Mengenal sooltanPay Sebagai Alat Pembayaran Digital Kekinian


Mengenal Sistem Pembayaran Digital Masa Kini - Hari gini siapa yang nggak demen belanja online, ya kan? Seakan sudah menjadi keseharian kita melakukan belanja online dan menggunakan sistem pembayaran dalam bentuk digital. Demikian juga saya, sebagai ibu baru tidak lepas dari yang namanya belanja online. Dari baju, mainan, popok, dan lain sebagainya.


Mengenal sooltanPay Sebagai Alat Pembayaran Digital Kekinian
Mengenal sooltanPay Sebagai Alat Pembayaran Digital Kekinian



 

Perkembangan teknologi ini sebenarnya memudahkan atau sebaliknya? Secara tidak langsung membuat orang jarang keluar rumah, pun metode pembayaran tidak lagi uang tunai tapi bisa dengan non-tunai dalam bentuk digital.

 

Harus diakui pembayaran digital ini lebih praktis dan cepat, daripada menggunakan uang tunai karena repot mencari uang kembalian. Di Indonesia ada banyak sekali pembayaran digital yang bisa digunakan, dalam melakukan transaksi jual beli. Yok kenali aplikasi pembayaran digital yang sesuai juga untuk pelaku usaha.

 

 

Ini Dia Sistem Pembayaran Digital Masa Kini

 

Digital payment kini tidak hanya ada di kota-kota besar saja, di daerah kini juga kerap kali menggunakan sistem pembayaran ini. Jadi pembayaran tidak lagi dengan uang tunai, biar cepat dan praktis gitu transaksi jual belinya.

 

Biasanya pembayaran digital ini membutuhkan media atau perangkat elektronik seperti aplikasi yang bisa melayani pembayaran dengan metode digital. Cukup dengan ponsel tanpa membawa uang, pembayaran pun bisa dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Kamu sudah coba belum kemudahan dalam digital payment ini? Yuk kenali sistem pembayaran yang bisa dilakukan dengan online maupun offline ini.

 

 

QRIS

 

QR code singkatan dari Quick Response code, adalah metode pembayaran dari Bank Indonesia untuk proses transaksi jadi lebih mudah, gampang, cepat, dan aman.

 

Cara memakainya cukup mudah, kita tinggal memindai kode unik ke dalam ponsel, kemudian pembayaran segera dapat dilakukan. Pun QR code ini enaknya bisa tersambung ke dompet digital atau juga mobile banking. Saya sering menggunakan QR code untuk melakukan pembayaran tiket kereta api dan belanja secara offline.

 

Setelah memindai kode biasanya kita akan tersambung dan diminta untuk menekan PIN rahasia milik kita. Kalau sudah dan berhasil, saldo yang kita miliki akan otomatis berkurang sesuai dengan transaksi yang dilakukan dalam pembayaran.

 

QRIS
QRIS


 

Mengenal QRIS Sistem Pembayaran Menggunakan Kamera HP

 

 

Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sudah resmi diluncurkan Bank Indonesia yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-74 dan sudah diberlakukan sejak 1 Januari 2020.

 

Tujuan dibuat QR Code ini, adalah agar satu kode QR bisa dipindai oleh berbagai layanan pembayaran yang tidak memerlukan banyak kode QR untuk dipindai lagi. Jadi seluruh PJSP (Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran) bisa menggunakan ini.

 

Dengan QRIS siapapun bisa melakukan pembayaran dari berbagai jenis alat transaksi elektronik. Baik menggunakan e-wallet, mobile banking, dan lain sebagainya. Intinya pembayaran lintas platform bisa digunakan dengan QRIS.

 

Untuk pelaku usaha sendiri sangat disarankan untuk menggunakan pembayaran scan QR ini, karena lebih praktis dan tentunya QRIS bisa dibuat sendiri. Daftarnya di mana? Bisa langsung ke website resmi sooltanPay.id. Karena daftar QRIS gratis di sooltanPay, hanya satu hari langsung jadi.

 

Pembeli, yang ingin bertransaksi secara offline di satu merchant. Bisa melakukan pembayaran melalui aplikasi sooltanPay. Dengan melakukan transaksi secara digital ini, setiap transaksi yang dilakukan bisa melindungi konsumen dari peredaran uang palsu serta sulitnya mencari pecahan uang yang sesuai dengan total belanja.

 

Selain pembeli, penjual juga direkomendasikan menyediakan pembayaran digital menggunakan QRIS. Sebab, selain semua serba digital, dengan daftar QRIS di sooltanPay bisa mempermudah toko mendapatkan QR code dengan mudah tanpa menunggu lama.

 

Mengapa harus menggunakan QRIS sooltanPay?

 

1. Pembayaran non tunai yang memudahkan, karena metode pembayarannya cashless/cardless, cukup dengan buka aplikasi saja

2. Sangat praktis dan aman. Pun transaksinya bisa diakses secara digital, nggak perlu repot-repot cari kembalian

3. Lebih Up to Date, karena aplikasi sooltanPay disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan di era teknologi saat ini

4. Terhindar dari pengedaran uang palsu saat menerima kembalian ketika bertransaksi, karena pembayaran di sooltanPay selalu sesuai dengan total belanja

5. Transaksinya cepat sehingga menghemat waktu ketika bertransaksi

 

Keuntungan Memiliki QRIS Bagi Seorang Pemilik Usaha

 

Keuntungan Memiliki QRIS Bagi Seorang Pemilik Usaha
Keuntngan memiliki QRIS bagi seorang pemilik usaha



Kemajuan teknologi tidak saja mempermudah aktivitas manusia. Pengaruh digitalisasi ini juga memberi kemudahan bagi pemilik usaha agar bisa lebih maju. Terutama UMKM, inovasi berbentuk digital seperti pengadaan QRIS sooltanPay sebagai alat bayar, sangat mempermudah dalam bertransaksi.

 

Selain kemudahan yang ditawarkan, penggunaan QRIS sooltanPay sebagai transaksi langsung secara real time juga memberikan dampak positif bagi perkembangan usaha dan perlindungan alur modal. Sebab, semua transaksi sudah langsung tercatat otomatis setiap ada transaksi.

 

Dengan kemudahan yang diberikan sooltanPay, pemilik usaha tak perlu mengkhawatirkan riwayat transaksi yang terlewat. Karena semua pasti tercatat dengan rapi. Dan pemilik usaha tinggal melakukan rekapitulasi transaksi harian.

 

 

Bagaimana Cara Mendaftar dan Menggunakan QRIS?

 

Pembuatan akun QRIS untuk transaksi baik jual maupun beli tidak sulit. Cukup mendaftarkan data diri yang sesuai dengan KTP Elektronik di sooltanPay yang bisa diklik langsung dari sooltanPay.id atau bisa dengan mengikuti cara di bawah ini.

 

Jangan lupa untuk menggunakan kode referal “DEWAN” saat mendaftar, agar pengguna bisa mendapat saldo langsung sebesar Rp 15.000.

 

Cara Registrasi dan Menggunakan sooltanPay di Android

 

1 Unduh aplikasi sooltanPay di Playstore

2. Klik tombol daftar yang ada di halaman utama

3. Isi data diri dengan nama lengkap yang sesuai dengan kartu identitas, jangan lupa masukkan nomor handphone yang aktif

4. Kode OTP akan dikirim ke nomor yang dimasukkan, setelah menerimanya bisa langsung masukkan kode tersebut ke aplikasi

5. Jangan lupa buat password dan PIN untuk menjaga keamanan data diri dan saldo

6. Upgrade akun yang tadi sudah dibuat untuk bisa mendapatkan QR khusus toko biar transaksi penjualan bisa secara digital

 

Ketentuan Penggunaan QRIS

 

Dilansir dari website bank Indonesia, QRIS memiliki 2 tipe QR Code sebagai alat transaksi yaitu Merchant Presented Mode (MPM) dan Customer Presented Mode (CPM). Dan kode QRIS ini tidak bisa sembarangan keluar, harus sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh Bank Indonesia.

 

Dan kode QRIS dari sooltanPay ini sudah menyesuaikan dengan standar yang diberlakukan oleh BI. Selain itu, penerapan pembayaran dengan menggunakan QRIS, diharapkan akan bisa mempercepat pemulihan ekonomi secara nasional.

 

Penggunaan QRIS selain transaksi jual beli produk di merchant yang bekerjasama. Juga bisa digunakan untuk alat transaksi jasa seperti transportasi sampai pembayaran pajak. Semua dalam satu aplikasi yaitu di sooltanPay.

 

Pakai sooltanPay Lebih Banyak Untungnya dan Menghemat Waktu


Pakai sooltanPay Lebih Banyak Untungnya dan Menghemat Waktu
Pakai sooltanPay Lebih Banyak Untungnya dan Menghemat Waktu



 

Untuk penggunaan transaksi penjualan, bisa dengan menunjukkan kode QRIS toko yang dimiliki pada akun sooltanPay ke pembeli. Setelah transaksi berhasil, saldo dari pembeli akan otomatis masuk ke aplikasi. Riwayat transaksinya bisa langsung diketahui secara realtime. Sehingga menghindari juga aksi penipuan.

 

Tidak ada lagi drama pelanggan pura-pura sudah bayar, sementara dananya belum masuk ke aplikasi sooltanPay. Sebab, di aplikasi ini, semua dana yang masuk dan keluar, memiliki catatan yang jelas dan up to date. Sehingga, melindungi pemilik usaha dari kerugian yang mungkin terjadi dalam menjalankan usaha.

 

Dengan menggunakan QRIS di aplikasi sooltanPay semua transaksi semakin mudah dan praktis. Serta melindungi kedua belah pihak, baik penjual maupun pembeli dari aksi penipuan. Juga bisa menghemat waktu. Semua pembayaran atau dana yang sudah masuk, akan otomatis tersimpan di aplikasi sooltanPay. Jadi, terjamin aman.

 

Sudah unduh aplikasinya? Jangan lupa ya, masukkan kode referalnya.

 

 

Referensi

https://midtrans.com/id/blog/cara-membuat-qris
https://qris.id/homepage/


Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat