5 Tips Puasa Saat Pandemi Tetap Lancar

 

5 Tips Puasa Saat Pandemi Tetap Lancar - Pandemi Covid-19 memang belum berakhir yang melanda Indonesia ini, namun tidak lantas mengugurkan kewajiban muslim dalam beribadah puasa Ramadan.


puasa di masa pandemi puasa di tengah pandemi puasa di tengah pandemi covid 19
5 Tips Puasa Saat Pandemi Tetap Lancar


 

Terhitung ini sudah tahun ketiga masyarakat Indonesia melewati puasa saat pandemi, tetapi di tahun 2022 ini sudah mulai melonggar meski virus corona belum hengkang.

 

Yang paling penting dalam berpuasa adalah dibutuhkan tubuh yang kuat dan imunitas harus tetap terjaga. Salah satu caranya ya dengan mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang.

 

Saya sudah menuliskan '5 Tips Puasa Hari Pertama Bulan Ramadan', siapa tahu ada yang belum baca kurang lebihnya mirip tapi ada tambahan juga sesuai yang disarankan oleh Dinkes Jawa Tengah.

 

 

5 Tips Puasa saat Pandemi untuk Kesehatan

 

 

 

1. Mengonsumsi Buah-buahan, Sayuran, dan Suplemen Makanan

 

Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang sangat penting untuk tubuh, seperti buah, sayuran, kacang-kacangan, dan lain sebagainya. Jika asupan di atas kurang, maka seseorang sebaiknya mengonsumsi suplemen makanan atau vitamin, karena tidak kalah penting untuk tubuh.

 

Buah bervitamin C juga disarankan, seperti buah yang berwarna kuning, bisa jeruk atau pisang.

 

 

2. Mengonsumsi Air Putih yang Cukup

 

Minum air putih setiap hari itu wajib, karena sebagian dari tubuh kita terisi air begitu yang pernah saya dengar dari talkshow seorang dokter. Jadi nggak boleh dehidrasi keadaan tubuh seseorang ini.

 

Di masa pandemi dan bulan puasa ini pola hidup kita berubah, karena harus menahan makan dan minum seharian. Lalu bagaimana dalam membagi cara minum agar bisa 8 gelas setiap hari? Begini:

 

Saat berbuka puasa minum 1 gelas

Setelah salat magrib minum 1 gelas

Selesai makan malam 1 minum 1 gelas

Setelah salat Isya minum 1 gelas

Selesai salat Tarawih minum 1 gelas

Sebelum tidur minum 1 gelas

Setelah bangun sahur minum 1 gelas

Setelah makan sahur minum 1 gelas

 

 

3. Melakukan Aktivitas Berjemur

 

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo, membagikan tips kepada siapa saja yang menjalankan puasa kala pandemi, salah satunya adalah dengan melakukan aktivitas berjemur. Karena dengan berjemur dan terkena paparan sinar matahari bisa mempercepat metabolisme vitamin D.

 

4. Menggunakan Masker dan Menjaga Jarak di Luar Ruangan

 

Pandemi belum berakhir, maka kita tidak boleh lengah untuk menerapkan protokol kesehatan kepada diri dan lingkungan. Terlebih beberapa bulan lalu Omicron yang ganas menyerang banyak orang.

 

Jadi yang perlu kita terapkan saat keluar rumah, adalah selalu mencuci tangan, gunakan masker dan hidanri menyentuh bagian wajah. Menjaga jarak dan menghindari kerumunan tetap harus dilakukan ya.

 

5. Menghindari Stres Berlebihan

 

Menghindari stres berlebihan merupakan hal yang penting lho teman-teman, soalnya kalau kita stres tubuh atau sistem imun melawan penyakit jadi melemah dan berkurang. Jadi kemungkinan terkena penyakit tuh gampang.

 

Sebisa mungkin buat diri kita bahagia, karena bahagia terletak pada hati dan pikiran kita sendiri. Hal-hal yang kira-kira membuat pusing, abaikan dahulu kalau sudah reda rasa pusing temukan solusi dan jalani saja. Karena setiap kesulitan pasti ada kemudahan.

 

Demikian di atas '5 Tips Puasa Saat Pandemi Tetap Lancar', yang bisa diterapkan dalam sehari-hari ya. Salam.


 

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat