Saturday, 10 September 2016

Pikat Pembacamu dengan Kalimat Pertama



Nyipenengah.com - Yup, masih saja pembahasan postingan saya soal menulis dan mentornya masih sama; ialah mba Primadonna Angela. Waktu yang singkat itu ternyata membawa daya magic dan ilmu yang sayang jika tidak di bagi.

Pikat pembacamu dengan kalimat pertama, hingga mereka terus ingin berlanjut membaca cerita/tulisan yang sedang kita garap. Jika masuk ke rumah itu selalu melalui pintu, maka buatlah sesuatu yang tidak biasa, misalnya masuk kerumah lewat atap genting, lewat jendela kamar atau apa pun agar cerita yang baru kita tulis memberikan aksi/tindakan bagi pembacamu.

Kalimat pertama yang kita tulis sebaiknya, menimbulkan rasa ingin tahu, tidak panjang dan mudah dimengerti. Unsur kalimat pertama hendaknya berisi gagasan yang sekiranya pembaca, bertanya-tanya mau dibawa ke mana nih, ceritanya.Kosa kata dalam bercerita juga wajib diperhatikan, karena pembaca akan menebak-nebak genre apakah tulisan kita. Kalau ceritanya horor, tuangkan kata-kata seram, kalimat-kalimat yang membuat begidik pembaca. Jika cerita komedi, maka tulis banyolan-banyolan yang akan membuat pembacamu tertawa.

Dari kalimat pertama tersebut, kembangkan menjadi paragraf pertama yang menarik dan memikat. Karena kalimat pertamamu, adalah penentu. Apakah pembaca mau menginvestasikan lebih waktunya untuk membaca karyamu hingga ending.

Latihan!

Coba tuliskan tiga kalimat pertama, lebih banyak, lebih baik dan lebih cetar dari yang pernah ada.

Selamat megerjakan!

3 comments:

  1. Batuk, Obat, Ampuh.

    Itu Nyi tiga kata yang lagi saya pikirin hhehehehehe, palingan gini kata pembukanya.

    Apa obat Ampuh untuk sembuhkan batuk?
    Jawabannya : TETOT...belom tau :(

    ReplyDelete
  2. Aku cinta kamu :) 3 kalimat pertama. :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat