Menikmati Sepiring Nasi Jagung Di Umbul Songo, Kopeng

Post a Comment

Menikmati Sepiring Nasi Jagung Di Umbul Songo, Kopeng - Sebelum peserta Field Trip Ayo Dolan Nang Kabupaten Semarang, menjelajah wisata alam Umbul Songo. Kami menikmati makan siang di tengah guyuran hujan yang jatuh.


salatiga dingin kali pasang salatiga kopeng masuk wilayah mana air terjun di kopeng
Sepiring Nasi Jagung Di Umbul Songo


Sudah lama saya tidak bercengkrama dengan udara dingin daerah atas, ini kali pertama setelah pandemi saya melakukan perjalanan. 

Alhamdulillah bersama dengan sahabat-sahabat yang luar biasa hebat, hujan yang turun justru membuat kami merasa hangat. 

Momen-momen seperti ini jarang terjadi bukan? Sembari menikmati sepiring nasi jagung yang disediakan, saya melahap habis menu yang disajikan. 

Yang paling tak terlupakan itu menu sayur asemnya, kuahnya kental, bumbunya terasa, dan ada potongan daging yang menyelinap di antara sayuran. Ketika masuk ke dalam mulut, sensasinya luar biasa. 


Saya memilih nasi jagung karena sudah lama tidak menikmati nasi ini, kalau nasi beras toh setiap hari ya kan? Jadi mencoba yang berbeda dari yang biasanya. 


salatiga dingin kali pasang salatiga kopeng masuk wilayah mana air terjun di kopeng
Menu makan siang,  Di Umbul Songo


Menu lauk yang lain juga disediakan oleh pengelola Umbul Songo yang menyambut kami. Saya mencicipi urapan juga, bumbu kelapanya juga sedap. Rasanya kalau ingat menu-menu yang disajikan saya ingin kembali berkunjung. Kabupaten Semarang, memiliki pesona yang menggoda memang. 



Belanja Sayur dengan Harga Murah



Jika teman-teman ingin berkunjung ke wisata Umbul Songo, Kopeng, Kabupaten Semarang ini tiket masuknya murah kok, Rp20.000 per orang untuk hari biasa. Sementara untuk hari libur akan dikenakan harga, Rp25.000 per orang. 


Seperti yang sudah saya tulis pada postingan sebelumnya berjudul '5 Atraksi Wisata Alam di Umbul Songo Kabupaten Semarang', kita bisa menikmati beragam atraksi yang disediakan. Jika diibaratkan hutan, Umbul Songo ini merupakan sebagian kecil dari hutan yang besar. 


Sebelum menjelajah wisata Umbul Songo, juga sebaiknya persiapkan fisik yang kuat. Karena kita akan menjelajah, dengan tracking yang lumayan sembari menikmati alam. Kalau capek, bolehlah duduk-duduk dahulu karena banyak taman dan gazebo disediakan. 


salatiga dingin kali pasang salatiga kopeng masuk wilayah mana air terjun di kopeng


Yang suka berenang, bisa juga menikmati kolam renang yang disediakan. Waktu kemarin bertandang, kolam renang belum dibuka karena baru saja pariwisata Kabupaten Semarang dibuka ya kan? 


Selesai mengelilingi Umbul Songo, ketika pulang teman-teman juga bisa berbelanja sayur yang ditawarkan oleh ibu-ibu penjaja sayuran. Bunga-bunga juga banyak tersedia di sebelah Umbul Songo. 


Berbagai macam sayuran ditawarkan, ada tomat, sawi putih, sawi hijau, kentang, buah jambu, jagung, dan lain sebagainya. Kemarin saya tidak membeli, karena di rumah ibu bilang masih banyak sayuran. Dan mau beli buah, ternyata sudah habis terjual. 


Belum lagi bawaan saya banyak dan nebeng sama Zain, kami mengendarai motor pulangnya jadi merasa nggak enak. Bukan bermaksud nggak mau membantu pedagang lokal, cuma kalau jadinya mubazir ya sedih aja. 


salatiga dingin kali pasang salatiga kopeng masuk wilayah mana air terjun di kopeng
Umbul Songo


Semoga next time kalau balik ke Umbul Songo, saya bisa membeli sayuran atau buah-buahan yang dijajakan di sana. Semoga ada umur panjang dan rejeki yang melimpah. Aamiin. 


Terima kasih Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, yang sudah menyelenggarakan Field Trip Ayo Dolan Nang Kabupaten Semarang untuk para penggiat pariwisata. Sukses buat semuanya, salam. 

 


Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

Post a Comment