Thursday, 10 March 2016

Senja di Pelabuhan Tanjung, Kendal


Nyipenengah.com- Senja di pelabuhan Tanjung, Kendal  sore itu menjadi pelepas lelah sepulang kerja. Tanpa terencana saya dan sahabat saya Oky, memutuskan ke sana berbekal motor milik Sipit yang ditinggal di kostan saya. Katanya pelabuhan itu sudah menjadi lebih bagus dari sebelumnya, makanya saya penasaran sekali ingin ke sana. Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, telah meresmikan pelabuhan Tanjung, pada Minggu 21 Februari 2016. Bupati Kendal yang baru dilantik ibu Mirna Annisa dan Wakil Gubernur Jateng, Heru Sudjatmoko juga memberikan pendampingan atas peresmiannya.




Terhitung sejak dibangun, pelabuhan Tanjung yang terletak di desa Mororejo ini sudah memiliki umur 12 tahun dan menghabiskan dana 200 miliar dari APBN, APBD Jateng dan APBD Kendal. Harapan dengan dibangunnya pelabuhan Tanjung, bisa menjadi gerbang pembuka Maritim, Kabupaten Kendal mengingat tingginya jumlah penumpang dari pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.



Sayangnya setelah sampai di pelabuhan Tanjung, masyarakat belum diizinkan masuk kecuali waktu weekend saja. Akhirnya saya duduk-duduk di samping jalan masuk, dengan menikmati seplastik es teh, karena panasnya cuaca.
Sepanjang perjalanan menuju lokasi pelabuhan Tanjung, saya sempat melirik lokasi pemancingan yang baru berdiri. Rencana kalau saya gagal hunting foto di pelabuhan saya mau mampir ke sana. Dan akhirnya jadi kenyataan. Lihat deh, betapa indahnya langit senja yang saya nikmati di kolam pemancingan Mas Har.










Ohya, untuk pergi ke pelabuhan, sahabat harus naik motor, karena belum adanya angkutan untuk menuju ke lokasi. Pelabuhan Tanjung mudah diakses karena berada di jalan arteri. Apabila anda dari arah Jakarta maka anda menolehlah ke arah kiri ada pintu gerbang warna biru bertuliskan, "Selamat Datang Pelabuhan Kendal", sementara jika anda dari arah Semarang gerbang tersebut berada pada posisi kanan jalan. 

Kalau weekend pelabuhan ramai pengunjung, lho. Dari anak kecil, bayi, sampai orang dewasa. Jangan takut kelaperan kalau ke sana, soalnya banyak pedagang yang mremo jualah ke sana. Dari Sate, siomay, cilok, apa aja ada hehehe ... selamat berkunjung.  Semoga  pembangunan pelabuhan Tanjung, Kendal segera selesai dan kapal Kalibodri bisa beroperasi. 



2 comments:

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat