Pentingnya Sebuah Website untuk Meraup Untung di Dunia Digital

15 comments


Pentingnya Sebuah Website untuk Meraup Untung di Dunia Digital - Apa itu website bisnis? Adalah identitas bisnis kita di dunia online. Manfaat website sendiri, salah satunya untuk menjangkau pasar lebih luas lagi di dunia digital atau online.


cara membuat website contoh website	 manfaat website jenis-jenis website fungsi website dan contohnya apa itu website bisnis
manfaat website


Jadi begini, kalau di dunia offline jika kita membangun usaha, harus punya tokonya kan? Entah itu misalnya tokonya berada di rumah, yang jelas calon konsumen tahu kemana ia harus pergi untuk membeli barang yang ada di toko yang kita miliki. Walaupun sekadar melihat-lihat atau untuk bertransaksi. Nah, kantor atau toko kita di dunia online ini adalah 'website'. 


Maka jika ada pertanyaan,'Seberapa penting pebisnis memiliki website sendiri?' Jika anda serius dalam dunia digital marketing, ya hal tersebut bukan penting lagi. Melainkan SANGAT PENTING (maaf saya tulis dengan huruf besar). Mengapa demikian? Yuk simak alasan-alasan fungsi website dan contohnya.


Alasan Penting dan Manfaat Website untuk Seorang Pebisnis


Supaya Bisnis Mudah ditemukan di Google

Di jaman yang super canggih ini, siapa pun yang sedang mencari sesuatu, tinggal mengandalkan jari jemarinya berselancar di internet menggunakan smartphone. Berbekal Googling seseorang dengan cepat dan mudah menemukan informasi yang ingin diketahui. 


Maka untuk pebisnis, jangan lewatkan kesempatan tersebut untuk mendatangkan lebih banyak lagi calon konsumen yang potensial. Jangan sampai bisnis anda ketinggalan dari kompetitor dan faktanya lebih dari 90% pencarian di internet berasal dari Google. Jaman dahulu tinggal tanya keluarga atau saudara, sekarang tinggal pencet Google apa yang ingin kita tanyakan, jawabannya sudah ada di Google, lengkap. Jadi untuk mudah ditemukan, pebisnis harus memiliki website terlebih dahulu.


Supaya Menjagkau Target Pasar yang Lebih Luas

Saat pebisnis memiliki website, maka target pasarnya akan jauh lebih luas. Nggak hanya dari Indonesia saja, tetapi bisa dari luar negeri juga.


Andai kata toko kita hanya di rumah, pasti yang membeli orangnya itu-itu aja atau yang tinggal di seputaran rumah, tapi kalau memiliki website calon konsumen anda bisa melihat kapan pun, di mana pun dengan mudah mendapatkan dan melihat usaha anda.


Supaya Reputasi Bisnis dan Kredibilitas Makin Meningkat

Pebisnis yang memiliki website, kredibilitasnya akan jauh lebih meningkat ketimbang yang tidak memiliki website. Sekalipun anda hanya memantau dari kamar, tetapi jika memiliki website sendiri kesan progesional dan branding akan jauh lebih kuat dan naik daripada yang tidak memiliki website sama sekali. 


Website Menjadi Sumber Informasi Resmi untuk Target Market

Jika kita menggemari sesuatu, pastilah kita ingin mencari tahu kebenaran sebuah kabar bukan? Demikian manfaat website, sebagai tempat atau sumber informasi klien atau calon konsumen yang ingin mengetahui lebih jauh tentang informasi resmi.


Contohnya kita berjualan roti, tentunya calon konsumen ingin tahu bahan dan nutrisi apa saja yang terdapat dalam roti yang akan dikonsumsinya. Nah di website kita bisa menulis keterangan, apa saja bahan yang digunakan dan manfaat ketika mengonsumsinya. Jawab pertanyaan-pertanyaan konsumen, dan jabarkan dalam website segala informasi terkait produk usaha atau jasamu. Agar calon konsumen tidak perlu bertanya-tanya lagi atau penasaran sebenarnya produk apa sih yang dijual dan bisa memberikan solusi apa jika dibeli.


Website Menjadi Tempat Portfolio Showcase

Di paragraf atas, saya sudah menjelaskan bahwa website itu seperti toko atau kantor di dunia online usaha anda. Maka website juga bisa menjadi tempat 'showcase', untuk memamerkan sekaligus menawarkan produk atau jasa yang dijual dan bisa dikunjungi oleh orang lain dengan mudah. 


Buat yang sudah memiliki toko offline, tidak ada salahnya memiliki toko online juga, website justru mendukung dan melengkapi bisnis sehingga mudah ditemukan oleh siapa pun di mana pun.


Membuat Website itu Relatif Murah dan Mudah


manfaat website jenis-jenis website fungsi website dan contohnya apa itu website bisnis
apa itu website bisnis



Banyak pebisnis beralasan tidak berani membuat website karena mahal, padahal membuat website itu relatif mudah dan murah.Tidak perlu pandai memahami coding/programing karena sudah banyak jasa penyedia software dalam pembuatan website, dan biayanya juga ramah di kantong. Dan biasanya jasa penyedia website ini sudah menyediakan kemudahan, dengan menyiapkan template, seperti cetakan bawaan jadi kita tinggal menyetting saja. Yang penting ada komputer atau laptop di rumah.


Mengapa relatif murah, karena harganya untuk membeli domain atau menyewa hosting terbilang murah dalam satu tahun Rp1.5 juta-2 juta. Berbeda dengan sewa toko fisik ya kan? Puluhan juta harus dipersiapkan, pangsa pasarnya juga tidak seluas dengan anda memiliki website sendiri. Anda tertarik untuk membuat website dan memiliki hosting gratis? Silakan langsung klik di sini


Website Merupakan Aset Digital dengan Beragam Sumber Penghasilan

Website yang dikelola dengan serius dan benar, akan menjadi aset digital milik anda dengan beragam sumber penghasilan. Nggak percaya? Saya sendiri sudah membuktikan, dengan mengelola blog yang sedang anda baca ini. Dari mana income ini bisa didapat sumbernya? Yuk kita lanjut:


  • Dari penjualan jasa atau produk, dengan menjadikan website sebagai landing page usaha, anda bisa mendapatkan penghasilan dari transaksi konsumen. 
  • Dari mendaftarkan website ke Google Adsense, dengan menampilkan iklan-iklan dari Google, kita bisa mendapatkan penghasilan dari Google lho. 
  • Dari perusahaan lain yang beriklan di website anda, contohnya dengan menumpang promo banner dari pihak yang meminta.
  • Dari program affiliate vendor, anda bisa menuliskan promosi dari vendor ke artikel dan menyisipkan link affiliate. Jika pengunjung melakukan transaksi di website vendor, berarti penghasilan sudah anda kantongi.
  • Dari sumber backlink pihak lain. Backlink ini berarti tautan balik, saat menulis artikel dan menyisipkan link hidup pada artikel di website yang menuju website pihak lain akan membuat peringkat sebuah web mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari. Income pun bisa didapatkan dari sini.


Bagaimana? Artikel 'Pentingnya Sebuah Website untuk Meraup Untung di Dunia Digital'. apakah sudah cukup memberikan inspirasi dalam memersiapkan anda membuat sebuah website? Semoga bermanfaat ya!


Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

15 comments

  1. Setuju sih dengan adanya website, kredibilitas sebuah bisnis menjadi meningkat. Dengan catatan, website-nya dibuat dengan baik dan tidak asal-asalan sehingga mendorong calon customer untuk tertarik dengan produk/ jasa yang ditawarkan.

    ReplyDelete
  2. Aku sempat menganggap media sosial saja cukup dengan segala fiturnya yang menarik, tapi akhirnya merasakan sendiri juga bahwa website yang baik itu akan sangat membantu. Dari segi konsumen sih, misalnya mau tahu kandungan atau informasi lengkap lain seputar produk yang diincar, kalau di medsos seringkali sudah tertimpa informasi yang lain, belum lagi potensi distraksinya. Informasi di web lebih mudah dicari di Google, kesannya juga lebih formal langsung dari produsennya.

    ReplyDelete
  3. Bener banget nih, website setidaknya membuat calon konsumen juga lebih percaya, emang beneran penting banget punya website untuk bisnis, apalagi kan kita ga perlu sewa toko mahal. Udah gitu pemasaran kita lebih luas, ga sebatas orang terdekat aja.

    ReplyDelete
  4. Aku belum pakai website buat bisnis siy mbak, kalau lihat teman² blogger bisnis kayaknya mereka gampang banget ngotak Atik website buat jualan, pakai iklan dan hasilnya keren gitu. Mau perdalam ilmu dulu biar websitenya bisa buat bisnis cari untung juga lah

    ReplyDelete
  5. Pengalaman saya aja kalau ada produk atau apa saja, suka search cari informasi di kolom pencarian. Maka keluarlah banyak pilihan. Yg paling saya klik duluan pastinya website resminya dong. Itulah pentingnya sehingga informasi yg dicari bisa didapatkan secara akurat ya...

    ReplyDelete
  6. benar banget nih dengan adanya website bagi usaha/bisnis bisa raup untung yang banyak apalagi sekarang ini semua serba digital, orang juga lebih percaya jika kita punya website agar bisa lihat profile usaha dan testimoni dari pembeli sebelumnya pun juga penting.

    ReplyDelete
  7. Setuju memangbmemang penging bisa jadi pertimbangan juga untuk memastikan soal validitas data yang mana yang resmi dan yang mana yang bukan.

    ReplyDelete
  8. Yes penting banget sebuah website resmi ini karena kita membutuhkan informasi valid juga

    ReplyDelete
  9. Sepakat banget Mbak, bahwa Website menjadi salah satu Aset Digital yang memiliki potensi penghasilan yang beragam. Apalagi bagi yang memiliki usaha, bisa menjadi media informasi usaha yang lebih luas dan cepat, juga mendukung priviledge usaha

    ReplyDelete
  10. oh jaman now itu website memang jadi aset digital untuk meraup pundi-pundi rupiah di masa pandemi gini, jadi memang harus dioptimalkan sih

    ReplyDelete
  11. Pebisnis punya website itu penting banget banget banget. Karena kami menyadari bahwa mesin pencari Google itu adalah salah satu kunci mendatangkan calon customer.

    ReplyDelete
  12. setuju banget . sekarang segala sesuatu serba online. kalau tidak mau tergerus perkembangan jaman harus update dan belajar marketing online.

    ReplyDelete
  13. Setuju nih, di jaman serba digital ini, website bisa jadi ladang cuan ya mbak kalau pintar kelolanya hhiihii..

    ReplyDelete
  14. Bener bgt nih. Era digital sdh di depan mata, pebisnis juga harus go digital kalo mau bisnisnya terus berjalan.

    ReplyDelete
  15. yes setuju, era digital seperti sekarang ini website wajib banget dimiliki setiap pebisnis agar bisa lebih menjangkau peminat dan pembeli

    ReplyDelete

Post a Comment