocak yang sekarang menjadi selebriti yang mengawali karir nulis dari blognya kambingjantan.com. Karena statistik pengunjungnya banyak dan ia sudah memiliki penggemar , jadilah penggemar tersebut menjadi pembeli yang potensial.

Trinity, yup! Seorang traveler yang telah berkeliling di 37 negara dengan berbagai kisah perjalanannya di naked-traveler.com. Trinity sendiri tidak pernah membayangkan jika, aktivitasnya ini bakalan bisa menghasilkan uang dan menghasilkan blook yang laris manis.

Genta kaskuser addict, anggota forum online kaskus yang menjadi terkenal, semenjak menulis cerita dengan nuansa horor berjudul 'keluarga tak kasat mata'. Yang kemudian akhirnya diterbitkan oleh penerbit besar. Demikian halnya dengan Ety Abdoel, berbagai artikel bermanfaat telah ia bagikan di bloggnya etyabdoel.com. Dari tips bagaimana; Cata Mudah Repost Instagram, Tips Anak Mogok Sekolah dan lain-lain.

 Ety Abdoel
Popular Post di Blog Ety Abdoel 

Profil sukses penulis blook di atas bisa kita jadikan, acuan ke depannya bagi penulis blog untuk bisa terispirasi melakukan hal serupa. Keseriusan bunda Ety Abdoel inilah, yang berpotensial dan sebenarnya blog juga bisa kita jadikan jalan pintas dalam menerbitkan sebuah buku. Nggak percaya? Nggak pake lama, kepoin aja bunda Ety Abdoel yok!






18 comments:

  1. Mba Dedew juga punya buku AKD dari blog loh, ayo masukin list, hahaha

    ReplyDelete
  2. Awalnya aku kira mba salah nulis. Eh teryata beneran ada ya blog dan bbok dgabung gitu. Hihii. Mba Ety, rajin update blog kecee

    ReplyDelete
  3. Wah, aku jadi tau mbak ada istilah blook :)

    ReplyDelete
  4. Yaampun Nyi, itu cita2ky banget bisa nerbitin blook.
    Raditya Dika aku ngikutin dari jaman blognya di Kambing Jantan.
    Ada lagi satu blook yg aku sukaaa banget. Diary dodol seorang istri punyanya Bebi Haryanti Dewi. Itu blognya di multiply padahal.
    Doakan aku bisa ya Nyi. Someday. Sekarang harus semangat ngisi blognya. Yuk lah :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Allah. Semoga tergenapi Nyak.
      Fokus kesatu tema itu Nyak, yang membahas dapurNyak Rotun itu lebih potensial jadi Blook kayaknya Nyak.

      Delete
  5. Yeay pengetahuan baru. Aku baru tahu tentang blook ini hehe. Ke mana aja yah aku :"")

    Wah jd pengen nerusin cerbung di blogku yg terbengkalai deh.

    Makasih infonya, kak! :D

    ReplyDelete
  6. Aku blm ada buku dr blog....
    Kalo mau buat buku, novel aja kayanya hihihi

    ReplyDelete
  7. Pengen juga suatu saat nulis buku. Tp klo dr blog? Hm.. mungkin ga ya :D semoga hehe

    ReplyDelete
  8. Harus giat nulis nih supaya blogku someday dilirik penerbit

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat