Tips Penting dalam Pemasaran Online di Media Sosial

1 comment


Tips Penting dalam Pemasaran Online di Media Sosial - Marketing online atau pemasaran online, pengertian gampangnya adalah cara menjual melalui internet. Apa yang dijual? Bisa produk bisa jasa, tergantung apa yang anda tawarkan. Keduanya bisa dipasarkan melalui online.



marketing social media media social marketing internet marketing marketing online	 online marketing
Tips Penting dalam Pemasaran Online di Media Sosial


Online marketing ini banyak sekali yang bisa kita sasar, dari social media, marketplace, sampai dengan website. Namun, masing-masing online marketing ini punya alogartima masing-masing. Kita harus memahaminya dan tidak bisa menyamaratakan.

 

Apalagi di era digital ini, marketing social media menjadi cara terampuh untuk berjualan daripada offline. Ini tidak lepas dari perilaku hidup dari manusia jaman sekarang yang sudah berubah, semuanya melalui internet. Manfaat pemasaran online sendiri ya, membuat orang mudah menemukan produk yang kita jual.

 

Nah, sebelum memasarkan produk atau jasa  dengan internet marketing. Ada baiknya, memahami alogaritma social media tersebut.

 

 

Tips Penting dalam Marketing Social Media

 

1. Mengoptimalkan fitur dari social media tersebut

 

Segala macam social media punya fitur tersendiri yang bisa dimaksimalkan, sebagai media untuk berkomunikasi dengan pengguna lain atau penggemar.

 

Misalnya nih instagram yang sedang seru, mengunakan reels. TikTok menggunakan challenge lagu, dan lain sebagainya. Pahami cara mainnya dan maksimalkan dalam berjualan.

 

2. Manfaatkan penggunaan robot sebagai customer cara

 

Pernah ngalamin buka website ada yang menyapa menanyakan apa yang sedang kita butuhkan? Bisa jadi itu bantuan robot yang dipasang oleh pemilik website untuk memudahkan customer cara.

 

Mengapa penggunaan robot diperlukan? Hal ini untuk memudahkan menjawab, kalau satu persatu kan capek, apalagi tenaga manusia. Dengan robot bisa menghemat waktu tim CS itu sendiri.

 

3. Jika ada budget tidak ada salahnya menggunakan iklan berbayar

 

Apabila bisnis anda sudah berjalan dengan baik dan lancar, tidak ada salahnya mengalokasikan dana untuk mengiklankan produk/jasa yang dijual.

 

Baik facebook atau instagram sudah menyediakan fitus iklan yang bisa digunakan. Ingat juga untuk membuat konten yang menarik agar target konsumen anda jatuh cinta.

 

4. Pantau analitik untuk mengukur penjualan

 

Sebelum ada internet marketing seperti jaman sekarang ini, para pebisnis agak kesulitan dalam mengukur pencapaian bisnisnya. Karena pemasaran jaman dulu menggunakan baliho, radio, TV, dan lain sebagainya. Masih cara tradisional istilahnya, tapi sekarang sudah ada analitik yang menyagikan engagement yang dijadikan analisa bisnis.

 

5. Pake robot boleh, tapi jangan terlena

 

Bantuan pesan otomatis menggunakan robot tidak ada salahnya, tapi jangan semuanya dijadikan serba robot ya. Ingat konsumen kita adalah manusia yang harus dibangun kedekatan emosinya. Jadi tetap bangun interaksi dan pahami calon konsumen dengan baik.

 

6. Gunakan kemudahan social shopping untuk calon konsumen

 

Menggunakan sosial media untuk berbelanja memang memudahkan, prosesnya jadi lebih cepat. Tinggal pesan barang, transfer, beres, dan nunggu kiriman sampai.

 

Tapi media sosial aja tidak cukup, lengkapi dengan kehadiran website agar bisnis makin terlihat profesional. Cara yang memudahkan, berikan tombol 'add to cart' yang kemudian menuju form data pengiriman lantas pembayaran via transfer bank.

 

Demikianlah yang dinamakan social shopping, kemudahan dengan cara yang instan bisa meningkatkan calon konsumen berdatangan.


Semoga 'Prinsip Penting dalam Pemasaran Online di Media Sosial', di atas dapat bermanfaat ya teman-teman. Baca juga '8 Jenis Strategi Pemasaran Online Paling Efektif dan Mudah'. Salam. 

 

Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

1 comment

  1. sejak pandemi, kantor aku juga mulai gencar mengoptimalkan sosial media, semua karyawannya diwajibkan posting "jualan"
    dan biasanya, memang berhasil cara marketing melalui sosmed ini

    ReplyDelete

Post a Comment