5 Tips Puasa Hari Pertama Bulan Ramadan


5 Tips Puasa Hari Pertama Bulan Ramadan - Puasa hari pertama Ramadan di tahun 2022 ini  jatuh pada tanggal 3 April 2022. Delalahnya kok ngepasin pas saya lagi hamil, akhirnya tanya kanan kiri pengalaman teman-teman blogger yang sudah pernah merasakan kehamilan di bulan puasa.


puasa hari pertama 2021 puasa hari pertama tanggal berapa puasa hari pertama tahun 2021 puasa hari pertama bulan rajab
5 Tips Puasa Hari Pertama Bulan Ramadan


 

Ada yang puasa dan ada yang tidak, semua tergantung pilihan. Dalam Islam pun sudah ada suratnya dan hadsitnya, sesuai kemampuan saja. Nantinya bisa diganti puasa di lain hari atau membayar fidyah. MasyaAllah, dalam Islam begitu meringankan kondisi ibu hamil dan menyusui.

 

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik)kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.” (QS.Luqman: 14).

 

Sementara hadist wanita hamil diriwayatkan HR. Ahmad demikian, "Sesungguhnya Allah memberikan keringanan bagi orang musafir berpuasa dan shalat, dan bagi wanita hamil dan menyusui berpuasa.” (HR. Ahmad).

 

Lantas bagaimana tips memersiapkan puasa Ramadan hari pertama? Ini dia yang dikutip dari laman sehatQ, siapa tahu bisa diterapkan ya teman-teman.

 

 

5 Tips Puasa Hari Pertama

 

 

1. Memersiapkan Makanan yang Sehat dan Bergizi

 

Puasa hari pertama dalam bulan Ramadan harus didukung dengan menjaga kesehatan dan pemenuhan asupan makanan sehat dan bergizi.

 

Seperti sayuran, buah-buhan, kacang-kacangan, daging-dagingan, susu dan lain sebagainya. Agar stamina tubuh tetap kuat ketika berpuasa.

 

2. Memperbanyak Minum Air Putih

 

Setiap tubuh disarankan minum air putih 8 gelas dalam sehari, demikian juga ketika berpuasa. Karena ketika berpuasa seseorang tidak makan dan tidak minum, untuk mengurangi risiko dehidrasi sebaiknya memperbanyak asupan minum air putih.

 

Dilansir SehatQ, disarankan untuk mengurangi pula asupan kafein, teh, soda, karena jenis makanan itu dapat membuat seseorang merasakan buang air terus-menerus.

 

3. Menjaga Pola Tidur dengan Baik

 

Pola tidur seseorang akan berubah selama berpuasa, karena harus bangun tengah malam untuk melakukan sahur. Jadi langkah yang baik agar tetap bisa melakukan sahur, bisa tidur lebih awal atau lakukan tidur siang ketika pekerjaan sudah selesai.

 

4. Olahraga dengan Teratur

 

Tidak perlu olahraga yang berat, olahraga berlari di tempat atau jalan-jalan di sekitar rumah juga bisa. Mengapa? Melakukan olahraga akan membuat orang yang berpuasa selalu merasa bugar dan bisa menjalani pausa dengan baik.

 

5. Menghindari Makanan Asin, Gorengan, dan Tinggi Gula

 

Tidak dipungkiri gorengan selalu bikin mata dan perut hepi ketika menikmatinya, tetapi siapa sangka gorengan ternyata tidak baik untuk kesehatan karena tinggi lemak.

 

Selamin gorengan ada makanan asin dan tinggi gula yang harus dihindari, mengapa karena bisa menginkatkan rasa haus yang berlebihan. Sayur-sayuran, buah, daing, kacang-kacangan lebih disarankan karena membuat kita kenyangnya lebih lama.

 

 

Demikian '5 Tips Puasa Hari Pertama Bulan Ramadan', semoga bermanfaat dan kita semua diberikan kesehatan ketika berpuasa sebulan penuh. Aaamiin.

 

 

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat