Wednesday, 23 March 2016

Kendal Hits: Taman Gajah Mada


Nyipenengah.com - Taman Gajah Mada ialah salah satu taman yang dibangun dalam rangka penerapan Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) yang sudah diberlakukan sejak 2012 lalu, tetapi taman Gajah Mada sendiri selesai pembangunannya dan bisa diakses oleh masyarakat pada akhir 2015.


Di Kendal sendiri sudah ada tiga lokasi pengembangan kota hijau, Taman Garuda, Taman Kalireyeng sebelah Stadion Utama Kendal dan Taman Gajah Mada di Karangsari. Menurut Kepala dinas Ciptaru (Cipta Karya dan Tata Ruang) Ir. M Nuur Fauzi, MT, taman Gajah Mada dibangun bertujuan untuk tempat melepas lelah, menghibur dan refreshing untuk dinikmati masyarakat Kabupaten, Kendal.

Taman Gajah Mada memiliki fasilitas aneka permainan untuk anak-anak, tempat duduk yang disebar menyeluruh di berbagai lokasi, toilet, gazebo, tempat parkir yang luas dan fasilitas wifi juga ada, lho! Taman bunga dan pepohonan menjadi hiasan utama yang ditonjolkan selain tempat bermain untuk anak-anak. Ayunan salah satu permainan yang sering dijadikan ajang bermain pun untuk berfoto, "Biar kekinian, hahaha ...," ucap salah seorang sahabatku yang minta di antar ke sana. Memang taman Gajah Mada lebih bagus dan lebih banyak spot untuk berfoto.



Banyak pedagang juga lho di sana, apalagi hari minggu, berbagai dagangan dan jajanan dijajakan di sana, tidak perlu repot membawa dari rumah, namun jika ingin membawa juga tidak apa-apa. Taman Gajah Mada ini didanai sebesar 4,5 miliar oleh pusat, Pemkab Kendal sendiri menyiapkan lahanya yang seluas 7.0000 meter persegi.
Pak Fauzi berpesan, dengan adanya wifi semoga bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk browsing tentang pengetahuan dan diharapkan masyarakat Kendal, mau menjaga kebersihan dan keindahannya.
"Setiap kecamatan akan didirikan taman serupa untuk ketersediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH), agar bisa jadi hutan kota dan dimanfaatkan sebagai lokasi publik untuk masyarakat," tutur M Nuur Fauzi, MT.


Yah, apa pun bentuknya yang dilakukan oleh pemerintah, semoga selalu amanah dalam menjaga kepercayaan masyarakat. Dari masyarakat dan kembali untuk masyarakat. Aamiin. 
Taman Gajah Mada bisa dikunjungi di Karangsari, perempatan arah ke Stadion dan ke Banyutowo, masuk terus sebelah gedung UMKM Kendal, masuk ke kanan. Udah deh sampe, kamu bakal disambut oleh parkiran yang luas, yang memiliki tembok graffiti keren.


5 comments:

  1. Senang kalau pemerintahnya peduli dengan hijaunya kota. Masyarakatnya jadi ikut termotivasi untuk menjaga :)

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, semoga seterusnya amanah ya Kak

    ReplyDelete
  3. Wah tamannya keren sekali, bener-bener keren :D

    ReplyDelete
  4. Hloh gan.. itu yang cowok yg pakai baju putih temenku, namanya Ahmad Solikhin. Situ temenya ya ??

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat