Aspek – Aspek Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membangun Bisnis

Post a Comment


Aspek – Aspek Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membangun Bisnis - Perjuangan merintis usaha harus dibarengi dengan kegigihan dan juga sebuah persiapan yang matang, karena bisnis umumnya dibuat sebagai usaha mencari keuntungan jangka panjang sehingga banyak aspek yang harus benar – benar di perhitungkan agar bisnis yang dijalani tidak bangkrut dalam waktu cepat.


cara memulai bisnis dari nol kunci sukses dalam membangun bisnis bingung memulai bisnis apa cara usaha sukses tanpa modal
cara memulai bisnis dari nol


Banyak cara yang bisa diterapkan untuk bisa mempertahankan bisnis yang dijalani, bahkan kita juga bisa mencontoh dan melihat referensi dari usaha lain yang sudah lebih dulu berjalan. Bahkan saat ini sudah banyak platform ataupun website berita bisnis yang menerangkan tentang aspek – aspek penting yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis tersebut, seperti yang ada dalam website Fortune Indonesia.


Didalam website Fortune Indonesia terdapat banyak berita mengenai bisnis yang bisa dijadikan referensi sebelum memulai usaha. Cara mermulai bisnis dari nol dan aspek apa yang harus diperhatikan sebelum memulai sebuah bisni, ini dia.


5 Tahap dalam Membangun Bisnis


Modal usaha atau sumber dana


Sebelum memulai suatu bisnis tentunya hal utama yang harus dibahas adalah masalah pendanaan bisnis tersebut. Bahkan bisnis rumahan sekalipun tetap membutuhkan perhitungan dan perencanaan modal usaha yang jelas karena itu akan berpengaruh kepada harga jual produk atau jasa pada akhirnya.


Selain itu modal usaha pun harus jelas sumbernya, jika modal usaha sumbernya berasal lebih dari satu pihak maka harus ditulis dalam catatan yang sah dan memiliki nilai hukum karena itu yang akan dijadikan acuan. 


SDM atau Tenaga Kerjanya


Jika bisnis yang akan anda bangun sudah jelas pendanaannya maka hal selajutnya yang harus dipikirkan adalah SDM yang akan diperkerjakannya, karena orang tersebut haruslah orang yang kompeten dengan jenis pekerjaan yang ditawarkan dan juga visi misi dari bisnis anda.


Namun jika anda baru memulai bisnis rumahan biasa maka ada baiknya anda memperkerjakan orang lain hanya untuk membantu pekerjaan anda, tetapi selebihnya anda tetap terjun langsung mengelola usaha tersebut.


Sumber Pengetahuan Bisnis


Sebelum anda memulai suatu bisnis maka anda harus mengetahui kondisi lapangan dan juga mengetahui segala informasi terkait bisnis yang akan anda jalani. Anda bisa mengikuti berbagai macam pelatihan ataupun acara seminar terkait bisnis yang akan jalani.


Intinya sebelum anda memulai bisnis tersebut anda sebaiknya banyak – banyak menggali informasi bahkan terjun langsung ke hal – hal yang terkait dengan bisnis yang akan dijalani kedepannya.


Sumber Daya Fisik


Dalam memulai sebuah usaha anda juga harus memperhatikan asset dan sumber daya fisik dari usaha anda. Contohnya seperti anda harus memiliki Gudang jika anda hendak memulai usaha stok dan supplier barang agar nantinya barang yang anda jual tidak berceceran dimana saja.


Meskipun aspek sumer daya fisik ini merupakan aspek yang paling membutuhkan budget berlebih tetapi jika anda mampu memenuhi kebutuhan aspek ini maka kedepannya bisnis yang anda jalani akan memperlancar bisnis anda.


Kondisi Emosional


Dalam memulai sebuah usaha kondisi emosional merupakan aspek yang juga harus sangat dijaga. Pasalnya saat sedang merintis sebuah usaha memang banyak ditemukan rintangan maupun kenyataan yang diluar ekspektasi tetapi hal tersebutlah yang membuat usaha yang dijalnkan menjadi kuat.


Jika bisnis yang anda lakoni sudah besar, maka anda juga perlu memperhatikan segi emosional dari para pekerja anda agar mereka bekerja tidak dengan pikiran yang tertekan dan dapat bekerja dan mengambil keputusan dengan lebih rasional. Menyenangkan pekerja juga perlu, agar mereka semakin semangat dalam bekerja. Misalnya dalam dua bulan sekali mengajak pekerja refreseng, atau traveling jadi sekembalinya bekerja makin bersemangat. 

Semoga artikel Aspek – Aspek Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membangun Bisnis dapat bermanfaat ya, baca juga Ide Bisnis di Instagram yang Potensial siapa tahu dapat memberikan ide bisnis juga. Salam.


Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

Post a Comment