Tuesday, 22 March 2016

Explore Kendal: Mari Blajar Gallery


Nyipenengah.com - Mari blajar gallery didirikan oleh Om Anja GM, dari tahun 2014, di Jalan Waluyo, No:4, Kendal. Awal mula mengenal Mari Blajar Gallery ialah dari sahabat saya Oky, Sipit dan Pipit yang gemar sekali eksis dalam mencari tempat hunting foto. Selepas balik kerja tercetus ide, kenapa kita nggak ke sana aja? Toh deket ini, di seputaran Kendal. Saya sih oke aja, sepanjang ada yang nebengin, secara anak kos di ajak jalan-jalan pasti senenglah dan keberuntungan saya juga memiliki sahabat-sahabat yang demen foto, jadilah kecipratan diajak kekinian, hahaha ....



Back to topic, searching tempat pun dimulai, dari arah Kaliwungu kami nemuin perempatan BNI lalu belok ke kanan, dekat dengan SMA Trisula, Kendal. Kami langsung saja parkir, karena udah niat banget untuk ke sini. Sapa ramah pun disambut oleh om Anja, owner Mari Blajar Gallery. Kami ditanya darimana dan disuruh isi buku tamu sekaligus, mengisi kotak seikhlasnya untuk pengembangan tempat, "Mari Blajar Gallery", kemudian kami dibebaskan berekspresi untuk foto. Mri Blajar Gallery memiliki beberapa spot tempat, di depan ada buku-buku hibah dari teman-teman agar minat baca meluas, kemudian masuk ke ruang utama. Ke arah belakang ada kamar mandi, dapur dan taman kreatif. Sebelum masuk ke ruang belakang, ada tangga menuju lantai atas, nggak kalah seru lho tempat spot foto di atas.



Saya menyempatkan melakukan wawancara di sela-sela sesi menunggu sahabat yang lagi asik berfoto. Om Anja memiliki motivasi untuk anak muda Kendal, khususnya pelajar dari kurikulum baru ini yang berangkat pagi sampai sore, disiasatinya dengan edukasi ringan. Filosofi Mari Blajar Gallery sendiri ialah: Mari Blajar Bersama-sama dari yang Sederhana bisa menjadikan Apa-apa. Membudidayakan tepo seliro, menanamkan remaja muda untuk sadar akan etika sopan santun dengan cara simpel, diawali dengan salam.

"Siapa pun bisa datang ke sini," ucap om Anja, "Saya tidak membeda-bedakan, mari saling belajar, membuat strategi baru. Yuk, rame-rame berkolaborasi bikin seni," pesan om Anja dengan semangat.
Yang menjadi pusat perhatian saya ialah kalimat, STAY WITH ME seolah membius dan benar om Anja sendiri bilang, jika kalimat stay with me itu sendiri ialah kata-kata yang ngepop yang memiliki artian khususnya. Siapa saja yang sudah datang dan masuk ke dalam sudah terlibat dalam mendukung terciptanya Mari Blajar Gallery.


"Dari mana sih Om dana atau properti lain yang semuanya ada di sini," kata saya karena penasaran. Artnya ngena, gambarnya oke, properti dari botol, barang-barang antik lama bisa jadi sesuatu yang wah banget.


Om Anja tertawa, "Semuanya biaya sendiri dan sumbangan dari teman-teman." So, buat kamu yang mau meraimakan, "Mari Blajar Gallery", bisa mendonaturkan buku untuk dibaca, barang bekas atau hal yang lain yang bermanfaat dan diolah lagi untuk kepentingan bersama. Mari blajar gallery juga sudah seringkali memenangkan beberapa perlombaan dan ajang bergensi loh. Banyak volunter/relawan yang menyumbangkan karyanya, ialah Rudy Acong (fotografer/film), Lutfi Trianto (team kreatif), anak-anak gambar, anak-anak film. Mari Blajar Gallery, juga sering dibuat ajang diskusi, membuat  film, shooting dari beberapa sekolahan yang ada di seputaran, Kendal. Namun, tetap om Anja mengontrol para anak muda dalam melakukan kegiatan berekspresi dalam seni, agar tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif.

Om Anja berpesan, "Kita sebagai manusia tidak bisa hidup sendiri, Allah menciptakan manusia untuk menjadi mahkluk sosial. Hal apa pun bisa dicapai dengan keinginan, kadang pula kita lalai dan ceroboh atas kebanggaan dan kesombongan yang kita punyai, tetapi dengan kebersamaan kita bisa mengevaluasi segalanya menjadi lebih baik."
Untuk yang ingin berkunjung ke Mari Blajar Gallery, silakan datang ke Jalan Waluyo, No:4, Kendal. Yang mau ngepoin IG Om Anja, search aja @Om_Anja. Buka dari jam 8 pagi hingga 9 malam.

"Karena membahagiakan dan memberikan kesenangan nggak harus dengan materi," tutup Om Anja dalam percakapan kami, karena malam sudah semakin larut.
Thanks om Anja, untuk kebahagiaan dan kesenangan yang sudah diberikan untuk generasi muda, terima kasih telah memberikan wadah yang positif bagi kami.

Semoga sukses selalu dan terus berkontribusi dalam membimbing generasi muda. Salam Hangat.

2 comments:

  1. Keren idenya Om Anja.
    Kalau tempat seniman pasti artistik ya.
    Betah tuh buat foto-foto.

    ReplyDelete
  2. Iya og, Kak. Rame yang datang, spot fotonya macem-macem, bikin betah :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat