Sunday, 12 August 2018

Rindu Kuliner Masa Lalu? Minggon Jatinan aja Ke Hutan Kota Rajawali Batang


Rindu Kuliner Masa Lalu? Minggon Jatinan aja Ke Hutan Kota Rajawali Batang - Siapa sangka upaya pemerintah daerah, dalam menggeliatkan usaha makanan tradisional yang hampir punah kini menuai berkah. Minggon Jatinan adalah salah satu dari sekian program, yang mana mendukung Visit to Batang 2022 sebagai surganaya Asia untuk kembali ke alam.


Kabupaten Batang kabupaten batanghari kabupaten batanghari jambi kabupaten batang dalam angka kabupaten batang berapa kecamatan kabupaten batang dalam angka 2017 kabupaten batang tempat wisata kabupaten batang tempat menarik kabupaten batanghari dalam angka 2017 kabupaten batanghari dalam angka 2016 kabupaten batang dalam angka 2016 pdf kabupaten batang dalam angka 2014 kabupaten batang dalam angka 2015 kabupaten batanghari dalam angka 2015 kabupaten batang tempo dulu kabupaten batang provinsi kabupaten batang wikipedia kabupaten batang pekalongan kabupaten batang dalam angka 2012 kabupaten batang 2016 kabupaten batang peta kabupaten batang ada berapa kecamatan kabupaten batang dalam angka 2016 kabupaten batanghari dalam angka apbd kabupaten batang logo kabupaten batang dan artinya alas roban kabupaten batang jawa tengah apbd kabupaten batang tahun 2014 alamat kabupaten batang apbd kabupaten batang 2015 kabupaten batang bps kabupaten batang-batang bupati kabupaten batang berita kabupaten batang hari ini bappeda kabupaten batang bkd kabupaten batang bpn kabupaten batang bnn kabupaten batang blud kabupaten batang berita kabupaten batang jawa tengah banyuputih kabupaten batang bpmpt kabupaten batang bps kabupaten batanghari blh kabupaten batang bpjs kabupaten batang batik kabupaten batang budaya kabupaten batang legenda kabupaten batang dalam bahasa jawa
Salah satu pedagang di Minggon Jatinan


Pada Minggu 12 Agustus 2018 ini, Mas Wahyu Nugroho salah satu member MIFA (Komunitas Miliyuner Family) menyambangi Minggon Jati bersama kawan dari MIFA lainnya.  Suasana tradisionalnya sangat terlihat sekali, dari penjualnya yang memakai keabaya dan caping, dari jajanan tradisionalnya, dari tempat yang dipakai merupakan peralatan jaman dahulu masih dilestarikan hingga kini.

Minggon Jatinan back to nature


Mengapa mengambil nama Minggon Jatinan, adalah karena 'Minggon' itu berarti hari Minggu. Acara yang diselenggarakan ini, hanya ada pada hari Minggu saja. Kemudian 'Jatinan', mengambil dari lokasi yang berada di Hutan Jati yang memiliki ribuan pohon. Terselenggaranya acara ini, juga atas kerjasama dengan PKK Kabupaten Batang dan tentunya masyarakat yang antusias meramaikan datang ke Minggon Jati. Adanya saling mendukung inilah, yang turut menyukseskan program Minggon Jati yang diusung pemerintah Kabupaten Batang. Karena kalau bukan dimulai dari diri kita sendiri yang peduli, siapa lagi? 

Kabupaten Batang kabupaten batanghari kabupaten batanghari jambi kabupaten batang dalam angka kabupaten batang berapa kecamatan kabupaten batang dalam angka 2017 kabupaten batang tempat wisata kabupaten batang tempat menarik kabupaten batanghari dalam angka 2017 kabupaten batanghari dalam angka 2016 kabupaten batang dalam angka 2016 pdf kabupaten batang dalam angka 2014 kabupaten batang dalam angka 2015 kabupaten batanghari dalam angka 2015 kabupaten batang tempo dulu kabupaten batang provinsi kabupaten batang wikipedia kabupaten batang pekalongan kabupaten batang dalam angka 2012 kabupaten batang 2016 kabupaten batang peta kabupaten batang ada berapa kecamatan kabupaten batang dalam angka 2016 kabupaten batanghari dalam angka apbd kabupaten batang logo kabupaten batang dan artinya alas roban kabupaten batang jawa tengah apbd kabupaten batang tahun 2014 alamat kabupaten batang apbd kabupaten batang 2015 kabupaten batang bps kabupaten batang-batang bupati kabupaten batang berita kabupaten batang hari ini bappeda kabupaten batang bkd kabupaten batang bpn kabupaten batang bnn kabupaten batang blud kabupaten batang berita kabupaten batang jawa tengah banyuputih kabupaten batang bpmpt kabupaten batang bps kabupaten batanghari blh kabupaten batang bpjs kabupaten batang batik kabupaten batang budaya kabupaten batang legenda kabupaten batang dalam bahasa jawa
Meriahnya Minggon Jatinan


Kuliner tradisional yang tak lekang oleh zaman

Makanan tradisional selalu rindu kita santap, tidak semua pasar tradisional jaman sekarang pun menyajikan. Apalagi di zaman yang serba canggih ini makanan siap saji lebih menjadi pilihan. Namun berbeda dengan konsep Minggon Jatinan, kuliner tradisional justru disajikan besar-besaran bukan saja untuk reuninan namun untuk lebih dilestarikan.

Jenis kuliner tradisional di Minggon Jatinan, sungguh membuat liur ingin menetes karena kita digoda untuk mencicipi semua yang tersaji di depan mata. Seperti pecel, godog-godogan, bubur buroq, nasi liwet, nasi jagung. Bahkan jajanan tradisional begitu banyak macamnya, dari Jolobiyo, Nogosari, Getuk, putu ayu, sate kolang-kaling, awog-awog, onde-onde, blandong, srabi dan berbagai kuliner lainnya yang bakalan bikin kamu nggak beranjak dari sana.

Tidak hanya makanan tradisional saja yang diusung, di Minggon Jatinan juga ada pelestarian permainan tradisional. Yang mana sekarang sudah jarang dijumpai, ada kampung dolanan yang ditawarkan. Permainan apa saja sih? Ada engrang, gangsingan, permainan sandal bakyak dan masih banyak permainan tradisional lainnya.

Yang jadi menarik adalah, uang rupiah tidak berlaku di sini gengs! Transaksi pembelian di Minggon Jatinan menggunakan uang / koin tradisional dengan sebutan 'kreweng'. Satu krewengnya senilai Rp 2000,- asyik banget ya kan?

Kabupaten Batang kabupaten batanghari kabupaten batanghari jambi kabupaten batang dalam angka kabupaten batang berapa kecamatan kabupaten batang dalam angka 2017 kabupaten batang tempat wisata kabupaten batang tempat menarik kabupaten batanghari dalam angka 2017 kabupaten batanghari dalam angka 2016 kabupaten batang dalam angka 2016 pdf kabupaten batang dalam angka 2014 kabupaten batang dalam angka 2015 kabupaten batanghari dalam angka 2015 kabupaten batang tempo dulu kabupaten batang provinsi kabupaten batang wikipedia kabupaten batang pekalongan kabupaten batang dalam angka 2012 kabupaten batang 2016 kabupaten batang peta kabupaten batang ada berapa kecamatan kabupaten batang dalam angka 2016 kabupaten batanghari dalam angka apbd kabupaten batang logo kabupaten batang dan artinya alas roban kabupaten batang jawa tengah apbd kabupaten batang tahun 2014 alamat kabupaten batang apbd kabupaten batang 2015 kabupaten batang bps kabupaten batang-batang bupati kabupaten batang berita kabupaten batang hari ini bappeda kabupaten batang bkd kabupaten batang bpn kabupaten batang bnn kabupaten batang blud kabupaten batang berita kabupaten batang jawa tengah banyuputih kabupaten batang bpmpt kabupaten batang bps kabupaten batanghari blh kabupaten batang bpjs kabupaten batang batik kabupaten batang budaya kabupaten batang legenda kabupaten batang dalam bahasa jawa
Mas Wahyu, Mas Agus Ikan Asin beserta Ust Nurrokhman


Mas Wahyu sendiri mengungkapkan harapannya, agar Minggong Jatinan bisa lebih mengangkat potensi kearifan lokal semakin lengkap. "Mulai dari kuliner, hiburan dan kebudayaan lainnya," ungkapnya. Mengenai soal pandangan dari acara Minggon Jatinan ini, mas Wahyu menambahkan, "Sudah cukup baik dari segi managemen, konsep dan kenyamanan tempat," ucapnya dengan mengulas tawanya.

Tidak hanya Mas Wahyu yang memeriahkan Minggon Jatinan. Ada Mas Agus Ikan Asin, Alvi putri Mamah Yayoek pemilik Kedai Mie Tempramen, dan Mifaers lainnya. Sementara Mas Hamid sebagai ketua MIFA, mengajak serta kawan-kawan untuk datang ke Minggon Jatinan, sebagai bentuk support MIFA dengan acara Minggon Jatinan ini yang diworo-worokan di WAG (WhatsApp Group). Pinginnya saya menyusul, sayangnya sudah terlalu siang untuk datang. Tapi buat kalian yang mau datang dan dekat dengan lokasi, acara masih berlangsung hingga pukul 12.00 siang lho gaes!


Kabupaten Batang kabupaten batanghari kabupaten batanghari jambi kabupaten batang dalam angka kabupaten batang berapa kecamatan kabupaten batang dalam angka 2017 kabupaten batang tempat wisata kabupaten batang tempat menarik kabupaten batanghari dalam angka 2017 kabupaten batanghari dalam angka 2016 kabupaten batang dalam angka 2016 pdf kabupaten batang dalam angka 2014 kabupaten batang dalam angka 2015 kabupaten batanghari dalam angka 2015 kabupaten batang tempo dulu kabupaten batang provinsi kabupaten batang wikipedia kabupaten batang pekalongan kabupaten batang dalam angka 2012 kabupaten batang 2016 kabupaten batang peta kabupaten batang ada berapa kecamatan kabupaten batang dalam angka 2016 kabupaten batanghari dalam angka apbd kabupaten batang logo kabupaten batang dan artinya alas roban kabupaten batang jawa tengah apbd kabupaten batang tahun 2014 alamat kabupaten batang apbd kabupaten batang 2015 kabupaten batang bps kabupaten batang-batang bupati kabupaten batang berita kabupaten batang hari ini bappeda kabupaten batang bkd kabupaten batang bpn kabupaten batang bnn kabupaten batang blud kabupaten batang berita kabupaten batang jawa tengah banyuputih kabupaten batang bpmpt kabupaten batang bps kabupaten batanghari blh kabupaten batang bpjs kabupaten batang batik kabupaten batang budaya kabupaten batang legenda kabupaten batang dalam bahasa jawa
Geng MIFA dan pengelola Ust Nurrokhman


"Alhamdulillah sudah ketemu sama pengelolannya, Ust Nurrokhman. Malah digratisi semua nih! Rejeki keluarga MIFA, memang," seloroh Mas Hamid di WAG MIFA, dengan memamerkan foto mereka. Wahh, meriah dan keren! Kapan-kapan harus ke sana nih, soalnya pas dulu jaman ke Hutan Kota Rajawali belum ada beginian. PR besar nih buat liputan langsung ke lokasi, sembari menikmati akhir pekan, iya nggak?

Semoga hari liburmu menjadi menyenangkan, jangan lupa untuk datang ke Minggon Jatinan ya! Lokasi di Hutan Kota Rajawali, Batang. Di Jalur Pantura antara kota Batang dan Pekalongan. Nggak jauh-jauh kok gengs! Happy weekend.


*) Kontributor : Mas Wahyu dan Mas Hamid



0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat