MENU

Thursday, 28 March 2019

Atasi Kesulitan Wirausaha Kuliner Dengan Cara Berikut



Atasi Kesulitan Wirausaha Kuliner Dengan Cara Berikut - Banyak pengusaha kuliner yang gulung tikar lebih dulu, sebelum menuai kesuksesan. Padahal bisnis kuliner adalah bisnis yang tahan musim, dan banyak menghasilkan keuntungan.



Saya mau berbagi pengalaman nih, waktu masih kerja jadi content writer di Oscorp Industries. Perusahaan waralaba minuman, yang alhamdulillah sudah memiliki mitra dari seluruh Nusantara. Setiap ada bazar atau expo, perusahaan kami pasti ikutan dan saya kebagian jaga. Dari sinilah saya belajar banyak ilmu jualan, meski sebelumnya saya juga sempat jaga usaha waralaba pizza milik teman.

Kesulitan yang sering kali terjadi, untuk memulai usaha kuliner :

Tidak adanya modal

Setiap usaha pasti membutuhkan modal, tergantung besar kecilnya usaha yang mau dijalani. Kalau kita kesulitan sendirian, bisa saja menjalin rekanan dengan orang lain yang kita percaya. Bisa juga meminjam ke koperasi atau penyaluran kredit usaha rakyat yang sering disebut dengan KUR.

Memikirkan lokasi usaha

Sebaiknya dalam menentukan lokasi usaha, pilihlah yang sering dikunjungi orang. Misalnya di pinggir jalan, di pusat perbelanjaan, di daerah sekolahan atau kampus dan lain sebagainya. Karena lokasi juga menentukan kesuksessan, sebuah usaha

Menu pilihan yang banyak

Bisnis kuliner seringkali kepentok pada menu, waktu jualan franchise minuman rasa yang kami tawarkan cukup banyak. Ada 10 menu pilihan yang bisa dipilih oleh konsumen, agar konsumen tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja. Sebaiknya pilih menu yang pesaing kita tidak punya, agar tingkat persaingannya sedikit

Lakukan promosi yang tepat

Memulai usaha wajib banget untuk melakukan promosi, baik secara offline maupun online. Apalagi soal target ini juga harus tepat, jangan sampai usaha kuliner yang kita jalani sia-sia gegara salah target dan tidak maksimal dalam melakukan promosi.

Pilih SDM yang terlatih


SDM (Sumber Daya Manusia) sangat dibutuhkan, apalagi buat kita yang tidak bisa menjaga bisnis kuliner yang sedang dijalankan. Misalnya anda pekerja kantoran, tetapi juga ingin punya bisnis kulineran berarti butuh orang untuk mengelola usaha. Maka pilih yang memiliki kemampuan terlatih, bisa juga anda melatih karyawan sebelum mempekerjakannya. Jadi pas dilepaskan, dia bisa bekerja secara mandiri.

Kendala mencetak transaksi harian

Untuk waralaba kuliner yang pernah saya temui, dan saya pun melakukan transaksi harian ini dengan tulisan tangan dibuku yang telah disediakan. Jadi tiap laku, saya menulisnya 1, rasa apa yang terbeli untuk mengetahui varian rasa apa yang paling digemari.



Tapi itu dulu, sekarang alhamdulillah sudah ada software Point of Sale. Pengelolaan keuangan yang membantu UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), untuk memantau kondisi bisnis kuliner yang dijalani. Aplikasi kasir ini, akan membantu para pelaku usaha kuliner dalam mencari keuntungan dari berjualannya. Agar tidak ada pengusaha yang mengalami kerugian, apalagi untuk transaksi yang salah. Karena sering kali mesin kasir, sangat membantu untuk meminimalisirkan kesalahan dalam perhitungan.

Adalah SPOTS

Alhamdulillah sekarang sudah ada SPOTS gaes, perangkat multifungsi dari GOJEK untuk mereka pelaku UMKM di Indonesia yang membutuhkan pembayaran laporan harian. SPOTS menerima beragam tipe pembayaran, mau pesan dari GO-FOOD bisa maupun cetak resi secara instan.



SPOTS ini sangat menghemat waktu kita, dalam mengotomatisasi tugas penjualan sehari-hari. Untuk anda yang tertarik, harganya terjangkau banget, apalagi ini memudahkan kita dalam pembayaran. Kendala mencetak tanda terima bukan lagi halangan deh kalau ada SPOTS. Cukup dengan aktivasi Rp 290.000 dan biaya pemeliharaan Rp 2.900/hari kita langsung bisa menjalankan usaha dengan mudah.

Artikel ini didukung oleh SPOTS


24 comments :

  1. Wah mantab ya aplikasi SPOTS ini..jadi pengen ngulik lebih jauh nih...

    ReplyDelete
  2. Keren banget ini mah SPOTS dalam mensupport bisnis kita ya.
    Lebih praktis dan juga multifungsi banget.
    Semoga makin berjaya deh usahanya dengan SPOTS sekeren ini :)

    ReplyDelete
  3. Di lingkungan aku tinggal banyak juga nih yang tertarik dengan usaha kuliner dan beberapa di antaranya sukses lho.

    Apalagi point tentang lokasi dekat sekolah itu ya.
    Kalau sudah berhasil merebut hati dedek-dedek mesh itu, masya Allah, warung tak pernah sepi.

    Baidewei,
    Aku baru tahu nih tentang aplikasi kasir online SPOTS.
    Bisa nih jadi referensi.


    ReplyDelete
  4. Yang mau mulai bisnis kayanya bakal terbantu banget dengan adanya spots ini, semoga adanua spots ini bisa membantu para pelaku UMKM untuk mengembangkan lagi usahanya..

    ReplyDelete
  5. Banyak anak muda yang punyainovasi sayangnya terbentur sama modal. Mau melakukan pinjaman tapi kadang masih banyak yang gak percaya hehe. Syukur sudah ada Spots yang bisa jadi solusi

    ReplyDelete
  6. Aplikasi SPOTS yang sangat mendukung pengusaha kuliner ya mbak... Meski berdagang di warung atau pinggir jalan bukan kendala yang berarti bila didukung aplikasi SPOTS... Kasir tidak perlu lagi menulis nota secara manual. Dengan biaya berlangganan aplikasi yang murah serta disupport oleh layanan antar jemput, seperti Gojek, pastinya bikin pengusaha kuliner makin laris.

    ReplyDelete
  7. Wah terbantu banget ini untuk para wirausaha menengah ke bawah untuk tidak ragu lagi untuk langsung action yah mba... kadang banyak perhitungan malah gak bikin maju2...

    ReplyDelete
  8. Aplikasi kasir yang sangat membantu para usahawan baru. Soalnya hitung menghitung itu tidak semua orang punya keahlian maka hadirnya aplikasi ini memberikan udara segar untuk pedagang.

    ReplyDelete
  9. Cuma butuh biaya aktivasi aja ya Nyi? Gampang dan murah juga ya

    ReplyDelete
  10. SPOTS ini membantu sekali ya untuk pelaku usaha :D saya termasuk yang kurang telaten menulis laporan,kalau punya usaha lagi mungkin bisa dicoba :D

    ReplyDelete
  11. Praktis banget yaa Nyi..pake SPOTS.
    Segala masalah transaksi bisa dengan mudah teratasi.

    ReplyDelete
  12. Sungguh aplikasi yang memudahkan ini. Traksaksi mudah dan cepet. Spost jawaban utk pengusaha bisnis kuliner juga

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah ya sekaranga ada SPOTS jadi semua serba mudah dan ngebantu banget para pelaku usaha juga.

    ReplyDelete
  14. Keren banget Gojek bikin SPOTS juga. Bagus nih buat yang punya usaha ya. Jadi bisa memantau transaksi setiap hari.

    ReplyDelete
  15. Jadi SPOTS ini milik Gojek ya mbak dan bisa mempermudah transaksi kalau misalnya UKMnya mau jualan dengan marketing pakai aplikasi Gofood gtu? Wah makin terbantu dan mempermudah yaa berarti keren

    ReplyDelete
  16. Inovasinya gojek selalu keren yaa.. aku masih membayangkan bakal apa sih SPOTS ini, karena masih baru banget yaa.. semoga bisa makin memudahkan transaksi dan melancarkan usaha pelaku bisnis :)

    ReplyDelete
  17. Kalau ada aikasi begini jadi super praktis yaa mba..dan pasti membantu banget bagi mereka yang baru memulai

    ReplyDelete
  18. Aku pengen wirausaha kuliner tapi sebetulnya binggung mau kuliner apa ya. Dan kayaknya aku akan oba rintis dan alhamdulillah terbantu dengan tips yang mba berikan

    ReplyDelete
  19. Dengan SPOTS ini pelaku usaha kuliner jadi makin profesional dalam mencatat transaksi ya Nyi. Nggak perlu repot catat manual yang kadang bisa nyelip atau malah ilang.

    ReplyDelete
  20. Lokasi usaha ini memang penting. Kudu strategis.
    Biasanya yang nggak pandai cari lokasi atau bahkan merasa mahal, jatuhnya ke jualan online

    ReplyDelete
  21. Keren banget inovasi Gojek makin hari ke hari, yaa. Btw kalo ayi kepikiran buka usaha kuliner, cuma bingung ga bisa masak >.<"

    ReplyDelete
  22. Oooo.. Ini toh aplikasi POS yg dipake di toko deket rumah. Wah bagus juga ya. Memudahkan para wiraswasta. :)

    ReplyDelete
  23. Sekarang eranya cashless emang yaa mbak dimana2 bahkan di toko2 kecilpun biasa aq liat ini edc spot . Keren membantu warung2 kecil ikut berinovasi dengan milenials hehehe

    ReplyDelete
  24. Masih bingung sama SPOTS nyi.. tapi mungkin karena aku ga jalankan usaha kali ya. Coba sih ntar baca2 lagi, biar makin ngerti

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat